Yuk Ditonton! Ini Dia 5 Rekomendasi Film Dokumenter Indonesia Tentang Lingkungan

Bagikan tulisan ini

Belakangan ini, semakin banyak bermunculan film dokumenter yang mengangkat isu lingkungan. Ada yang membahas tentang isu kerusakan lingkungan di hutan, sampah plastik, hingga kerusakan ekosistem laut. Apakah ada film dokumenter tentang lingkungan yang sudah pernah kamu tonton? 

Kehadiran film-film ini tentunya adalah langkah yang penting untuk meningkatkan kesadaran kita tentang apa yang sedang terjadi pada alam. Tak hanya film dari luar negeri, saat ini juga sudah semakin banyak film dokumenter lokal yang mengisahkan isu lingkungan yang terjadi di negeri kita sendiri. Penasaran apa saja? Ini dia 5 rekomendasi film dokumenter tentang isu lingkungan di Indonesia yang bisa kamu coba tonton!

1. Tonotwiyat

Di Kampung Enggros, Jayapura, Papua terdapat sebuah hutan bakau yang terkenal dengan sebutan Hutan Perempuan karena memang hanya boleh dimasuki oleh perempuan. Di hutan ini, para perempuan mencari kerang sebagai mata pencaharian mereka. Film dokumenter yang dirilis pada tahun 2019 ini mengisahkan kehidupan dan perjuangan perempuan di kampung tersebut dalam melestarikan tradisi Tonotwiyat, yaitu tradisi pelestarian Hutan Perempuan di tengah pencemaran sampah yang kian parah. 

Menariknya lagi, Film Tonotwiyat sukses meraih penghargaan Indonesia Feature-Length Documentary di Festival Film Dokumenter Jogja 2019 dan mendapat nominasi untuk Film Dokumenter Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2019.

2. Our Mother’s Land

Dirilis pada tahun 2020 oleh The Gecko Project dan Mongabay, Our Mother’s Land menceritakan tentang kepemimpinan perempuan dalam mencegah perusakan lingkungan di 4 daerah di Indonesia. Ada perjuangan Sukinah dari Kendeng, Aleta Baun Nusa Tenggara Timur, Eva Bande dari Luwuk Banggai, dan Farwiza Farhan dari Aceh. Bagi kamu yang tertarik untuk menonton kisah inspiratif para perempuan ini dalam menjaga lingkungan, kamu langsung bisa menontonnya di akun YouTube The Gecko Project, lho!

3. Kinipan

Berdurasi 2 jam 37 menit, film dokumenter yang diproduksi oleh Watchdoc ini membahas berbagai hal terkait isu kerusakan lingkungan di Indonesia. Mulai dari memotret realita tersingkirnya hutan adat masyarakat Kinipan di Kalimantan karena perusahaan sawit, mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah yang gagal memulihkan krisis lingkungan hidup, hingga menyoroti proyek lumbung pangan di Kalimantan Tengah yang dinilai dapat membahayakan lingkungan hidup. 

Tak hanya itu, film Kinipan juga memberikan korelasi menarik antara deforestasi dengan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, lho! Gak sabar menonton filmnya untuk menambah wawasan? Filmnya bisa kamu tonton secara gratis di YouTube Watchdoc Documentary, ya!

4. Tenggelam Dalam Diam

Ini dia satu lagi film dokumenter dari Watchdoc Documentary yang wajib kamu tonton! Film Tenggelam Dalam Diam akan mengajak kita untuk melihat bagaimana dampak krisis iklim mengancam keberadaan kota-kota pesisir di pulau Jawa, seperti Jakarta, Bekasi, Pekalongan, Semarang, hingga Gresik. Karena krisis iklim, permukaan air laut pun terus naik sampai dapat menenggelamkan daratan tempat tinggal jutaan penduduk. 

Dalam dokumenter kali ini, Watchdoc juga bekerja sama dengan Greenpeace dan para pekerja seni, seperti Vira Talisa, The Panturas, dan Chitra Subyakto dalam melakukan perjalanan dan menyampaikan narasi. Kalau ingin menonton, langsung saja meluncur ke akun YouTube Watchdoc!

5. Semesta

Film Semesta memotret kisah perjalanan dan perjuangan 7 sosok di 7 daerah di Indonesia dalam mengurangi dampak kerusakan iklim. Mereka merawat alam Indonesia dengan sungguh-sungguh atas dorongan kebudayaan, kepercayaan, dan agama masing-masing. Saat menonton filmnya, kita akan diajak berkeliling Indonesia, mulai dari Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, NTT, hingga Papua. Film yang diproduseri oleh Nicholas Saputra dan disutradarai oleh Chairun Nissa ini bisa kamu tonton di Netflix, lho!

Nah, di antara kelima film ini, mana yang paling ingin kamu tonton terlebih dulu? Atau justru malah langsung penasaran dengan semuanya? Dengan menonton film-film ini, semoga kita menjadi lebih terinspirasi untuk melakukan aksi nyata dalam melestarikan lingkungan, ya.

Lalu, bagi kamu yang tertarik untuk mengenal dan belajar lebih lanjut tentang isu lingkungan di Indonesia, kamu pun bisa mengikuti program-program menarik dari EcoNusa, seperti School of Eco Diplomacy dan Sail to Campus. Supaya gak ketinggalan, jangan lupa untuk terus pantau website dan media sosial EcoNusa!

Berita lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved