Penawaran Terbuka

Untuk mendukung berjalannya organisasi, EcoNusa Foundation membuka kesempatan untuk perusahaan / vendor untuk menawarkan barang atau jasanya, yang mungkin saat ini sedang kami butuhkan. Di bawah ini adalah daftar barang atau jasa yang sedang kami butuhkan:

Salah satu nilai organisasi yaitu “integritas” yang meliputi transparansi dan akuntabilitas. Dalam upaya mewujudkan akuntabilitas, sejak awal laporan keuangan Econusa diperiksa setiap tahun oleh Akuntan Publik yang teregistrasi di Kementerian Keuangan dan berafiliasi dengan Akuntan Publik Internasional. Laporan keuangan yang di Audit tidak sebatas laporan program dari masing-masing donor, tetapi Econusa melakukan audit laporan keuangan organisasi, artinya kompilasi dari seluruh program dan organisasi. Terkait dengan hal diatas, EcoNusa mencari jasa Akuntan Publik yang bersedia melakukan proses pemeriksaan dokumen dalam 2 (dua) tahap, yaitu tahap pertama transaksi periode per 1 Januari – 31 Agustus 2022, tahap kedua periode transaksi per 1 September– 31 Desember 2022. Penyusunan laporan dilakukan secara paralel utuh 1 (tahun). 
 
Alur atau Mekanisme Pelaksanaan

1. Penyediaan Jasa akuntan publik mengirimkan proposal yang dilengkapi dengan penawaran harga selambat-lambatnya tanggal 23 September 2022.

2. Proses seleksi proposal dilakukan selama 3 hari. Penilaian proposal berdasarkan:

a) metode yang digunakan ;

b)  waktu yang dibutuhkan ;

c) pengalaman KAP  (termasuk memiliki afiliasi dengan luar negeri) ;

d) Biaya yang ditawarkan dan

e) CV Tim Auditor.

3. Proposal dari KAP yang terpilih akan diinformasikan secara resmi melalui email ke alamat KAP terpilih. 

 
Hasil Yang Diharapkan

1. Seluruh proses audit akan menghasilkan dokumen laporan Audit Keuangan tahun buku 2022 yang antara lain meliputi:

a)     Laporan Audit Keuangan Program RFN – MFA (EIFF) tahun buku 2022. 

b)    Laporan Audit Keuangan Lembaga tahun buku 2022.

2. Kedua laporan audit keuangan diatas harus dilengkapi dengan Opini Audit dan Manajemen Letter yang meliputi :

a)     Mengevaluasi dan mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pada sistim dan pengendalian keuangan serta rekomendasi untuk perbaikan pengendalian internal.

b)    Menyampaikan tingkat kepatuhan (compliance) pada ketentuan keuangan pada Perjanjian Hibah serta implikasinya pada pihak internal dan external.

c)     Laporan Manajemen harus menyertakan tanggapan mitra penerima hibah ata hal-hal yang disampaikan oleh Auditor. 

d)    Komentar atau pendapat khusus tentang system pengelolaan dana Lembaga.

e)     Komentar atas pendapat tentang sistem pencatatan keuangan dan kontrol yang diperiksa selama audit termasuk untuk laporan pembukuan dan keuangan proyek sesuai sistem kebijakan dan prosedur lainnya serta norma-norma administrative keuangan untuk proyek dari Donor RFN-MFA (EIFF).

f)      Khusus untuk Laporan Audit Keuangan Program RFN – MFA (EIFF) tahun buku 2022, kedua poin di bawah ini untuk diperhatikan:

    • Paparan auditor mengenai belanja proyek per mata anggaran (budget line) dibandingkan dengan anggaran yang telah disetujui” disajikan dalam pernyataan keuangan (financial statement)
    • Pada bagian akhir laporan audit (dalam appendix), auditor untuk menyajikan laporan keuangan EcoNusa yang terakhir dan menunjukkan tabel deviasi antara anggaran dan belanja. Deviasi ini harus diamati, kecuali sebelumnya telah disetujui secara tertulis oleh RFN, dan EcoNusa harus memberikan penjelasan mengenai deviasi tersebut. 

Semua proposal dan korespondensi ditujukan kepada: 

Yayasan Ekosistem Nusantara (Econusa)

Up. Ibu Etik Mei Wati

Jl Maluku No 35  RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia

Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631

Email : kantor@econusa.id

EcoNusa mengupayakan adanya perlindungan kesehatan dan jiwa untuk karyawan dan keluarga karyawan sebagai salah satu bentuk dukungan dan fasilitas yang diberikan organisasi. Perlindungan kesehatan meliputi Jaminan Kesehatan dari Pemerintah (BPJS Kesehatan) dan asuransi swasta.

Asuransi kesehatan swasta yang sedang berjalan periode 2021-2022 di EcoNusa, akan selesai di awal September 2022. Untuk itu EcoNusa membuka penawaran dari vendor/perusahaan asuransi yang tertarik memberikan penawaran proposal jasa asuransi ke EcoNusa untuk periode 2022 – 2023.

Alur dan mekanisme pelaksanaan:

  • Perusahaan asuransi/vendor mengirimkan proposal ke Yayasan EcoNusa. Untuk detail nya bisa menghubungi PIC EcoNusa terkait jumlah staf, premi, jenis manfaat dll – deadline 21 Juni 2022
  • Perusahaan asuransi/vendor yang terpilih memberikan presentasi terkait proposal – deadline 8 Juli 2022
  • Yayasan EcoNusa akan menghubungi Perusahaan asuransi/vendor yang terpilih dan menandatangani kontrak kerjasama – deadline 22 Juli 2022

Hasil yang diharapkan:

  • Proposal penawaran jasa asuransi yang detail seperti manfaat, mekanisme claim, Fasilitas Kesehatan rekanan, dll.
  • Presentasi Proposal
  • Sosialisasi manfaat asuransi ke semua karyawan EcoNusa untuk Perusahaan Asuransi/vendor terpilih.

Kriteria:

  • Perusahaan Asuransi/vendor memiliki pengalaman dalam menyediakan jasa asuransi ke corporate.
  • Memiliki platform penggunaan jasa asuransi yang bisa diakses lewat online (aplikasi, dll).
  • Memiliki layanan Telehealth/Telemedicine.
  • Memiliki Fasilitas kesehatan (RS/Klinik) rekananan di seluruh Indonesia, dan di prioritaskan Indonesia Timur khususnya Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

Waktu dan Pelaksanaan:

Semua proposal dan korespondensi ditujukan ke Yayasan Ekosistim Nusantara (ECONUSA) Up. Rentika Sinaga.

Jl Maluku No 35 RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia  Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631  

Email: tika@econusa.id

Perjalanan EcoNusa dalam mempromosikan narasi-narasi positif mengenai Indonesia Timur juga selalu berkembang dan menyesuaikan kebutuhan, dari tahun ke tahun. Untuk itu, demi melihat dampak dari strategi komunikasi yang telah kami tentukan. Maka kami merasa penting untuk melakukan evaluasi program-program komunikasi yang sudah dijalankan oleh EcoNusa selama lima tahun belakangan ini.

Dengan menjalankan audience conversion assessment, kami berharap dapat mengetahui seberapa besar dampak perubahan yang sudah dialami oleh audiens EcoNusa, terhadap isu mengenai pengelolaan SDA yang berkelanjutan dan pentingnya perlindungan alam di kawasan Indonesia Timur.

Alur dan mekanisme pelaksanaan:

  • Perusahaan jasa/vendor mengirimkan proposal ke Yayasan EcoNusa. deadline 26 Agustus 2022
  • Perusahaan jasa/vendor yang terpilih memberikan presentasi terkait proposal – deadline 7 September 2022
  • Yayasan EcoNusa akan menghubungi Perusahaan jasa/vendor yang terpilih dan menandatangani kontrak kerjasama – paling lambat 23 September 2022

Hal yang diharapkan

Proposal penawaran jasa riset yang detail sesuai dengan brief Audience Conversion Assesment yang bisa dicek di info.econusa.id/AudienceConversionAssesment2022

Kriteria

  • Perusahaan jasa/vendor memiliki pengalaman dalam menyediakan jasa riset komunikasi untuk organisasi, terutama non profit terlebih di isu lingkungan.
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan riset di daerah Indonesia Timur, khususnya di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

Semua proposal dan korespondensi ditujukan ke Yayasan Ekosistim Nusantara (EcoNusa) Up. Imam Soedardji.

Jl Maluku No 35 RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia  Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631  

Email: imam@econusa.id

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved