Search
Close this search box.

Bekerja di EcoNusa

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif local Tanah Papua dan Maluku di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog di antara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepemimpinan Lingkungan Anak Muda.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Atasan : Human Resources Officer

Lokasi Kerja : Jakarta

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

HR Officer memiliki fungsi, tugas pokok, dan kewenangan untuk keberhasilan pencapaian tujuan organisasi yang berhubungan dengan sistem dan pengelolaan tenaga kerja EcoNusa. Fungsi tersebut meliputi: koordinasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan seluruh kegiatan/program yang menjadi lingkup kerja dan tanggung jawabnya.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
  • Menyusun, mensosialisasikan, menjalankan dan memonitor SOP, Peraturan Kerja Organisasi dan Kebijakan Internal yang dijalankan secara konsisten oleh seluruh Pimpinan dan Staf serta direview secara berkala sesuai kebutuhan organisasi dan undang-undang ketenagakerjaan.
  • Melakukan proses end-to-end rekrutmen sesuai standar dan prosedur dan memberikan masukan kepada hiring managers sesuai kebutuhan.
  • Melakukan dan memastikan proses onboarding (welcoming, induksi/orientasi, peralatan kerja, dll) dan offboarding karyawan (exit clearance, final settlement, dll).
  • Mempersiapkan kontrak kerja untuk karyawan, tenaga konsultan, magang dan tenaga lepas.
  • Bertanggung jawab untuk update database secara regular di HR system dan G-drive.
  • Mengatur dan menyimpan file personalia dengan baik dan mudah diakses (kontrak, data pribadi, dokumen pendukung, dll) dan menjaga kerahasiaan dokumen personel dan informasi lain seluruh karyawan.
  • Berkoordinasi dengan penyedia asuransi dan BPJS untuk pendaftaran dan penonaktifan peserta serta mengajukan pembayaran tepat waktu.
  • Memastikan pembayaran dan pelaporan pajak karyawan setiap bulannya dan pajak tahunan tepat waktu.
  • Mengembangkan dan memfasilitasi proses penilaian kinerja staff secara berkala dan memfasilitasi diskusi one by one jika dibutuhkan.
  • Bersama atasan langsung melakukan pemetaan, menganalisis dan memfasilitasi penguatan kapasitas staf baik yang bersifat umum maupun spesifik dengan mempertimbangkan kebutuhan dan ketersediaan dana organisasi.
  • Bersama atasan langsung dalam mengembangkan sistem serta memberikan tinjauan analitis dan rekomendasi untuk menyempurnakan skema tunjangan karyawan.
  • Mempersiapkan perhitungan gaji dan memastikan payroll setiap bulannya berjalan dengan baik.
  • Membuat laporan kegiatan unit HR yang menjadi tanggung jawabnya dengan tepat waktu dan berkualitas (termasuk performa kehadiran staf) setiap bulan sesuai ketentuan yang ditetapkan.
  • Bersama atasan langsung memfasilitasi keluhan, masukan, pertanyaan dari seluruh staf terkait dengan kebijakan dan aturan lainnya di organisasi.
  • Secara aktif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala kantor wilayah dan manager (setidaknya sekali sebulan) terkait kondisi karyawan dan hal-hal yang perlu direspon segera.
  • Merencanakan dan memfasilitasi kebutuhan wellness dan wellbeing karyawan.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
  • Gelar universitas dari lembaga akademik terakreditasi di Sumber Daya Manusia, Administrasi, Psikologi atau akademik terkait lainnya.
  • Pengalaman minimal 3 tahun dibagian Sumber Daya Manusia dan Administrasi.
  • Memiliki pemahaman komprehensif mengenai isu-isu SDM dan peraturan ketenagakerjaan.
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait skema penggajian dan pajak penghasilan karyawan.
  • Mahir dalam aplikasi komputer; pengalaman bekerja dengan database atau perangkat lunak HRIS lainnya merupakan keuntungan.
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang efektif dan menunjukkan kemampuan untuk berinteraksi secara profesional dengan tim.
  • Proaktif dan mampu memprioritaskan dan mengatur waktu secara efisien dan memanajemen banyak tugas secara efektif, termasuk kemampuan untuk fleksibel dalam merespons perubahan.
  • Memiliki perhatian pada hal-hal detail, kepekaan terhadap kondisi dan situasi serta responsive dalam mencarikan solusi.
  • Berkomitmen untuk menumbuhkan budaya kerja yang saling menghormati, kolaboratif, belajar dan memberdayakan.
  • Menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan.

HUBUNGAN KERJA

Internal : Bekerja erat dengan semua unit di Yayasan EcoNusa
Eksternal : Kerjasama dengan pihak eskternal seperti perwakilan pemerintah (BPJS), NGO, mitra, vendor, dll

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru dan portfolio Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Human Resources Officer” paling lambat 2 Mei 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Copyright ©2023.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved