Strategi Kami

Pengembangan Kapasitas dan Ketahanan Masyarakat Adat Melalui Ekonomi Berkelanjutan

EcoNusa menggunakan pendekatan berbasis aset untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan keterampilan, sumber daya, dan kekuatan masyarakat, dan menanggapi peluang baru yang didorong oleh permintaan dari para pemimpin dan pengusaha lokal untuk memanfaatkan peluang ekonomi berkelanjutan dan inovatif. Kami akan menggunakan sistem yang mendorong pengusaha lokal untuk secara langsung mengakses peluang investasi dan bantuan keuangan independen yang dilakukan melalui tahapan-tahapan berikut:

Proses kami dimulai dengan mengidentifikasi produk-produk potensial (seperti sagu, pala, babi hutan, dan pohon damar) atau usaha (wisata berbasis hutan seperti birdwatching dan trekking) yang dapat diproduksi dengan mudah oleh masyarakat adat dan juga secara langsung memperkuat upaya perlindungan hutan dan memberikan pendapatan berkelanjutan bagi mereka.

Selanjutnya, kami akan mengidentifikasi, mendukung, dan mempromosikan wirausahawan dengan memajukan peluang ekonomi mereka melalui akses pasar yang lebih besar agar mereka bisa memiliki kebebasan finansial dan pendapatan yang berkelanjutan. Kami akan lebih fokus kepada jaringan pengusaha muda dan perempuan.

Kemudian, kami akan membuat dan mendukung jaringan dan platform masyarakat adat independen yang mempromosikan wira usaha mandiri yang berkelanjutan di Papua dan Maluku melalui kolaborasi, pelatihan, dukungan yang lebih besar termasuk akses pasar dan rantai pasokan. Hal ini akan mengembangkan penghidupan masyarakat adat serta memberikan manfaat konservasi yang nyata.

Terakhir, kami akan membangun titik pengumpulan di setidaknya tiga lokasi utama. Titik pengumpulan ini merupakan kunci untuk menyimpan produk masyarakat sebelum tersalur ke pasar akhir dan untuk mengontrol kuantitas dan kualitas.

Kolaborasi seperti apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat adat di Indonesia Timur?

EcoNusa telah mengembangkan jaringan mitra pelaksana regional dan lokal di Indonesia Timur yang terdiri dari organisasi independen. Dengan koneksi ini, kami berusaha untuk mengidentifikasi peluang dalam mempromosikan kegiatan kewirausahaan lokal yang berkelanjutan yang meningkatkan mata pencaharian dan hak masyarakat adat sambil memberikan hasil konservasi yang nyata. Selanjutnya, kami akan bekerja dengan sejumlah wirausahawan terpilih untuk mempromosikan bisnis dan proposal mereka kepada perusahaan swasta dan LSM dengan tujuan menciptakan bisnis dan ekonomi berkelanjutan.

Strategi Lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved