Strategi Kami

Advokasi Kebijakan dan Kerjasama Strategis

Untuk memastikan pemahaman dan kerjasama yang sama antara berbagai pemangku kepentingan di Papua dan Indonesia Timur pada umumnya, EcoNusa telah menunjuk tim penasihat. Tim penasihat yang terdiri dari ahli tersebut, membantu para pemangku kepentingan dalam memprioritaskan kebutuhan, perencanaan strategis, implementasi, dan mekanisme pemantauan dan evaluasi pengembangan di daerah Indonesia Timur. Proses perencanaan itu sendiri akan diselaraskan dengan perencanaan pembangunan daerah yang ada atau direncanakan.

Ada tiga tingkat keterlibatan yang menjadi fokus tim penasihat EcoNusa: tingkat distrik, provinsi, dan nasional. Di tingkat distrik, EcoNusa memberikan pelatihan teknis dan pendampingan terhadap masyarakat lokal tentang pemetaan partisipatif wilayah adat. Hal ini menjadi bagian dari strategi agar masyarakat adat dan wilayah adat mendapatkan pengakuan dan penetapan dari pemerintah daerah dan pusat. Di tingkat provinsi, kami memfasilitasi percepatan proses pembangunan di Papua dan Maluku. Salah satu tanggung jawab tim tersebut adalah menyusun strategi bersama antar pemangku kepentingan agar agenda pembangunan Papua dapat diterjemahkan ke dalam kebijakan daerah dan dapat diimplementasikan dan dipantau secara efektif. Hal ini bermula dari perlunya menjembatani inisiatif pemerintah daerah di Papua dengan pemerintah pusat dan sebaliknya. Sementara di tingkat nasional, tim penasihat akan memfasilitasi komunikasi antara pemerintah pusat, warga Papua, para donor, dan pemangku kepentingan lainnya yang bekerja di Papua yang memiliki kepedulian yang sama terhadap pembangunan di daerah.

Mengapa kerjasama strategis penting?

Memastikan pemahaman bersama di antara berbagai pemangku kepentingan di Papua dan Indonesia Timur secara umum sangat penting untuk misi EcoNusa. Ketika pemahaman bersama telah tercapai, maka pembuat kebijakan lokal, regional, dan nasional mendapatkan arahan strategis untuk merencanakan dan mendukung pembangunan yang merata dan berkelanjutan di wilayah ini melalui kolaborasi yang efektif.

Strategi Lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved