Beradat Jaga Hutan

Alam adalah Mama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia Timur, khususnya Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Bapa dan Mama memiliki ikatan spiritual dengan wilayah adatnya sebagai ruang hidup yang meliputi tanah, hutan, laut, dan sumber daya alam (SDA) lainnya yang bukan hanya sebagai sumber ekonomi, tetapi juga menyangkut sistem religi dan sosial-budaya. Terlebih bagi masyarakat adat, yakni masyarakat yang memiliki sejarah asal-usul dan menempati wilayah adat secara turun-temurun sehingga memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, memiliki kehidupan sosial-budaya yang diatur oleh hukum adat, serta lembaga adat yang mempertahankan keberlanjutan kehidupannya sebagai komunitas adat.

Banyak praktik baik yang sudah dilakukan untuk melindungi alam seperti penerapan sasi, egek, ditetapkannya hutan larangan, hutan keramat, hutan perempuan, dan sebagainya. Kenyataannya saat ini, wilayah adat seringkali berpindah tangan tanpa ada persetujuan dari masyarakat adat. Pembabatan hutan secara masif terjadi di wilayah adat sehingga masyarakat terusir dan kehilangan akses sumber penghidupannya. Alih fungsi dan pembabatan hutan tidak memberi manfaat ke masyarakat adat, justru meningkatkan emisi karbon dan menimbulkan bencana lingkungan.

Pemetaan Wilayah Adat Untuk Memperkuat Masyarakat

Menjaga hutan tersisa di timur Indonesia, khususnya di Tanah Papua, memastikan dan menjamin hak hidup masyarakat adat menjadi fokus EcoNusa. Kepastian hak dimulai dari wilayah adat dan keberadaan masyarakat adat itu sendiri sampai kepastian dalam mengelola hutan dan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Salah satu cara efektif adalah dengan melakukan pemetaan partisipatif wilayah adat untuk menjamin kepastian batas-batas ruang hidup yang mereka miliki.

Pemetaan Partisipatif Spasial dan Sosial Wilayah Adat

Dukungan Kebijakan dan Tatacara Penetapan Wilayah Adat

Pemetaan Wilayah Adat

Dampak Penguatan Masyarakat Adat

Wilayah Adat Terpetakan

0
Hektar

Komunitas Adat Terpetakan

0
Komunitas

Kampung Terpetakan

0
Kampung

Distrik Terpetakan

0
Distrik

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved