Bekerja di EcoNusa

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif local Tanah Papua dan Maluku di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog di antara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepemimpinan Lingkungan Anak Muda.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Posisi : Senior Ocean Policy Advocacy and Strategic Engagement Officer 

Atasan : Ocean Program Manager 

Lokasi Kerja : Jakarta 

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun) 

Level : Senior Officer 

TUJUAN PEKERJAAN 

Posisi ini berada dalam departemen program dan dibawah struktur unit Program Ocean serta melapor kepada Ocean Program Manager. Dia akan mendorongkan evidence-based recommendations dan analisis kebijakan kelautan dan perikanan; melakukan engagement, membangun komunikasi, mengadakan pertemuan dan mempengaruhi para policy makers. 

Dia akan melakukan akselerasi rencana kerja advokasi kebijakan kelautan dan perikanan berkelanjutan bersama mitra CSOs EcoNusa, dan membangun kerjasama strategis dengan para pihak (masyarakat, komunitas, CSOs, pakar, universitas serta pemerintah baik di tingkat lokal maupun nasional untuk mencapai target kerja yang diinginkan. 

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan penuh waktu (full time) dan berbasis di Jakarta dengan perjalanan luar kota secara berkala. Dia akan melapor dan memberikan update secara berkala kepada tim Ocean dan berkoordinasi dengan unit lain dalam organisasi. 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 

  1. Technical support
    • Memberikan dukungan teknis dan pengetahuan kepada mitra CSOs, universitas, pemerintah, pakar dan masyarakat untuk menyusun rencana dan strategi advokasi kebijakan pada isu-isu prioritas kelautan-perikanan dan perubahan iklim
    • Melakukan analisis kebijakan, penyusunan materi terkait advokasi dan menyusun policy brief secara berkala
    • Menginisiasi dan memfasilitasi pertemuan, koordinasi kerja, workshop, konferensi pers terkait kerja advokasi.
    • Melaksanakan engagement secara reguler dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk institusi kunci lainnya seperti DPR/MPR, partai politik, ormas dan kontak individu dan jaringan yang relevan untuk mendorongkan kebijakan kelautan dan perikanan yang adil dan berkelanjutan.
    • Melakukan monitoring perkembangan aturan kebijakan kelautan dan perikanan yang relevan yang disusun di tingkat DPR dan Kementerian/ Lembaga.
    • Support mitra lokal dan mitra EcoNusa dalam pengembangan kerja kebijakan dan advokasi terkait kebijakan kelautan dan perikanan.
  2. Management dan pengembangan
    • Membantu Ocean Program Manager dalam membangun, melaksanakan rencana strategis, evaluasi program tahunan dan penyusunan rencana kerja.
    • Membantu Ocean Program Manager mengumpulkan, menyusun dan penulisan laporan bulanan, laporan tahunan dan laporan berkala ke donor.
    • Memberikan sharing dan transfer knowledge kepada tim dan jaringan kerja untuk pengkayaan materi.
  3. Komunikasi dan publikasi
    • Melakukan penyiapan dan review materi bahan komunikasi dan publikasi kerja advokasi kebijakan
    • Bekerja dekat dengan media dan jurnalis untuk sharing bahan dan narasumber terkait advokasi kebijakan

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN 

  • Minimal lulusan sarjana perikanan, kelautan, hukum, ilmu sosial-politik atau yang terkait.
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang advokasi kebijakan minimal 5 tahun.
  • Memiliki keterampilan advokasi kebijakan.
  • Memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan hukum dan kebijakan kelautan dan perikanan Indonesia. Termasuk open access dan penangkapan ikan terukur.
  • Memiliki kemampuan analisis dan mampu menyusun policy papers, policy brief dan artikel untuk target pembaca yang beragam.
  • Memiliki kemampuan komunikasi politik yang baik, terutama berkomunikasi kepada pemangku kebijakan.
  • Memiliki kemampuan berkoordinasi dengan organisasi non-profit, kelompok atau elemen masyarakat, pemerintah dan akademisi.
  • Merupakan team player dan problem solver yang dapat bekerja secara mandiri dengan minimum supervise.
  • Karakter yang luwes dan dinamis mempunyai jaringan kerja yang luas. 

HUBUNGAN KERJA 

Internal – Berkoordinasi dekat dengan tim program Ocean dan organ lainnya di EcoNusa. 

External – Berkoordinasi dengan pemerintah, legislatif, media, akademisi dan CSOs. 

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Personil. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman. 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas. 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Senior Ocean Policy Advocacy and Strategic Engagement Officer” paling lambat 7 November 2022. 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya. 

Posisi : Program Coordinator – (untuk penempatan di IRI Indonesia)

Atasan : National Facilitator IRI Indonesia

Lokasi Kerja : Jakarta 

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun) 

TUJUAN PEKERJAAN 

Program Coordinator di bawah supervisi dari National Facilitator IRI-Indonesia bertanggung jawab untuk membuat rancangan program, budget, dan laporan kegiatan. Posisi ini juga bertanggung jawab dalam membangun komunikasi dan koordinasi strategis dengan pihak-pihak yang relevan.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 

  1. Membantu National Facilitator dalam membuat kerangka acuan kerja (ToR), jadwal dan anggaran program kerja yang telah disetujui IRI global.
  2. Membuat rincian rencana kerja, panitia ad-hoc dan anggaran untuk pelaksanaan program kerja berdasarkan ToR yang telah disepakati dan disetujui oleh National Fasilitator.
  3. Melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait, termasuk: National Facilitator, Pemuka Agama, pihak ketiga, peserta, narasumber, dan pihak relevan lainnya.
  4. Melakukan koordinasi dengan tim komunikasi untuk publikasi dan dokumentasi.
  5. Melakukan koordinasi dengan finance admin untuk anggaran dan pengeluaran program.
  6. Melaksanakan program, monitoring dan membuat laporan kegiatan.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN 

  • Minimal lulusan sarjana di bidang lingkungan, pemberdayaan masyarakat, atau ilmu sosial lainnya.
  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 3 tahun terkait perlindungan hutan, pemberdayaan masyarakat, dan masyarakat adat.
  • Memiliki kemampuan berkoordinasi dengan kelompok atau elemen masyarakat, pemerintah, dan lainnya
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris minimal pasif
  • Merupakan team player dan problem solver yang dapat bekerja secara mandiri dengan
    minimum supervise.
  • Memiliki kemampuan interpersonal, mampu bekerja dalam tim.

 

HUBUNGAN KERJA 

Internal : Dengan National Facilitator dan staf IRI-Indonesia dan juga EcoNusa

External : Dengan pihak-pihak eksternal

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Personil. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman. 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas. 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Program Coordinator ” paling lambat 9 November 2022. 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya. 

Posisi : Junior Finance Administration – (untuk penempatan di IRI Indonesia)

Atasan : National Facilitator IRI Indonesia

Lokasi Kerja : Jakarta 

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun) 

TUJUAN PEKERJAAN 

Junior Finance Administration di bawah supervisi dari National Facilitator IRI-Indonesia bertanggung jawab untuk memberikan dukungan administrasi, keuangan, logistik untuk kelancaran kerja-kerja IRI-Indonesia.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 

  1. Mengecek dan memastikan kelengkapan dokumen setiap pengajuan pembayaran, reimburse staf
    sesuai ketentuan yang berlaku.
  2. Mengarsipkan semua bukti-bukti keuangan secara rapi, lengkap dan mudah diakses oleh pimpinan yang berwenang.
  3. Bertanggungjawab atas pengelolaan operasional kantor IRI-Indonesia seperti: internet, ATK, dan lain-lain.
  4. Menjalankan fungsi kesekretariatan kantor: meyiapkan rapat koordinasi internal IRI-Indonesia.
  5. Mengelola, memelihara, dan menyimpan asset serta fasilitas peralatan kerja yang ada di sekretariat kantor IRI-Indonesia secara baik.
  6. Mengelola dan melaporkan penggunaan petty cash yang diperuntukkan untuk operasional sekretariat kantor.
  7. Mendukung kegiatan yang dilakukan oleh IRI-Indonesia terkait dengan administrasi dan logistik yang meliputi : pembuatan surat undangan, konfirmasi peserta dan narasumber, pemesanan ticket, menyiapkan transportasi, akomodasi, penggantian biaya peserta, ATK, dan lain-lain.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN 

  • Pendidikan S1 atau D3 Management, Akuntansi, atau Keuangan
  • Pengalaman Kerja minimal 1 tahun dibidang terkait
  • Mampu berkomunikasi secara tertulis dan lesan dengan baik
  • Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan bahasa Inggris minimal Pasif
  • Mampu bekerja secara mandiri dan bekerja dengan Teams
  • Menguasai Komputer kususnya MS Word

HUBUNGAN KERJA 

Internal : Dengan National Facilitator dan staf IRI-Indonesia dan EcoNusa

External : Dengan pihak-pihak eksternal

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Personil. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman. 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas. 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Junior Finance Administration” paling lambat 9 November 2022. 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya. 

Posisi : Finance and Administration Internship

Atasan : Business Development Coordinator

Lokasi Kerja : Jakarta 

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (6 bulan)

TUJUAN PEKERJAAN 

Dibawah arahan Business Development Coordinator, Magang Finance and Administration akan terlibat dalam proyek-proyek yang berkaitan komoditi termasuk didalamnya mengatur anggaran bulanan, proyeksi biaya, dan perkiraan penjualan dan laba, pembukuan dan data entri, melakukan pencatatan transaksi keuangan proyek dan mencatat pengeluaran lainnya.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 

  1. Memastikan konsistensi sistem, prosedur dan kontrol manajemen keuangan program sesuai dengan Standar Operation Prosedur Yayasan.
  2. Membantu melengkapi semua dokumen pendukung pengajuan uang muka, perintah pembayaran (reimburse) dan pertanggungjawaban keuangan sesuai ketentuan yang berlaku (SOP Keuangan
    Yayasan).
  3. Membantu melakukan monitoring atas penggunaan dana program.
  4. Membantu mengarsipkan semua bukti-bukti keuangan secara rapi, lengkap dan mudah diakses oleh pimpinan yang berwenang.
  5. Membantu menyusun proyeksi biaya dan perkiraan penjualan dan laba komoditas.
  6. Membantu menyiapkan data-data dan laporan yang dibutuhkan secara akurat oleh atasan langsung maupun atasan tidak langsung tepat waktu.
  7. Berkoordinasi dengan seluruh personel di Divisi Keuangan dan supervisor.
  8. Melakukan kerja-kerja diluar kantor sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pimpinan
  9. Menghadiri rapat-rapat sesuai yang dibutuhkan.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN 

  • Fresh Graduate Jurusan Ekonomi/ Bisnis Administrasi
  • Pengalaman Kerja magang sebelumnya berkaitan dengan administrasi dan keuangan
  • Mampu berkomunikasi secara tertulis dan lesan dengan baik
  • Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan bahasa Inggris minimal Pasif
  • Mampu bekerja secara mandiri dan bekerja dengan Teams
  • Menguasai Komputer kususnya MS Word dan Ms. Excel

HUBUNGAN KERJA 

Internal : Dengan semua staf internal EcoNusa
External : Dengan pihak-pihak eksternal

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Personil. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman. 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas. 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Finance and Administration Internship” paling lambat 9 November 2022. 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya. 

Posisi : Administration and Operations Coordinator
Atasan : Operations Manager
Lokasi Kerja : Jakarta
Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN
Memastikan dukungan administrasi dan secretariat kantor, operasional kantor, pengelolaan asset, dan dukungan logistic lainnya diseluruh kantor Yayasan Econusa berjalan baik sesuai tujuan organisasi. Unit kerja operasional dan secretariat harus mampu berkomunikasi dan koordinasi dengan seluruh staf dan mitra kerja dalam mendukung pelaksanaan program dan keuangan secara transparan dan akuntabel. Fungsi tersebut meliputi: koordinasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan yang menjadi tugas tanggung jawabnya.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Bersama dengan line manager menyusun rencana kerja dan anggaran serta melakukan monitoring unit operasional secara berkala
  2. Bersama dengan line manajer menyusun laporan unit kerja operation secara berkala
  3. Mengkoordinir pengarsipan surat menyurat yang dikeluarkan dari kantor Jakarta dan kantor-kantor wilayah, mendokumentasikan serta menyimpan dokumen organisasi termasuk surat kontrak kerjasama donor dan mitra.
  4. Mempersiapkan kontrak kerja untuk fasilitator, narasumber, konsultan dan berkoordinasi dengan unit grant untuk kontrak kerjasama dengan mitra EcoNusa.
  5. Membantu pengurusan dokumen-dokumen legal organisasi dan perubahannya.
  6. Mempersiapkan surat keluar seperti: undangan, surat tugas, dll sesuai kebutuhan staf dan organisasi.
  7. Mengkoordinir pemesanan tiket termasuk mengumpulkan boarding pass, akomodasi, ruang pertemuan dan kebutuhan logistic lainnya serta mempersiapkan dokumen pembayaran tepat waktu dalam mendukung kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan di Econusa.
  8. Mengumpulkan dan mengidentifikasi permintaan pengadaan barang dan jasa dan memastikan persyaratan sudah terpenuhi sesuai SOP Pengadaan.
  9. Melakukan penawaran/perbandingan barang dan jasa dan menyiapkan dokumen analisa penawaran barang/jasa secara tepat.
  10. Membuat dan memperbaharui data base vendor atau penyedia jasa lainnya yang bekerja sama dengan Econusa.
  11. Mengupdate database asset secara berkala.
  12. Mempersiapkan kebutuhan logistik untuk pertemuan internal organisasi (rapat staf, rapat pengurus, pengawas dan pembina, dan rapat internal lainnya)
  13. Memonitor kebutuhan kantor-kantor wilayah secara berkala.
  14. Mengkoordinir penggunaan dan penghitungan kartu kredit milik Yayasan dengan keuangan dan unit lainnya.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Gelar S1 dari Universitas di bidang Sekretaris, Administrasi, Manajemen dan yang relevan lainnya.
  • Pengalaman bekerja di bidang administrasi dan revalan lainnya minimal 3 tahun
  • Memiliki kemampuan berbahasa inggris verbal dan tulisan.
  • Terbiasa menangani kesekretariatan, logistik dan administrasi
  • Cepat beradaptasi dalam lingkungan kerja dan berkomunikasi secara baik
  • Memiliki kemampuan bekerja multi-tasking dan problem-solving
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke luar kota

 

HUBUNGAN KERJA
Internal : Dengan semua staf internal EcoNusa
External : Dengan pihak-pihak eksternal (vendor, konsultan, dll)

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok pemegang jabatan. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat
keterampilan dan pengalaman.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Administration and Operations Coordinator” paling lambat 22 November 2022.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved