Search
Close this search box.

Bekerja di EcoNusa

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif local Tanah Papua dan Maluku di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog di antara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepemimpinan Lingkungan Anak Muda.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Atasan : Finance and Operations Regional Kepala Burung Papua

Lokasi Kerja : Manokwari

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Project Operations Coordinator akan mendukung beberapa inisiatif utama Yayasan EcoNusa di Provinsi Papua Barat, yang saat ini sedang dilakukan melalui kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan eksternal. Project Operations Coordinator bertanggung jawab atas keseluruhan keuangan dan dukungan operasional program EcoNusa dan pihak eksternal lainnya di Provinsi Papua Barat. Melapor kepada Finance and Operations Regional Kepala Burung dan berkoordinasi erat dengan personel kunci lainnya dalam proyek, ia akan bekerja sama dengan mitra yang melaksanakan program serupa serta lembaga terkait di pemerintah, otoritas lokal, dan masyarakat sipil, dalam hal keuangan dan administrasi.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Dukungan Program (50%)
  • Terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan program EcoNusa sesuai dengan penugasan.
  • Terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan EcoNusa.
  • Mewakili EcoNusa dalam berbagai pertemuan sesuai penugasan.


Dukungan Administrasi Keuangan dan Operasional (50%)
  • Mendukung dalam hal perencanaan dan peninjauan anggaran dan pengeluaran dan menyiapkan laporan bulanan/triwulanan/tahunan dan data lainnya sesuai kebutuhan.
  • Mengelola pembayaran semua tagihan dari vendor, penggantian biaya, uang muka, dan pertanggung jawaban dari staf.
  • Mencatat semua transaksi keuangan, membuat dan meninjau laporan keuangan bulanan.
  • Memproses pembayaran dan pengelolaan faktur, menindaklanjuti dengan klien, pemasok, dan mitra sesuai kebutuhan.
  • Mencatat/merekonsiliasi dengan lengkap dan akurat seluruh pengendalian operasional program terhadap anggaran, dana, biaya perjalanan dan kas kecil. Pekerjaan ini akan berkoordinasi erat dengan unit Finance and Operations Regional Kepala Burung Papua dan Finance di Jakarta.
  • Memberikan dukungan data dalam proses audit.
  • Memberikan dukungan kepada staf/konsultan dalam penyediaan lembar kerja, laporan klaim/pengeluaran perjalanan, penggantian biaya, perjanjian peserta, dan dokumentasi keuangan terkait lainnya.
  • Mengawasi pencatatan keuangan proyek khususnya di provinsi Papua Barat.
  • Memberikan dukungan kepada tim EcoNusa dalam mengelola kegiatan back-office di Manokwari, Provinsi Papua Barat.
  • Memastikan berjalannya operasional termasuk mengoordinasikan alur dokumen dan organisasi, membeli perlengkapan, mengatur perjalanan dan acara, perlengkapan dan peralatan, dan dukungan komunikasi saat berkegiatan dan koordinasi pertemuan di internal organisasi.
  • Mengelola pengeluaran operasional dengan konsultasi kepada Finance and Operations Regional Kepala Burung Papua, termasuk biaya kantor, layanan kantor, asuransi, IT, hukum, pajak, dan lainnya dan memastikan penggunaan sumber daya Donor secara efisien dan efektif.
  • Mempersiapkan, memelihara, memantau, dan meningkatkan sistem operasional, proses, prosedur, dan pencatatan sesuai dengan kebijakan Econusa, mendukung pelaporan manajemen, alur dan manajemen informasi, serta perencanaan organisasi yang lebih baik.
  • Membantu pekerjaan harian lain di unit Operasional,jika diperlukan, tugas lain yang signifikan yang ditugaskan oleh atasan langsung.


KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
  • Gelar sarjana di bidang terkait, lebih disukai bidang keuangan dan akuntansi di organisasi dan/atau bisnis.
  • Minimal 2 tahun pengalaman kerja penuh waktu di bidang yang relevan, dengan pengalaman manajemen operasional, administrasi, dan/atau manajemen keuangan.
  • Pengalaman langsung dalam administrasi keuangan (misalnya anggaran, pencatatan, pajak).
  • Berorientasi pada detail dan pemikir yang terorganisir yang dapat mengatur berbagai prioritas.
  • Kemampuan mempelajari sistem baru dan aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh Econusa.
  • Pengetahuan dan pengalaman tentang proses audit.
  • Kemahiran dalam komunikasi bisnis lisan dan tertulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Mampu bekerja dengan minimum supervisi dan mampu memenuhi berbagai tenggat waktu.
  • Familiar dalam menggunakan sistem internet banking.
  • Memiliki ppngetahuan tentang Microsoft Office Suite sangat penting.
  • Harus mampu menetapkan prioritas dan bekerja di bawah tekanan, termasuk melakukan banyak tugas dan merencanakan beberapa acara secara bersamaan.
  • Lebih diutamakan berdomisili di Manokwari dan sekitarnya.


Kualifikasi lebih diutamakan:
  • Pengalaman bekerja dalam kelompok multi-pemangku kepentingan/antarsektoral seperti pemerintah, swasta, masyarakat sipil, dan keterlibatan pemangku kepentingan lainnya.
  • Pemahaman mengenai protokol dan kebijakan pengelolaan sub-hibah di kalangan OMS lokal dan donor internasional.


HUBUNGAN KERJA

Internal : Bekerja erat dengan tim Regional Kepala Burung Papua dan koordinasi dengan semua kantor wilayah lainnya.
Eksternal : Kerjasama dengan pihak eskternal seperti Pemerintah, Organisasi Masyarakat sipil (OMS), mitra-mitra, dll.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru dan portfolio Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Project Operations Coordinator” paling lambat 20 Februari 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Chief Executive Officer

Lokasi Kerja : Jakarta/Sorong/Ambon

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Business Development and Operations bertanggung jawab untuk mendukung EcoNusa yang saat ini mengembangkan wirausaha sosial yang mendukung produk lokal dan pengembangan ekonomi di Indonesia bagian timur, dengan fokus pada produk pertanian, perikanan, dan pariwisata lokal. Posisi ini akan mendukung Chief Executive Officer EcoNusa untuk mempercepat strategi pengembangan bisnis dan bekerja sama serta mendukung perusahaan-perusahaan yang telah dibentuk oleh Yayasan EcoNusa dalam pengembangan bisnis, keberlanjutan dan diharapkan memberikan dampak positif kepada komunitas lokal, adat dan alam.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
  1. Manajemen Kontrak: Mempersiapkan, meninjau, dan merangkum dokumen bisnis, memastikan keakuratan dan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan dan persyaratan hukum.
  2. Manajemen Program: Bekerja sama dengan departemen Business Development, Desain & Pembangunan, Operasional, Pemasaran dan Keuangan untuk memastikan masing-masing program atau program binis baru diselesaikan tepat waktu dan efektif.
  3. Dukungan operasional bisnis: Menangani dan penghubung antar unit bisnis untuk hal-hal yang berkaitan dengan kinerja keuangan, izin usaha, asuransi, dan hal-hal terkait operasional.
  4. Penghubung dengan pihak berwenang setempat dan berkoordinasi dengan mitra dan konsultan lain jika diperlukan.
  5. Melakukan pitching, pendekatan, bernegosiasi dan mempertahankan mitra-mitra potensial.
  6. Membantu mengatur dan merapikan pengarsipan dokumen Master File dan hardcopy dengan informasi yang akurat dan relevan.
  7. Terlibat untuk melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis potensial.
  8. Terlibat dalam mengembangkan strategi keberlanjutan dan dampaknya.
  9. Membantu pembuatan proposal dan presentasi bisnis.
  10. Melaksanakan setiap tugas lain yang diberikan oleh atasan atau manajemen untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
  • Gelar Sarjana Min di bidang Administrasi Bisnis, Keuangan, pemasaran, keberlanjutan atau bidang terkait. Sertifikasi yang relevan merupakan nilai tambah.
  • Setidaknya 1-2 tahun pengalaman kerja di bidang terkait diperlukan untuk posisi ini.
  • Pengetahuan yang kuat tentang prinsip-prinsip keuangan dan pengembangan bisnis.
  • Pengetahuan tentang pemasaran, rantai pasokan dan keberlanjutan.
  • Kemahiran dalam Microsoft Office Suite, khususnya Excel dan PowerPoint.
  • Minat terhadap usaha masyarakat, koperasi, komoditas lokal dan keinginan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhannya.
  • Keterampilan organisasi, manajemen waktu dan komunikasi yang kuat.
  • Keterampilan membangun hubungan yang kuat untuk terlibat dan mempengaruhi.
  • Nyaman bekerja di lingkungan start-up yang bergerak cepat.
  • Sangat dapat diandalkan dan dipercaya, proaktif dan memiliki motivasi diri.
  • Keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang kuat.
  • Berorientasi pada detail dan teliti.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dan memelihara hubungan kerja yang positif.
  • Memiliki kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas dalam mengelola perubahan prioritas.
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang sangat baik. Etos kerja yang kuat dan komitmen untuk memenuhi tenggat waktu.
  • Berdomisili di Sorong/Ambon lebih diutamakan dan bersedia travel ke luar lokasi kerja.

HUBUNGAN KERJA

Internal : Berkoordinasi erat dengan tim Business Development dan bekerja sama dengan semua unit di EcoNusa.

Eksternal : Kerja sama dengan pihak-pihak yang relevan seperti vendor, mitra, buyer, dll.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru dan portfolio Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Business Development and Operations” paling lambat 14 Februari 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Communication and Content Development Strategist

Lokasi Kerja : Jakarta/Sorong/Ambon

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Video Production and Designer akan memproduksi acara, video, dan berbagai aset kreatif multimedia, serta menghidupkan karya EcoNusa di seluruh bidang pemasaran, kampanye kreatif, serta media digital dan sosial. Pemegang jabatan akan menghasilkan konsep dan memproduksi video serta aset kreatif untuk situs web dan platform lainnya, bekerja sama dengan tim dalam pembuatan konten di semua media, dan terlibat dalam operasional dan hal-hal strategis.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB
  1. Merancang dan memproduksi berbagai produk video dan multimedia untuk kampanye, termasuk konsep kreatif, pasca produksi, pengeditan visual dan suara, dll.
  2. Berpartisipasi dalam memberikan ide kreatif untuk pemasaran dan periklanan, menyelesaikan keluaran secara mandiri sesuai dengan kebutuhan program, memberikan solusi, dan memastikan kualitas dari keluaran/hasil.
  3. Tetap mengikuti perkembangan tren industri, menganalisis dan melakukan riset desain dan tren terbaru dalam pembuatan video.
  4. Mengkonseptualisasikan, menulis naskah dan produksi video yang bekerja sama dengan produser kreatif.
  5. Mengkonseptualisasikan dan mendesain karya seni untuk digunakan di seluruh aset digital dan mencetaknya untuk audiens dan pemangku kepentingan lainnya.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN
  1. Pendidikan yang relevan (gelar atau diploma) di bidang Pemasaran, Komunikasi, Periklanan, Produksi Video, Jurnalisme, Seni Rupa atau bidang desain terkait lebih diutamakan.
  2. Minimal satu tahun pengalaman kerja dalam kapasitas yang sama, familiar dengan pengeditan video, pasca produksi, komposisi, dan efek animasi.
  3. Mahir menggunakan software desain/video mainstream seperti Photoshop, Illustrator, After Effects, Premiere, dll.
  4. Memiliki kemampuan dasar yang kuat dalam desain grafis, seni rupa, memiliki kepekaan estetika yang sangat baik, keterampilan tata letak penyusunan huruf, dan kemampuan koordinasi warna.
  5. Memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan kerja tim, dan kapasitas untuk bekerja dengan baik di bawah tekanan.
  6. Menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan.
  7. Mampu berpikir mandiri, kreatif dan bertumbuh di lingkungan yang serba cepat dan dinamis.
  8. Berdomisili di Sorong/Ambon lebih diutamakan dan bersedia travel ke luar lokasi kerja.

HUBUNGAN KERJA

Internal : Video Production and Designer akan berkoordinasi erat dengan tim Creative Production dan bekerja sama dengan semua unit di EcoNusa.
Eksternal : Video Production and Designer akan berkolaborasi dengan pihak-pihak yang relevan seperti vendor, mitra, dll.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru dan portfolio Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Video Production and Designer” paling lambat 7 Februari 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Copyright ©2023.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved