Tentang Kami

Nature | Culture | Conservation

Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation) merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal. Untuk itu, EcoNusa mendorong pembangunan dan pengembangan kapasitas kelompok masyarakat madani, bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan strategi untuk advokasi, kampanye, komunikasi dan pelibatan pemangku kepentingan. EcoNusa juga mempromosikan dialog antarpemangku kepentingan untuk makin mengembangkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sekaligus juga untuk mengangkat keadilan, konservasi, dan transparansi. Yayasan ini resmi berdiri sejak 21 Juli 2017 dan berbasis di Jakarta.

Yayasan EcoNusa menjembatani komunikasi antara pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia (Tanah Papua dan Maluku). Tujuannya untuk memaksimalkan praktik terbaik dalam hal perlindungan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan berdasarkan prinsip keadilan melalui kegiatan nyata bersama masyarakat lokal. Yayasan EcoNusa juga mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan dan konservasi sumber daya alam kepada para pembuat kebijakan baik di tingkat daerah maupun nasional.

Visi

Kedaulatan masyarakat untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Misi

Memfasilitasi pemangku kepentingan dalam pengelolaan SDA yang berkeadilan dan berkelanjutan di wilayah timur Indonesia.
Memperluas jaringan dan meningkatkan kapasitas mitra LSM lokal dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.
Mempromosikan pembelajaran dan praktek-praktek terbaik yang dilakukan LSM lokal dan masyarakat ke tingkat nasional dan internasional tentang pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.
Mengorganisir kaum muda khususnya di kawasan perkotaan untuk mendukung gerakan kedaulatan pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan.
Memperkuat kapasitas organisasi EcoNusa sebagai organisasi perubahan yang efektif dan akuntabel untuk mewujudkan visi dan menjalankan misi atau mandat-mandatnya.

Nilai - Nilai Organisasi

Tim EcoNusa

KEADILAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN

Kami berupaya untuk mendorong kesetaraan, keadilan sosial terhadap kelompok miskin dan terpinggirkan serta keadilan lingkungan.

KESETARAAN

Kami meyakini nilai-nilai kesetaraan yang dimiliki tiap orang dan pentingnya menghargai serta menghormati masing-masing individu; kami tahu bahwa perubahan terjadi pada setiap orang. Kami menyadari bahwa upaya yang kami lakukan perlu mencerminkan dan mempromosikan penghargaan terhadap isu gender dan keberagaman.

TRANSFORMASI

Kami meyakini adanya aksi mendesak, inovasi, dan pentingnya transformasi di dunia maupun organisasi kami sendiri.

AKUNTABILITAS

Kami memegang teguh kewajiban dalam perwujudan etika dan pertanggungjawaban atas tindakan kami, seraya mempertahankan integritas kinerja dan menyuarakan hal serupa pada lembaga publik. Pendekatan yang digerakkan atas tujuan dan berfokus pada hasil membuat kami bertanggungjawab atas tindakan dan dapat diandalkan. Kami percaya bahwa orang lain juga harus bertanggungjawab atas tindakannya.

INTEGRITAS

Kami bertanggung jawab terhadap masyarakat dan mitra yang kami layani dengan baik dan secara terbuka membagikan hasil kerja, cerita dan pelajaran kami.

KEUNGGULAN

Kami menantang diri untuk memaksimalkan pembelajaran dan kinerja dengan memanfaatkan semangat untuk menciptakan perubahan.

INKLUSIVITAS

Kami terbuka untuk semua orang dan menerima keberagaman. Kami yakin bahwa semua orang dapat memberikan kontribusi, terlepas dari perbedaan yang terlihat atau tidak. Kami tahu bahwa dengan merangkul perbedaan, secara aktif menyertakan beragam pendapat, dan bersolidaritas bersama, kami dapat menyelesaikan permasalahan paling kompleks di dunia.
Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved
Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved