EcoStory

Apakah Kamu Sang Ilmuwan Muda Papua 2021?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp


Halo, calon Ilmuwan Muda Papua!

Tahukah kamu, betapa beruntungnya kamu sebagai seorang pemuda Papua? Tanah Papua begitu kaya akan sumber daya alam dan budaya yang menjadi sumber identitas dan kebanggaan bagi masyarakat.

Oleh karena itu, pengamatan dan pendalaman pengetahuan tentang serba-serbi Tanah Papua begitu penting. Sebab wawasan tentang Tanah Papua sangat berguna untuk mengembangkan wilayah Papua menjadi lebih sejahtera dan berkelanjutan.

Sayangnya, penelitian tentang Tanah Papua lebih banyak dilakukan oleh pihak luar. Pemuda Papua masih kurang antusias untuk mempelajari wilayah dan tempat tinggalnya sendiri secara mendalam. Padahal, upaya tersebut amat bermanfaat untuk memberikan masukan positif kepada para pembuat kebijakan, membantu proses pengambilan keputusan, dan memberikan manfaat untuk kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Mengapa Pemuda Papua Perlu Meneliti Tanah Papua?

Inilah kesempatan emas bagi kamu, pemuda Papua, untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki oleh Tanah Papua, sekaligus mengembangkan potensi dirimu sebagai seorang peneliti muda dalam kompetisi penelitian Ilmuwan Muda Papua 2021.

Program Ilmuwan Muda Papua (IMP) merupakan inisiatif dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Papua Barat berkolaborasi dengan Yayasan EcoNusa sejak 2020. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Papua sebagai peneliti andal, serta mendukung kegiatan penelitian mahasiswa Papua tentang Tanah Papua.

Melalui IMP, anak muda Papua diharapkan dapat berperan serta dalam menghasilkan penelitian reflektif dan berkualitas untuk menjadi basis dari perumusan dan advokasi kebijakan, serta inovasi sumber daya di Tanah Papua. Dengan begitu, semakin banyak pemuda Papua yang terpicu untuk membangun ketertarikan di bidang penelitian, mengembangkan kemampuan risetnya, dan menyuarakan hasil penelitiannya di tingkat yang lebih luas.

Baca Juga: “Saya Anak Negeri, Saya Mau Berdiri Sendiri”

Kompetisi Ilmuwan Muda Papua 2021 mengusung tema “Mengelola Sumber Daya Alam dan Budaya di Tanah Papua”, yang meliputi topik:

  • Konservasi Hutan dan Laut
  • Dampak dan Solusi Krisis Iklim
  • Komunikasi dan Edukasi Lingkungan
  • Pemanfaatan Hutan dan Laut oleh Masyarakat Adat, Perempuan, dan Kaum Muda

Penelitian yang dilakukan oleh peserta di seluruh wilayah Tanah Papua dengan prioritas wilayah Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Kaimana, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Jayapura, serta Kabupaten Merauke.

Jika saat ini kamu adalah:
1) Mahasiswa aktif di universitas negeri maupun swasta di Provinsi Papua atau Papua Barat;
2) Sedang menempuh pendidikan minimal semester 6 (sudah mulai mengerjakan skripsi atau tugas akhir);
3) Sehat jasmani dan rohani;

Kamulah kandidat tepat untuk menjadi Ilmuwan Muda Papua 2021!

Peserta dengan proposal penelitian menarik yang terpilih berkesempatan mengikuti pelatihan (bootcamp), mendapatkan pembinaan (coaching) dari pakar dan supervisor penelitian, mengikuti seminar komunikasi ilmiah, mempublikasikan hasil penelitian, dan mendapatkan pendanaan untuk melaksanakan penelitian.

Tertarik untuk menjadi Ilmuwan Muda Papua? Simak informasi lengkap tentang kompetisi Ilmuwan Muda Papua 2021 di sini, dan daftarkan dirimu di sini sebelum 7 Agustus 2021.

Mari berkontribusi untuk Tanah Papua dengan menjadi Ilmuwan Muda Papua!


Editor: Nur Alfiyah & Leo Wahyudi

EcoBlogs Lainnya

Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved
Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved