Blackpink Berkolaborasi Bersama EcoNusa Rayakan Ulang Tahun di Raja Ampat

Bagikan tulisan ini

Pada tahun 2021, girlband ternama asal Korea Selatan Blackpink dinobatkan sebagai duta konferensi Iklim PBB ke-26. Lalu, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-5, Blackpink pun mengajak para penggemarnya yang disebut ‘Blink’ untuk turut berkontribusi dalam penanggulangan perubahan iklim.

Kampanye tersebut sejalan dengan gerakan #DefendingParadise yang diadakan oleh EcoNusa untuk melindungi alam Papua dari dampak perubahan iklim. Gerakan ini  mendorong keterlibatan pemuda untuk melakukan upaya pencegahan kerusakan alam menjelang hari Sumpah Pemuda.

Berangkat dari kesamaan tujuan ini, pada 26 Oktober 2021 Blink Indonesia dan Econusa melakukan Aksi Muda Jaga Iklim dengan menanam mangrove di Jakarta dan kawasan Papua Barat, khususnya Kampung Sawinggrai Raja Ampat. Sebanyak kurang lebih 2000 bibit mangrove ditanam dengan melibatkan banyak peserta yang meliputi Asosiasi Perjampat, tim EcoNusa dan EcoDefender, dan seluruh elemen masyarakat Kampung Sawinggrai.

Para peserta aksi juga elakukan beberapa kegiatan sambil menunggu air laut surut untuk memulai menanam mangrove. Misalnya adalah sharing session bersama tim dari EcoNusa dan EcoDefender, sarapan bersama, dan membersihkan pantai dan kampung. Lalu, kegiatan penanaman mangrove pun dilakukan. Tak berhenti di situ, setelahnya para peserta juga mengikuti berbagai lomba sederhana, seperti kelereng sendok, memasukan paku di botol, dan tarik tambang untuk menyambut HUT Gereja Kristen Injil (GKI) di tanah Papua. Rangkaian kegiatan pada hari itu kemudian ditutup dengan berjoget bersama-sama di halaman gereja klasis Raja Ampat Utara, Sawinggrai.

Ditunda, tapi tidak menyurutkan semangat

Aksi penanaman mangrove ini sebenarnya telah direncanakan sejak bulan Juli 2021 menjelang ulang tahun Blackpink pada bulan Agustus lalu. Namun, kegiatan ini menjadi harus dimundurkan hingga bulan Oktober 2021 karena pemerintah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Meskipun aksi ini diundur hampir 2 bulan, tapi semangat warga kampung untuk berpartisipasi tidaklah menyurut. Apalagi kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan HUT GKI, yang tentunya membuat para jemaat GKI Elim Sawinggrai sangat antusias mengikuti aksi tersebut.

Berita lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved