Mengenal Lamun: Tumbuhan Laut Kaya Manfaat

Bagikan tulisan ini

Pernahkah kamu mendengar tentang ekosistem padang lamun? Mungkin istilah padang lamun belum seterkenal ekosistem pesisir lainnya, seperti hutan mangrove atau terumbu karang. Namun, padang lamun ternyata juga memiliki sejumlah manfaat penting, lho! Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2018, luas area lamun di Indonesia yang sudah tervalidasi dan terverifikasi adalah 293.464 ha. 

Sayangnya, pada saat ini banyak lamun di seluruh dunia yang mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia, seperti pencemaran air laut dan keberadaan fasilitas produksi minyak di tengah laut. Bahkan, menurut sebuah penelitian, sejak tahun 1980 dunia kehilangan lamun sebesar lapangan sepak bola setiap 30 menit (Dennison, 2009). Makanya, penting banget nih bagi kita untuk lebih memperhatikan keberadaan padang lamun, dimulai dengan mengenali ekosistem ini lebih lanjut. Yuk, simak artikel ini untuk cari tahu tentang padang lamun dan juga manfaat-manfaatnya!

Apa itu Lamun?

Lamun adalah tumbuhan air berbunga yang biasanya hidup di perairan dangkal hingga kedalaman 90 meter. Di Indonesia, terdapat 15 jenis lamun dari total 60 spesies lamun yang ada di seluruh dunia. Sementara itu, padang lamun adalah sebutan untuk hamparan tumbuhan laut yang menutupi suatu area laut dangkal yang dapat terbentuk oleh satu jenis lamun atau lebih. Padang lamun bisa disebut sebagai ekosistem karena di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara lamun sebagai tumbuhan dan aneka hewan laut. 

Lamun: Tumbuhan Super Kaya Manfaat

1. Habitat dan sumber makanan bagi aneka biota laut

Padang lamun adalah rumah yang juga menyediakan makanan bagi hewan laut yang kebanyakan adalah ikan-ikan kecil. Selain itu, lamun juga merupakan makanan utama bagi sejumlah biota yang terancam punah, seperti dugong dan penyu. Jika jumlah tumbuhan lamun terus berkurang, maka hewan-hewan tersebut pun bisa punah lebih cepat karena kekurangan makanan.

2. Penyerap karbon

Fungsi padang lamun lainnya yang membuatnya sangat penting adalah sebagai penyerap karbon. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nature Geoscience, ekosistem padang lamun dapat menyerap karbon dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan hutan. Diperkirakan bahwa setiap hektare padang lamun dapat menyerap karbon hingga 6,59 per tahun. Karena kemampuannya ini, maka tak heran jika sebetulnya padang lamun adalah salah satu senjata penting untuk melawan krisis iklim. 

3. Penahan arus dan gelombang

Selanjutnya, daun tumbuhan lamun yang lebat berguna untuk memperlambat arus dan gelombang air laut yang akan mengarah ke daratan. Sehingga, air laut di sekitar pantai bisa menjadi lebih tenang dan erosi pantai pun lebih bisa dicegah. Hal ini tentunya juga menguntungkan masyarakat pesisir karena mereka dan tempat tinggal mereka menjadi lebih aman dari terjangan gelombang laut.

4. Menjernihkan perairan laut dangkal

Manfaat super lamun berikutnya adalah dapat membuat perairan laut dangkal terlihat lebih jernih. Ini karena lamun dapat menyaring debu-debu dan kotoran yang berada pada permukaan air laut. Keberadaan lamun pun bisa menjadi indikator air laut yang jernih dan memiliki ekosistem yang sehat. Jika air laut terlihat kotor, maka biasanya hanya ada sedikit lamun di area laut tersebut. 

5. Manfaat ekonomis bagi masyarakat sekitar

Selain memberikan manfaat bagi ekosistem laut secara keseluruhan, banyak masyarakat yang memanfaatkan lamun untuk dijadikan kerajinan tangan dan barang-barang lain yang bersifat ekonomis. Misalnya adalah dianyam menjadi keranjang, tikar, dan tas hingga dijadikan pupuk. Nantinya, barang-barang ini bisa mereka manfaatkan untuk keperluan mereka sendiri maupun dijual kepada para turis.

Ternyata, memang benar ya kalau lamun adalah tumbuhan laut yang kaya dengan manfaat! Makanya, kita harus lebih mengenal dan menjaga keberadaannya dengan lebih serius. Selain ekosistem padang lamun, di dalam laut juga hidup aneka tumbuhan dan hewan laut lainnya yang harus kita jaga kelestariannya agar bisa menguntungkan satu sama lain. Jika kita berkomitmen untuk menjaga laut, laut juga akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Mau tahu isu-isu lainnya seputar laut yang penting untuk diketahui berikut cara melestarikannya? Coba deh kunjungi YouTube channel EcoNusa dan tonton aneka video program Sail to Campus!

Berita lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved