Ini Dia 3 Alasan Penting Anak Muda Jadi Peneliti!

Bagikan tulisan ini

Apakah kamu pernah terpikir untuk menjadi seorang peneliti? Atau justru malah merasa segan ketika mendengar kata peneliti karena yang ada di bayangan adalah pekerjaan yang membosankan? Padahal, sama seperti jenis pekerjaan lainnya, menjadi peneliti juga bisa terasa menyenangkan, lho! Apalagi jika kamu adalah orang yang senang mengetahui hal-hal baru dan sering merasa kepo dengan dunia sekitar.

Seorang peneliti akan selalu dibutuhkan, terutama di Indonesia saat ini di mana jumlah orang yang melakukan penelitian belum begitu banyak. Menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), rasio jumlah peneliti terhadap jumlah penduduk di negara-negara maju adalah sekitar 2.000 orang per sejuta penduduk. Dengan semakin banyaknya penelitian berkualitas yang dilakukan, maka tentunya akan semakin besar dampak yang diberikan kepada kemajuan ilmu pengetahuan.

Zaman terus berubah, jadi begitu pula dengan ilmu pengetahuan. Apa yang kita ketahui dari penelitian yang dilakukan puluhan atau ratusan tahun lalu bisa saja sudah tidak relevan untuk kondisi saat ini. Nah, inilah salah satu alasan kenapa penting bagi anak muda masa kini untuk menjadi seorang peneliti. Mau tahu alasan-alasan lainnya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Lewat penelitian, kamu bisa menyalurkan rasa kepo kamu menjadi bermanfaat

Hayo, siapa di sini yang suka merasa kepo? Misalnya, kamu sering merasa penasaran tentang asal mula terjadinya sesuatu. Daripada kamu hanya menyimpan rasa ingin tahu itu di dalam hati, lebih baik sekalian saja kamu cari tahu jawabannya melalui sebuah penelitian. Dengan begitu, selain rasa ingin tahumu menjadi terjawab, hasil penelitian yang kamu buat juga dapat bermanfaat bagi orang lain yang siapa tahu juga memiliki pertanyaan yang sama. 

Apapun minatmu, kamu bisa menjadikan hal itu sebagai objek penelitian, lho! Kalau kamu tertarik dengan isu lingkungan, kamu bisa menjadi seorang peneliti lingkungan. Bagi yang lebih tertarik dengan isu budaya di suatu daerah, kamu juga bisa meneliti tentang hal itu. Jadi, pilihannya sangat luas dan tidak terbatas!

2. Penelitian bisa jadi tempat kamu menyalurkan ide-ide cemerlangmu

Selama ini, anak muda selalu identik sebagai generasi yang memiliki banyak ide dan gagasan kreatif. Tapi, banyak yang merasa bingung harus menyalurkan dan mengaktualisasikannya ke mana. Nah, dengan melakukan penelitian dan mempublikasikannya, ide cemerlangmu pun bisa tersampaikan dan diketahui oleh orang lain. 

Tak hanya itu, saat melakukan penelitian kamu juga pasti akan melakukan riset mendalam untuk mengumpulkan bukti-bukti yang mendukung idemu. Jadi, gagasanmu pun akan menjadi lebih terpercaya dan diterima orang lain, daripada yang hanya sekadar beropini tanpa bukti.

3. Mendukung kemajuan negara dan lingkungan sekitar

Penelitian yang baik bisa menjadi pijakan yang kuat bagi kita untuk tahu ke mana harus melangkah. Misalnya, penelitian dengan bukti-bukti yang jelas bisa dijadikan pedoman bagi pemerintah untuk membuat kebijakan publik yang jelas dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Tanpa penelitian yang berkualitas, kebijakan yang dibuat bisa-bisa tidak tepat sasaran dan malah membawa kerugian.

Sebagai contoh, kita tahu bahwa Indonesia menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Untuk dapat melestarikannya, kita tentunya harus terlebih dahulu mengenalnya agar bisa tahu cara apa yang paling tepat agar kegiatan pelestariannya berlangsung efektif.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa penting bagi anak muda untuk menjadi seorang peneliti! Kamu tertarik gak nih, untuk menjadi peneliti? Untuk mendukung teman-teman yang ingin jadi peneliti tapi bingung harus mulai dari mana dan bagaimana cara melakukan penelitian yang baik, Yayasan EcoNusa punya program keren yang bisa kamu ikuti, lho, yaitu Ilmuwan Muda Papua. 

Program ini ditujukan khususnya bagi mahasiswa di Papua untuk menjadi peneliti andal yang dapat melakukan penelitian untuk mendukung kemajuan di Tanah Papua. Program IMP terdiri dari lima rangkaian kegiatan utama, dimulai dari pendaftaran peserta, seleksi proposal, bootcamp untuk peserta yang lolos seleksi, penelitian, dan diakhiri dengan diseminasi hasil penelitian. Buat kamu yang tertarik untuk jadi peneliti, nantikan program Ilmuwan Muda Papua selanjutnya, ya!

Berita lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved