EcoDefender

Aksi Nyata Peduli Bumi Bersama Pemuda Sawinggrai

Bagikan tulisan ini

Krisis iklim global yang terjadi pada saat ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah di bidang lingkungan. Namun, seluruh elemen masyarakat pun ikut bertanggung jawab untuk saling membantu mengatasinya, tak terkecuali para anak muda.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, generasi muda EcoDefender dari EcoNusa melakukan aksi penanaman pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap alam. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2021 di kampung Sawinggrai, Raja Ampat, Papua Barat.

Menariknya, kegiatan ini bukan hanya dilakukan oleh EcoDefender dan EcoNusa, tapi juga ikut diinisiasi oleh fanbase Blackpink yang disebut Blink Indonesia. Hal ini dikarenakan Blackpink, girl group ternama asal Korea Selatan juga sedang aktif mengkampanyekan aksi menjaga iklim.

Rangkaian kegiatan aksi anak muda jaga iklim Blink Indonesia x EcoNusa telah dilaksanakan sejak awal Oktober 2021 secara virtual. Lalu, pada kegiatan offline-nya, dilakukan penanaman sekitar 2.800 bibit mangrove di kawasan lahan kosong milik warga yang sebelumnya ditebang untuk keperluan pembangunan kampung. Lahan tersebut berada di pesisir Kampung Sawinggrai yang berbatasan dengan Kampung Kapisawar, Distrik Meos Mansar, Raja Ampat.

Peserta aksi kegiatan ini adalah para warga Kampung Sawinggrai dari berbagai usia, para anak muda EcoDefender, serta berkolaborasi juga dengan Asosiasi Perjampat dan jemaat gereja Kampung Sawinggrai.

Keragaman latar belakang peserta aksi menjadi pengingat bahwa kegiatan konservasi dan kampanya lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Selain itu, aksi ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat penyelamatan bumi.

Tak hanya menanam mangrove, dalam kegiatan ini masyarakat pun terlebih dahulu membersihkan kampung dari sampah-sampah plastik. Melalui kegiatan ini, komunitas EcoDefender telah memelopori sebuah aksi yang berutujuan untuk menyelamatkan bumi dari sampah, dan menunjukkan bagaimana cara pengolahan sampah yang benar. Diharapkan bahwa ke depannya akan semakin banyak aksi nyata yang dilakukan untuk menjaga bumi dan mengatasi krisis iklim.

Berita lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved