Semua Dukungan #DefendingParadise.

Indonesia merupakan surganya wisatawan, dari sabang sampai maroke terdapat banyak sekali tempat tempat indah yang terbenruk alamai oleh alam dan tuhan. Tentu kita tidak ingin generasi kita mengetahui itu hanya dari cerita dan foto lawas di masa depan, kita juga berharap anak cucu kita nanti bisa menikmati indahnya bumi secara langsung sama seperti yang kita rasakan atau bahkn lebih baik dari yang kita rasakan. Maka dari itu saya pribadi berharap agar semua manusia yang ada di indonesia terutama yang ada di tanah papua dan maluku agar bisa menjaga surga kita hingga akhir hidup kita. Semoga keindahan ciptaan tuhan di tanah papua tidak hilang oleh tangan tangan manusia tak bertanggung jawab. Saya dan kita semua bertanggungjawab atas kelestarian surga di negeri kita. #defendingparadise

Padel
Makassar
Agustus 21, 2022

Ayo bersama-sama kita lindungi hutan Papua

Edison Ronny. Iek
Jayapura, papual, indonesia
Agustus 21, 2022

Hutan dan Laut adalah harta kekayaan yang dimiliki oleh Negara. Hutan dan Laut adalah ALAM yang kekayaannya tak ada bandingannya. Negara harus hadir dalam pengurusan permasalahan berkaitan dengan Hutan dan Laut.
Negara dalam hal ini seluruh elemen yang ada didalamnya, baik pemerintah maupun masyarakat harus terlibat dalam pelestarian Hutan dan Laut. Itu merupakan kewajiban setia warga negara dalam upaya pelestariannya.
Pelestarian yang berkelanjutan sangat dibutuhkan untuk menjaga ekositem iklim bumi.
Segala upaya pelestarian yang berkelanjutan harus didukung penuh, dari mulai hak-hak masyarakat adat yang dimana Hutan merupakan rumah bagi mereka, pengelolaan sumber daya alam yang terstruktur dengan regulasi regulasi yang keberpihakan bagi masyarkat.
Masalah Pelestarian Alam tidak akan pernah habisnya, jika Negara yang dalam hal ini diwakili oleh Pemerintah tidak kunjung menunjukan sikap yang keberpihakan bagi Hutan dan Laut serta Masyarakat.

JOSEP HENDRA PANGARIBUAN, S.H
KOTA MEDAN
Agustus 21, 2022

Saya mendukung sepenuhnya pelestarian hutang di tanah papua dan Kepulauan maluku

Wahyu
Rejang lebong
Agustus 21, 2022

Maju pesatnya ekspansi modal perusahaan perkebunan, ilegal loging sampai pada modal perusahaan tambang telah mendistribusi kerusakan bagi ratusan hektar hutan di papua.
Sebagai habitat bagi flora dan fauna, juga masyrakat adat yg corak produksinya bertumpuh pada hutan.

Kalau investasi modal yg tidak berekologis itu hadir atas nama pembangunan maka Hutan,flora dan fauna, juga masyarakat adat juga punya hak untuk tidak terganggu ruang hidup meraka.

#Lawan modal perusak
#Selamatkan hutan dan Masyarakat adat Papua dan maluku

Faru kadir
Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah
Agustus 21, 2022

Ayo lestarikan hutan dan habitatnya seperti burung cenderawasih dan lain lainnya. Terimakasih

Ruth patricia
Jakarta
Agustus 21, 2022

Manusia butuh hutan, manusia butuh pohon untuk tetap hidup. Hutan tidak butuh manusia untuk hidup, tapi hutan butuh komitmen manusia-manusia baik supaya tetap menghidupi.

Puri
Tangerang Selatan
Mei 24, 2022

I support #DefendingParadise of eastern Indonesia Because I remember seeing the devastating fires that happened in the Amazon Rainforest several years ago and feeling helpless to stop them. It was disturbing to see a part of our planet that contains so much diversity and is so crucial for our own survival get burned so badly. It made me realize how important it is to prevent something equally devastating from happening to the rainforests in Indonesia which are a crucial part of the planet and are crucial for the communities that depend on them.

Rosemary Sease
Arcadia, California, United States of America
Mei 24, 2022

Hutan adalah Rumah bagi satwa langka terutama di daerah saya kepulauan Aru banyak satwa langka yg terancam akibat beralih nya fungsi hutan, hutan masih virgin banyak menarik investor untuk mengalihkan fungsi hutan, bukan hanya rumah bagi satwa Dan berbagai hewan namun hutan merupakan tempat mencari bagi masyarakat adat yg masih bergantung pada hasil alam. Sebagai generasi penerus kami tentu tidak tinggal diam untuk memperjuangkan hak kami. #seveAru

Nickson Gaelagoy
Kepulauan Aru Maluku
Mei 17, 2022

If we don’t do anything to protect them, no one will ever know they existed. And more importantly protect their environment.

Erué Bûcher
Australia & Papua New Guinea
Mei 11, 2022

It’s quite simple, really. I have five children, and five grandchildren, and I want to die knowing that this world will still have livable, viable places for humans AND animals! I don’t want to die feeling like I’ve failed them, that WE have failed them. That to me is just unthinkable, and unbearably sad.

Heather Reynolds
Sacramento California USA
Mei 11, 2022

Mari sama-sama kita kampanyekan kelestarian hutan dan laut di tanah Papua dan Maluku dimulai dari para pemuda sebagai regenerasi emas di masa depan.

Asana Sohilauw
Kota Ambon, Maluku
Mei 11, 2022

Yuk kita cegah perubahan iklim ekstrem. Kita pasti bisa. Jaga tanahmu, hutanmu, lingkunganmu. Rawat konsistensimu. Rawat akal sehat humanismu. Hutan Papua dan alam nusantara milik kita semua harus lestari. Lawan perambahan. Dan sama-sama kita suarakan #SahkanRUUMasyarakatAdat karena Masyarakat Adat adalah palang pintu terakhir penyelamat bumi, rumah kita bersama.

Jakob Siringoringo
Jakarta
April 28, 2022

Hutan adalah sumber kehidupan, Lindungi Hutan Lindungi Masa Depan! #DefendingParadise

MUHAMMAD IRFAN DENNIS
Kota Palembang
April 28, 2022

Saya mendukung penuh kegiatan ini karena memberi edukasi terkait kelestarian hutan Maluku dan Papua

Nabila Rahma
Malang
April 28, 2022

Bekerja sama dengan pemerintah negeri/desa untuk menghidupkan kembali budaya sasi atau larangan mengambil sebelum masa panen. Mengkampanyekan kembali ‘tebang satu, tanam satu’.

Irsan Tubaka
Kota Ambon
April 28, 2022

Semoga Sukses

M.Faris Fajrulfalah
Jl.Catur blok e 32 kampus lorok pajok
April 28, 2022

Mari Bersama-sama jaga Bumi, Hutan & Alam Papua untuk masa depan kita bersama bahkan anak cucu. Semua berawal dari diri & kesadaran pribadi kita sendiri. Dan bagaimana perhatian Full serta kepedulian untuk bisa mengajak yang lain menjaga alam atau Hutan ini. terkhusus masyarakat-masyarakat adat Di pelosok-pelosok desa. Terus Bertumbuh Terus Semangat 💪🏾🔥 Menjaga Alam ini & Harapan saya semoga bisa bergabung bersama Eco Nusa bahkan kegiatan-kegiatan Alam yang lain untuk menjaga serta lestari hutan Papua kita Tercinta.
Tuhan Yesus Memberkati 😇

DONIKA MAKAMUON BLESKADIT
Jln Mawar Kaldemak 3 kota Sorong
April 28, 2022

Hallo generasi muda!
ketergantungan makhluk hidup pada alam itu sangat besar loh, peran kita adalah menjaga dan melestarikannya sehingga agar sehat dan tidak tercemar ya!
oh iya teman- teman, aku menyarankan kalian untuk ikut serta dalam menghentikan pemanasan global yang terus-menerus terjadi, kalian bisa membersihkan email pada hp kalian, ini juga merupakan cara untuk mengurangi terjadinya pemanasan global loh, sekian dan terima kasih, salam sehat untuk kalian semua!

#DefendingParadise

janne sanny
Papua, Indonesia
April 28, 2022

Aku udah ngerasain dampak dari krisis iklim saat ini, bahkan seluruh dunia menyuarakan krisis iklim, ayo, kita juga pasti bisa dukung #defendingparadise

Ngga mau kan hutan di Papua dan Maluku dibabat habis? Mana pedulimu?

Maryam
Yogyakarta
April 28, 2022

Jaga Indonesia Timur, ketika Indonesia timur mulai terancam, maka kita pun akan terancam

Gilang
Karawang
April 28, 2022

Yuk jaga lingkungan untuk masadepan kita semua

Erika
Jombang
April 28, 2022

yuk dijaga yuk alamnya, jangan dirusak,, kayak bisa hidup tanpa alam aja,, ntar nangis

Khanifah
Lumajang
April 28, 2022

Saya yakin #DefendingParadise go international, so, lets together keep the environment clean, mulai memilah sampah dari rumah dan tidak dibakar karena akan menimbulkan polusi semakin parah

Andriyani
Jogja
April 28, 2022

YOK BISA YOK

El
Jakarta
April 28, 2022

Semangaatt!!

Salsabilaa
Malang
April 28, 2022

Kita bersama rakyat indonesia dengan di berinya tuhan tanah yang luas tanah yang subur ekosistem yang bagus kenapa kita harus harus menggantikan nya dengan hal hal yg merusak demi berjalan nya masa depan yang bisa membuat negri kita Indonesia ini pupus dari kesuburan udara yang segar pohon yang lebat air yang bersih , mari bersama untuk melindungi nya ,#lindungimangrovetimur

ALZAS KURNIAWAN
PALEMBANG
April 18, 2022

Menjaga hutan dan kelestariannya adalah tugas kita,banyak manfaat yang dihasilkan oleh pohon,hutan sehat bumi juga sehat!

Amalia Azzahra
Bandung
April 18, 2022

mari kita jaga kelestarian alam kita, karena bumi kita sudah tua dan sudah mengalami global warming atau pemanasan global. Bumi kita adalah milik bersama, jdi jaga bumi kita bersama – sama. Mulai dari rajin menanam pohon dan dukung pemerintah serta organisasi – organisasi yg bergerak dalam bidang pelestarian hutan serta laut.

Ditta Poernama Sari
Palembang
April 18, 2022

Preserving the forest and the sea is our collective responsibility as we live together on this planet. We should understand when we start to protect the forest and the sea, menas we start to contribute to protect our future. If we don’t learn to treat them with respect, get ready for the extinction.

Kiagus Muhammad Nurcholis
Palembang
April 18, 2022

hutan mangrove (bakau) jadi salah satu penjamin keberlangsungan hidup manusia. Karena itu, amat sangat penting menjaga kelestarian mangrove

Sulistia Wahyuni
Palembang
April 18, 2022

Semangat #defeningparadise

Dinda afifa salsabella
Palembang
April 18, 2022

Saya Valencia Mieke Randa, founder Rumah Harapan Indonesia dan Blood For Life Indonesia (BFL), mendukung pelestarian ekosistem hutan dan laut ditanah Papua dan kepulauan Maluku. Jangan biarkan hutan kita hilang, pertahankan hak adat masyarakat

valencia mieke randa
Jakarta
April 18, 2022

Hutan dan laut merupakan salah satu karunia yang luar biasa, dimana didalamnya terdapat banyak sekali potensi dan juga keindahan, untuk itu saya mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan pelestarian ekosistem hutan dan laut

Siti nurainy
Malang
April 18, 2022

Mari lestarikan hutan dan laut untuk anak cucu kita !!!

Alialfareza
Bogor
April 18, 2022

Saya dukung #DefendingParadise Karena hutan adalah bagian paling penting Menjaga kelestarian hutan bukan lagi kewajiban tetapi hak yang harus diperjuangkan setiap saat , Kalau bukan saya siapa lagi ?

Adhari
palembang
April 18, 2022

Ayo suarakan! Mari menjaga kelestarian hutan dan laut Indonesia Di tanah Papua dan Kepulauan Maluku.
Jangan biarkan mereka mengikis perlahan keasrian tanah dan laut kita.
Akan terjadi ketidakseimbangan alam jika itu terus menerus terjadi..
Semangatt, jangan sampai hal itu terjadi.

RAFIKA SARI
Palembang
April 18, 2022

Berjuang demi alam untuk menjaga flora dan fauna di dibumi yang indah

Paul T
Yogya
April 18, 2022

Mari menjaga lingkungan

arpin fajri
Palembang sumatera selatan
April 18, 2022

sampai kapan kita mau merusaki alam? yuk kita lindungi lingkungan demi menyelamatkan bumi bersama-sama

Lukman
Jawa Barat
April 18, 2022

Hutan kalimantan yg sudah tercemar akan sawit, apakah akan juga berlanjut kepada hutan papua? Mari kite suarakan dukungan ini

Indah Ullya Rahmah
Pontianak
April 18, 2022

Mari sama sama jaga alam hutan indonesia demi

Nurkholip
Palembang
April 18, 2022

Semangst

Muhammad ikhsan
Bekasi
April 18, 2022

Bahagia dapat melihat secara langsung pulau mangrove dan laut yang luas ,mari saling menjaga ekosistem hutan dan laut ,hijaukan hutan dan bumi kami tercinta
Sambut penanaman mangrove untuk penghijauan hutan dan laut

Faturahman
Palembang
April 18, 2022

Harus sadar akan pentingnya pelestarian alam. Salah satunya yaitu hutan. Dengan cara reboisasi atau menanam ulang, jangan malah menebangnya.

Friska Amelia
Pontianak, Kalimantan Barat
April 18, 2022

Semangat kalian semua pejuang lingkungan.

Muhammad Ilman Akbar
Pamulang
April 18, 2022

Ayo Bersama-sama Kita Pasti Bisa
#lindungimangrovetimur
#dependingparadise

Parji
Palembang
April 18, 2022

Bangga menjadi salah satu bagian dari negara indonesia, yang memiliki keanekaraman bumi hijau salah satunya hutan mangrove yang hidup ditanah papua, patut untuk selalu dilestarikan bersama-sama. Karna hutan merupakan “paru-paru” dunia.

Evi widiya
Jl jepang
April 18, 2022

Mari lindungi kekayaan alam orang timur,jika bukan kita siapa lagi

Riztia
Ternate
April 18, 2022

Lindungi tanah surga kita, mereka yang telah melindungi kita selama ini,, balasan kita terhadap alam haruslah menjadi benteng pertahanan bagi tanah surga

Irham maulana
Gondanglegi
April 18, 2022

semoga hutan dan sumber daya nya tetap terjaga sebagaimana semestinya! ❤️

Cantika
Jayapura
April 18, 2022

👍

Anang Kurniawan
Bekasi Timur
April 18, 2022

Ya intinya saya mendukung program yang dilaksakan untuk melindungi struktur hutan dan laut di Indonesia, terutama di Indonesia Timur. Hal tersebut diakrenakan hutan dan laut di Indonesia Timur tepatnya di Papua dan Maluku sangat luas sehingga harus teteap dijaga agar tatanan ekosistem lingkungan tetap terjaga. Hal tersebut agar tidak terjadi kerusakan lingkungan yang berarti di wilayah tersebut.

Rahma Kurnian
Bekasi
April 18, 2022

Mari kita lestarikan hutan magrove bersama sama

Adelia fitrianti
Palembang
April 18, 2022

come on please help the earth

DIMAS LINGGA PRATAMA
begajah sukoharjo jawa tengah
April 18, 2022

Mari Kita jaga lestarikan hutan dan laut, dengan keindahan alam yang sejuk agar kita bisa merasakan
semua kenikmatan alam karena banyak manfaat bagi kita .

Apriani
Bailangu
April 18, 2022

Siap dukung aksi lingkungan

Marisa Ambar Wati
Bangka Belitung
April 18, 2022

Ayoo teman teman kita lestarikan ekosistem hutan dan laut….. Kalau bukan kita siapa lagi? Mari sama sama kita jaga ekosistem di Indonesia.

Sisilia Oktapianti
Perumahan talang kelapa
April 18, 2022

Ayo jaga bumi dan lindungi bumi karena sekarang ilmuwan internasional telah melakukan aksi dan memberikan informasi bahwa bumi sedang tidak baik2 saja jangan anggap remeh karena bumi telah mengalami kerusakan yang sangat parah . Menjaga bumi dimulai dari diri sendiri dan orang disekitar kita tanam lah pohon agar Ekositem kita kembali normal kembali . #Lindungimangrovetimur #beradatjagahutan

Ayu Pratiwi
Palembang
April 18, 2022

Semoga kita lebih aware untuk menjaga hutan lebih baik, tidak ada lagi penebangan hutan secara liar agar hutan terjaga dengan baik dan dapat dinikmati manfaatnya oleh anak cucu kita dalam waktu lama.

Deka
Jambi
April 18, 2022

Selamatkan hutan Papua..!!

Yanti
Medan
April 18, 2022

Save hutan Papua!

Rachel
Lampung
April 18, 2022

Saya sangat mendukung pelestarian Hutan Mangrove.
Karena Hutan Mangrove sangat Berguna untuk kelangsungan hidup kita semua.
Ayo tetap semangat melakukan penghijauan dan pelestarian hutan !!!

Adella Sephiana
Palembang
April 18, 2022

Semoga tanah Papua tetap menghijau

Nurina
Gresik Jawa Timur
April 18, 2022

Kita hidup bersama dengan alam. Jangan menjadi egois dengan hanya menikmati alam saja tapi tidak mau menjaganya. Alam tidak membutuhkan kata mutiara, alam hanya butuh aksi nyata !

Eka W
Malang
April 18, 2022

Ayo semua kita jaga hutan dan satwa di Maluku agar hewan yang telah langka bisa selalu diliat sampai generasi selanjutnya.
Stop pemburuan liar dan penebangan pohon liar.

Muhammad Aldhi
Sumatera Selatan
April 18, 2022

Indonesia timur sebagai benteng terakhir untuk melindungi lingkungan dari krisis iklim

Muhammad Damara Shadiq Prayoga
Kalimantan Badat
April 18, 2022

Hehehe fjjfnfjifkfjfjfj

Nurul Mutmainah
Yogyakarta
April 18, 2022

Mari kita dukung bersama #DefendingParadise demi menjaga surga hutan dan laut yang ada di Indonesia Timur agar tetap lestari.

Teti Sulastri
Singaparna - Kab. Tasikmalaya
April 18, 2022

Semangatt untuk melindungi surga timur indonesia

Muhammad Faris
Dumai
April 18, 2022

Kelestarian hutan dan laut adalah hal yang paling urgent dimasa sekarang karena dengan hutan dan laut seluruh aspek kehidupan manusia akan menjadi lebih baik
Yuk mulai dari diri sendiri , lingkungi sekitarmu

Lala Apriza
Jalan H sanusi lr masjid
April 18, 2022

Kelestarian ini yang harus kita jaga, jangan sampai punah. Ini adalah salah satu warisan yang paling berharga dan sangat luar biasa manfaatnya bagi kita semua. Ayok kita sama-sama menjaga dan merawat hutan dan laut diindonesia timur, kalau bukan kita sendiri siapa lagi

Lala Apriza
Jalan sosial km 5 kota palembang
April 18, 2022

Wow amazing! Saya bangga sekali Indonesia memiliki hutan mangrove ini. Semangat terus para aktivis🔥🔥🔥

Annisa Mursalin
Palembang
April 18, 2022

Kelestarian hutan laut papua dan maluku adalah aset besar bagi bangsa indonesia oleh karena itu harus dilestarikan,sangat disayangkan jika menyia-nyiakan harta karun yg besar dinegara tercinta sendiri… hutan dan laut ditanah papua dan maluku merupakan aset bagi bangsa indonesia oleh karena itu kita harus melestarikannya agar anak cucu kita dapat tetap menikmatinya

Moza nabila
Palembang
April 18, 2022

Mari jaga alam kita, agar kelak anak cucu kita juga dapat menikmatinya

Anton salegar
Kota palembang
April 18, 2022

Sagu adalah Ibu dan harus dipelihara. Hutan merupakan Paru-paru oksigen yang harus dijaga dan dilindungi

Said
Yabansai Jayapura
April 18, 2022

Krisis iklim sudah sangat dirasakan dampaknya, kita tidak bisa diam saja saat hutan yang menjadi benteng terakhir akan hilang dari bumi. Jika kita ingin berubah, mulailah dari tindakan sekecil apapun yang dapat membawa pengaruh baik pada bumi !

Karolastri
Singkawang
April 18, 2022

papua dan maluku benteng terakhir yang harus di perjuangkan mati matian, dari lubuk hati yang paling dalam saya ingin sekali beradad di sanan menjadi tameng terdepang untuk menjaganya. saya rsa pemuda dan masyarakat lainnya juga sama ingin melindungi benteng terakhiri ini. saya mendukung progranm apapun dalam mempertahyakan benteng terakhir ini
saya siap berdiri di garda terdepan!!!
salam lestari
jaya indonesia
jaya rakyat indonesia
jaya maluku papua

muhammad maskur
provinsi riau
April 14, 2022

Alam menjadi sumber kehidupan, mari kita jaga dan lindungi alam kita.

Lupi Purwanti
Bandung
April 14, 2022

Kelestarian hutan dan laut adalah hal yang paling urgent dimasa sekarang karena dengan hutan dan laut seluruh aspek kehidupan manusia akan menjadi lebih baik
Yuk mulai dari diri sendiri , lingkungi sekitarmu

Gilang Pramudya
Parung
April 14, 2022

Lindungi bumi hijaukan bumi
Stop penggunaan plastik
#lindungimangrovetimur
#dependingparadise

M. Ricky Ramadan
Palembang
April 14, 2022

Saya sangat bersemangat untuk mendukung para aktivis lingkungan hidup di tanah papua, apa lagi mereka perempuan,saya akan mengajak teman teman untuk terus mendukung aktivis ini agar mereka segera mewujudkan tujuan mereka yang sangat bermanfaat luar biasa

Suci ramadhona
Kota palembang
April 14, 2022

Keep spirit’n never give up…..
Selamat dan semangat menghijaukan bumi pertiwi…
#Salamrimbawan#thinkgreen#savetheearth#salamhijaudamai

Dedy
Desa parang kec.hulu gurung kab.kapuas hulu .kalbar
April 14, 2022

Mari Jaga Surga Hutan dan Laut di Indonesia Timur. Pertahankan Hak Masyarakat Adat !!!

Eka Putra Aji Pratama
Malang
April 14, 2022

Saya mendukung gerakan kampanye ini. Alam Indonesia adalah jantung dunia, mari kita jaga apa yang menjadi bagian hidup kita. Alam

Sutarso
Bandung
April 14, 2022

Manusia yang cerdas adalah aset bagi sebuah keberlangsungan hidup yang damai Dan tentram di muka bumi ini, yuk jadi manusia yang cerdas dengan cara mengurangi perbuahan iklim yang dimulai dari diri sendiri dengan yairltu dengan mereduce penggunaan plastik dan Hal yg berbau sintetis, yukk bergenggam tangan selamatkan bumi dari perubahan iklim yang kian meningkat☘️🌿☘️

Annissa Delfira
Sumatera Barat
April 14, 2022

Semoga hutan mangrove semakin dilestarikan agar berguna untuk masa yang akan datang

Hafiz maulana akbar
Desa nusamakmur
April 14, 2022

Menjaga hutan sangat penting untuk pembangunan keberlanjutan dan pengendalian ekosistem serta iklim bumi. maka dari itu ayo lestarikan hutan dan cegah pembangunan yang membuat hilangnya hutan

Meyden Utrama Zurdi
Palembang
April 14, 2022

Tetap semangat dalam menjaga hutan dan laut demi keberlangsungan untuk masa depan anak cucu kita

Fadli Ramadhan
Palembang
April 14, 2022

Menjaga dan melestarikan alam dengan membuang sampah pada tempatnya

M Risgan Andrean
Palembang
April 14, 2022

Kita akan selalu menjaga alam kita mau bagaimana itu kita akan melestarikan alam kita demi untuk generasi selanjutnya terutama alam di negara kita negara Indonesia.
#DefendingParadise

M. Al Azmi Nur Syarif
Jl.Dr.m.isa Lrng. Fajar RT.14 RW.04
April 14, 2022

Kelestarian alam maluku dan Papua menjadi salah satu komponen yang paling baikk untuk dijaga

Gabrille Olivia
DKI Jakarta
April 14, 2022

Ayo lestarikan hutan, stop perusakan hutan.
manusia takkan bisa hidup tanpa hutan.
jaga aku, karena aku keluargamu.

Rama
malang
April 14, 2022

Menjagabhutan Pelihara buku

SAIFUL DJAFAR ARFA
Maluku utara
April 14, 2022

Saya menyadari betapa krusialnya fungsi hutan dan laut sebagai support system bagi keberlangsungan hidup manusia maupun biodiversitas flora & fauna. Menjaga alam juga termasuk dari iman, hablum minal alam. “Barang siapa yang membunuh satu nyawa dg tanpa dibenarkan atau berbuat kerusakan di atas bumi, maka dia sungguh telah membunuh umat manusia seluruhnya”.
Seharusnya dengan akal cerdas di kepala, kita mampu untuk melestarikan sesuatu yang dianugerahkan oleh tuhan.
Jagalah bumi, karena kita tidak mewarisi bumi dari nenek moyang kita. Tetapi kita lah yang meminjamnya dari anak cucu kita.

Balya Putra Mahardika
Sumbersari, Jember
April 14, 2022

Dengan terciptanya keseimbangan, lingkungan akan lebih indah.

Dimas Erandy Wirawan
Bekasi Utara
April 14, 2022

petugas di lapangan sudah mati-matian untuk menjaga hutan dan aneka fauna dan flora jadi jagan di rusak

Hafiz Hakim
Villa Mas Garden Blok C no 39
April 14, 2022

Terima kasih telah menjaga dan melestarikan Hutan Mangrove dan Laut. Saya merasa bangga sekali dwngan kalian, karena sangat banyak memotivasi orang orang untuk selalu mencintai dan tidak merusak ekosistem yang ada di Laut.

Septiana
Palembang
April 14, 2022

Saya sangat mendukung program ini,untuk selalu menjaga dan melindungi kelestarian alam baik hutan/laut di seluruh indonesia,terutama di timur indonesia yg bisa dibilang surga negara kita #DefendingParadise!

Muhamad rafly
Kota Bekasi
April 14, 2022

Terima kasih karena telah menjaga dan melindungi hutan mangrove dan laut yang merupakan habitat dari banyak spesies flora dan fauna. Kalian sangat banyak memotivasi banyak orang termasuk Saya.
Sukses selalu kedepannya.

Septiana
Palembang
April 14, 2022

Sebagai anak muda, saya mendukung pelestarian alam flora dan fauna di Indonesia.
Jaya jaya jaya!!

Paradita Anjar
Bekasi
April 14, 2022

alam menjadi sumber kehidupan yang paling krusial sehingga perlu ada kepedulian dan sikap tegas terhadap penanggulangan alam yang lebih baik

Mohamad Fahri Rafif Syah
Sukabumi, Jawa Barat
April 14, 2022

Dikutip dari World Resources Institute sebagian dari hutan tropis terbesar di dunia terdapat indonesia. Hutan tropis indonesia menempati urutan ke 3 setelah brazil dan Republik Demokrasi Kongo. Mari kita lestarikan ekosistem hutan dan lautan ditanah papua dengan sebaik mungkin, jangan sampai ekosistem kita dirusaki oleh bangsa sendiri dan menjadi sebuah penyesalan.

M Farhan FP
Kab. Tangerang
April 14, 2022

Alam dan adat ialah peninggalan leluhur yang perlu dijaga kelestariannya. #defendingparadise

Muhammad Fadhillah
Tangerang
April 14, 2022

Saya mendukung upaya pelestarian hutan dan laut di Tanah Papua & Kepulauan Maluku!

Anggita Raissa Amini
Serang, Banten
April 14, 2022

Mereka bukan sekedar surga dunia dengan keindahan yang ada, tapi mereka juga bagian dari kita. Tempat mereka tempat kita juga karna kita hidup berdampingan dengan mereka. #DefendingParadise

Faqih
Bekasi
April 14, 2022

Kita tidak hidup sendiri di Bumi tapi kita hidup dengan berbagai makhluk lainnya dan tidak bisa seenaknya merusak lingkungan alam di hutan hanya untuk kepentingan sendiri, maka dari itu saya harap melalui kampanye ini, banyak orang dapat sadar akan bagaimana harusnya kita merawat dan tetap menjaga apa yang sudah dikaruniai oleh Yang Maha Esa tersebut dengan tidak merusaknya dan memakainya secara berlebihan. Semangat!! #DefendingParadise

Vina
Jakarta Barat
April 14, 2022

Banyak sekali binatang yang hidup dihutan, jika hutan tidak tidak dijaga maka binatang tersebut akan masuk kepemukiman dan itu akan meresahkan warga sekitar. Terimakasih buat para kakak aktivis yang telah menjaga hutan mangrove. Buat kita warga indonesia mari kita sama sama ikut andil dalam menjaga dan melestarikan hutan kita didaerah masing-masing karena banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh dan hutan kita menjadi asri.

Alvindo
Kota Palembang
April 14, 2022

Haloo, saya sangat mendukung adanya kampanye perlindungan alam, sebab keindahan alam adalah anugerah yang menumbuhkan penghargaan dan rasa syukur.

Wahyu
Bekasi
April 14, 2022

Dukung #DefendingParadise. Jaga Surga Hutan dan Laut di Indonesia Timur. Pertahankan Hak Masyarakat Adat!
Indonesia memiliki beragam pulau dan budayanya. oleh karena itu, sebgaai penerus bangsa kita harus melestarikannya. terumata hutan dan laut yang sangat memberikan keindahannya dan bahan pangan. banyak biota laut yang harus dijaga, ada banyak tumbuhan di hutan yang harus dilestarikan karena kelangkaannnya. kalau bukan kita yang berperan penting siapa lagi?

Jesica Kharisma Yanti
Malang
April 14, 2022

Mari kita jaga terus dan lestarikan ekosistem hutan dan laut, karena seperti yang pepatah bilang “only when the last tree has died, the last fish has been caught, the last river been poisoned, will we realise we can’t eat money”

Virgiawan Primadanu Aryanto
Bekasi
April 14, 2022

Semoga alam Papua dan Maluku terjaga kelestariannya! Semoga Tuhan mempermudah perjuangan kawan kawan dalam menjaga kelestarian alam Papua dan Maluku

Ariq Jauhardian Mumtaz Febrian
Cianjur
April 14, 2022

Semangat, Semoga Lingkungan Sekitar Kita Jadi Lebih Baik

Sean Denovan
Bekasi
April 14, 2022

Bumi butuh orang orang seperti kalian

Syahrul romdoni
Buaran duren sawit
April 14, 2022

Goodddd

Cindy Noviany Lienardy
Bekasi
April 14, 2022

semoga papua dan maluku bisa terus lestari dan semakin hijau dengan segala keanekaragamannya. semangat wujudkan indonesia timur dan kearifan lokal didalamnya!

Claresta Yuana Kusumadewi
Bogor
April 14, 2022

kata temen gue jawabnya seyuyur yuyurnya

farel kaharsyah
Tanggerang
April 14, 2022

Kekayaan alam dan hayati yang ada di Indonesia Timur menjadi aset negara yang harus dijaga. Aset bersama yang harus dipertahankan keberadaanya. Jangan sampai hanya untuk suatu kepentingan orang-orang tertentu makan kita kehilangan Kekayaan dan kecantikan negara kita

Felisitas
KOTA BOGOR
April 14, 2022

#DefendingParadise

Sherly Novita
Kota Tangerang Selatan
April 14, 2022

Kehidupan alam sudah sepatutnya kita yang jaga serta lestarikan, sebab beberapa tahun ke depan alam yang sehat dan lestari dapat menjadi cerminan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan banyak manfaat yang akan di terima oleh generasi selanjutnya. Ayo! Berikan dukungan terbaik untuk gerakan ini ✊

Septian Tri Raharja
Kota Tangerang
April 14, 2022

Terima kasih econusa

Muh. Risaldi sibay
Luwuk Banggai
April 14, 2022

semangat terus untuk tetap melindungi dan mempertahankan keindahan alam dan adat ya ada 🙂

Caroline Catur dewi
jakarta barat
April 14, 2022

Mari kita jaga apa yang sudah diberikan, jangan sampai keindahan yang diberikan diambil kembali oleh pencipta

Soultan Naufal
Jakarta
April 14, 2022

Semakin banyaknya penangkapan ilegal kepada hewan langka maka akan sangat merugikan bagi indonesia maupun masyarakat di karenakan hilangnya kearifan lokal yg menjadi ciri khas suatu bangsa atau daerah tersebut juga rusaknya ekosistem alam

Tiara Elvira
Jln daan mogot
April 14, 2022

Hutan sangat penting bagi kehidupan, kerena merupakan sumber kehidupan. Jagalah hutan untuk anak cucu kita

Libbi
Jakarta
April 14, 2022

Indonesia sebagai negara tropis kaya akan alam, flora dan faunanya.
Yuk kita jaga kekayaan Indonesia ini, agar bisa menjadi destinasi wisata, meningkatkan kemakmuran rakyat, juga menjadi dayatarik Indonesia di mata dunia~

Jeshika
Jakarta
April 14, 2022

Semangatt dalam melindungi bumii dan harus selalu menjaga bumi kita

Valencia
Jakarta barat
April 14, 2022

“harapan kedepannya, semoga saja pemanfaatan sumberdaya alam di Indonesia timur , terumata di Maluku kie Raha dapat di lestarikan dan di gunakan secara efesien oleh Sumber daya manusia yang berkualitas yang berasal langsung dari anak bangsa fokusnya pada anak Maluku sekaligus kedua pihak dari sisi pemerintah maupun masyarakat dapat melihat sisi objektif lingkungan sebagai teman hidup yang tidak terlalu terpaku pada suatu tempat demi keuntungan beberapa pihak , dan semoga komunikasi dalam membentuk Maluku Utara indah dan bersih dapat terjalin dengan kata “Torang samua baku sodara” 🙏🙏🙏

Abyan Dzakwan Baksir
Maluku Utara , Ternate, kecamatan Ternate Selatan , kelurahan ubo ubo, JLN lapangan bola kaki RT 012 RW 004 lorong pangkalan minyak tanah , kode pos 97717
April 14, 2022

Semoga warga negara bisa sadar atas lingkungan

Riri firman
Bekasi
April 14, 2022

Lawan penggundulan hutan untuk kelangsungan kehidupan dan kebutuhan manusia dan hewan hewan disana

Raffi
Bekasi
April 14, 2022

Menjaga alam sama dengan menjaga generasi penerus kita. Menjaga hutan dan laut di timur sama dengan menjaga surga Indonesia.

Syarifah
Tangerang
April 14, 2022

Kita sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan harus ikut serta melindungi alam dari krisis iklim, sebagai rasa peduli terhadap ekosistem bumi tercinta kita dapat memulai dari lingkungan sekitar terlebih dahulu seperti buang sampah pada tempatnya, memakai air secukupnya, dan menggunakan totebag dalam berbelanja untuk mengurangi dampak limbah plastik. Mari kita tumbuhkan rasa kepedulian dengan terus menjaga hutan dan laut sebagai penopang kehidupan makhluk bumi.

Yuktika
Bekasi
April 14, 2022

Look deep into nature, n u’ll understand everything better. Naluri baik lahir ketika jiwa berdampingan dengan alam.

Dita
Kota Bandung
April 14, 2022

Yuk,mari semua kalangan peduli terhadap lingkungan sekitarmu, khususnya saudara Beta di Papua.

Jangan takut untuk bersuara ketika ada pihak yang mencoba mengambil alih fungsi daerah tersebut…

#kamipedulipapua
#papuaIndonesia

Ivan sinaga
Jakarta
April 14, 2022

Semoga bisa menjadi langkah baik bagi semuanya, dan selalu ada kebaikan di setiap hal dan juga rencana yang telah dibuat. Semangat!

Indri Dwi Astuti
Tangerang Selatan
April 14, 2022

We need to keep our nature

Ringgo
Tangerang
April 14, 2022

Ayok dukung dan jaga terus iklim laut serta hutan Papua & Maluku utk keberlangsungan kita semua! #defendingparadise

Sintya
Surabaya
April 14, 2022

Mari kita jaga mangrove yang ada di Indonesia karena mangrove sendiri sangat penting untuk menjaga lingkungan alam

Rini Oktapia
Oku timur
April 14, 2022

Semoga sesuai dengan apa yang direncanakan! semangat!!

Devi Suamba
Denpasar
April 14, 2022

Semoga alam kita sehat selalu

Rizki
Batam
April 14, 2022

Mari bersama-sama kita menjaga dan melestarikan ekosistem hutan dan laut indonesia agar tetap terjaga karena laut dan hutan mempunyai peran serta manfaat yang sangat besar terhadap keberlangsungan hidup manusia dan bumi ini. #kalobukankitasiapalagi #kalotidaksekarangkapanlagi

Adrian
Bekasi
April 14, 2022

Untuk tetap bisa menikmati keindahan bentang alam yang ada di Indonesia khususnya di pessisir pantai di Indonesia yang mana laut Indonesia memiliki banyak aneka ragam biota laut didalamnya,khususnya di wilayah maluku dan papua maka ada baiknya kita bisa menumbuhkan kesadaran pada diri kita dan orang disekitar kita,kita bisa memulai menjaga alam dengan tindakan kecil, yaitu dengan STOP MEMBUANG SAMPAH KE LAUT,dan mulai menumbuhkan kebiasaan dan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. dikembalikan kepada masing-masing pribadi dengan kesadaran penuh untuk menjaga alam.

Achmad Fatchur Rozaq
Ternate, Maluku Utara
April 14, 2022

Jaga kelestarian hutan indonesia, jangan sampau ciri khas indonesia hilang

Brian aidil iskandar
Kota Tanjung Balai
April 14, 2022

Indigenous peoples have protected their forests for generations. They have the right to the preservation of their nature. We need to talk about their lives, and how to protect forests for future generations. It is very important to show our concern for nature conservation as much as we can. Proud to have helped amplify their voices.

Menur Puspa Istiqomah
Semarang
April 14, 2022

Beradab, Beradat, Bersama satukan hati jaga hutan dan laut Indonesia.
Karna bumi ini milik bersama. Milik aku, kamu dan semua. Mari kita pastikan hutan kita tetap hijau, tetap sehat juga tetap terjaga kelestariannya.

Lintang Abimantrana
Tangerang Selatan
April 14, 2022

kami sangat mendukung kegiatan ini, karena dengan adanya kegiatan seperti maka masih banyak orang yang sangat peduli dengan Hutan di Indonesia ini. mari selamatkan dan jaga kelestarian hutan mangrove dan hutan-hutan lainnya.

Ayu Fadilawati
Palembang, Sumatera Selatan
April 14, 2022

Saya sangat mendukung adanya gerakan ini. Semoga bisa membangkitkan kesadaran kita semua untuk membentuk kecintaan terhadap bumi kita dengan menjaga surga hutan dan laut di indonesia timur. Pertahankan hak masyarakat adat.

Karisma Ashri
Jln. Macan Kumbang IX
April 14, 2022

Mari kita lestarikan lingkungan kita ,indonesia sudah sangat kaya akan wisata alam ny , kalo bukan kita siapa lagi ??

Okta dwi saputra
Palembang
April 14, 2022

Membuang sampah pada tempatnya

M Risgan Andrean
Palembang
April 14, 2022

Saya mendukung penuh akan kelestarian alam di bumi Pertiwi terkhusus yang ada di daerah timur Indonesia. Kita harus menjaga alam yang kita tempati ini karen alam pun telah menjaga kita!!!

M. Alvian Arza R
Palembang
April 14, 2022

Saya sangat mendukung program pelestarian alam yang ada di Bumi Pertiwi yang kita cintai ini, terkhusus lagi alam dibagian Indonesia timur. Kita harus menjaga kelestarian alam dan lingkungan kita karena Alam sudah menjaga kita, apakah kita akan merusak alam terus menerus?

M. Alvian Arza Rossama
Palembang
April 14, 2022

Saya sangat mendukung adanya gerakan ini karena bagi saya. Hutan mangrove sangat penting dan harus dilestarikan dan dijaga untuk keberlangsungan makluk hidup dan yang pasti untuk memperindah indonesia.

Intan Fiorella
Palembang, prumnas talang kelapa, prum PPI blok G2
April 14, 2022

Saya sangat mendukung gerakan ini, karena akan membuat keindahan pesona Indonesia semakin bagus

Indra Saputra
palembang
April 14, 2022

sebagai anak asli yg lahir dan besar di Tanah Maluku, adalah nikmat yang luar biasa berkesempatan menikmati sekeping surga yang jatuh dibumi. damai dan suburlah tanah Maluku, jadikan setiap tunas dan akar yang ada diatas tanah leluhur memancarkan harapan-harapan kehidupan untuk semesta.

Nidiu Sahetapy
Jakarta
April 14, 2022

Hutan papua dan Maluku harus diselamatkan dari alih fungsi lahan. Gusur perusahaan sawit dan tambang dari tanah Papua dan Maluku segera!!!!

Bintangsamo
Sorong selatan
April 14, 2022

Saya mendukung penuh upaya pelestarian hutan Papua dan laut Papua

Febrina R. Upu
Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah
April 14, 2022

Saya sangat mendukung gerakan ini untuk mejaga laut dan kelestarian hutan khususnya hutan mangrove di wilayah Papua dan Kepulauan Maluku #DefendingParadise

Yuni Silvia
Palembang
April 14, 2022

kita sebagai anak muda Indonesia harus terus mendukung dan menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan agar iklim di negara kita tetap terjaga

Mashuri
Pekanbaru
April 14, 2022

Halo semangat untuk kita semua buat jalanin kampanye kali ini

helen meiliu
Bandung
April 14, 2022

Saya mendukung ini, kelestarian alam harus di upayakan demi tercapai nya keseimbangan ekosistem dan menjaga ekologi lingkungan hidup. Demikian dukungan ini sy tulis dgn singkat , saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kalimat saya

Fahreza alfian dani
Sukoharjo
April 14, 2022

Harta tidak akan berguna jika alam tidak ada.

Nur Faiza Assuaidah
Malang
April 14, 2022

Marilah kita selalu menjaga surga hutan dan laut indonesia timur dan pertahankan hak masyarakat ada biar bisa menikmati keindahan alam semseta untuk kita dan generasi bangsa indonesia

Rama nadia lestari
Sekayu
April 14, 2022

Marilah kawan-kawan semuanya untuk selalu menjaga alam semesta maupun alam sekitaran kita biar tetap terjaga keindahan alam untuk dinikmati bersama-sama kalo bukan kita semua yang menjaganya siapa lagi

Rama nadia lestari
Sekayu
April 14, 2022

Bencana itu ada karena disebabkan oleh manusia, Bumi memiliki pelindung dari ancaman luar, jagalah jangan sampai pelindung itu rusak karena keserakahan kita.
Ajarkan Generasi Muda tentang pentingnya alam untuk masa depan anak cucu mereka & Belajarlah mencintai alam karena itu sama hal nya dengan menjaga milik Tuhan..
#DefendingParadise #LindungiMangroveTimur

M. Rino Dwi Cahya
Palembang, Sumatera Selatan
April 14, 2022

Yok di lestarikan hutan mangrove kita yang luas ini serta kita jaga dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab

Nurfadilla Aprilia
Jl r sukamnto lr kelinci
April 14, 2022

Kita pasti bisa membuat alam jadi lebih bersih

Wawa
Bekasi
April 14, 2022

Semangat dalam melindungi bumi

Virginia
Jakarta barat
April 14, 2022

Mari lestarikan kekayaan hutan dan laut di Tanah Papua & Kepulauan Maluku!

Thalia
Jakarta
April 14, 2022

keren banget sich si paling hutan

Tenggar Putra Luza
Jakarta
April 14, 2022

Hutan merupakan paru-paru dunia yang mana berperan penting keberlangsungan makhluk hidup. Saya sebagai mahasiswa mengemban tanggung jawab untuk menjaga hutan dan makhluk hidup di dalamnya seperti cendrawasih. tanah papua tanah yang kaya surga kecil jatuh ke bumi

Tenggar
Jakarta
April 14, 2022

Papua dan maluku adalah benteng terakhir dalam memerangi krisis iklim ia layak di lindungi

Satia
Sulawesi tengah
April 14, 2022

Yuk sama’ lindungi Hutan dan laut kita!!!

Angelina Wijaya
Jakarta Barat
April 14, 2022

saya sebagai anak muda harus ikut serta melindungi alam dari krisis iklim, dengan cara mulai dari lingkungan sekitar seperti buang sampah pada tempatnya, memakai air secukupnya, dan menggunakan totebag dalam berbelanja untuk mengurangi dampak plastik.

Hendy Pratama
Bandar Lampung
April 14, 2022

Sebegai orang yang berjiwa muda yang mencintai keindahan alam indonesia, saya mendukung pelestarian hutan bisa hidup lebih baik di Papua dan Kepulauan Maluku demi keberlangsungan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Bagi teman-teman lainnya, ayo! mari bersama-sama kita mulai menjaga kelestarian alam di indonesia. dengan melakukannya minimal dimulai dari lingkungan sekitar

Arif Wicaksana
Bekasi
April 11, 2022

Saya sangat mendukung adanya gerakan ini. Semoga bisa membangkitkan kesadaran kita semua untuk membentuk kecintaan terhadap bumi kita dengan menjaga hutan tanah papua dan maluku.

Shafira Qurrotu
Kota Bandung
April 11, 2022

Saya sangat mendukung penuh gerakan ini karena saat ini Indonesia hanya memiliki hutan primer yg berada di Maluku dan Papua,harapannya janga sampai hutan hutan tersebut ceritanya seperti hutan di Kalimantan dan Sumatra yang sudah habis… Lihat dampaknya sudah terasa dulu Kalimantan tidak pernah terjadi banjir namun saat ini hampir setiap waktu setelah turun hujan hampir diseluruh tempat Kalimantan menjadi banjir… Semoga dengan adanya campign ini bisa menyadarkan kita kembali terhadap pentingnya menjaga hutan primer tersebut dei kebrlajutan kelestarian lingkungan alam dan kesejahteraan manusia

Laila
Malang
April 11, 2022

Jaga biodiversitas hutan dan laut karena kesehatannya mencerminkan kesehatan kita.
Lindungi benteng terakhir pertahanan hutan Papua dan Maluku demi masadepan yang sehat

wardatun nafila
malang
April 11, 2022

Saya mendukung penuh upaya pelestarian hutan Papua dan Maluku, karena ini sangat penting dan bermanfaat bagi eksistensi hutan di daerah tersebut. Surga papua dan maluku harus dipertahankan dan dilestrkan!

Antry Salikandi
Kota Bandung
April 11, 2022

Haloo, penting bagi kita untuk menjaga alam dan hutan tanah Papua dan Maluku karena banyak sekali habitat flora maupun fauna disana. Maka dari itu, jangan membuat mereka kehilangan tempat tinggalnya dan ayo buat mereka tetap hidup dan memiliki tempat tinggal dengan menjaga rumah mereka..

Febryanti Pratami
Kab. Bandung, nagreg
April 11, 2022

Semangat

Rais
Bandung
April 11, 2022

Tetap semangat untuk melakukan segala aktifitas yang positif, seperti menjaga kelestariaan lingkungan, terlebih di masa pembangunan seperti sekarang, banyak hutan yang sudah mulai berkurang….

Naufal
Bandung
April 11, 2022

Aku peduli dengan alamku.
walau saat ini posisiku tidak di dekatnya namun dari sini aku bisa menikmati dampaknya.

Ni Kadek Wahyu Marthadika Adriani
Kab. Malang
April 11, 2022

Semangat dan terus maju ya…

Suci Intan
Jawa timur
April 11, 2022

Saya mendukung kampanye ini!

Andre ridwan
Kab. Bandung
April 11, 2022

Indonesia bukan hanya kota dan gedung2 pencakar langit di metropolis saja, dari barat hingga timur nusantara merupakan bagian dari Indonesia.
Kalau aku anak muda yang berani maju untuk kelestarian tanah surga di penjuru Indonesia dan warisan lokal di dalamnya, maka engkau pun yang juga putra putri bangsa harus melakukan yang sama!

Ganis Yubastian
Surabaya
April 11, 2022

Saya peduli dan mendukung pelestarian hutan dan laut di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

Tsaniya Wardah Maulidiyah
Malang
April 11, 2022

Lindungi selalu alam sekitar termasuk hutan, laut dan sebagainya:)

Zulfa Sulthany
Bandung
April 11, 2022

jaga kelestarian alam kitaa

Syafiq Akmal
bogor
April 11, 2022

Lestarikan lah hutan dan laut karena mereka adalah sumber kehidupan yaitu oksigen

Bayu Saputra
Desa Muara Telang Kecamatan Teluk Gelam
April 11, 2022

Bismillah … Semoga Allah Subhanahu Wataala’ memberikan kekutan kepada semua yg teman2 dalam melindungi ekosistem Hutan di Wilayah Timur Indonesia Khususnya Papua, maluku dan sekitarnya . . .

Gasurni Armin Gani
Makassar
April 11, 2022

Udara yang Alami terdapar dari hutan, jaga dan lestarikan Hutan

Aida
Depok
April 11, 2022

saya setuju dan mendukung kampanye ini

wulan
bandung
April 11, 2022

Saya mendukung kampanye ini karena menjaga sumber daya alam yang sudah ada sudah menjadi kewajiban kita semua

Maldini Pratama Saputri
Kecamatan baleendah kabupaten bandung
April 11, 2022

Hutan harus tetap lestari!

Elisya Karina Apriyanti
Serang Banten
April 11, 2022

jaga hutan kita!

Jovania
Medan
April 11, 2022

Saya berharap hutan dan laut utamanya di Papua dan Maluku tetap terjaga, selain bagian paru-paru dunia, saya ingin sekali melihat langsung keindahan alamnya. Saya ingin melihat langsung keindahan hutan dan laut di papua serta maluku

Adinda Hafidzah
Indonesia
April 11, 2022

Semangatt dan perlu bangett buat jangkau lebih banyak orang untuk support dan peduli hutan & laut di Indonesia Timur 🇮🇩

Jenette
JAKARTA barat
April 11, 2022

Aksi ini sangat bermanfaat untuk ke de depannya agaar anak cucu kita disaru saat nanti masih bisa melihat hutan yang sangat indah nantinya. Mari kita lestarikan hutan dan mulai dari sekarang kalau bukan kita siapa lagi semangatttt

Muhammad fajri abu bakar
Palembang
April 11, 2022

Semangat.

Mahendra Ardiansyah
Kab. Karanganyar
April 11, 2022

Indonesia timur yang kaya akan keanekaragaman hayati tak layak mendapat ancaman ,, lindungi lingkungan, lindungi hutan papua dan maluku,, keindahannya selalu lebih baik dari segala hal indah

Aisyah
wajak
April 11, 2022

Saya hidup di daerah yang setengah kota dan setengah desa, jadi selain saya suka jalan-jalan di wisata modern saya juga suka mendaki serta travel. Dikala suntuk dari keseharian saya suka melihat alam yang indah dan asri serta kehidupan yang ada di alam, salah 1 tempat yang ingin saya tuju adalah pucuk timur indonesia serta pucuk barat Indonesia. Dan saya berharap saya kelak saya masih bisa melihat dengan mata kepala saya sendiri, Indonesia yang bersahabat dengan alam dengan ekosistem yang ada. Saya mendukung sepenuhnya adanya pelestarian hutan dan laut. Mulai dari buang sampah pada tempatnya yaaaa!!!!!! 🙂

Muhamad Yusnawarman
Malang
April 11, 2022

.

Carolina Zegers
Chile
April 11, 2022

Mejaga lingkungan merupakan sebuah kewajiban dan bukan pilihan. Saya percaya ketika kita turut menjaga lingkungan, maka sebaliknya lingkungan akan menjaga kita. Oleh karena itu saya mengajak teman-teman muda untuk menjaga lingkungan. Hal sederhana yg dapat kita lakukan saat ini dengan mengembangkan konsep eco-living style, dengan cara mengurangi penggunaan produk berbahan plastik & styrofoam

Chindy Agata
Perum pemda km.24 kab.sorong
April 11, 2022

Semesta selalu punya timbal balik, kebaikan yang kalian kasih buat semesta bakalan jadi kebaikan buat kalian jugaaa.
Semangat selalu dalam menyuarakan kampaye ini.
Jaga kesehatan karena semesta butuh kalian …

Ayu Gustiani
Malang, Jawa Timur
April 11, 2022

saya mendukung #DefendingParadise untuk menjaga hutan dan laut yg ada di Indonesia, untuk meningkatkan kekayaan alam yang Indonesia miliki.

Adrelia Shinta
Apartemen city park tower g lt.5 no.27
April 11, 2022

Ayo kita jaga dan lestarikan surga hutan dan laut timur Indonesia

Siti Mualimah
BENGKULU UTARA
April 11, 2022

Hutan adalah penyangga kehidupan, dimana siklus oksigen terlaksana, penyerapan gas rumah kaca, tempat hidup flora maupun fauna, tempat bergantung hidup masyarakat sekitar kawasan tersebut. Sudah semestinya kita menjaga hutan demi keberlangsungan kehidupan.
Dengan berkurangnya kawasan hutan maka panas bumi-pun akan meningkat.

Tria Wahidiah
Malang, Jawa Timur
April 11, 2022

Bumi Merupakan tempat terbaik bagi berbagai kehidupan baik organisme, tumbuhan, hewan atau manusia.
Untuk keberlangsungan setiap mahkluk hidup terus berinteraksi baik dengan kelompoknya dan kelompok lain, bahkan dengan alam (lingkungan).
Semua jenis mahkluk hidup yang saling mempengaruhi dan dipengaruhiserta berinteraksi dengan alam membentuk kesatuan yang disebut “Ekositem”
#AyoJagaAlam#AyoJagaEkositem#AyoJagaKehidupan

Paskalis Lauko
Kupang, Nusa Tenggara Timur
April 11, 2022

Yuk kita sama-sama dukung prioritas untuk menjaga eksistensi ekosistem keanekaragaman hutan dan laut di Maluku & Papua!!

Gabrille Olivia
DKI Jakarta
April 11, 2022

Hutan itu kehidupan, jika hutan dirampas kita mau hidup bagaimana?

Putri Malinda Nurul Faizah
Malang
April 11, 2022

Jangan lupa untuk kasih komentar positif nya, terima kasih yaa telah berpartisipasi mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan khususnya topik hutan mangrove di Papua. Ajak followers kalian supaya terlibat dalam kampanye ini

Dimas al hapidh
Kota palembang
April 11, 2022

HUTAN merupakan paru-paru nya dunia tanpa hutan , bagaimana kita mendapatkan asupan oksigen yang baik? apa mungkin nanti kita membeli oksigen seperti membeli gas elpiji. jangan sampai itu terjadi dengan generasi selanjutnya. yok jaga hutan dan laut kita, jangan sampai tercemar dan rusak karena kepentingan golongan tertentu. aksi ini mulai dari dirikita sendiri, jika bukan dari kita siapa lagi yang akan memulai nya.

gunakan hashtag ini dalam kampanye kami #LindungiMangroveTimur serta kunjungi dan follow Instagram kami @edf_enam.

Suhendra, M.I.Kom
Palembang Sumatera Selatan
April 11, 2022

Save Papua charge energi Indonesia!!

Putri Ghoida' H
Malang
April 11, 2022

Jaga Hutan Jaga Alam niscaya Rumahmu, Bumimu, kan terjaga sempanjang hayat

Kham
Malang
April 11, 2022

Kesegatan dan kelestarian hutan mencerminkan kehidupanmu
Mari jaga hutan Indonesia Timur sebagai surganya Indonesia

HMJ Kehutanan UMM
Malang
April 11, 2022

Indonesia Timur kaya akan keindahan beserta keanekaragaman yang wajib kita lindungi, sadar diri, teliti kelemahan diri tanpa adanya bantuan keanekaragaman hayati

Mari dukung #defendingparadise untuk melindungi biodiversitas Tanah Papua dan Maluku surga bagi kehidupan kita, masadepan dan kelestarian bangsa

Ryan Rasyid Alamsyah
Jombang Jawa timur
April 11, 2022

Di zaman sekarang ini, makin ksini kita makin menemukan banyak sekali kasus” yang menyangkut dengan eksplorasi alam. Dengan memberikan dukungan serta terkait alam, kita sudah berpartisipasi untuk melindungi tanah Indonesia terkhususnya tanah papua dan maluku. Ayok temen-temen semuanya!! Bersama kita lindungi Indonesia dari pengeksploitasian alam!!

Anyelir Putri Rahayu
Palembang
April 11, 2022

Semoga seluruh pihak lebih bijak dalam memanfaatkan hutan dan saya mendukung pihak yang telah sigap untuk menyelamatkan hutan

Nur Ramadhana
Malang
April 11, 2022

Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi,oleh karena itu rawat dan jaga lah lingkungannya untuk bisa tetap di nikmati di masa yang akan datang.Dan selamanya

#lindungimangrovetimur
@edf_enam

Adella risya
Palembang
April 11, 2022

Semoga makin banyak orang yg peduli akan Lingkungan , maju terus econusa

Endi Noviansyah
Palembang
April 11, 2022

Saya harap semua berjalan dengan lancar dan saya mendukung apabila semua baik-baik saja khususnya daera maluku, maluku Utara

Afandi umagap
Kab.kepulauan sula (desa fatcey),,,kec.sanana
April 11, 2022

Hutan dan Laut Indonesia Timur adalah milik masyarakat adat setempat. Sudah sepatutnya kita bersama-sama menjaga dan merawat alam Indonesia serta melestarikannya dengan sebaik mungkin. Tidak boleh hilang apa lagi diselewengkan hak rakyat.
Junjung tinggi persatuan untuk dukung penuh Hutan dan Laut di tanah Indonesia Timur

Fitri Zuliani
Luwuk Banggai Sulawesi Tengah
April 11, 2022

Selamatkan Hutan Indonesia bagian Timur

Ismir A. Maneke
Kota Bogor
April 11, 2022

Pikiran orang sehat itu sadar akan kerusakan terhadap lingkungan, mari rawat dan lindungi hutan Indonesia Timur!
#menanambiarsehat!

tuhan.e
Bogor
April 11, 2022

Save paru2 dunia

Retno Dewi Pramodia Ahsani
Magelang
April 11, 2022

Guru terbaik adalah alam. Setiap petualangan pasti akan mengajarkan sesuatu yang bernilai kepadamu💚🌱
.
#savemangrovetimur

Lindri Febriliani
Palembang
April 11, 2022

#DefendingParadise

Anindya Yustika
Malang
April 11, 2022

Saya mendukung penuh upaya pelestarian lingkungan hidup di Indonesia apapun itu bentuknya..semangat selalu para pejuang pecinta lingkungan hidup!!!!

Helmi Zaki Mardiansyah
Jember, Jawa Timur
April 11, 2022

Inti dari dukungan saya hanya berlandaskan asas pecinta alam hijau dan saya benci alam hijau semakin berkurang. sudah itu saja…

Daeng Alpan Malaerangeng
banyuwangu
April 11, 2022

Terimakasih dan semangat terus buat kalian yang mau menjaga hutan kita, semoga niat baik kalian semua dibalas oleh Allah SWT

Hafid Aini Salsabila
Kab. Malang
April 11, 2022

Jagalah hutan, jaga lingkungan, jaga laut,,
Kelestarian ditangan kita..
Mulai dari diri sendiri yuk

Ivanna Salsabila
malang
April 11, 2022

Tetap lah menjaga pemberian Allah , karena itu semua sumber oksigen yang sangat bermanfaat untuk kita

Putri Azizatul Silvia
Malang , Jawa Timur
April 11, 2022

Ayo! Sebagai generasi muda harus dapat menjaga dan mempertahankan kelestarian lingkungan sekitar untuk menjaga ekosistem bumi yang lebih baik kedepannya

Rhosidah Shopy Aryanie
Surabaya/Jawa Timur
April 11, 2022

Melestarikan hutan adalah sesuatu yang sangat penting dan banyak manfaatnya bagi alam

Firdayanti
Luwuk Banggai
April 11, 2022

Ayoo Lestarikan Hutan dan Laut yg ada di Indonesia bagian Timur (Papua dan Maluku) #DefendingParadise

Oktaviani A
Kel. Nambo lempek, Kab. Banggai, selawesi Tengah
April 11, 2022

Mari kita sama-sama menjaga alam. Karena dengan menjaga alam sama halnya kita menjaga diri kita sendiri dan orang lain untuk kebaikan di masa mendatang.

Siti Nur Iqrima Umar
Luwuk, Kab.Banggai, Sulawesi Tengah
April 11, 2022

“perubahan kecil akan berdampak besar terjadinya apabila dilakukan secara bersama-sama”

Durrotun Nafisah
Malang
April 11, 2022

Semangat melestarikan hutan

Abram
Siantar
April 11, 2022

Semiga kita bisa menjaga sumber kehidupan kita

Nuranti
Pekanbaru
April 11, 2022

Alam adalah sumber kehidupan bagi manusia, paru paru dunia dan hutan adalah surganya para hewan. Tetap lindungi alam kita cintai dan jaga. Agar semuanya tetap asri

Gevanni hasanah
Kampar kiri tengah
April 11, 2022

Lestari kan hutan

Togap Sihombing
Medan
April 11, 2022

Merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik besok

Tinaa
Makassar, Indonesia
April 11, 2022

Lestari selalu Alam Indonesia

Muh. Risaldi sibay
Luwuk banggai
April 11, 2022

Mari jaga bumi kita, dan bumi akan menjaga anak cucu kita.

imam
Jakarta
April 11, 2022

Semangat!

AUFA ADILAH
Pekanbaru
April 11, 2022

Ayo kita saling membantu dalam menjaga kelestarian alam 🔥 jangan sampai ekosistem alam di daerah Maluku dan Papua terancam rusak akibat ketamakan manusia.

Dea Amalia Nisa
Manado
April 11, 2022

Hutan adalah Surga Dunia bagi seluruh mahkluk hidup

Ade Amarta
Pekanbaru
April 11, 2022

Jangan tebang hutan lagi, agar anak dan cucu kita esok bisa merasakan dampak hutan dan tidak menderita

REXY PRATAMA MUCHTY
Medan
April 11, 2022

Jagalah, Sayangilah and cintailah laut tanah Papua and Maluku untuk masa depan mu. Karena alam di timur Indonesia seperti mutiara biru yang harus di jaga kilauan nya.

Rian hidayat
Pekanbaru
April 11, 2022

Birunya laut maluku dan hijaunya hutan papua adalah previlege terindah yang kita punya untuk kita jaga.

Izzuddin Fakhri
Malang
April 11, 2022

Semangat terus✨ wakilkan kami menjadi salah satu manusia yang selalu bersahabat dengan alam.

Muhammad Maulana Putra
Pekanbaru
April 11, 2022

Semoga Hutan dan laut kami tetap terjaga di bagian timur Indonesia,
Maluku dan Maluku Utara tepatnya di kab. Kep sula,
Semoga kab. Kep sula juga bisa di lirik untuk pelestarian ekosistem hutan dan laut kami, karena ada salah satu pulau kami yang akan hilang namanya pulau PAGAMA.

Rasi
Bali
April 11, 2022

Lindungi oksigen dunia
Lindungi hutan ku

Suji
Taiwan
April 4, 2022

Tidak banyak yg saya katakan, sejatinya hutan adalah hutan dan harus tetap ada. Bersama-sama kita menjaga alam ini, jangan kita mencari empati tapi kalo bukan kuta yang gerak lalu siapa lagi.

Muhammad Fitra Yudha
Sleman, Yogyakarta
April 4, 2022

Wahai para kaum muda. Mari kita jaga alam dan seisinya, kita rawat segala kekayaannya. Sebagai bentuk penghambaan kita kepada sang maha pencipta alam semesta.

Tri putra jayadi prima
Manokwari, Papua Barat
Maret 28, 2022

Semoga sukses selalu

Andi Muhsin Hidayat
Makassar
Maret 28, 2022

Manusia telah lama hidup dan dibesarkan dari alam, jika alam kita tidak dijaga maka yakin sungguh alam pun tidak menjaga dan menghidupi kita, maka dari itu marilah kita lestarikan alam kita sebelum hutan sudah di babat habis, laut sudah rusak, kita baru sadar kalo kita tidak bisa makan “MONEY”

Syarifudin Azhari Kilbaren
Bula, Seram bagian timur, maluku, indonesia
Maret 28, 2022

Jadilah sahabat alam yang setia dengan menjaga dan melestarikan ekosistem hutan dan laut. Karena pada dasarnya hubungan antara manusia dan alam tidak akan pernah berputus

Oktaviaana
Nusa Tenggara Timur
Maret 28, 2022

Indonesia kaya akan Alam, ragam dan budaya, membentang dari tanah Aceh sampai Papua,Alangkah indahnya Indonesia kita yang saling bahu-membahu menjaga, merawat serta melestarikan akan budaya yang kental dengan kearifan lokal dan Alam sekitar yang asri nan berseri.
Tanpa merusak alam dan melupakan kebudayaan, mati kita mendukung keikutsertaan program Econusa (Salam lestari mari berkontribusi)
#DefendingParadise

Sakia Aprilika
Jalan Nusantara, Indralaya Utara
Maret 28, 2022

” mari tong sama² jaga Hutan dan laut ,karena hutan dan laut telah menyediakan apapun yang kita butuhkan “

Vensrin Hermalina Kolin
Jayapura
Maret 28, 2022

Jaga alam butuh kesadaran, dan kepedulian diri sendiri masing-masing
Langkah kecil tapi berarti, bentuk aksi nyata untuk lingkungan beralih ke sustainable
Kita harus menyuarakan perlindungan Hutan dan isi nya khusus nya yg ada di Indonesia timur.
Melestarikan hutan sama dengan menyelamatkan kehidupan.

Surga itu ada, salah satu surga di bumi ini adalah tanah Papua dan kepulauan Maluku (Nikita)

#DefendingParadise #RockinParadise #KuisEcoNusa

Putri Melta Sari
Prabumulih Sumatera Selatan
Maret 23, 2022

Saya tidak bisa membayangkan bagaimana anak saya di tahun-tahun mendatang merasakan perubahan iklim yang jauh lebih ekstrem daripada sekarang. Lanjutkan terus melindungi bumi kita di Timur Indonesia! Kita sayangi bumi, bumi akan sayangi kita juga!

Putri Larasari
DKI Jakarra
Maret 23, 2022

Memastikan keberlangsungan hidup manusia agar tetap terjaga, maka kita mestinya mengambil peranan penting untuk menjaga hutan agar terhindar dari kerusakan. Dari Hutan, sebagian kelompok masyrakat di perdesaan memiliki sistem pengetahuan yang khas, tentang tanah, perbukitan, pepohonan dan air yang menjadi sumber penghidupan. Itulah nilai yang mereka punya, dan kita boleh menyebutnya sebagai kearifan lokal.

Inu Bachrudin
Maluku Utara
Maret 23, 2022

Hutan adalah paru-paru dunia jika hutan saja dirusak maka rusak juga Kehidupan digenerasi selanjutnya. Tanpa hutan iklim akan berubah, segala bencana akan terjadi seperti tanah longsong banjir dan semacamnya. Ayo Peduli, pedulilah terhadap sesuatu apapun itu dimulai dari hal-hal kecil, karena bisa saja hal kecil itulah yang memberikan dampak besar dalam kehidupanmu. Satukan lah hati dan pikiran mu, sadarkan dirimu bahwa peduli terhadap lingkungan seperti hutan dan lautan akan memberikan mu sebuah keajaiban. Sebab hutan dan lautan yang ada di Tanah Papua dan Kepulauan maluku adalah kekayaan yang tak ada duanya, kekayaan yang harus tetap terjaga kelestariaannya. Saya harap semua keindahan alam disana tetap terjaga kelestariannya sampai regenerasi selanjutnya.

Salam kepada semua yang mencintai alam ❤️❤️

Ade
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 23, 2022

Menjaga mu untuk keberlangsungan hidup kami❤️

Awum-awum Bawey Numfor-Papua

Anthonetha Mirino
Kampung Bawey Numfor-Papua
Maret 22, 2022

Keberadaan hutan bakau tak sebatas melestarikan hewan laut, tapi juga sebagai tempat bertumbuhnya satwa darat dan udara.

YOSS PATTAY
JL. SUJARWO CONDRONEGORO NO.9
Maret 22, 2022

Halo semuanya, taukah kalian bahwa hutan itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan merupakan paru-paru dunia.
Nah masihkah kalian menjadi hutan? Harusnya masih diang ya, karena kalau bukan kita yang menjadi siapa lagi. Jangan sampai kitalah yang malah merusak hutan.
Ayo kita lestarikan hutan bersama untuk diwariskan ke anak cucu kita kelak.
Salam lestari.
Salam konservasi.
Ayo jaga hutan.

Anggriani Aristaria
Manokwari, Papua Barat
Maret 22, 2022

Hutan dan mau merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.
Ayok kita terus jasa hutan dan laut, serta mempertahankan hak masyarakat adat.
Mari kita jaga dan lestarikan apa yang masih ada untuk masa depan bangsa

Anggriani Aristaria
Manokwari, Papua Barat
Maret 22, 2022

Kelestarian bentangan alam wilayah Indonesia Timur khususnya Papua dan Maluku,tidak dapat dipungkiri karna salah satunya dan utama adalah peran serta masyarakat adat diwilayah tersebut. Masyarakat lokal di Papua dan Maluku hidup sangat harmonis dengan alam.Bahkan mereka memiliki cara tersendri dalam menjaga alam dan kelestarian ekosistem hutan diwilayah mereka.Sebab mereka yakin bahwa dengan terus menjaga ekosistem hutan yang tetap lestari,mereka akan memberikan warisan kehidupan yang tak ternilai harganya bagai generasi yang akan datang.Namun dengan dalih pemerataan pembangunan dan transmigrasi,keberadaan hutan adat bukan tidak mungkin terancam untuk diambil paksa oleh segelintir orang yang menguras sumber kehidupan di Bumi Cendrawasih tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat umum khususnya masyarakat asli Papua dan Maluku.Oleh karna itu,mari kita saling mendukung kebijakan apapun itu untuk pembangunan yang lebih baik bagi masyarakat Papua dan Maluku selagi tidak merusak hutan dan laut.Kita tolak pengrusakan dan penyalahgunaan kawasan hutan dengan dalih pemerataan pembangunan,dsb

Kalo bukan kita yang jaga sekarang,siapa lagi
Saatnya yang muda bergerak,saling bergandengan tangan untuk bertekad menjaga bumi Papua dan Maluku tetap lestari hutannya.
tong jaga hutan,hutan jaga tong
salam lestari
#defendingparadise
#beradatjagahutan

Rasima Rahimun
samarinda kota
Maret 22, 2022

Kekayaan alam indonesia timur harus dijaga, karna itu adalah warisan yang tak ternilai harganya .. jangan sampai anak cucu kita tidak bisa merasakan indahnya alam .. manfaatkanlah alam dengan bijak dan saling menjaga .. jangan biarkan keserakahan membuat rusak alam yang berharga ini

Nena
Bandung
Maret 22, 2022

Mari kita jaga hutan dan laut papua untuk anak cucu kita

Nurul
Sorong
Maret 22, 2022

Bila hutan dan Laut Papua di rusak, Indonesia akan mengalami masa-masa perubahan iklim yang besar. Untuk itu, mari kita jaga. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.

Rahmat
Sorong
Maret 22, 2022

Saya mendukung gerakan ini untuk Indonesia yang lebih aman, nyaman dan tenteram. Ayok kita sama-sama sebarluaskan ke orang-orang terdekat kita.

Reina
Sorong
Maret 22, 2022

Perusakan hutan dan Laut adalah hal yang mudah, tetapi rehabilitasinya kembali itu sulit. Karena itu, jagalah ia selagi ada. Jangan dicemari ataupun di rusak. Mulai dari diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang-orang di sekitar kita.

Mala
Sorong
Maret 22, 2022

Indonesia Timur adalah salahsatu laboratorium alam paling berharga di Asia dan dunia karena itu perlu dijaga kelestarian dan keberlanjutannya. Saya mendukung terciptanya collaborative governance untuk surga hutan dan laut di Indonesia Timur dengan pelibatan penuh masyarakat dan komunitas adat dimana tradisi dan kearifan lokalnya dapat dioptimalkan untuk upaya-upaya pembangunan berkelanjutan di sana. #DefendingParadise #EasternIndonesia

Stevie Leonard Harison
Bandung
Maret 22, 2022

Hutan di Indonesia Timur adalah masa depan Indonesia..tanpa hutan Negara ini tidak punya masa depan. kenapa? karena di hutan terdapat sumberdaya alam yang tak habis-habisnya dikelola untuk kesejahteraan rakyat dan negara. Mari kita lestarikan Hutan Papua dan Maluku untuk Indonesia yang lebih baik. Salam Lestari.

Semuel Erari
Manokwari
Maret 22, 2022

lindungi hutan dan laut indonesia

Andi Sulfiani
makassar
Maret 22, 2022

Mari kita jaga hutan dan laut papua untuk Indonesia yang lebih cerah.

Ramla
Sorong
Maret 22, 2022

Semoga dari hari ke hari semakin bertambah orang yang peduli terhadap hal-hal seperti ini, dan semoga pihak pemerintah sepemikiran dengan apa yang terjadi dan dibutuhkan saat ini, semakin sama-sama sadar dalam menanggapi hal seperti ini.

M.Sulthon Dairobi Sidiq
Yogyakarta
Maret 22, 2022

Kami dukung untuk pelestarian alam diPapua dan Maluku

Shelfiana Masuly
Bekasi
Maret 22, 2022

Dukung masyarakat dengan menolak perusahaan yang merusak ekosostem hutan..
Salam Lestari
#DefendingParadise

Piches
Kota kupang. Nisa Tenggara Timur
Maret 22, 2022

Our world is experiencing a severe climate crisis. The only hope we have is the forests of Papua that are under threat. Imagine the worst that would happen to human and animal life if we didn’t keep our only hope. The next generation may not be born or even threatened with life. We are unselfish human beings, so let’s help voice and express our concern!

Tasya Auliya
Indonesia
Maret 16, 2022

Semoga acara berjalan lancar dan bisa memberi kebermanfaatan untuk dunia

Rendiyansah
Ciamis
Maret 16, 2022

Saya selaku generasi muda sangat prihatin dengan kondisi hutan indonesia sekarang, mengapa tidak ? Saya masi melihat ilegal logging marak terjadi di banyak tempat di indonesia. Apakah hati nurani para oknum seakan tertutup demi mengisi kantong saku yang mungkin tidak ada habis nya ? Maka dari itu hal ini harus menjadi perhatian bagi semua kalangan termaksud generasi muda tentu kita tidak mau predikat sebagai paru paru dunia suatu saat akan hilang di indonesia bukan ? Kita sadar bahwa kita di indonesia berbera beda mulai dari agama,suku,bahasa,kulit,dan pekerjaan namun 1 kesamaan kita adalah kita memiliki tugas yaitu sama sama menjaga dan membangun bangsa indonesia tercinta ini.

Fahri
Lampung
Maret 16, 2022

Semoga pemerintah dan banyak stakeholder bisa saling bahu membahu untuk mendukung kelestarian alam Papua dan kepulauan Maluku, bisa jalan dengan kompak bersama masyarakat dalam gerakan pelestarian hutan-hutan disana. Karna pelestarian lingkungan bukanlah tanggung jawab 1-2 pihak melainkan seluruh pihak ikut andil bertanggung jawab bersama.

Ilham Andriansyah
Jakarta
Maret 16, 2022

Saya harap hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dapat terus terlindungi sehingga dapat terus menjadi habitat yang baik untuk flora dan fauna endemik tanpa ada gangguan dari manusia. Flora dan Fauna juga berhak merasakan hidup yang nyaman dan aman tanpa merasa takut dan terganggu oleh yang seharusnya tidak ada di sana (pembangunan bangunan besar, penggundulan hutan liar dan penangkapan liar).

Tsanaya Devany
Depok
Maret 16, 2022

semoga semua lancar!!! #DefendingParadise

salsa
Jakarta
Maret 16, 2022

Bumi dan kehidupan di atasnya, sangat kompleks, terjalin dengan rumit. Jutaan makhluk hidup yang saling berhubungan disebut sebagai jaring kehidupan. Putuskan seutas benang pada jaring itu maka jaring itu akan terurai. Begitulah illustrasi untuk menggambarkan dampak deforestasi. Hutan dirambah habis-habisan, bencana muncul, temperatur meningkat, bumi rasanya ‘dipanggang’ dan sejumlah penyakit muncul.

Sekecil apapun deforestasi di Papua, itu akan berdampak terhadap Indonesia dan global. Selama 2021- 2022, terjadi bencana di berbagai tempat di Indonesia. Gempa bumi dan banjir di beberapa tempat. Di beberapa daerah, cuaca tersebut mengubah sungai menjadi kubangan, sedangkan di daerah lain, hal itu menyebabkan hujan dan banjir yang meninggalkan genangan air. Bila terus dibiarkan, kekhawatiran akan terjadi di seluruh bagian Indonesia, karena Hutan Papua dan Maluku merupakan benteng terakhir di Indonesia.

Ada banyak hal yang dapat dikembangkan dari hutan. Di hutan, kita dapat membudidayakan berbagai jenis tanaman. Hutan juga dapat dijadikan lokasi wisata bagi mereka yang mencintai alam. Untuk itu, saya senang melihat upaya Econusa memberdayakan masyarakat Indonesia Timur dalam memanfaatkan hutan, khususnya pemanfaatannya sebagai Ekowisata dan Agroforestri.

Damayanti -
Sumatera Utara
Maret 14, 2022

Jika Ibu sebagai perempuan dengan rahimnya mampu menghasilkan keturunan, maka bumi sebagai perempuan dengan rahimnya mampu menghasilkan kekayaan yang melimpah. Mari kita jaga bumi, mari kita rawat lingkungan, dan mari kita jaga sesama makhluk hidup termasuk simbol Papua Burung Cendrawasihyang begitu indah.

Dia Puspitasari
Surabaya
Maret 14, 2022

Mari lestarikan hutan hutan di Papua dengan cara mengurangi penebangan pohon dan masivkan reboisassi di sekitar hutan yg terdampak hutan gundul atau penebangan liar.

Adi Putra
Denpasar
Maret 14, 2022

Hutan sebagai ibu dan Rumah bagi Orang Papua menjadi salah satu sumber kehidupan yang terus dijaga kelestariannya. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan Waktu Hutan mengalami kerusakan yang disebabkan oleh tangan-tangan Manusia yang tidak bertanggungjawab. Melalui pesan singkat ini, saya mengajak kita semua untuk kembali sadar bahwa Hutan adalah Nenek Moyang yang seharusnya dijaga bersama, mari kita lebih peka lagi kepada orang-orang yang hanya mengambil keuntungan prematur dari Hutan ini, Mari menjadi bagian yang peduli akan Hutan dan Lingkungan kita.

#DefendingParadise
#HutanAdalahRumah

Ewyn Falufi Irianti
Kabupaten Merauke
Maret 14, 2022

Selama 2021- 2022, terjadi bencana di berbagai tempat di Indonesia. Gempa bumi dan banjir di beberapa tempat. Di beberapa daerah, cuaca tersebut mengubah sungai menjadi kubangan, sedangkan di daerah lain, hal itu menyebabkan hujan dan banjir yang meninggalkan genangan air. Sekecil apapun deforestasi di Papua, itu akan berdampak terhadap Indonesia dan global. Apalagi mengingat bentang hutan dan laut di Indonesia Timur berperan penting dalam menjaga iklim. Selamatkan Hutan di Indonesia Timur!

Damayanti -
Sumatera Utara
Maret 14, 2022

Semoga hutan di tanah papua dan maluku tetap terjaga dengan Rapih, tidak ada penebangan liar, agar para binatang yang telah punah tetap hidup dan terlestarikan

SINTA NURYATULJANNAH
bekasi
Maret 14, 2022

Selalu ada orang-orang baik yang mencintai alam ini, terkhusus Papua dan Maluku, di mana keasriannya masih sangat berkualitas. Berbahagia lah terus dalam kerja semangat melestarikan & menyegarkan alam, karena flora dan fauna juga tanggung jawab manusia. Terima kasih banyak, kalian hebat, kalian orang-orang yg berani memilih diri sendiri dalam langkah yang sangat bijak ini. Dan saya selalu mendukung kegiatan-kegiatan pelestarian alam di tanah Papua & Maluku.

Meri Analis
Jambi
Maret 14, 2022

Semoga program econusa menjadi program yang berhasil dan disetujui oleh masyarakat dan pemerintah

Cahn Jesse Leron Aprodhade
Jakarta
Maret 12, 2022

Tetap semangat, semoga setiap langkah penyelamatan kita semua sebagai wujud cinta kita terhadap tanah air 🤗❤️🇮🇩

Kak zubair
KOTA DEPOK
Maret 12, 2022

Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan di tanah papua dan kepulauan maluku dengan komitmen yang serius dalam upaya pelestarian yang berkelanjutan.

Subkhan
Bogor
Maret 12, 2022

Semoga dengan hadirnya ECONUSA di Indonesia bisa membantu Indonesia untuk kembali maju dengan alam yang sangat indah dan baik khususnya dari bagian TIMUR INDONESIA!!!

saya mendukung ECONUSA untuk selalu maju kedepan menjaga dan melakukan Aksi Nyata oleh Anak Muda di Tanah Papua & Kepulauan Maluku dalam Menjaga Benteng Alam Terakhir di Indonesia

Engle Tahalea
Banda, Maluku
Maret 12, 2022

Terus berkembang untuk kepentingan lingkungan agar anak cucu kita tetap menikmatinya.
Enonusa terbaik. Salam dari anak ternate

Andri idwar
Ternate
Maret 12, 2022

Jika kita ingin menjadikan alam sebagai benteng terakhir maka JAGA ADAT & BUDAYA. “Ko Jaga Alam, Alam Jaga Ko”, ko jaga alam dengan apa?? Jaga dengan adat dan budaya kita 😊. Terima kasih

Achmad Fachri
Jakarta
Maret 12, 2022

Mari kita ikut serta dalam menjaga serta melestarikan alam, budaya, dan kesatuan Indonesia, terutama Indonesia Timur. Pertahanan dan eksistensi tanah Indonesia Timur sangat berharga bagi bangsa dan dunia.
Ayo! mari bekerja sama demi efek positif yang luar biasa, di mulai hari ini untuk perubahan maju selama-lamanya.

Krisnina Bungaria
Kota Tangerang Selatan
Maret 12, 2022

semangat semoga acara selanjutnya lebih baik dan menarik lagi

Regina Amalia Putri
Bogor
Maret 12, 2022

Hutan Papua dan Maluku merupakan hutan yang mempunyai keanekaragaman hayati terpenting di dunia. Mulai dari floral sampai dengan faunanya. Sehingga Maluku dan Papua disebutkan dengan pulau rempah-rempah. Oleh sebab mari tong sama-sama jaga tong pu hutan ini agar tong pu hutan ini menjadi hutan yang terpenting di dunia karena keanekaragaman terjaga dengan baik. Jadi buat Pace, Mace, Kaka, adik, Basudara dong semua mari tong jaga tong pu hutan dengan cara tidak menambang pohon, Tidak berburu satwa liar dan selalu melestarikan Tong pu hutan, agar hutan ini menjadi cermin untuk anak cucu kita.
#kalaubukantorangsiapalagi
#kalaubukansekarangkapanlagi
#savehutankita

#DefendingParadise #Econusa.id #hutanpapua #hutanmaluku #EcoNusa

Yohanis Rohrohmana
Manokwari
Maret 12, 2022

Mari kita jaga dan lestarikan hutan tanah Papua dan Maluku agar makhluk hidup yang ada di dalamnya tetap terjaga keberadaannya sehingga tetap terjaga keseimbangan ekosistemnya.

Janatul Nurdiah
Kota Padang
Maret 12, 2022

Jagalah hutan sebab hutan adalah paru-paru dunia. Dengan tidak menebang pohon sembarangan, membakar hutan hanya untuk kepentingan pribadi.
Cinta hutan
Cinta Indonesia Timur

Ellis R. Siregar
Manokwari, Papua Barat
Maret 12, 2022

Tanam seribu kebaikan dan tuai hasilnya untuk generasi mendatang

Badiwi Masale
Kalabahi
Maret 12, 2022

Thank you for working to protect the birds of paradise! They are the most amazing birds on Earth and their protection is absolutely necessary! They are MIRACLES!

Let me know when you start taking donations! All the Best Elaine Charkowski

Elaine Charkowski
Northern California
Maret 12, 2022

Sayangi Papua dan semua yg ada d alamnya.. Lestarikan dan jaga hutan Papua agar tetap survive selamanya.. Menjadi kebanggan di mata dunia

Victoria
Abepura
Maret 12, 2022

we have to be more wise to put the economic and nature conservation a side.. I believe that nature will lead us to much better ways if we try to be more wise… hope government willing to realize that..

hevri
east java Indonesia
Maret 12, 2022

Papua and Maluku is Indonesia’s Treasure, menjaga nya sudah pasti adalah kewajiban orang indonesia.

Rizki Nurulhadi Mulyana
Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Maret 9, 2022

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi ayo berusaha bersama melakukan usaha terbaik kita melindungi hutan!

Sarah Laila Puspitasari
Bekasi
Maret 8, 2022

Jika hutan mati, maka tidak ada kehidupan yang hakiki!

Bintang Aryadita
Medan/Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jadi, ayo berusaha bersama melakukan yang terbaik untuk melindungi dan melestarikan hutan!

Sarah Laila Puspitasari
Bekasi
Maret 8, 2022

Jaga kelestarian bumi kelak anak dan cucu dapat melihatnya. Bumi sehat kita pun sehat.

Angelli Ana
Blora, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Jaga alam lingkungan kita demi pelestarian alam, dengan menjaga lingkungan kita bisa mendapat udara yang lebih baik dan segar, dan dengan demikian menjaga ekosistem alam.!

Derli Juani Putri
Jakarta
Maret 8, 2022

Indonesia terkenal dengan kelestarian alam dan keindahan alamnya. kita sebagai bangsa Indonesia harus menjaga kelestarian dan keindahan alam kita. saya sebagai generasi muda mengajak semua untuk mendukung pelestarian alam terutama hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku
#DefendingParadise

CHOIRUDIN NOOR FAUZHA
Kab. Wonogiri, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Menurut Hak Lingkungan adalah sebuah kewajiban, Alam memberikan kita hidup dan makan. Jadi Lindungi Alam kita, dimulai dari diri sendiri #DefendingParadise

Untung Farchan Ramadhani
KAB. TEMANGGUNG
Maret 8, 2022

Indonesia merupakan negara penghasil oksigen terbesar ke-2 di dunia. Hutan di Indonesia tersebar di beberapa daerah, seperti di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Hutan rindang yang menjadi paru-paru dunia dan habitat berbagai flora dan fauna endemik ini patut kita jaga dan lestarikan demi kepentingan kita bersama. Ayo kita lestarikan surga di dunia ini dengan menggaungkan #DefendingParadise
Bersama kita bisa lestarikan hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku!

Michelle Javiera Ivana
Pontianak
Maret 8, 2022

Mari kita turut berkontribusi dalam melestarikan hutan hujan tropis di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku! Save Hutan Hujan Tropis, Save Earth!
#DefendingParadise

Yocheline Santa Theresia De Olivia
Jambi
Maret 8, 2022

Mari kita jaga ekosistem hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang masih sehat, asri dan masih menjalankan perannya sebagai penjaga keseimbangan iklim bumi dan menyediakan suplai kehidupan. Ayo bagi seluruh masyarakat indonesia mari kita tumbuhkan kepedulian kepada alam dan bergerak mengelola hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku ini secara transparan, berdaulat, dan akuntabel, yang berbasis penguatan masyarakat lokal, serta menerapkan sektor alternatif (selain perkebunan sawit) seperti gerakan penguatan sektor kelautan, dan pengelolaan sumber daya kelautan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

M. Maulana Akhsan Pribadi
Tuban
Maret 8, 2022

Yuk mari jaga dan lestarikan alam ini. Jika bukan kita, lalu siapa ?

Eriyani Ruhendi
Bitung - Sulawesi Utara
Maret 8, 2022

Kepulauan maluku dan tanah papua adalah hutan tropis terbesar Indonesia yang mana mendukung kehidupan dan berkontribusi menjaga iklim masyarakat yang hidup di sekitarnya. Saat nya kita ikut bergerak dan berpartisipasi untuk ikut berkontribusi demi perubahan bagi bumi yg lebih baik. Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kita, siapa lagi. #defendingparadise

Peti Nurmayani
Bandung, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Kepulauan maluku dan tanah papua adalah hutan tropis terbesar Indonesia yang mana mendukung kehidupan dan berkontribusi menjaga iklim masyarakat yang hidup di sekitarnya. Saat nya kita ikut bergerak dan berpartisipasi untuk ikut berkontribusi demi perubahan bagi bumi yg lebih baik. Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kita, siapa lagi. #defendingparadise

Peti Nurmayani
Bandung, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Tetap semangat untuk memberikan kontribusi tenaga kita demi menyelamatkan ekosistem lingkungan Indonesia yang lebih baik!

Iwan Bagus Adi Pradana
Malang, Indonesia
Maret 8, 2022

Harapan, pesan, dan dukungannya semoga pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku bisa menjadi atensi / perhatian kita semua dari berbagai pihak dan dapet ditindak lanjuti secara kongkrit dengan aksi nyata oleh para pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat dan daerah, lembaga swadaya masyarkat (LSM) atau NGO, organisasi nirlaba seperti ECONUSA misalnya, komunitas yang concernt / memiliki perhatian terhadap isu lingkungan dan adanya keterlibatan aktif dari masyarkat karena Wilayah ini merupakan habitat dari cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik yang langka yang patut kita lindungi dan hargai sebagai aset dan kebanggaan bangsa.

Yunus Fikriansyah
Kota Tangerang
Maret 8, 2022

Haloo! Indonesia memiliki keindahan seperti surga dunia yang tersebar di ujung ke ujung Nusantara. Sebagai generasi penerus, sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap menjaga dan melestarikan alam Indonesia. Salah satunya adalah hutan-hutan di Papua dan Kepulauan Maluku yanf menjadi habitat alami beberapa flora dan fauna endemik. Yuk tetap jaga alam dimanapun kamu berada sebagai langkah kamu #DefendingParadise 😀

Widi Alfiantiningtias
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sangatlah penting bagi semua manusia, terutama kita para generasi penerus bangsa. Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Maka untuk itu, mari kita saling menjaga kelestarian lingkungan, terlebih lingkungan yang ada di sekitar kita.

Let’s #DefendingParadise !

Sabrina Salsabillah Sulaeman
Puribeta 2 cluster Kiara Payung boulevard no.11, Larangan, Larangan Utara, Tangerang.
Maret 8, 2022

Tetap sehat

Muhammad Nasrul Amal
Kendal
Maret 8, 2022

Karna bumi ini milik bersama. Milik saya, kamu dan semua yang akan lahir nanti. Mari kita pastikan hutan kita tetap hijau, tetap sehat juga tetap terjaga kelestariannya. Ini semua untuk kamu, saya dan juga semua makhluk yang ada dibumi.
Saya turut mendukung #DefendingParadise

Michelle Sigar
DKI JAKARTA
Maret 8, 2022

Orang bilang tanah kita, tanah surga.
Saya yakin satu-satunya surga kehidupan kita hanya ada di Papua dan Kepulauan Maluku. Keindahan alam, biodiversitas yang tinggi, adat istiadat dan budaya yang masih kental, hutan yang luas dengan julukan sebagai paru-paru dunia. Saat ini sedang terancam! Salah satu cara yang bisa kita lakukan hanya #DefendingParadise agar surga kita tetap ada.

Fariz Choirul Wildan
Bogor
Maret 8, 2022

Lindungi flora dan fauna indonesia kami !! Kami merindukan indonesia dulu yang terkenal dengan hutan nya yang lebat dengan udara yang sejuk, jika bukan kita terus siapa lagi ?

Adinda putri satya
Cimahi
Maret 8, 2022

Masa depan bumi ada ditangan kita !
Akan bagaimana bumi di masa depan ?
Akan bagaimana bumi untuk anak cucu kita ?
Kerap kali pertanyaan itu hinggap, tapi kadang kita tidak sadar bumi semakin tua. Bumi ditangan kita, kita penentu bagaimana bumi di masa yang akan depan. Tetap rawat bumi dengan sebaik-baiknya agar anak cucu masih menikmati dengan nyaman.

Lia Maisarah
Lampung
Maret 8, 2022

Ayo generasi muda kita lestarikan hutan kota! Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan sebarkan semangatmu ke sekitarmu! Mari peduli hutan-hutan di Indonesia terutama hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku!

Mega Dameria Agnestasya
Jakarta
Maret 8, 2022

burung cendrawasih burung yang indah, banyak orang yang terpesona hingga membuatnya terancam punah. Habitatnya yang mulai perlahan ditebang dan pemburuan dimana mana. Lalu siapa yang akan bertanggung jawab akan itu semua ? Siapa yang akan peduli kalau bukan kita

Adinda putri satya
Cimahi
Maret 8, 2022

Dengan ini saya mendukung gerakan yang digagas oleh Tim Econusa yang telah dengan penuh tekad menyuarakan pelestarian hutan. Kita hidup karena hutan, hutan hidup karena kita!

Adinda Kupa
Sidoarjo
Maret 8, 2022

www

Muhammad Romzi Alwan
pontianak
Maret 8, 2022

Gabisa kebayang kalo misal oksigen di bumi semakin sedikit. Gimana ngga pada sesek tu orang orang rebutan oksigen
Ayo kawan, jangan sampai stok oksigen di bumi pertiwi ikutan menipis karena ketidakmampuan kita dalam menjaga hutan hutan di Indonesia! Yuk ikutan campaign #DefendingParadise untuk tetap melestarikan hutan terutama di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku!

Kharismawati
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Lestari harga mati.
Hutan tempat bernaung dan memberi kehidupan berbagai makhluk hidup flora, fauna dan juga manusia. Karna Hutan tak jauh berbeda dengan ibu.
Merawat hutan sama halnya dengan merawat ibu.
#defending faredise

Fachrul roji siregar
Jl. Benteng Hilir gg. Kemuning 15, Tembung Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara
Maret 8, 2022

Jaga alam dimulai dari langkah kecil. Andil kecil dari kita dapat menjaga dan melestarikan fauna dan flora alam Indonesia.

Baiq Dewi Almafitri
Mataram
Maret 8, 2022

Sebagai anak-anak yang lahir,bertumbuh dan dan dihidupi dari Bumi.Sudah jadi kewajiban kita untuk menjaga dan merawat Sang Ibu.Bumi adalah Ibuku,Bumi juga Ibumu.Bagaimana mungkin mungkin membalas Ibu dengan menyakitinya,tunjukan kasih mu pada Sang Ibu.

Gispa Ferdinanda
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku, karena wilayah ini merupakan habitat burung cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik yang harus tetap dilestarikan dan dijaga demi keberlangsungan hidup ratusan ribu flora dan fauna endemik di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

AULIA SAFINA
Sidoarjo, Jawa Timur
Maret 8, 2022

Dukung EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology dalam kampanye #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Nelly Rotua Ambarita
Kab. Dairi
Maret 8, 2022

ayo bersama menjaga cendrawasih, menjaga bumi papua, menjaga bumi cendrawasih, indonesia jaya, indonesia tetap di hati,

jamaluddin
pinrang sulsel
Maret 8, 2022

Hutan merupakan ekosistem kompleks yang tersebar diseluruh dunia. Dimana hutan menjadi rumah berbagai jenis flora dan fauna yang tak terhitung jumlahnya di dunia ini, serta sebagai sumber kekayaan alam yang tiada habisnya bagi manusia dengan catatan bila kita juga harus siap menjaga dan melestarikannya. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang memiliki rasa kemanusiaan hendaknya bisa melestarikan hutan, walaupun dengan cara yang sederhana setidaknya kita sudah ikut andil dalam perubahan ekosistem yang lebih baik dan kelak akan kita wariskan bagi anak cucu kita kelak. Salah satunya dengan melestarikan hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sebagai habitat burung cendrawasih dan juga ratusan flora dan fauna endemik Indonesia lainnya. Karena kalau bukan kita siapa lagi, mari membuat perubahan besar walaupun itu dimulai dari hal yang paling sederhana. #DefendingParadise

Fala Thifal Widyadhari
Domisili tempat tinggal di Bojonegoro, Jawa Timur. Tapi sekarang sedang kuliah dan ngekos di Solo, Jawa Tengah.
Maret 8, 2022

Hutan kita adalah paru paru dunia. Sudah saatnya kita menuntut perubahan sistem untuk mengakhiri segala bentuk eksploitasi alam.

Dea
Tangerang selatan
Maret 8, 2022

Apa jadinya kalau paru-paru kita rusak? Sakit, sesak, dan sulit bernafas bukan? Indonesia adalah paru – paru dunia karena hutannya yang luas. Tapi apa jadinya kalau hutan – hutan tersebut rusak bahkan habis? Tak hanya ekosistem yang rusak, bumi ini pun akan “sesak” nafas seperti manusia yang rusak paru – parunya. Makanya yuk kita jaga hutan kita biar bumi kita bisa bernafas lega

Andiyani
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Semoga bisa lebih baik untuk kedepannya

Ryan Nugraha
Malang
Maret 8, 2022

Saya Mendukung Penuh Gerakan Kampanye #DefendingParadise untuk kelestarian alam dan lingkungan Surga Kami Maluku-Papua

Saya Generasi muda Indonesia, Siap Peduli

Salam Lestari untuk Indonesia

MISBAKHUNNIHAR
Rembang, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

dalam QS Al-A’raf:85, “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya, yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman.”
maka dari itu penting untuk kita menjaga apa yang telah tuhan berikan dan memiliki rasa kemanusiaan dengan melindungi hewan-hewan yang tentunya membutuhkan tempat tinggal sebagaimana manusia.
selain itu, sebagai bentuk kita mencintai negara kita yaitu dengan melestarikan hewan-hewan yang berasal dari Indonesia.
Hutan adalah tempat tinggal untuk para makhluk hidup dan karena ada nya hutan lah kita masih bisa menghirup oksigen.

Siti Irahmah
Bogor,Jawa Barat.
Maret 8, 2022

Terkadang kita akan menyadari arti kata kehilangan ketika semua sudah tidak terlihat, Bahkan tidak sedikit orang yang mengkampenyakan kata “LESTARI”. Tanah papua tanah yang kaya akan sumberdaya alamnya dengan beragam flora, fauna dan hutan sebagai rumah mereka.
#boemipertiwi

Fachrul roji siregar
Jl. Benteng hilir gg. Seroja 15, Tembung, Kec. Percut sei tuan, Kabupaten Deli serdang, Sumatra Utara
Maret 8, 2022

Ayo “Gotong royong lestarikan hutan”, bukan “Gotong royong gunduli hutan” !

Nadia Ananda Tarisa Putri
Sidoarjo
Maret 8, 2022

Sebagai generasi muda, mari bersama-sama ambil bagian menjaga kelestarian hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Dengan begitu habitat bagi flora dan fauna di Indonesia akan tetap terjaga.

Debi Ayu Faradila
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Mari bersama-sama melestarikan flora dan fauna di Indonesia, guna untuk masa depan anak cucu kita kelak di masa depan

Afiko Ilham Akbar Maulana
Kab. Probolinggo
Maret 8, 2022

Kita belum pernah berjumpa, tapi aku sudah jatuh cinta. Jangan berubah, agar anak cucuku merasakan hal yang sama #DefendingParadise

Alfian Adi Wicaksana
Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Ayo tetap jaga hutan papua

Reza Stefany Purba
Denpasar, Bali
Maret 8, 2022

LESTARI HARGA MATI

Fachrul roji siregar
Jl. Benteng Hilir gg. Seroja 15, Tembung, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku masuk ke dalam garis Weber, yang memiliki banyak species penting dan endemik. Hutan merupakan salah satu habitat mereka. Jangan rusak, kita harus lindungi demi kebaikan kita bersama. #DefendingParadise!

Gifsionaro Sianturi
Bandung
Maret 8, 2022

Saya mendukung kolaborasi antara Econusa dan Cornell Lab of Ornithology untuk pelestarian hutan-hutan di Papua dan Kepulauan Maluku yang merupakan habitat cendrawasih dan beragam flora dan fauna endemik.

Lovany Azzahra
Jl. HOS Cokroaminoto, Kademangan, Bondowoso, Jawa Timur 68217
Maret 8, 2022

Semangat buat kawan kawan EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology! Percayalah ada banyak untaian doa dari semesta yang membantu langkah kalian untuk membantu melestarikan Bumi, setiap usaha kalian sangat berarti untuk alam ini. 🙂

Tiara Javesti
Mojokerto - Jawa Timur
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung upaya pelestarian dan pencegahan kerusakan hutan di Papua dan Maluku agar anak dan cucu kita mampu menikmati serta melihat keindahan flora dan fauna kita di habitat nya yg asli khususnya burung cendrawasih

Raihan Habil Adami
DKI Jakarta
Maret 8, 2022

Hutan sangatlah penting kita lestarikan terlebih kita sebagai generasi penerus yang sangat amat ingin menjaga kekayaan alam untuk masa depan. Jika saat ini hutan saja sudah mulai tidak aman, tidak dilestarikan, tidak dijaga, bagaimana nanti hidup kita?

Amelia Suci Rahmawaty
Bandung
Maret 8, 2022

Makhluk hidup dengan hutan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,
hutan menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, selain itu hutan juga menjadi habitat bagi beragam spesies flora dan fauna.
Menjaga dan melestarikan hutan menjadi keharusan bagi kita semua.
Ayo berperan dalam pelestarian hutan-hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku, untuk hari esok yang lebih baik!
#DefendingParadise

Egi fauzi
Bandung
Maret 8, 2022

Dunia akan terjaga dalam aspek ekologi dimulai dengan hal-hal yang kecil. Sebelum melihat luasnya dunia, kita lihat bagian dari negara kita. Tanah Papua dan Kepulauan Maluku bagian dari Indonesia. Indonesia bagian dari dunia. Kelestarian Tanah Papua dan Kepulauan Maluku bagian dari kelestarian Dunia. Apalagi, Indonesia menjadi negara “Paru-paru Dunia” yang disumbangsih oleh Tanah nan indah dan menyimpan banyak hutan diisi oleh flora dan fauna endemik bagian dari Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

STOP EKSPLOITASI!
START KONSERVASI!

Nurhandini
Bogor-Jawa Barat
Maret 8, 2022

Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang dianugerahi dengan kekayaan yang luar biasa terutama pada kekayaan Flora dan Fauna. Flora (tumbuhan) dan fauna (hewan) endemik di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Bahkan bisa dibilang di setiap pulau atau provinsi di Indonesia pasti memiliki setidaknya satu flora dan fauna khasnya. Seperti Maluku dan Papua yang memiliki flora dan fauna endemik yang harus dilestarikan seperti Anggrek Larat (Dendrobium phalaenopsis) sebagai Flora Khas Maluku dan Burung Nuri Raja Ambon (Alisterus amboinensis) sebagai Fauna Khas Maluku. Burung Cendrawasih, Bunga Anggrek, Pohon Pisang Musa Ingens, Burung Dara Mahkota sebagai flora dan fauna Papua. Perlu kesadaran seluruh pemuda/i Indonesia untuk melestarikan hutan-hutan di seluruh Indonesia terutama dalam hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang dilakukan oleh ECONUSA. Wilayah Papua dan Maluku merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik, yang mana habitat hidup flora dan fauna mereka hampir punah dan perlu dilestarikan untuk keseimbangan ekosistem makhluk hidup yang diakibatkan oleh bencana alam maupun ulah manusia sendiri. Seperti : pembakaran hutan, pembabatan hutan secara besar-besaran tanpa menanam kembali pohon yang ada di hutan. Menjaga lingkungan agar tidak tercemar dengan membuang sampah pada tempatnya agar tidak merusak alam. Kekayaan Flora dan Fauna di Indonesia harus kita jaga dan lestarikan. Sebagai langkah kecil untuk menjaga dan melestarikannya, paling tidak kita harus tau dan menyadari kekayaan Flora dan Fauna Indonesia. Flora dan fauna endemik adalah tumbuhan dan hewan khas yang hanya terdapat di wilayah tertentu, untuk itu kita perlu melestarikannya agar tidak adanya kelangkaan habitat hidup maupun tumbuh.

Siti Nurfadhilah
Jl Sutan Syahrir Gg Rawasari 1 Kota Pontianak Kalimantan Barat, 78116
Maret 8, 2022

Orang bilang tanah kita, tanah surga.
Saya yakin satu-satunya surga kehidupan kita hanya ada di Papua dan Kepulauan Maluku. Keindahan alam, biodiversitas yang tinggi, adat istiadat dan budaya yang masih kental, hutan yang luas dengan julukan sebagai paru-paru dunia. Saat ini sedang terancam! Salah satu cara yang bisa kita lakukan hanya #DefendingParadise agar surga kita tetap ada.

Fariz Choirul Wildan
Bogor
Maret 8, 2022

Halo ! Mari ikut denganku di #DefendingParadise rumah kita, Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Satu tagar darimu, telah menyelamatkan pelestarian hutan di kawasan Papua dan Maluku.

Dita
Medan
Maret 8, 2022

Mari kitong jaga dan lindungi hutan dan alam papua dari eksploitasi atad nama investasi pembangunan. SaveHutanPapua SaveTanahAdat

Nabila mayalibit
Bantul,Yogyakarta
Maret 8, 2022

Selamatkan Hutan, Selamatkan Bumi di Masa Depan!

Arka Wirandhana Pangestu
Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Selamatkan Hutan Sekarang, Selamatkan Bumi di Masa Depan!

Arka Wirandhana Pangestu
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Kita sudah sering mendengar bahwa hutan sangat penting, tidak hanya bagi negara Indonesia tetapi juga dunia. Maka sangat perlu bagi kita yang hidup di masa kini untuk merenungi dan mulai aksi sekecil apapun asalkan kita bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan untuk masa depan. Hutan sedang membutuhkan kamu:)

Aisya
Palangka Raya
Maret 8, 2022

Semangat untuk melestarikan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku, jaya 🥰🥰🥰

Mayestieka Alivhyanne Ramdyaningsih Mulyana
Yogyarta
Maret 8, 2022

Ketika kita terlalu cinta dengan harta dan tahta kepentingan terhadap orang banyak bisa terlupakan, mengapa hutan yang sangat luas harus dihilangkan apagi di dalamnya terdapat habitat flora dan fauna, bagaimana kalu kita lestarikan dengan menjaga hutan kita sehingga bukan hanya pulau amazon yang yng selalu di kenal orang tapi hutan di papua dan maluku juga di kenal orang banyak dengan adanya habitat cendrawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik

Muhammad Miswari
Desa Pasar Jati, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar
Maret 8, 2022

Sangat berharap jika kegiatan terus berlanjut

Nurul Mu'minin
Gowa
Maret 8, 2022

Mari pelihara alam agar kita dapat memiliki masa depan yang lebih baik.

Shinta kafiar
Jayapura
Maret 8, 2022

Hutan adalah salah satu faktor mengapa sampai sekarang kita masih mampu bernapas dengan nyaman. Satu pohon mampu memberikan udara yang baik untuk 4 orang di sekitarnya. Lantas bagaimana jadinya jika hutan-hutan dihilangkan atau dialih fungsikan? Sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat hutan agar tetap lestari. Saya mendukung penuh segala bentuk kebijakan dalam upaya perlindungan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dalam kampanye #DefendingParadisi. Semoga semakin banyak makhluk yang terselamatkan karena menjaga kelestarian hutan.

Dea Aswani
Sumbawa
Maret 8, 2022

Halo Defenders Paradise
Saya adalah pemerhati Food Waste. Saya tinggal di Jayapura utara. Tanah di daerah rumah saya tidak subur dan hutan di belakang rumah sudah banyak di tebang dan menjadi pemukiman penduduk, sehingga penduduk sekitar menggunakan pupuk kimia untuk tanaman mereka. Taukah anda food waste di rumah bisa di ubah menjadi pupuk organik untuk tanaman dan Ecoenzyme untuk bahan pemersih rumah tangga, dll. Ayo kelola sampah organik di sekitar anda! Kurangi efek Rumah kaca dan Perubahan Iklim dengan turut menjaga Hutan sebagai sumber kehidupan semua mahluk hidup. Ada Hutan, Ada Hidup!

Ika Margareta A
Jayapura Papua
Maret 8, 2022

Saya Sophie Dyah Lailani sangat mendukung program #DefendingParadise. Perubahan iklim yang kian ekstrim dan tidak dapat diprediksi membawa banyak dampak bagi dunia. Meskipun perubahan iklim adalah sesuatu hal yang tidak dapat sepenuhnya dikendalikan oleh manusia, namun iklim sangat dipengaruhi oleh alam. Papua dan Kepulauan Maluku adalah beberapa wilayah di Indonesia yang sangat kaya dengan alamnya. Pelestarian hutan harus menjadi salah satu program wajib negara, karena pada dasarnya alam adalah “titipan” bukan “warisan”. Indonesia memang memerlukan banyak pembangunan demi mencapai gelar negara maju, namun bukan berarti menghilangkan dan merusak sebagian besar alam Indonesia. Titipan adalah sesuatu yang bisa digunakan, namun tidak boleh dirusak dan dihabiskan. Begitulah alam.

Sophie Dyah Lailani
Bandung
Maret 8, 2022

Aku ingin menyuarakan dukungan untuk kampanye kolaborasi #DefendingParadise yang dilakukan EcoNusa untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Aku sangat ingin ikut andil memberi partisipasi dalam kampanye ini dan aku harap teman-teman pun begitu!

Ayo dukung juga #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih Bersama Kami!

Michelle Lorenza
Jakarta Barat, DKI Jakarta
Maret 8, 2022

Saya Sophie sangat mendukung program #DefendingParadise. Saat ini, perubahan iklim semakin ekstrim dan tidak dapat diprediksi. Meskipun perubahan iklim bukan suatu hal yang dapat di kendalikan oleh manusia sepenuhnya, namun perubahan iklim sangat dipengaruhi oleh alam. Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, maka sudah seharusnya Indonesia mampu melestarikan kekayaan alamnya. Papua dan Kepulauan Maluku merupakan dua diantara banyaknya wilayah Indonesia yang kaya sumber alamnya. Pelestarian hutan haruslah menjadi program wajib negara, karena alam merupakan sebuah “titipan” bukan “warisan”. Indonesia memang membutuhkan banyak pembangunan demi mencapai predikat negara maju, namun bukan berarti melakukan banyak pengerusakan terhadap hutan-hutan di Indonesia. Titipan adalah suatu hal yang boleh dipergunakan, namun tidak boleh dirusak dan dihabiskan. Begitulah alam.

Sophie Dyah Lailani
Bandung
Maret 8, 2022

Cintailah Alam seperti engkau mencintai dirimu sendiri. Meski terkadang engkau terluka,namun engkau mampu menyembuhkannya.
Lestarikan Alam, karena sumber kehidupan berasal darinya. Jangan hanya sekedar memanfaatkan namun kita harus merawatnya karena Banyak potensi tersembunyi yang ada pada Alam.

Egidius Pai Laka
NTT, Ende, Ndona, Nuakota
Maret 8, 2022

Sebagai generasi muda, mari bersama-sama ambil bagian menjaga kelestarian hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Dengan begitu habitat bagi flora dan fauna di Indonesia akan tetap terjaga. Ayo wujudkan aksi nyata!

Debi Ayu Faradila
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Aku ingin menyuarakan dukungan untuk kampanye kolaborasi #DefendingParadise yang dilakukan EcoNusa untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Tanah ini terkenal sebagai habitat cenderawasih dan bagi ratusan ribu flora dan fauna endemik Indonesia.

Aku harap kita sama-sama dapat menjaga dan ikut melestarikan alam Indonesia ini dari tangan orang-orang yang hanya memikirkan kepentingan pribadinya. Mari kita bersama berdoa bagi bumi pertiwi ini.

Aku harap teman-teman semua juga tergerak untuk mendukung kampanye ini! Ayo dukung juga #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih Bersama Kami!

Michelle Lorenza
Jakarta Barat, DKI JAKARTA
Maret 8, 2022

“Kalian mau ngapain rumah dan anak-anakku?”, mungkin itu yang bisa kita dengar jikalau cendrawasih bisa berkomunikasi dengan manusia.

Sungguh miris, hutan sebagai sumber kehidupan kini disepelekan perannya. Flora dan fauna menderita karena keserakahan manusia. Cendrawasih jadi target perburuan dan diperdagangkan, dijadikan suvenir, anak mereka terganggu, rumah mereka pun dirusak.

Mari hentikan deforestasi dan perburuan cendrawasih, fauna lain, dan flora-flora yang ada di hutan Papua dan Maluku!

Jadi manusia yang bisa melindungi dan menjaga kelangsungan hidup makhluk lain. Pada akhirnya, kebaikanmu pun kembali pada dirimu.

Lena Sutanti
Semarang
Maret 8, 2022

Hi kawan di seluruh Indonesia
Tahukah kamu bahwa setiap hari, ada lahan hutan yang setara dengan 2 lapangan sepak bola hilang di Tanah Papua. Mari kita singsingkan lengan dan bergandeng bersama untuk mendukung konservasi hutan di Tanah Papua.

1 dukungan untuk 1 kebaikan

Indi Rachmadani
Kab. Mojokerto
Maret 8, 2022

Saya Mendukung Penuh Gerakan Perlindungan Lingkungan dan alam Maluku-Papua Sepenuhnya.

Saya Muda, Siap Berkarya
Salam Lestari Untuk Indonesia

MISBAKHUNNIHAR
Rembang, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Pelestarian hutan sangatlah penting didalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa hutan dan tumbuhan kehidupan seluruh makhluk hidup yaitu manusia dan hewan tidaklah aman, damai, sejahtera dan tentram. Pelestarian hutan sangatlah penting dan bermanfaat didalam kehidupan

Indah Rahmadani
Makassar
Maret 8, 2022

Semoga kelak kitorang tak perlu cerita ke anak cucu dengan kata-kata: “Pada Suatu Hari Kita Pernah Punya Alam Indah Sebagai Surga Tempat Tinggal Burung-Burung Cantik di Bumi Papua dan Maluku.”
Sebab jika tra torang jaga hutan mulai sekarang, maka keindahan alam itu benar-banar hanya akan menjadi dongeng indah yang sedih untuk diceritakan. Mari kita jaga hutan kita, dari kita untuk kita! Stop Deforestasi Hutan!

stella swastika putri
Bogor
Maret 8, 2022

Dukungan dari saya yaitu dengan cara melestarikan hutan hutan yang ada di maluku dan papua walaupun saya menyemangatinya secara online dan tidak bisa datang ke tempatnya langsung untuk melihat seperti apa hutan papua dan maluku yang harus di lestarikan

Rizky Rimba Ramadhan
jl.tegal parang utara 1 GG BB 2
Maret 8, 2022

Jangan biarkan cenderawasih hanya menjadi dongeng belaka!!!
Mari bersama menjaga surga kecil yang jatuh ke bumi💚💚💚

Andi Nurul Hafsah
Jayapura
Maret 8, 2022

Saya sebagai generasi muda, sangat mendukung penuh kampanye #DefendingParadise untuk melestarikan keberadaan hutan di alam ini khususnya wilayah Maluku. Perkembangan global yang semakin meningkat membuat masyarakat harus semakin sadar dan peka untuk melestarikan lingkungan bersama.

Rhosidah Shopy Aryanie
Jl. Manukan Subur IV No. 26
Maret 8, 2022

Semoga kelak kitorang tak perlu cerita ke anak cucu dengan kata-kata: “Pada Suatu Hari Kita Pernah Punya Alam Indah Sebagai Surga Tempat Tinggal Burung-Burung Cantik di Bumi Papua dan Maluku.”
Sebab jika tra torang jaga hutan mulai sekarang, maka keindahan alam itu benar-banar hanya akan menjadi dongeng indah yang sedih untuk diceritakan. Mari kita jaga hutan kita, dari kita untuk kita! Stop Deforestasi Hutan!

stella swastika putri
Bogor
Maret 8, 2022

Hutan adalah rumah dan habitat berbagai spesies flora dan fauna, terlebih Indonesia yang memiliki gelar dengan negara dengan hutan tropis terbesar ke 3 di dunia sudah sepatutnya tetap melestarikan eksistensi hutan tropis yang tersebar di segala penjuru negeri terutama di tanah Papua sehingga spesies flora dan fauna endemik seperti burung Cendrawasih tidak punah. #DefendingParadise

Ahmad Maulana Jabbar
Kab. Sumenep
Maret 8, 2022

Lihatlah kawan hutan maluku dan papua adalah benteng terakhir harapan kita. Rumah untuk melindungi flora dan fauna langka khas indonesia. ayo kita bangkitkan semangat anak bangsa, karena suara kita menyelamatkan warisan zambrud khatulistiwa

Siti Nuraeni Setiawati
Jl . Kebun kelapa, Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Konservasi Hutan Papua & Maluku harus tetap terealisasikan, karena di dalam hutan terjadi berbagai macam interaksi kehidupan. Mari kita sebagai generasi muda yang berbudi, untuk saling peduli menjaga hutan agar tetap lestari!

Mita Wahyuningsih
Wonogiri
Maret 8, 2022

Saya sebagai salah satu anak muda Indonesia, menyebut paradise,sebab analogi surga yang jatuh ke bumi yang sangat nyata adalah Papua dan Maluku, maka itu harus kita jaga. Paradise juga adalah hutan di Papua dan Maluku yang menghidupkan kita semua dan anak-anak adat Papua dan Maluku.
Hutan bagi masyarakat adat Papua dan maluku,  seperti ibu, tempat mereka bergantung. Hutan adalah penyedia segala, dari sumber makanan, sumber udara, air, obat-obatan sampai budaya. Masyarakat adat seperti di Papua dan maluku inilah sosok para penjaga iklim yang sesungguhnya.

Bagas Alkusti
Medan, Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Sebagai Masyarakat Indonesia Saya jelas menentang Orang-Orang yang menebang Hutan secara liar terlebih dengan ukuran seluas lapangan bola yang tentu saja dapat berdampak buruk terhadap lingkungan dan merusak/menghilangkan Habitat asli dari Cendrawasih dan Hewan-Hewan yang berkembang biak di situ. oleh karena itu Kita harus menyatukan suara agar hal-hal seperti ini bisa di tindak tegas #DefendingParadise

Rayyan Ramadhan Rais
Jl.Ampera Buntu IV no 8a Jakarta Selatan
Maret 8, 2022

Saya Bagas Alkusti sebagai salah satu anak muda Indonesia, menyebut paradise,sebab analogi surga yang jatuh ke bumi yang sangat nyata adalah Papua dan Maluku, maka itu harus kita jaga. Paradise juga adalah hutan di Papua dan Maluku yang menghidupkan kita semua dan anak-anak adat Papua dan Maluku.
Hutan bagi masyarakat adat Papua dan maluku,  seperti ibu, tempat mereka bergantung. Hutan adalah penyedia segala, dari sumber makanan, sumber udara, air, obat-obatan sampai budaya. Masyarakat adat seperti di Papua dan maluku inilah sosok para penjaga iklim yang sesungguhnya.

Bagas Alkusti
Medan/Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Ekosistem hutan yang lestari sudah menjadi hak bagi seluruh habitat, untuk itu perlu adanya upaya-upaya mengembalikan keseimbangan ekosistem hutan Papua dan Kepulauan Maluku agar setiap sendi yang berhubungan dalam lingkungan hutan dapat berjalan dengan semestinya, maka dari itu saya mendukung penuh #DefendingParadise dalam menyebarkan semangat pelestarian hutan dan lingkungan!

Bachtiar Rahadi
Kota Serang
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang menyimpan aneka ragam kekayaan alam serta menjadi penyeimbang iklim dunia telah lama terancam keberlangsungannya. Eksploitasi lahan hanya untuk kepentingan kaum elite seolah semakin digalakkan. Hal ini tentu tidak hanya mengancam biodiversitas yang ada, melainkan turut mengancam eksistensi kaum adat yang turut memiliki hak atas lahan mereka.

Tidak dapat menunggu lama lagi, kita harus bertindak sekarang. Segala bentuk alih fungsi lahan harus kita hentikan sekarang juga sebelum makin banyak biodiversitas yang terancam keberlangsungan hidupnya serta memperparah krisis iklim yang saat ini juga sedang berlangsung.

Mohammad Vitar Nur Salim
Kabupaten Tangerang
Maret 8, 2022

Hutan sumber kehidupan dan paru paru dunia, dengan melestarikan hutan, bumikan terus terjaga. Perusakan hutan tindakkan yang harus di bungkam

Ahmidal Yauzar
Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Terimakasih sudah terus bergerak untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk selalu peduli terhadap pelestarian hutan di tanah-tanah Maluku dan Papua. Tetap semangat, ayo bergerak bersama, menjaga hutan yg sudah menjaga dan memberi yg kita butuh sejak ribuan tahun lalu, sejak nenek moyang leluhur kita. Beta mau hutan kita terus lestari untuk beta pung ana cucu kelak.

Miftahul Jannah
Namlea, Buru, Maluku
Maret 8, 2022

Mari jaga dan lestarikan tong punya hutan yang hampir punah ini, untuk tong sendiri dan untuk hewan-hewan tercinta di tong punya negeri ini.

Linda Monalisa Y. Nibe
Kamkey Abepura Jayapura
Maret 8, 2022

Hutan digarap diserobot oleh oknum oknum yang mementingkan kekayaan pribadinya tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Hutan paru paru dunia dan sumber kehidupan bagi semua makhluk yang tetap harus dijaga dan dilestarikan.

Ayo dukung #DefendingParadise

Ahmidal Yauzar
Sumatera utara
Maret 8, 2022

Salah satu yang membuat sesuatu terus hidup hingga hari ini adalah kesadaran kuat akan hal tersebut berharga dan harus terus dilestarikan. Sebagi kelompok yang memiliki kesadaran akan keberagaman Indonesia yang harus terus hidup dan terus lestari hingga esok hari, sudah seharusnya kita menularkan kesadaran tersebut ke orang lain, dan juga kita harus terus merawat kesadaran itu agar hingga esok masih ada kesadaran dan tindakan untuk melestarikan hal-hal tersebut.

Fitria Salsabila
Bantul, Yogyakarta
Maret 8, 2022

#DefendingParadise Jaya Selalu Untuk Kehidupan Yang lebih BAIK!

Veron Ilham Anugerah T
Sulawesi Tenggara, Kota Kendari
Maret 8, 2022

Indonesia memang kaya akan keanekaragaman hayati nya, maka dari itu kita sebagai generasi muda turut ikut andil dalam pelestariannya. Karena kita adalah agent of change, pewaris peradaban yang mempunyai pengaruh besar dalam tatanan masa depan. Dalam hal pelestarian lingkungan, akan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan kehidupan kita, seluruh flora dan fauna. Karena itu, jadikan #DefendingParadise sebagai langkah kita ber orasi untuk melindungi keberlangsungan kehidupan alam di tanah Papua & Maluku.

Diki Wahyudi
Kabupaten Banjar
Maret 8, 2022

Hai generasi muda,
Mari bersama mendukung #DefendingParadise
Semangat menjaga hutan yang ada,
Semangat memperbaiki hutan yang rusak,
Semangat mempersiapkan warisan (hutan dan ekosistemnya) bagi anak cucu nantinya.
Paradise bukan hanya cerita bagi kita semua.
Salam lestari.

Siti Masfiroh
Kabupaten Siak, Riau
Maret 8, 2022

Majunya perkembangan dunia jangan menjadikan kita lalai akan kelestarian hutan! Kita jelas membutuhkan hutan, maka sekarang saatnya hutan membutuhkan kita untuk memperjuangkan hak-hak nya.

Putri Dhiya'ul
Malang
Maret 8, 2022

Kita sebagai manusia tidak hanya punya tugas untuk mengusahakan alam, tetapi juga untuk menjaga dan memeliharanya. Alam dengan segala keanekaragaman hayati didalamnya selalu mendukung kehidupan manusia di muka bumi ini. Oleh karena itu, mari sadari dan mulai peduli untuk menjaga alam kita dengan aksi sederhana dan sedini mungkin. Ayo dukung #DefendingParadise agar hutan, laut dan alam di Papua & Maluku bisa terus lestari bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Erta A. Siboro
Jakarta Timur
Maret 8, 2022

Semangat menjaga lingkungan harus terus di gaungkan dengan memulai dari hal paling kecil, yaitu dari diri sendiri dengan terus mendukung gerakan di bidang lingkungan salah satu nya gerakan #DefendingParadise menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Sebagai upaya untuk hidup berkelanjutan

Agus Liani
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Ekosistem hutan dan laut adalah apotik hidup masyarakat adat. Tanah adalah Ibu yang memberikan sumber penghidupan. Semangat muda dalam kampanye ekosistem hutan dan laut menjadi bagian dari pengabdian untuk penyelamatan planet kita. #KitongJagaBumi_BumiJagaKitong
#Beradat
#JagaHutan
#JagaLaut
#JagaBumiKita

Yanuarius Anouw
Manokwari - Papua Barat
Maret 8, 2022

Semoga dengan adanya kegiatan ini, masalah-masalah yang dihadapi indonesia khususnya pada isu lingkungan dalam krisis iklim bisa teratasi dan semakin mencintai lingkungan, tidak merusak, memelihara, menanam pohon dan menjaga.

Hakiki Darojat Saputra
Yogyakarta
Maret 8, 2022

“Look deep into nature, and then you will understand everything better.” – Albert Einstein.
Alam tidak pernah salah dalam memberi aksi, jadi berguraulah dengan alam karena hampir semua reaksi alam merupakan cerminan perilaku manusia dalam memperlakukannya. Jika hutan yang merupakan salah satu unsur berpengaruh sebagai suaka kehidupan hilang atau rusak, lalu bagaimana kita bisa hidup? Menghirup oksigen pun tidak bisa.
Sebagai manusia yang memiliki akal, mari sama-sama kita semua turut serta dalam pelestarian hutan sekitar. Karena sejatinya, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya hutan.

Isnaini Mufidhatul Mughni
Bandung, Jawa Barat
Maret 8, 2022

semoga econusa semakin jaya

Mefri Debora
Bogor, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Tanah Timur sungguh banyak keindahan alam yang wajib dijaga, baik itu lautnya, hutannya, budayanya. Penjaganya bukan hanya dari Timur Indonesia saja, melainkan seluruh tanah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Saya Siti Mustiani dukung #DefendingParadise dengan cara digital sebagai Travel Blogger. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita 💚💚💚. Salam Lestari!

Siti Mustiani
Pontianak
Maret 8, 2022

Mari jaga kelestarian dan keindahan hutan Maluku dan Papua!

Dinda
Depok, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Ekosistem hutan dan laut adalah apotik hidup masyarakat adat. Tanah adalah Ibu yang memberikan sumber penghidupan. Semangat muda dalam kampanye ekosistem hutan dan laut menjadi bagian dari pengabdian untuk penyelamatan planet kita. #KitongJagaBumi_BumiJagaKitong
#Beradat
#JagaHutan
#JagaLaut
#JagaBumiKita
#DefendingParadise

Yanuarius Anouw
Manokwari
Maret 8, 2022

Mari kita lestarikan bersama hutan hujan tropis di tanah Papua. Mari kita lakukan demi menjaga habitat burung cendrawasih dan satwa lainnya. Jangan biarkan para penguasa mengeruk kekayaan Papua lebih banyak lagi. Sudah cukup banyak yang mereka keruk di pulau lain jadi kita harus mempertahankan hutan papua. Kehilangan hutan Papua sama dengan kehilangan salah satu primata indonesia. Mari kita lakukan demi anak cucu agar bisa menikmati secara langsung bukan dari gambar saja.

Putri Dewi Fahmawati
Surakarta
Maret 8, 2022

Iklim adalah sumber utama terjaganya habitat flora, fauna, maupun manusia. Dari Sabang sampai Merauke, wilayah Indonesia mempunyai hutan hujan tropis yang indah. Hutan Hujan tropis Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi, yang merupakan anugerah yng diberikan Tuhan kepada kita. Sudah sepatutnya kita menjaga hutan dan seluruh ekosistem ini. Dimulai dari kesadaran untuk menjaga alam maka hal ini bisa berdampak sangat besar bagi perubahan iklim. #DefendingParadise merupakan salah satu kegiatan yang mewadahi kita untuk menjaga ekosistem Papua. Dengan menjaga alam, maka kita memberi feedback positif terhadap keadaan iklim. #DefendingParadise, dari kita untuk bumi ini.

Andi Nabil Fauzan
Gorontalo
Maret 8, 2022

Hutan sebagai paru-paru dunia dan anak muda sebagai denyut nadi dunia yang akan menentukan hembusan nafas dunia. Hembusan nafas yang baik diciptakan dengan menjaga hutan

Feby Kartikasari
Kaliamantan Barat, Pontianak
Maret 8, 2022

Jaga hutan, berarti jaga paru-paru dunia. Anak muda yang sehat, memerlukan hembusan udara yang sehat. Mari jaga hutan !

Feby Kartikasari
Kalimantan barat, pontianak
Maret 8, 2022

Semoga masyarakat atau pemerintah bisa lebih memerhatikan lingkungan, apa lagi lingkungan sekarang yang sedang terjadi di papua, dimana setiap hari hutan setara 2 kali lapangan sepak bola hilang ditanah papua dan kepulauan maluku.

Muhammad Hasbialkadri
Makassar
Maret 8, 2022

Saya sebagai anak papua mendukung Pelestarian hutan-hutan ditanah papua dan kepulauan maluku #DefendingParadise

Yokbet Merauje
Kota Jayapura
Maret 8, 2022

Pelestarian hutan sangatlah penting didalam kehidupan makhluk hidup. Tanpa hutan dan tumbuhan kehidupan manusia dan hewan tidaklah aman, damai dan sejahtera sebab pelestarian hutan sangatlah banyak manfaatnya di kehidupan sehari-hari.

Indah Rahmadani
Makassar
Maret 8, 2022

Cenderawasih, salah satu burung eksotis Indonesia khususnya dari tanah Papua. Namun apa yang terjadi seandainya hutan-hutan tempat mereka tinggal habis perlahan? Mereka mati dan punah. Mungkin sebagian dari awam akan berpikir, hanya sebuah kematian burung, apa spesialnya? Toh tidak berpengaruh apa-apa. Salah besar! Kematian burung cenderawasih dapat mengganggu ekosistem alam! Tanpa burung-burung tersebut hutan rindang akan menjadi “berlubang-lubang”, tanpa burung tersebut anak-anak dimasa depan tidak akan mengetahui keberadaan burung eksotis tersebut, tanpa burung tersebut jenis satwa eksotis Indonesia akan berkurang. Stop pikirkan keegoisan diri sendiri, pikirkan alam, pikirkan makhluk hidup lain. #DefendingParadise

Maria
Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

hutan harus dijaga karena dapat memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang. Hutan dapat memberikan udara segar, makanan bergizi, air bersih dan ruang rekreasi. hutan juga merupakan rumah untuk para hewan hewan. ayo sama sama kita jaga dan lindungi hutan. karena hutan merupakan paru-paru dunia. mari kita lestarikan hutan di tanah papua, papua juga salah satu warisan Indonesia

Bayu Herlambang Bimantara
jalan berdikari, kelurahan pekan bahorok, kecamatan Bahorok, kabupaten langkat
Maret 8, 2022

Sebagai anak muda tentunya punya banyak hal yang ingin dicapai untuk mempersiapkan masa depan, salah satunya yaitu melestarikan hutan agar menjadi suatu identitas bahwa kita mempunyai hutan yang terlindungi dan asri, melalai pesan ini saya memberikan dukungan terhadap pelestarian hutan yang ada di papua dan maluku agar kita tidak menebang pohon, tidak melakukan pembakaran hutan dan menjaga habitat frola dan fauna agar tetap terawat dan terjaga kelestarinaya.

Darius Sani Hadambiwa
Kota Kupang
Maret 8, 2022

Usia Bumi yang semakin tua ditambah populasi makhluk hidup didalamnya semakin meningkat,maka banyak kemungkinan akan terjadinya pelestarian alam juga dapat dilakukan dengan berbagai macam gerakan dan anggota penggeraknya dalam campaign ini saya berharap saya bisa menjadi salah satu diantara penggerak tersebut,lakukan hal yang paling sederhana untuk lindungi bumi terutama Indonesia tempat tinggal kita saat ini ,khususnya di daerah Papua dan Maluku yang begitu banyak menyimpan kekayaan alam fauna flora endemik yang perlu dijaga,dirawat,dilestarikan. Meminimalisir dan mencegah oknum yang ingin merusak,mengambil demi keuntungan mereka. Jaga Bumi seperti menjaga diri sendiri.

Fina Arimbi
Wonoboyo rt 02 rw 13,desa Keji,Kecamatan Muntilan,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Saat ini hutan yang merupakan paru-paru dunia perlahan mulai tergerus. Tanah Papua dan Kepulauan Maluku adalah salh satu tempat yang sangat harus dijaga dan menjadi habitat cenderawasih serta ratusan ribu flora dan fauna endemik. Jika alam saja tak dijaga, bagaimana dengan hidup generasi yang akan datang? Hutan-hutan di tanah Papua dan Kep. Maluku harus dijaga! Saya mendukung untuk melestarikan lingkungan yang sehat dan alami. Saya mendukung untuk tetap menjaga hutan agar generasi yang akan datang dapat merasakannya. Saya mengajak teman-teman untuk ikut terus menyuarakan pelestarian hutan ini! Jika bukan kita siapa lagi! Jika bukan sekarang kapan lagi!
#DefendingParadise

Lutfiyah
KABUPATEN SERANG
Maret 8, 2022

Ayo sebagai anak muda marilah kita selalu memperhatikan kelestarian lingkungan kita dan bukan hanya di lingkungan sekitar kita tapi kita haruslah sebagai anak muda mendukung dan terlibat di pelestarian lingkungan Indonesia. Karna tanah dan hutan kita membutuhkan kita untuk menjaganya

Maria novat rihi
Nusa tenggara timur
Maret 8, 2022

Kekayaan alam Indonesia sangat begitu melimpah ruah, itulah yang menjadi salah satu kekuatan kita. Akan tetapi, jika tidak diimbangi dengan pelestarian alam, semua akan sia-sia. Oleh sebab itu, saya ingin mengajak diri saya pribadi dan semua rekan untuk menjaga dan melestarikan alam terutama pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Jadilah malaikat tak bersayap untuk makhluk hidup di sana dengan menjaga habitat mereka.

Bagus Febrianfah Sanrio
Kota Metro, Lampung
Maret 8, 2022

lestarikan alam bumi cendrawasih

M. Gazali
makassar
Maret 8, 2022

Hutan papua dan maluku memiliki dampak yang besar bagi iklim di Indonesia maupun dunia, penebangan hutan bukan hanya berdampak pada iklim tetapi juga dapat membunuh hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya

Alifa arnia putri
Kab. Gowa
Maret 8, 2022

Semoga dengan kegiatan ini campaign lingkungan senantiasa tersampaikan kepada masyarakat

Nurul Mu'minin
Dusun Pancana Desa Julukanaya Kecamatan Pallangga Kab. Gowa
Maret 8, 2022

Papua dan Maluku adalah tempat yang indah teman-teman. Banyak saudara-saudara kita yang tinggal disana, ada kehidupan dan kebahagiaan disana. Mari selamatkan bumi dengan mempedulikan lingkungan hidup yang baik dan sehat. System change, not climate change!
#DefendingParadise

Fadilla Amarti Pratiwi
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Di timur Indonesia, manusia hidup harmonis dengan alam. Namun keberadaan hutan dan laut di tanah Papua dan Kepulauan Maluku semakin terancam karena krisis iklim. Saya ingin ikut bagian mencurahkan cinta dan semangat #DefendingParadise untuk menjaga alam timur Indonesia. Semoga flora dan fauna di timur Indonesia tetap terjaga. Seperti mama yang menjaga kehidupan, semoga manusia dan alam timur Indonesia bisa terus bersinergi.

Kalena Efris
Bekasi, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Kekayaan Indonesia menjadi milik kita bersama terutama anak cucu kita kelak juga harus merasakannya. Maka dari itu ayok kita sama-sama menjaga pelestarian aset-aset yang ada di Indonesia terutama Selamatkan Cenderawasih di Alam Papua dan Maluku.
Indonesiaku Tanah Airku.
#DefendingParadise

Ahmad Haikal Hasanuddin
Pamekasan Jawa Timur
Maret 8, 2022

Papua dan Maluku memiliki kawasan hutan lindung paling luas di Indonesia, dengan luas mencapai 10,65 juta hektare. Maka dengan hutan seluas itu kita wajib melestarikannya. Karena melestarikan hutan, sama halnya dengan menjaga milik Tuhan. #DefendingParadise

Baharuddin Nur Maulana
Tegal
Maret 8, 2022

Manusia dan lingkungan adalah 2 hal yang tidak akan terpisahkan. Sampai kapanpun manusia akan terus membutuhkan lingkungan. Lingkungan bagi manusia adalah sebagai sumber kehidupan. Lantas bagaimana jika lingkungan rusak atau bahkan hilang? Bagaimana nasib manusia di masa depan jika saat ini saja lingkungan dan ekosistem sudah kehilangan keseimbangannya?
Oleh karenanya, sudah menjadi tugas dan kewajiban manusia itu sendiri untuk menjaga kelangsungan keberadaan alam, hutan, satwa, dan ekosistem agar kehidupan manusia dapat terus berlanjut. Sudah kita ketahui bersama bahwa tiap hari kita kehilangan hutan beserta isi dan potensi besar yang dikandungnya. Satwa-satwa langka dan tumbuh-tumbuhan endemik kehilangan tempat bernaungnya karena ulah tangan keserakahan manusia.

LIYA DZATUL MUNA
Kab. Blitar
Maret 8, 2022

Hallo Teman2🤗🤗
Semenjak duduk dibangku SMA saya sangat tertarik dengan isi lingkungan, perubahan iklim, zero waste dan pelestarian hutan. Ketertarikan itu memotivasi saya untuk bergabung dalam komunitas yang bergerak dibidang lingkungan seperti Darling (Sadar Lingkungan), World Cleanup Day, dan masih banyak lagi. Kalau bukan kita yang menjaga, lalu siapa lagi? Kalau gak mulai dari sekarang, kapan lagi.

Kita bisa menjaga lingkungan termasuk pelestarian hutan dengan langkah-langkah kecil seperti mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan penebangan hutan secara liar, membuang sampah sembarangan dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan. Upaya pelestarian hutan kita lakukan tidak hanya didaerah setempat, namun kita harus mendukung pelestarian hutan diseluruh Indonesia, termasuk di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

Menjaga lingkungan adalah tugas kita bersama, bukan tugas perorangan atau komunitas lingkungan saja. Mari bersama2 menjaga dan merawat lingkungan untuk bumi lebih baik dimasa depan.

Salam Lestari🌱
#DefendingParadise

Utari Akhir Gusti
Padang, Sumatera Barat
Maret 8, 2022

Semangat muda dalam mendukung upaya penyelamatan ekosistem hutan dan laut adalah pengabdian yang abadi untuk keberlanjutan planet kita.

Yanuarius Anouw
Manokwari
Maret 8, 2022

Hai generasi muda,
Mari bersama mendukung #DefendingParadise
Semangat menjaga hutan yang ada,
Semangat memperbaiki hutan yang rusak,
Semangat mempersiapkan warisan (hutan dan ekosistemnya) bagi anak cucu nantinya.
Paradise bukan hanya cerita bagi kita semua.
Salam lestari.

Siti Masfiroh
Kabupaten Siak, Riau
Maret 8, 2022

Jika hewan bisa berbicara, mungkin mereka sudah berteriak meminta tolong karna tempat tinggal mereka yang terancam oleh kerusakan hutan dan lingkungan. Dan yang bisa saya lakukan sekarang adalah berbicara untuk mereka yang tidak bisa bicara. Dengan menanam 1 pohon dan menjaga kelestarian hutan, kita bisa menyelamatkan ratusan ribu kehidupan flaura dan fauna yang tinggal di dalamnya. “If not us, who? If not now, when?” –John F. Kennedy

Bintang Ananda Djati Putri
Kota Bekasi
Maret 8, 2022

Ayo Selamat Hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku demi Kelestarian Alam juga keberlangsungan hidup umat Manusia

Sudirman
Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara
Maret 8, 2022

Masa depan yang baik dimulai dari usaha masa kini yang hebat. Hari tua yang baik, dimulai dari kita (remaja) yang hebat. Lestarikan hutan-hutan di tanah Papua dan Maluku!

Siti Aisyah
KABUPATEN BANDUNG
Maret 8, 2022

Ayoo sama sama kita melestarikan alam kita, dan menjada flora dan fauna

Nur Chairani
Bekasi Jawa Barat
Maret 8, 2022

hutan suatu unsur yang penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup yand ada didalamnya. hutan merupakan tempat tinggal, rumah bagi berbagai macam flora dan fauna, tidak hanya itu hutan juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia itu sendiri. tidak sedikit manusia yan tinggal disekitar hutan bergantung pada hasil sumber daya alam hutan, dengan arti hutan mampu menghidupi manusia disekitarnya. namun, sekarang ini tidak sedikit alam hutan dirusak oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab, mereka merusak alam tanpa memperbaharui, menyebabkan banyak sekali flora maupun fauna kehilangan habitat tinggal mereka, tidak hanya flora dan fauna dirugikan, manusia yang tinggal disekitar hutanpun mengalami kerugian akibat dari pengrusakan hutan. Pengrusakan hutan menyebabkan banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya ini tentu sangat merugikan manusia yang tinggal disekitarnya. sebagai generasi muda yang menjadi tonggak perubahan dan menjadi tulang punggung dalam peradaban, mari kita bersama menjaga dan melestarikan hutan, melestarikan sumber daya alam serta menjaga indonesia tetap hijau. arena, kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga indonesia kita.
#DefendingParadise

kurniawan saleh
bengkulu
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung #DefendingParadise ini untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Saya sadar bahwa Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Maka dari itu mari upayakan segala yanh bisa dilakukan untuk perlindungan pelestarian hutan-hutan terutama di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku

Khairiah el Marwiah
Bengkulu
Maret 8, 2022

Hutan itu rumah untuk cendrawasih, untuk satwa-satwa endemik serta tumbuhan endemik, Rumah untuk masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada hutan, bukan rumah untuk sawit.

Sari Ndiken
Merauke
Maret 8, 2022

Saya mendukung terciptanya perlindungan secara sustainable untuk habitat bagi satwa endemik tanah Papua. Selamatkan dan Lestarikan Puspa Pesona Indonesia!

Ristiyani Khofifa Putri
Sleman, DIY
Maret 8, 2022

Ayo kita memberikan dukungan dan konstribusi terhadap kelangsungan hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Khususnya untuk generasi muda, ayo kita bersatu untuk mempertahankan kelestarian hutan kita dengan cara kita masing-masing.
Bersamaku, kamu, EcoNusa dan Cornell Lab Pesona Hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku ‘tak akan pernah padam. Percayalah kau tidak akan menangis lagi #DefendingParadise

Sugara Rian Permana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Maret 8, 2022

Surga Indonesia Timur adalah salah satu aset berharga yang kita miliki, anugerah yang seharusnya kita syukuri dalam wujud menjaga dan memastikan kelestariannya, bukan sebaliknya. Anugerah ini harus kita selamatkan agar yang tersisa buka penyesalan dan tangisan. Surga inilah yang memberikan kehidupan bagi rakyat, keanekaragaman hayati dan flora di dalamnya, serta kehidupan yang lebih baik untuk anak cucu kita di masa depan. Alam adalah teman hidup kita, mereka telah menjaga keberlangsungan hidup kita, maka kita juga harus menjaga kelestarian mereka. Jika kita tidak menjaganya, kita harus siap dengan risiko yang siap mengancam bumi kita sekarang dan di masa depan.

Dewa Ayu Agung Utami Sawitri
Gianyar,Bali
Maret 8, 2022

Budaya Untuk Menanamkan Aspek Reboisasi Lahan Sebagai Upaya Penerapan Dasar Aturan K3L #DefendingParadise

Hesmi Rafsanjani Adi
Cepu Blora Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Berbicara soal keindahan serta kekayaan hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku memang tiada habisnya. Faktanya, tutupan hutan tropis di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan yang paling besar di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu surga yang kita punya ini kian lama kian memudar keindahannya. Berbagai persoalan dan ancaman datang silih berganti, untuk merenggut semua kekayaan dan keindahan hutan.
Oleh karena itu, ayo kita memberikan dukungan dan kontribusi terhadap kelangsungan hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Khususnya untuk generasi muda, ayo kita bersatu untuk mempertahankan kelestarian hutan kita dengan cara kita masing-masing.
Bersamaku, kamu, EcoNusa dan Cornell Lab Pesona Hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku ‘tak akan pernah padam. Percayalah kau tidak akan menangis lagi #DefendingParadise

Sugara Rian Permana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia.
Maret 8, 2022

Seluruh makhluk hidup berhak mendapatkan perlindungan dari ancaman dan kepunahan. Ancaman bagi ekosistem di tanah intan Papua, nyata. Ayo selamatkan ekosistem indah bagi puspa pesona dan satwa endemik Papua. Hidup Indonesia!! #DefendingParadise

Ristiyani Khofifa Putri
Sleman, DIY
Maret 8, 2022

Saya merasa bahwa alam adalah sumber kehidupan bagi kita. Jadi sebagai kaum muda yg harus bisa membawa perubahan kita perlu menjaga dan melestarikan alam kita.
#DefendingParadise

EDELTRUDIS KENCANA MURNI
Ende/ NTT
Maret 8, 2022

Saya mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Hutan merupakan rumah bagi semua spesies flora dan fauna. Fungsi dan manfaat hutan bagi makhluk hidup adalah menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida. Hutan adalah rumah bagi seluruh makhluk hidup.

Ananda Prasetia
Medan
Maret 8, 2022

Saya mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik harus tetap ada, mereka harus bisa hidup tenang dan bahagia di habitatnya sekarang selamanya.

Danu Prayogo
Pringapus
Maret 8, 2022

Mari lestarikan hutan-hutan di Indonesia terutama tanah Papua dan kepulauan Maluku. Sayangi ragam flora dan fauna di dalamnya untuk mempertahankan ekosistemnya. Dengan mengikuti campaign ini, saya ikut serta untuk menjaga kelestarian hutan di Indonesia. Yuk, dimulai diri kita sendiri dan lingkungan sekitar.

Della Cintya Raisma
Semarang
Maret 8, 2022

Ayo bersama sama mendukung pelestarian hutan hutan di wilayah Papua dan Kepulauan Maluku agar tetap indah elok dan lestari hingga ke generasi berikutnya

Ladiandriani Sipumpun
Tamiang layang
Maret 8, 2022

Saya mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Hutan ada rumah bagi bagi beragam spesies flora dan fauna. Pepohonan yang ada dalam hutan mampu mencegah tanah longsor, hutan menjadi penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida yang mana sangat penting bagi semua makhluk hidup. Mari lestarikan Hutan!

Ananda Prasetia
Medan
Maret 8, 2022

hutan harus dijaga karena dapat memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang. Hutan dapat memberikan udara segar, makanan bergizi, air bersih dan ruang rekreasi. hutan juga menjadi tempat tinggal banyak hewan.

Bayu Herlambang Bimantara
jalan berdikari kelurahan pekan bahorok kecamatan bahorok kabupaten langkat
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan habitat yang dihuni oleh satwa endemik, burung Cendrawasih. Tahukah kamu kalau burung Cendrawasih memiliki julukan “Bird of Paradise” atau burung surga? Julukan ini diberikan karena keindahan burung Cendrawasih. Burung Cendrawasih menjadi hewan ikonik wilayah tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, burung ini mulai langka dan kini dilindungi. Hal ini disebabkan karena banyaknya perburuan liar. Selain itu, ekosistemnya yang kian dipangkas habis menjadi salah satu penyebabnya. Banyak hutan yang kini telah hilang akibat ulah para manusia yang tidak bertanggung jawab. Kondisi ini berimbas pada sulitnya menemukan burung Cendrawasih.
Aksi penyelamatan burung Cendrawasih melalui pelestarian habitatnya sangat diperlukan. Banyak wisatawan dari mancanegara yang ingin menyaksikan secara langsung keindahan dari burung Cendrawasih. Banyak yang menantikan tarian unik burung Cendrawasih jantan untuk memikat para betina. Banyak fotografer yang perlu waktu lama untuk mengambil satu gambar. Oleh karena itu, pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku perlu digeber lagi. Perlu adanya peran generasi muda untuk menyuarakan pentingnya menjaga hutan-hutan ini sebagai habitat burung Cendrawasih.
Saya sebagai generasi muda mendukung penuh pelestarian hutan-hutan khususnya di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sebagai habitat asli burung Cendrawasih. Melalui kampanye #DefendingParadise ini saya berharap agar lebih banyak orang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Jangan sampai burung Cendrawasih sebagai “Bird of Paradise” dan hewan ikonik menjadi punah akibat habitatnya yang musnah. Ayo bantu menjaga kelestarian hutan dan lestarikan burung Cendrawasih! Jaga habitat Cendrawasih bersama kami!
#DefendingParadise

Ni Komang Dewi Wulandari
Karangasem, Bali
Maret 8, 2022

semangatt

shenny tiffani
jakarta
Maret 8, 2022

Mari tuangkan asa dan aksimu untuk mendukung konservasi lingkungan yang lebih baik.
#demibumikita
#DefendingParadise

Nurul Azizah Dian Rahmawati
Semarang
Maret 8, 2022

Saya mendukung pelestarian hutan hutan di Papua dan Kepulauan Maluku, untuk menjaga keseimbangan alam dan juga anak cucu kita nanti dapat menikmati pesona keindahan alam di sana

Mukhammad Thoriq Aziz
Pasuruan
Maret 8, 2022

“Nanti kamu akan sangat merindukan sesuatu hal yang kamu rasakan saat ini, ketika kamu kehilangan momen tersebut”

Sebagian besar dari kita pasti sudah memahami dan merasakan berkurangnya lahan hijau serta hutan disekitar tempat tinggal. Hutan yang dahulu lebat, menyejukkan mata, dan menjadi rumah bagi ribuan flora dan fauna perlahan berubah menjadi gundul dan tergantikan dengan gedung-gedung tinggi pencakar langit. Setiap hari, kita kehilangan beberapa hektar hutan akibat ekploitasi dan alih fungsi lahan yang tidak bijak.

Hampir seluruh dari kita tahu bahwa hutan, sebagai paru-paru dunia sangat penting kelestariannya. Mirisnya, tak semua dari kita mampu bersuara dan bergerak melindungi hutan. Namun, ini belum terlambat. Masih ada hutan yang butuh pertolongan kita, salah satunya surga hijau di Maluku dan Papua. Mari kita bersama berpikir, berdiskusi, dan memberikan ide terbaik dalam menyuarakan kelestarian dan perlindungan hutan. Melalui #DefendingParadise, ada jalan dan kesempatan besar untuk mengembalikan paru-paru dunia dan memberikan harapan hidup yang lebih baik bagi anak cucu kita kelak.

Kita pemuda, kita bisa untuk Surga Hijau di Tanah Maluku dan Papua

Muhammad Faris
Dumai, Riau
Maret 8, 2022

Saya sebagai salah satu generasi muda Indonesia siap sedia mendukung kampanye “DefendingParadise” yang diselenggarakan oleh EcoNusa. Dengan bangkit melestarikan alam Indonesia khususnya yang berada di daerah Papua dan Maluku, kita bisa menjaga, merawat, melestarikan SDA yang tersedia agar bisa bertahan untuk ribuan tahun kedepan dan anak cucu kita bisa merasakan keberadaannya. Tidak mudah untuk menjaga kelestarian alam pada masa kini karena banyaknya Anak Muda yang tidak memiliki kepekaan terhadap alam sekitar. Semoga dengan terselenggarakannya kampanye ini bisa membuat Anak Muda menjadi tersadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam agar tidak punah serta merawatnya untuk generasi kedepan. Lestarikan hutan papua! Lestarikan alam Indonesia!

Razmarita Dyasprinasti
Pacitan
Maret 8, 2022

Yuk sebagai generasi Millenial tugas kita untuk ikut menyuarakan kelestarian hidup flora dan fauna endimik supaya bisa dinikmati anak cucu kita kedepan. Hutan menipis, Hewan-hewan menangis. Stop menebang hutan, Stop eksploitasi lahan. #DefendingParadise

Ardio Galang
Jakarta
Maret 8, 2022

Jaga hutan kita, lestarikan habitat satwa!

Nadiatul Aula
Medan
Maret 8, 2022

Jangan biarkan salah satu paru-paru dunia terbesar yang ada di Indonesia timur hilang sia-sia.

Gusti Jimmy Murhpy
Mojokerto
Maret 8, 2022

Mari terus menjaga lingkungan yang dimulai dari diri sendiri dengan terus menyuarakan penting kelestarian lingkungan dan terus mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan

Agus Liani
Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

“Forest For Rest” bukanlah suatu kata yang tak bermakna. Dengan hutan kita bisa tenang, dengan hutan kita bisa hidup sehat, mengolah emosional dengan baik bahkan hutan selalu menyediakan beribu kebaikan untuk kehidupan kita nantinya mulai dari air, oksigen, dan sebagainya.
Oleh karenanya marilah kita jaga hutan. Lindungi hutan layaknya hutan melindungi kehidupan sebelum kita.
Amati sekitar, abadikan moment mu dengan hutan, dan bagikan.
Buat orang lain memahami arti hutan sebenarnya.
Mulailah dari diri sendiri, semangat dan tentunya mari dukung #DefendingParadise
Dengan begitu kita telah berkontribusi terhadap kehidupan kita di masa mendatang

Khamdatul Khoiriyah
Malang
Maret 8, 2022

Jagalah tanah yang menjadi milik kita, sebelum diambil alih dan dijaga orang lain.

Aurellia Belva Aveline
Jakarta
Maret 8, 2022

Menjadi seorang generasi muda merupakan sebuah keberuntungan. Keberuntungan untuk dapat bersuara, mengambil peran serta menjadi agent of change untuk dunia lebih baik kedepannya. Indonesia sebagai negera dengan julukan Zamrud Khatulistiwa dimana Indonesia kaya akan hutan sehingga apabila dilihat dari atas warnanya hijau layaknya batu zamrud. Warisan alam Indonesia yang melimpah merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi dengan baik, berbagai macam flora dan fauna dengan berbagai keindahan dan keunikannya tersendiri tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Salah satunya, hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Menjadi generasi muda dalam menjaga alam bukanlah tugas yang mudah tapi, hal tersebut bukan penghambat bagi kita untuk terus melestarikan dan menjaga alam. Generasi muda sebagai penerus bangsa memiliki tanggung jawab serta peran yang besar dalam menyelamatkan warisan alam Indonesia. Saya sebagai generasi muda memberikan dukungan sepenuhnya untuk kelestarian alam Indonesia #DefendingParadise. Mari kita bersama-sama satukan suara dan menjadi agent of change untuk dunia lebih baik dengan menjaga alam dengan baik dan bertanggung jawab.

Ni Gusti Putu Pamela Putri
Denpasar, Bali
Maret 8, 2022

Pelajari alam,cintai alam,berdekatanlah dengan alam,karena alam tidak akan pernah mengecewakanmu

Syariifah Daffa
Keerom, Papua
Maret 8, 2022

Menjaga hutan artinya menjaga indonesia, menjaga kekayaan dan keindahan alamnya. Menjaga Indonesia agar tetap bisa menjadi paru-paru dunia dengan hutan tropisnya, untuk meredam ancaman perubahan iklim yang kini sedang melanda.

Biya
taiwan
Maret 8, 2022

Sedari dulu, dilema menghantui pola pikir manusia, khususnya dalam eksploitasi sumber daya alam. Entah kenapa, semakin kesini, deforestasi berujung keuntungan jangka pendek sebagian pihak, namun mengancam masa depan biodiversitas yang dianugerahkan Tuhan, termasuk manusia sendiri! Untuk apa? Oleh karenanya, batin kita pastilah memilih #defendingparadise demi seimbangnya semesta. Teruntuk saudara/i di Papua dan Kepulauan Maluku, as long as it’s right, keep our voices to defend the paradise, okay! Forests deserve to breathe between us! Tolak Keras Deforestasi Selagi Akan Mengancam Kehidupan Yang Berarti! 💙💪😇

Luh Nyoman Ratih Swandewi Putri
Desa Pikat, Kab. Klungkung, Bali
Maret 8, 2022

Dengan menjaga kelestarian alam hutan papua bagian timur dan seluruh hutan yang ada di indonesia kami para mahasiswa siap untuk berpartisipasi dan menyuarakan pendapat dalam dunia digitalisasi.

Taslim Rahman
Musi Rawas
Maret 8, 2022

Pelestarian flora dan fauna endemik adalah urgensi yang harus dilaksanakan saat ini. Jika tidak segera dilakukan maka keseimbangan habitat akan rusak dan memberikan berbagai dampak negatif bagi kita semua. Untuk itu, saya sebagai generasi muda yang peduli akan lingkungan, mendukung keras diadakannya digital campaign ini guna memberikan awareness pada masyrakat terkait isu lingkungan ini.

Hasna Rafidah
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Semakin banyak orang yang peduli akan lingkungan, maka semakin lestari lingkungan yang kita punya. Jadi mari terus lestarikan hutan – hutan di tanah Papua dan Kepulaan Maluku agar habitat cendrawasih tersebut menjadi tempat ternyaman untuk ditinggali, serta seluruh fauna dan flora endemik terus tumbuh dengan baik.

Baiq Dinda Inges Mutiara Hati
Meninting, Lombok Barat
Maret 8, 2022

Bapa, Mama, Kaka, Ade, Tong semua..
Mari Kitorang bersama saling membantu untuk menjaga ekosistem hutan yang ada di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Karna hutan-hutan yang ada ini memiliki peran yang penting dalam kehidupan semua makhluk hidup, bukan cuma untuk torang saja, tapi juga untuk habitat cendrawasih dan ratusan ribu flora-fauna endemik.
Tong jaga kelestarian hutan sekarang – Tong menopang kehidupan dimasa yang akan datang.

Ruth Arkansas
Sorong - Papua Barat
Maret 8, 2022

KEEP THE OCEAN BLUE 🌊,
THE PLANET GREEN 🌍,
AND THE ANIMAL SAFE !!! 🤍

Kezia
Jakarta
Maret 8, 2022

Haii sobat, semangat demi bumi cendrawasih dan Tanah Maluku yang lebih hijau, tetap jaga nama Indonesia sebagai paru-paru dunia dengan menjaga dan melestarikan hutan hutan yang ada di indonesia bagian timur gengss , dengan begitu flora dan fauna yang ada disana tetap lestari agar anak cucu kita kelak dapat juga menikmatinya , so kita nggak mau kan kalau nanti anak cucu kita hanya melihat nya di museum saja dalam wujud fosil saja, maka dari itu ayo jaga dan lindungi hutan hutan habitat flora dan fauna di Indonesia, satu perubahan kecil menentukan masa depan dunia. Semangat! Horass!

Puguh Priyo Cahyono
Kabupaten Karangangar, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Hijau bukan sekedar warna, tapi hijau adalah kehidupan, mari jaga lingkungan agar tetap hijau dan asri #DefendingParadise

Septia Dwi Permatasari
Tulungagung
Maret 8, 2022

Ayo……… …….
Lakukan pelestarian hutan hujan tropis ditanah papua dan kepulauan maluku
#DefendingParadise

Trisno Harjono
Brebes Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Kita hidup dan diciptakan berdampingan dengan alam. Namun kita terlalu egois untuk mengeksploitasi ciptaan Tuhan lainnya, hutan di Kalimantan, harimau sumatera, pesut mahakam dan sekarang burung cendrawasi. Sebagai orang muda, saya mendukung pelestarian hutan di tanah Papua dan Maluku. Kita sudah banyak kehilangan, tapi tidak dengan papua dan sekitarnya. Tetap lestari Papua-Maluku, Tetap lestari Indonesia.

Maria Katarina Naru
Maumere, Flores-NTT
Maret 8, 2022

Menjaga keseimbangan ekosistem flora dan fauna di sekitar manusia harus menjadi prioritas utama di dalam situasi dengan ancaman krisis iklim seperti saat ini. Jika keseimbangan ekosistem terganggu, maka dampaknya akan sangat fatal. Mari mulai berikan dukungan terhadap aksi Defending Paradise sebagai salah satu bentuk kepedulian dan langkah menjaga keseimbangan ekosistem.

Anthea
DKI Jakarta
Maret 8, 2022

Menjadi bagian dari econusa

Saut Novitasari Sigalingging
Siborongborong/Medan
Maret 8, 2022

Burung Cenderawasih adalah burung endemik Indonesia yang saat ini terancam punah. Beragam upaya dilakukan untung menjaga populasi burung ini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan ialah melestarikan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang merupakan habitat burung Cenderawasih dan fauna endemik lainnya. Saya mendukung penuh segala upaya yang dilakukan dalam rangka pelestarian lingkungan salah satunya di hutan-hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.

Ajeng Apriliyani
Magelang, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Hutan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Pun tidak hanya manusia, melainkan seluruh makhluk ciptaan Tuhan. Sejak kita lahir, hutan sudah memberikan kontribusi besar terhadap tumbuh-kembang kita. Maka apa salahnya ketika saat ini kita menjadi penopang untuk hutan agar senantiasa terlindungi dan mampu hidup hingga anak cucu kita? Mari, bersama-sama saling rangkul untuk kehidupan hutan hari ini dan nanti.

Lika Nurut Tamami
Jawa Timur
Maret 8, 2022

Mari bersama sama mejaga hutan papua dan hutan di kepulauan malauku untuk keberlangsungan alam. kalau bukan sekarang, kapan lagi? kalau bukan kita, siapa lagi? yuk mulai dari sekarang membenah diri untuk lingkungan. semangat #DefendingParadise

Aulia Nur Rasyid
bondowoso
Maret 8, 2022

Dear masyarakat Indonesia,
Dengan pesan yang akan saya ungkapkan ini, saya berharap dari kita semua untuk bisa melestarikan kebudayaan dari bagian satwa organik dari Papua, serta Maluku, dengan semakin krisisnya zaman dan tingkat kelestarian masyarakat semakin menurun terhadap kepedulian hutan dan menyebabkan flora dan fauna yang semakin punah, karena adanya penebangan, itu memberikan dampak negatif yang cukup masif dan merugikan Indonesia, dan juga pengaruh hutan yang merupakan jantung dari bumi ini, kandungan oksigen bisa jadi semakin berkurang dari tahun ke tahun. Oleh dari itu saya sebagai perwakilan ingin menyampaikan untuk turut bisa bekerja sama dan melestarikan satwa hutan dan menjaga habitat cenderawasih agar tidak punah, yang merupakan burung langka yang berasal dari fauna australis Indonesia. Sehingga mari kita bersatu untuk bisa menjaga hal penting dari bangsa ini dari krisis satwa yang membahayakan kita semua. Salam sukses dan marilah kita saling peka satu sama lain untuk membangun negeri ini lebih indah, salam terima kasih.

Jason Jonathan
Surabaya, Jawa Timur
Maret 8, 2022

Hutan adalah paru paru dunia.

Hutan berjasa untuk lingkungan, baik itu dalam menjaga keseimbangan ekosistem, menjaga iklim bumi serta merupakan penyelamat masalah emisi karbon dunia. Hutan telah berjasa dengan memberikan banyak manfaat bagi kita sebagai umat manusia dan Indonesia. Ini adalah saatnya manusia memberikan aksi sebagai bentuk perlindungan dan tanda jasa terhadap hutan kita. Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman flora dan faunanya, mari kita lestarikan dan jaga kelayakan hutan kita di Tanah Papua dan Maluku.

#DefendingParadise
#LestarikanHutanKita

Tasya Leviana Suherman
Kabupaten Bandung
Maret 8, 2022

Saya bangga jadi anak indonesia terlebih khusus dari ujung timur yaitu di Papua . Papua yang memiliki keindahan alam serta keanekaragaman hayati. Oh iya tapi, jika dilihat dari kehidupan sekarang ini yang saya rasakan lingkungan yang dulu sudah tidak sama lagi dengan yang saat ini. Lingkungan dalam artian hutan di Papua yang sangat terancam, karena banyak perusahaan menengah yang mencari celah buat membuka lahan baru. Saya lahir di Kabupaten Boven Digoel, lebih tepatnya di kampung Getentiri. Salah satu komoditas unggulan Kabupaten Boven Digoel adalah karet. Untuk daerah kampung Getentiri yang saya amati memiliki kondisi fisik yang mendukung serperi curah hujan yang memadai dan fisiografi daerah yang agak datar, sehingga menunjang untuk pengembangan komoditas perkebunan Karet.
Namun sekarang banyak skali hutan yang sudah di gusur oleh perusahaan. Dimana, hutan tersebut telah dialih fungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit. Saya berharap, kita bisa menjaga hutan seperti kita menjaga Rumah tempat tinggal kita sendiri karena kehidupan kita tidak dapat terpisahkan dari hutan. Adanya Defending Paradise ini sangat baik untuk menjadi motivasi buat kita semua agar mendukung, menjaga, memelihara serta melestarikan hutan kita.
Ayo tong jaga sama-sama tong punya hutan & melestarikan lingkungan hutan.

Reksi Makupiola
Jayapura
Maret 8, 2022

Penyelamatan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia Timur.

Hutan Tanah Papua memiliki peran penting bagi Indonesia. Di sisi lingkungan, keberadaan hutan Tanah Papua merupakan penjaga terakhir keanekaragaman hayati Nusantara. Hutan Tanah Papua juga memiliki tingkat keragaman hayati tertinggi di dunia. Jumlahnya mencapai 20.000 spesies tanaman, 602 jenis burung, 125 mamalia dan 223 reptil.

Selain itu, hutan Tanah Papua juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan iklim dari adanya pemanasan global. Bahkan, juga menjadi paru-paru dunia untuk menyerap karbon yang merusak atmosfer bumi.

Dari segi ekonomi, hutan Tanah Papua menjadi sumber utama mata pencaharian masyarakat adat. Terdapat berbagai spesies tanaman obat yang terdapat di dalam hutan Papua. Berdasarkan Riset Tumbuhan Obat dan Jamu (RISTOJA) yang dilakukan Dinas Kesehatan 2017, terdapat 983 jenis tumbuhan tumbuhan obat. Dari jumlah tersebut, 529 jenis di antaranya telah terbukti berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, hutan Tanah Papua juga dapat dimanfaatkan sebagai objek ekowisata yang dapat memberi efek ekonomi secara lokal maupun nasional.

Di sisi sosial, hutan Tanah Papua juga menjadi sumber kepercayaan dan spiritualisme yang dianggap sakral bagi masyarakat setempat. Hutan Tanah Papua juga menjadi identitas budaya bangsa dengan keanekaragaman suku dan masyarakat adatnya serta diyakini sebagai “Ibu Tanah Papua”.

Namun sejumlah tantangan kini dihadapi hutan Tanah Papua. Di antaranya ancaman hilangnya tutupan hutan dari tahun ke tahun. Hingga 2018, Forest Watch Indonesia mencatat, hutan alam yang tersisa di Tanah Papua seluas 32,2 juta hektar.

Terdapat berbagai upaya dalam menyelamatkan hutan Tanah Papua di masa depan. Di antaranya peninjauan kembali izin konsesi yang telah dimiliki perusahaan, pemetaan wilayah adat, pengembangan ekonomi berbasis masyarakat, serta pendampingan dan advokasi bagi masyarakat adat.

Regita Febri Nur Fauzi
Kabupaten Garut
Maret 8, 2022

Hutan adalah habibat bagi banyak makhluk hidup. Jika hutan rusak ekosistem akan terganggu, banyak flora dan fauna yang akan kehilangan tempat tinggalnya dan bahkan buruknya akan punah. Kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi, apalagi hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan habibat bagi flora dan fauna endemik Indonesia. Merupakan tugas kita semua untuk selalu menjaganya. Pelestarian hutan-hutan di Indonesia adalah tanggungjawab kita semua, mari bersama menjaga hutan dan melestarikannya.

Lisha Noorhafisha
Banjarmasin
Maret 8, 2022

Alam itu diciptakan langsung oleh Tuhan dengan segala macam keterikatan tujannya untuk makhluk hidup. Jika kita merusak, sama saja bahwa kita khianat dengan Tuhan dan tujuannya. #DefendingParadise

Zia Fahlefi
Bandung, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Pelestarian hutan adalah surga dunia dan keindahan alam yang harus kita jaga. Mereka tumbuh dan bernafas untuk kesejahteraan hidup manusia. Jangan sampai paru-paru dunia ini dirusak dan menghilang.

Sofwatun Nida
Jakarta Selatan
Maret 8, 2022

Kekayaan alam yg telah disediakan oleh alam kita memanglah sangatlah bervariatif & indah. Namun, tak sepatutnya kekayaan alam tersebut kita habiskan begitu saja tanpa ada upaya untuk melestarikannya. Karena bagaimanapun juga, anak cucu kita kelak juga berhak untuk bisa menikmati kekayaan alam yang disediakan oleh alam di Negeri tercinta kita, Indonesia. Mari kita bersinergi untuk menjaga serta melestarikan kekayaan alam tersebut untuk keberlanjutan lingkungan di masa depan 🌍

Dayinta Dwi Wulansari
Gresik, Jawa Timur.
Maret 8, 2022

saya sangat mendukung penuh #DefandingParadise untuk pelestarian Hutan di Indonesia khususnya didaerah Indonesia Timur yaitu papua dan maluku

YASHINTA
jawa timur, malang
Maret 8, 2022

Teman-teman dari Sabang sampai Merauke, sudah saatnya kita mulai menyebarkan awareness akan dampak kerusakan ekosistem di tanah Papua dan Kepulauan Maluku, yang menyimpan keanekaragaman hayati flora & fauna endemik. Kita belum terlambat untuk memperbaiki semua nya. Masa depan ekosistem Indonesia, ada di tangan para generasi muda, yaitu kita. Ulurkan tangan mu dan mari bersama sembuhkan apa yang telah dirusak!

Intan Amalia Sorongan
Jakarta
Maret 8, 2022

Hutan-hutan yang ada berhak untuk tetap tumbuh dan menjadi rumah untuk mahluk hidup lain! Mari sama-sama menjaga habitat Cendrawasih! #DefendingParadise

Baiq Rara Ayudhia
Mataram
Maret 8, 2022

Sebagai muda mudi indonesia kita harus bisa menjaga habitat cendrawasih dan habitat flora dan fauna, jaga selalu alam untuk keseimbangan ekosistem.

Mitha
Tangerang
Maret 8, 2022

Hutan hutan di daerah papua dan kepulauan maluku masih luas dan menjadi rumah dan tempat bekembangbiak satwa-satwa. Banyaknya flora dan fauna endemik yang tinggal di hutan Papua termasuk burung cenderawasih yang menjadi satwa khas indonesia bagian timur.

Jadi sebagai generasi muda kita harus peduli sama terjaganya hutan-hutan yang ada di papua dan kepulauan maluku agar ekosistem, flora dan fauna yang ada tetap lestari sesuai dengan habitanya sekarang, yuk kita peduli dengan hutan hutan di Indonesia !!!
#Defendingparadise

Aulia rachman jatmiko
Depok
Maret 8, 2022

Hutan2 dapat dilestarikan lagi

Pusparani Mahardita
Bandung
Maret 8, 2022

Ayo kita jaga hutan2 yg ada di indonesia maupun kota2 lain nya

Pusparani Mahardita
Bandung
Maret 8, 2022

Jaga diriku, maka aku akan berikan ke elokanku. Yuk teman-teman jika bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan alam ini. Langkah kecilmu sangat berdampak bagi kehidupan flora dan fauna. Jangan sampai hanya kita saja yang menikmati keindahaan ini. Beri kesempatan generasi selanjutnya untuk bangga memiliki kekayaan yang tak tergantikan..

Nurul Lailiyah Rachmadhani
Jombang Jatim
Maret 8, 2022

Saya berharap hutan yang terletak di Maluku dan Papua bisa terus terjaga kelestariannya bagi kepentingan hewan-hewan yang hidup di dalamnya sekaligus keberlangsungan hidup manusia yang membutuhkan udara bersih.

Juwita Wulan Sapitri
lampung
Maret 8, 2022

MARI BERSAMA MENJAGA KELESTARIAN HUTAN HUTAN DIMULAI DARI KITA MENCINTAI DAN MERAWAT TANAMAN KECIL YANG ADA DI SEKITAR KITA TERLEBIH DAHULU ❤

Fania Maulidah
Jember
Maret 8, 2022

Ayoo!! Bantu lestarikan bumi cendrawasi kita dari sampah plastik dan kerusakan hutan. Hutan miliki kita, pantai milik kita.

Febrianto
Sorong, papua barat
Maret 8, 2022

semoga masyarakat Indonesia masih sadar untuk melestarikan hutan hutan di Indonesia terutama di tanah Papua dan kepulauan Maluku agar habitat cendrawasih dan habitat lainnya tidak punah

Diva Nurul Ariyanto
kota Semarang/Jawa tengah
Maret 8, 2022

Sejatinya manusia diciptakan berdampingan dengan alam, jadi yukk lebih pekaa. Hewan juga makhluk hidup yang membutuhkan rasa aman, salah satunya adalah dengan mereka bisa tinggal di habitatnya dengan tenang

Winda Sinaga
Jakarta Timur
Maret 8, 2022

Mari selamatkan Hutan Papua dan Maluku dari alih fungsi lahan menjadi kawasan industri dan pembangunan infrastruktur. Dimulai dari #DefendingParadise, suarakan semangat melindungi hutan dan beragam spesies didalamnya. Destroying Nature is Destroying Life.

Bulan Ayu Asmarawuri
Purwokerto
Maret 8, 2022

Mari, ciptakan paradise di bumi Tanah Papua dan Kepulauan Maluku, Indonesia lestari!

Muhamad Handar
Bekasi, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Semangat berkarya…keep spirit’n never give up….salam sobat hijau

Dedyrock
Kapuas hulu.kalbar
Maret 8, 2022

Saya mendukung penuh kampanye #DefendingParadise sebagai bentuk kepedulian saya terhadap pelestarian di Bagian Indonesia Timur yaitu Tanah Papua dan Kepulauan Maluku, yang mana lokasi tersebut merupakan pulau tropis yang memiliki keanekaragaman hayati paling kaya di dunia. Sebagai generasi muda kita yang harus lebih sadar dengan keadaan lingkungan dan kemungkinan masa depan yang akan datang, jadi masih belum terlambat untuk mulai membantu pelestarian dari sekarang dan mencegah kemungkinan terburuk Mari kita terus membersamai ECONUSA pada kampanye #DefendingParadise sebagai bentuk turut serta menyuarakan kelestarian lingkungan agar keseimbangan ekosistem dan habitat di Indonesia tetap terjaga.

Zaheda Fatimah Azzahra
Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Maret 8, 2022

Semangat untuk kawan-kawan EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology dalam memperjuangkan pelestarian hutan-hutan di tanah Papua & Maluku. Ada banyak untaian doa dari semesta yang mendukung perjalanan kalian dan juga kami generasi muda yang peduli akan kelestarian alam. Yakinlah disetiap usaha kalian dalam menjaga bumi dan semesta akan segera terbayarkan.

-salam kebajikan

Tiara Javesti
Mojokerto/Jawa Timur
Maret 8, 2022

Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa. Keberadaan hutan yang cukup luas di Papua menjadi habitat flora dan fauna endemik yang lindungi, salah satunya adalah burung cendrawasih. Di era industri dan pembangunan yang berkembang pesat saat ini menjadi salah satu ancaman terhadap burung cendrawasih. Selain itu, perburuan liar juga menjadi faktor ancaman terhadap flora dan fauna endemik di Papua dan Maluku. Maka dari itu, perlunya kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna di Papua dan Maluku dapat dilakukan melalui champaign #DefendingParadise.

Muhammad Ardiyan Saputra
Bojonegoro, jawa timur
Maret 8, 2022

“Ada kecukupan di dunia untuk kebutuhan manusia, tetapi tidak untuk keserakahan manusia.”

#DefendingParadise#savepapua#jagahutan

Dirck
Kota jayapura
Maret 8, 2022

Saya mendukung #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih. Karena saya belum pernah melihat cendrawasih secara langsung

kamiliyanabilah@gmail.com
Cirebon
Maret 8, 2022

“Mari pelihara alam agar kita dapat memiliki masa depan yang lebih baik,
Jaga bumi dan dia akan menjagamu.”
#DefendingParadise #savepapua #jagahutan

Dexon dirk mansawan
Kota Jayapura
Maret 8, 2022

Hutan merupakan jantung alam bagi kehidupan kita manusia. Hutan memiliki banyak manfaat bagi kita maklum hidup. Harapan atau dukungan saya agar mari kita sama-sama melindungi hutan kita dari penebangan pohon, pembakaran hutan dll. Agar ekosistem yang ada pada hutan bisa terjaga dan agar alam dapat menjaga kita.

Benyamin Ola S. Erap
Atambua
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku memiliki salah satu hutan yang paling kaya kelestariannya, namun semakin tingginya egois yang ada pada masing-masing manusia menjadikan mereka menutup hati masing-masing tentang betapa pentingnya adanya hutan bagi kepentingan ekonomi dan keberlangsungan hidup masyarakat sekitar. Yuk apresiasikan suara kita dan berkontribusi untuk turut serta dalam menjaga kelestarian hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku melalui young digital campaigner bersama EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology dalam kampanye #DefendingParadise !!!

Ayu Puspita Devy
Kabupaten Sampang, Jawa Timur
Maret 8, 2022

Teman-teman dari Sabang sampai Merauke, yuk kita mulai membangun dan menyuarakan awareness terhadap kerusakan ekosistem di hutan Papua dan Kepulauan Maluku yang menyimpan keanekaragaman hayati flora dan fauna endemik. Kita belum terlambat kok untuk memperbaiki, ulurkan tangan mu sekarang and protect what ours! 😉

Intan Amalia Sorongan
Jakarta Timur
Maret 8, 2022

Yuk… Kembalikan habitat Cendrawasih ke alam nya.

Feby Yudhawan
Jakarta
Maret 8, 2022

Untuk menjadikan pemuda/pemudi Indonesia yang berbakat terutama di tanah Papua

Kristina Makalu
Manokwari Papua Barat
Maret 8, 2022

sebagai generasi penerus bangsa yang ingin menjaga kekayaan alam ditanah papua dan kepulauan maluku, saya sangat mendukung adanya kampanye defending paradise ini. karna menurut saya ini hal penting yang patut kita jaga untuk anak cucu generasi selanjutnya. melalui kampanye ini diharapkan para pemuda lebih aware terhadap kelestarian hutan-hutan di papua dan kepulauan maluku.

agestha virginia
Bekasi
Maret 8, 2022

Yuk, teman² kita dukung pelestarian hutan di wilayah Papua dan Maluku agar flora dan fauna disana tetap terjaga, tau sendiri kan alam disana tuh indah bangetttt.. Papua dan Maluku juga indonesia lhoooo…

Apriani Aruan
Bekasi, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Saya sebagai anak muda Indonesia, sangat merasakan betul akibat yang ditimbulkan akibat adanya climate change yang terus-menerus terjadi. Oleh karena itu, perlu adanya program pelestarian lingkungan untuk melestarikan hutan-hutan di Indonesia khususnya di tanah Papua dan kepualuan Maluku. Sebab terdapat ratusan ribu flora dan fauna endemik yang harus dilindungi, salah satunya seperti burung Cenderawasih yang kini sudah hampir punah. Kita bisa mengurangi aktifitas-aktifitas yang dapat menyebakan climate change seperti penggunaan kendaraan yang berlebihan, tidak membakar sampah sembarangan (dapat dilakukan dengan cara ditanam dan memisahkan sampah organik dan anorganik) karena asap yang ditimbulkan menyebabkan semakin menipisnya lapisan ozon, mengurangi penggunaan plastik, dan masih banyak cara lainnya. Tentunya, kita semua berharap agar flora dan fauna yang ada di Indonesia tetap terjaga dan lestari. Mari bersama-bersama menjaga kelestarian bumi agar anak cucu kita dapat menikmati apa yang kita tuai.
#DefendingParadise

Siti Imtihanah
Lombok, Nusa Tenggara Barat
Maret 8, 2022

Bicara Papua pasti orang kenal Cenderawasih, burung surga yang hanya ada di Pulau Papua.
Ayo Bergerak Bersama Menjaga Cenderawsih, Sebelum Terlambat.

Berto
Jayapura
Maret 8, 2022

sebagai generasi penerus bangsa, saya rasa sudah sepatutnya kita menyadari akan ancaman yang tengah menghantui kelestarian hutan-hutan di tanah papua dan kepulauan maluku. dengan kekayaan sumber daya serta keanekaragaman hayati yang melimpah, sepatutnya kita menjaga dan melindungi hutan-hutannya sebelum dirusak dan dirampas. kita juga harus peduli dengan ratusan flora dan fauna asli yang kian hari jumlahnya makin merosot akibat pemburuan liar. dengan mengikuti kampanye ini diharapkan kita akan semakin sadar dan memulai perbaikan, karna jika bukan kita siapa lagi.

ages
Bekasi
Maret 8, 2022

saya sebagai anak mudah mendukung penuh untuk mengkapanyekan isu lingkungan dan krisis iklim yang terjadi sekarang ini, karena bumi kita sedang tidak baik- baik sja.

Datus Yaho
jayapura papua
Maret 8, 2022

Keendemikan merupakan anugerah yang patut dijaga dan dilestarikan!
Mari bersama kita lindungi Tanah Papua dan Kepulauan Maluku untuk kehidupan yang lebih baik.
#Defender Paradise

Simson Upuy
Ambon, Maluku
Maret 8, 2022

Saya Aidin Fitrah mendukung pelestarian hutan papua dan kepulauan maluku karena hilang dan rusaknya hutan papua menyebabkan si cantik cenderawasih dan satwa lainnya yang membutuhkan hutan sehat sebagai habitatnya kehilangan rumah mereka. Tidak dipungkiri peran fungsi hutan sangatlah besar bagi kehidupan manusia, apa yang kita lakukan terhadap hutan papua dan kepulauan maluku akan berbalik dampaknya kepada manusia itu sendiri.

Aidin Fitrah Bachtiar
Jatinangor
Maret 8, 2022

Alam adalah salah satu anugrah dari Tuhan yang sudah seharusnya kita jaga kelestariannya. Fauna dan flora yang terdapat di hutan, khususnya hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan salah dua yang patut kita jaga. Sebab, di hutan-hutan tersebut, cenderawasih dan fauna juga flora lainnya sudah terancam punah. Mari jaga alam agar alam menjaga kita.
#DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih Bersama Kami!

Amanda
Riau
Maret 8, 2022

Akibat industri serta kegiatan manusia telah mencemari lingkungan ayo kita selamatkan Lingkungan. Hentikan pemburuan liar dan lestarikan hutan. Saudara kita di bumi cenderawasih telah kehilangan hutan setiap harinya yang merupakan tempat tinggal flora dan fauna.

Riski Nugroho Saputro
Kota Bandung
Maret 8, 2022

Ayo lestarikan alam sekitar, mari menjaganya dari lingkungan terdekatMu agar bisa dinikmati keindahannya oleh generasi ke generasi.

Carolina
Jayapura papua
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan surga yang Tuhan ciptakan di ibu Pertiwi. Ribuan flora dan fauna tersimpan di dalamnya. Akan tetapi, hal ini tidak dapat bertahan jika dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mari kita jaga agar tanah Papua dan Kepulauan Maluku tidak rusak. Dukung #DefendingParadise untuk melestarikan alam.

Yalsa Awalita
Jakarta
Maret 8, 2022

Hutan sebagai tempat yang kaya akan makna untuk kepentingan hidup manusia harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi selanjutnya. Sebagai agent of change sudah seharusnya gen z turut aktif berpartisipatif dan berkolaborasi menyuarakan isu terkait lingkungan khususnya iklim. Lahan hutan yang hilang akibat kepentingan segelintir kelompok yang memiliki kepentingan tertentu menjadikan alih fungsi lahan hutan. Ayo sudah saatnya gen z bergerak untuk perubahan iklim dan lingkungan yang lebih baik, karena ini bukan hanya tugas pemerintah ataupun lembaga terkait, namun sebagai agent of change kontribusi sekecil apapun kita ditunggu oleh bangsa ini, bangsa yang besar dan kaya akan SDA yang melimpah, kaya akan surga alam, sudah seharusnya terus dan selalu menjadi surga tanpa menganggu keseimbangan ekosistem alam dan tetap menjadikan fungsi hutan sesuai kadarnya. Maluku dan Papua dengan kondisi alam geografis yang kaya akan SDA, tambang, hutan, dan kekuatan SDM yang digali dari masyarakat lokal menjadikan kedua lokasi ini menjadi kekuatan dan daya tarik wisatawan manca negara untuk mengekslopolari keindahan surga alamnya. Sudah seharusnya hutan dijaga, dan dilestarikan demi kepentingan umat manusia bukan hanya di tanah Papua dan Maluku tapi untuk kesejahteraan bangsa, dan juga dapat menjadikan potensi yang melimpah bagi APBN dan APBD. Semoga dengan kampanye ini gen z dapat pro aktif menyuarakan aksi, dukungan, tindakan, dan kampanyenya dengan mengubah perspektif cara pandang masyarakat maunpun pemerintah daerah dan pemerintah negeri ini.

Naditya S Habibie
Garut
Maret 8, 2022

Satu tindakan kecil dalam menjaga lingkungan sangat berdampak besar bagi alam semesta kita. Melalui #DefendingParadise saya berharap bisa belajar banyak ilmu terkait dengan isu lingkungan terutama krisis iklim. Dan semoga dari ilmu yang saya dapatkan mampu saya praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Semangattt!!!

Toyibah
Batam
Maret 8, 2022

Ayo lestarikan hutan Papua dan Maluku, melestarikan hutan berarti melestarikan kehidupan

Ali Basuki
Kalimantan timur
Maret 8, 2022

Satu tindakan kecil kita dalam merawat lingkungan sangat berdampak besar untuk alam semesta kita. Melalui #DefendingParadise saya berharap mendapatkan banyak ilmu tentang isu lingkungan, dan ilmu yang saya dapatkan kelak bisa saya praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Semangaaattt!!!

Toyibah
Batam
Maret 8, 2022

Sebuah anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa dilimpahkannya tanah yang subur. Sudah sepatutnya kita sebagai generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia turut andil melestarikan hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Dengan ikut dan meramaikan #DefendingParadise itu adalah bukti bahwa kita peduli terhadap hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Yuk bersama-sama kita menjadi agen perubahan serta turut berperan aktif melestarikan hutan dan melindunginya.

Sarah Anarahma
Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Saya tinggal tidak dekat Papua atau Maluku, tapi saya merasakan manfaatnya sebagai warga dunia. Hutan yang menyimpan surga dengan keberagaman flora dan fauna otentiknya. Hutan yang kini terancam karena kesalahan manusia. Mari bersama ciptakan kesadaran perlindungan hutan Papua dan Maluku. Mari bersama lindungi surga dunia.

Arvina Hafidzah
Jember
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung program EcoNusa

Nehemia Mansoben
Manokwari Papua Barat
Maret 8, 2022

Sebagai warga negara Indonesia,sudah sangat sepatutnya kita mendukung untuk ikut andil dalam kegiatan pelestarian hutan khususnya untuk Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.Dikarenakan negara Indonesia memiliki potensi kekayaan dan sumber daya alam yang cukup banyak sehingga apabila kita tidak menjaga dan melestarikan hal tersebut,kekayaan dan keindahan alam di negara Indonesia akan habis seiring dengan berjalannya waktu.Oleh karena itu saya sangat mendukung kegiatan kampanye #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah papua dan Kepulauan Maluku.

Salsabila Nur Rizki
Jawa Barat
Maret 8, 2022

Hutan adalah pabrik penghasil oksigen yang sangat besar, hutan adalah penyedot debu yang baik dan hutan adalah dokter perawatan kesehatan alam. Hutan selalu bermanfaat bagi manusia. Melindungi hutan berarti melindungi manusia itu sendiri.
Jangan sampai karena kelalaian kita bencana alam menyapu tanah yang berharga.
Hargai sumber daya hutan dan lindungi hutan kita bersama. Mari kita mulai dari sekarang, mulai dari saya dan kalian yang membaca tulisan ini. Bukan hanya memikirkan diri kita sendiri, tapi harus memikirkan generasi masa depan kita. Letakkan kapak kalian, hentikan penggundulan hutan, jangan menebang sembarangan, apalagi membakar hutan. Lindungi hutan, berikan kontribusi kecil untuk sumber daya hutan dan tinggalkan pegunungan hijau untuk generasi mendatang.
#DefendingParadise

Inggrid Offide
Sentani, Jayapura, Papua
Maret 8, 2022

Saya sebagai salah satu penikmat dengan istilah surga yang jatuh kebumi ,Papua dan Maluku Indonesia
Sangat bersyukur dan antusias ingin menjaga alam raya Papua dan Maluku ini .
Sebab tanpa sadar dapat menghidupkan kami semua dan juga menjadi penjaga iklim terbesar di Indonesia. Sehingga harus benar benar kita jaga dan mempertahankan aset ini .
Mari pelihara alam agar kita memiliki masa depan yang lebih baik ..
SELAMATKAN HUTAN SELAMATKAN INDONESIA

Ekklesya
Jalan karantina unit 1 malawili aimas kab sorong
Maret 8, 2022

Sebuah anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa di limpahkannya tanah yang subur. Sudah sepatutnya kita sebagai generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia turut andil melestarikan hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Dengan ikut dan meramaikan #DefendingParadise itu adalah bukti bahwa kita peduli terhadap hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Yuk bersama-sama kita menjadi agen perubahan serta turut berperan aktif melestarikan hutan dan melindunginya.

Sarah Anarahma
Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Sebagai salah satu anak muda dan juga sebagai pecinta alam kita turut menjaga dan melestarikan hutan-hutan yang ada di tanah kelahiran kita, agar hutan tercemar kita sebagai anak muda butuh yang namanya pergerakan untuk melestarikan hutan diindonesia menjadi seperti dulu lagi.

Reizha Ananda Setyara
Gg. Masjid Asyakirin No.12, Kel.tengah, Kec.kramatjati, Jakarta Timur
Maret 8, 2022

Papua adalah indonesia. Alamnya merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk di jaga dan dirawat. Papua adalah surga dari timur yang di tanahnya hidup berbagai tumbuhan endemik dan hewan langka yang harus dijaga dan dilestarikan. Papua adalah kekayaan indonesia, Tega kah kita untuk merusaknya? membiarkan tumbuhan dan hewan primata disana kehilangan habitatnya dan membiarkannya punah?. mari sama-sama kita membuka mata mengetuk hati kecil kita dan mengajak saudara-saudari kita untuk bersama-sama melestarikan hutan-hutan yang ada di papua memberikan tempat hidup untuk makhluk hidup yang ada ditanah papua!

Zuhratul Solihah
Kota Mataram
Maret 8, 2022

Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia di bumi. Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan. Dengan demikian saya mendukung gerakan gerakan-gerakan yang berhubungan dengan pelestarian hutan.

Irma Yunita
Sumbawa
Maret 8, 2022

Tanah Papua merupakan tanah yang kaya akan keberagaman fauna dan flora, mari kita suarakan kampanye ini, kita bantu jaga papua.
#DefendingParadise

Yohana fransiska pakpahan
Batam,Kepulauan Riau
Maret 8, 2022

Tanah papua merupakan tanah yang kaya akan flora dan fauna, mari kita suarakan kampanye ini, kita bantu jaga papua.
#DefendingParadise

Yohana fransiska pakpahan
Batam, Kepulauan riau
Maret 8, 2022

Untuk melestarikan hutan-hutan yang ada di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku adalah dengan mengikuti kemauan dan keinginan masyarakat lokal. Sebab, saya percaya, yang paling memahami tata kelola, hal-hal yang harus di lakukan di suatu wilayah adalah warga lokalnya, tentunya dengan pendampingan dan arahan seorang ahli. Dengan demikian, saya yakin, hutan-hutan yang ada di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku akan terus lestari.
Saya mendukung penuh program-program yang diadakan EcoNusa karena EcoNusa memberdayakan masyarakat lokal Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sesuai dengan keinginannya.

Khoiru Roja Insani
Nyutran, MG 2/1465-A, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta 55151
Maret 8, 2022

Jalan – jalan keliling kota, Beli sayur di pasar hamadi, Ayo kita masyarakat terutama anak muda mulai lestarikan Hutan Papua, kalau bukan kita siapa lagi #defendingparadise

Ivan Jeremy J. Palege
Kota Jayapura
Maret 8, 2022

Ayoo sama” menjaga alam papua..

Engelberth arobaya
Wamena papua
Maret 8, 2022

Melalui #DefendingParadise, saya mendukung kampanye pelestarian hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Dengan adanya kampanye ini, saya harap para generasi muda akan semakin menyadari pentingnya melindungi dan menjaga ekosistem. Melalui tangan-tangan kita, mari bersama-sama lindungi dan jaga ekosistem!

Fardha
Kota Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung untuk memberikan doa yang terbaik pula untuk #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik

Cahaya Purnama
Depok
Maret 8, 2022

I hope our trees stay safe and stay green to protect our earth♡

Monica Titian Rahma Kinasih
Singaraja, Bali
Maret 8, 2022

Hutan sebagai paru-paru dunia mestinya dan harus terus di lestarikan untuk kehidupan manusia,flora, dan fauna yang lebih baik dan sehat. kehidupan tersebut harus seimbang untuk meciptakan keseimbangan alam. Hutan yang mulai terkikis akan keserakahan manusia tentunya akan berdampak buruk bagi lingkungan. Sebagai kaum muda kita harus terus menyeruakan pentingnya ekosistem hutan dan alam. sebagai kaum muda kita juga harus terus berkampanye tentang pemeliharan alam untuk kehidupan anak cucu kita mendatang. Yang terjadi di Maluku dan Papua merupakan kejahatan. oleh karna itu mari kita bersuara untuk Hutan dan Alam.
#DefendingParadise

Muhammad Assyifa'
Lamongan
Maret 8, 2022

Masyarakat adat, flora, fauna yang ada di Papua dan Maluku adalah bukti kekayaan alam indonesia yang identik. Mereka tidak bisa terlepas dari alam dan Hutan. Ketika hutan dimakan oleh rakusnya ke egoisan maka surga di tanah papua tidak akan terlihat lagi. #DefendingParadise untuk menjaga itu semua. Mari kita sabagai kaum muda menjaga alam dan Hutan seperti kita menjaga diri sendiri

Muhammad Assyifa'
Lamongan
Maret 8, 2022

Indonesia adalah negeri yang patut disyukuri. Hutan dan lautan terbentang dan tumbuh sangat subur. Beragam jenis flora fauna beradaptasi dengan baik. Namun di tangan manusia yang tak bertanggung jawab Indonesia sedang tidak baik baik saja. Untuk itu perlu tangan anak muda Indonesia dan seluruh lapisan masyarakat khususnya pemerintah dalam pelaksanaan program ini agar terwujud dengan baik. Mari bergerak bersama!!!

Wardatul Kamila
Bali
Maret 8, 2022

Mari tingkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan untuk menyelamatkan semua komponen kehidupan.

Rifa Muthia Febriyanti Putri
Banjarbaru
Maret 8, 2022

yukk semangat terus dalam menjaga ekosistem untuk hidup yang lebih baik bagi kita, flora dan fauna

Dyra
jakarta
Maret 8, 2022

semangat terus yaa! dalam menjaga ekosistem papua untuk flora,fauna dan hidup yang lebih baikk

dyra
jakarta
Maret 8, 2022

Keendemikan merupakan anugerah yang patut dijaga dan dilestarikan!
Mari bersama melindungi kekhasan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku untuk kehidupan yang lebih baik.
#DefendingParadise

Simson Upuy
Ambon, Maluku
Maret 8, 2022

Yuk Kita semua sadari dampak yang kita lakukan terhadap habitat flora dan fauna itu besar,kita kehilangan sumber oksigen,sumber keindahan alam karena keserakahan kita ,sadari dari awal sebelum semunya tidak bisa di perbaiki

Muhamad ihsan pandega Mukti
Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Pada saat saya kecil saya sering diajak pergi ke Kampung Werur, Werur merupakan salah satu Kampung yang berada di kabupaten Tambrauw, disana sudah ada penebangan hutan di pinggiran pantai untuk pembangunan rumah penduduk dari sebelum pemekaran sampai adanya pemekaran kabupaten baru yang berada di Papua Barat yaitu Kabupaten Tambrauw.
Dan pada akhir bulan januari Tahun 2022 saya kembali berlibur ke Kampung Werur saya melihat masyarakat masih menebang pohon untuk dijadikan bahan untuk pembangunan rumah, saya berpikir kalau seiring berjalan waktu dengan perkembangan tata kota pasti lebih banyak pohon yang ditebang maka akan berdampak pada krisis iklim jika masyarakat terus menerus menebang pohon dan tidak disertai dengan penanaman pohon.
Saya dukung Defending Paradise agar tong sama- sama Jaga dan Lindungi Hutan Papua dan Maluku karena Hutan mampu memberikan kehidupan bagi kita
Ayo Mari sama- sama JAGA TONG PU HUTAN karena KALAU BUKAN TONG YANG JAGA SIAPA LAGI ! jadilan generasi muda yang PEDULI karena sekali tong PEDULI untuk MENJAGA dan MELINDUNGI HUTAN tong akan terhindar dari KRISIS IKLIM

Patricia Iveceline Yohana Wally
Kab Jayapura, Papua
Maret 8, 2022

Melestarikan hutan Papua dan Maluku adalah kerja bersama, sebagai generasi yang sadar akan kerusakan lingkungan dan dampak yang besar mari bersama mengurangi kerusakan alam hutan kita dan mulai melakukan perbaikan.

Alwardi Harahap
Medan/Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Penting menjaga Cendrawasi sebagai simbol burung endemik Papua dan kepulauan maluku yang menjadi ciri khas atau kehidupan masyarakat. Beberapa masyarakat di Papua percaya bahwa burung cendrawasih merupakan burung keramat/pamali yang di jaga kelangsungan hidup dan juga ekosistemnya.. maka dari itu, kepercayaan lokal seperti ini harus di jaga karena merupakan budaya beberapa masyarakat yang secara tidak langsung merupakan bagian dari menjaga alam dan menjaga ekosistem yang ada di hutan Papua dan maluku. Jaga alam, maka alam akan menjaga kita.

082112645773
Jln, Christina Martha Tiahahu, Kabupaten Fakfak, Papua Barat
Maret 8, 2022

Luas bumi tidak akan bertambah.
Yuk peduli lingkungan dan kelestarian alam.
Khusus indonesia timur dengan ekosistem didalamnya dan keajaiban keajaiban isi dan manusia lokal nya.
Yok peduli
Kalau tidak kita_ siapa lagi.
Kalau tidak sekarang_ kapan lagi.

Abdol Qodir
Mojokerto
Maret 8, 2022

Karena 1 Pohon Akan berdampak baik untuk kelangsungan hidup anak cucu kita nanti, mari bersama sama jaga dan lestarikan Hutan Papua Dan Maluku untuk Kehidupan Manusia Selanjutnya

Nurkholip
Palembang
Maret 8, 2022

Kepulauan maluku dan tanah papua adalah hutan tropis terbesar Indonesia yang mana mendukung kehidupan dan berkontribusi menjaga iklim masyarakat yang hidup di sekitarnya. Saat nya kita ikut bergerak dan berpartisipasi untuk ikut berkontribusi demi perubahan bagi bumi yg lebih baik. Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kita, siapa lagi. #DefendingParadise

Peti Nurmayani
Bandung, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Mari terus bergerak menjaga dan melestarikan hutan adat, yang mana ini adalah bagian dari budaya untuk keberlangsungan hidup setiap mahluk.

Hartawan
Kendari
Maret 8, 2022

Saya mendukung sepenuh nya kegiatan pelestarian lingkungan, ini berkaitan dengan pelestarian budaya sekitar.

Melindungi hak rakyat dengan tanah mereka sendiri dari tangan-tangan para pengeruk hasil bumi yang tidak bertanggung jawab dan juga para oknum yang mengeksploitasi sumber daya untuk kekayaan nya sendiri…

Rakyat Indonesia hidup dan mati di tanah nya sendiri, dengan pertaruhan budaya yang mengatur kepentingan bersama….

Hidup pejuang

Muhammad Darul Alamsyah Sudin
Kendari/Sulawesi tenggara
Maret 8, 2022

Saya mendukung menjaga dan melestarikan hutan papua dan maluku karena hutan adalah ekosistem yang dapat menjaga bumi ini tetap utuh karena hutan dapat menopang segala sektor kehidupan, maka saya menolak pembalakan liar, penebangan liar, dan eksploitasi, khususnya hutan di ubah menjaga daerah tambang

Aldin
Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
Maret 8, 2022

Saya mendukung menjaga dan melestarikan hutan papua dan maluku karena hutan adalah ekosistem yang dapat menjaga bumi ini tetap utuh karena hutan dapat menopang segala sektor kehidupan, maka saya menolak pembalakan liar, penebangan liar, dan eksploitasi, khususnya hutan yang digusur dan dijadikan daerah tambang

Aldin
Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
Maret 8, 2022

Hutan adalah Ibu bagi Masyakaat adat. Lawan!

Jefri Davidson Ama Kia
Waikabubak,Sumba Barat
Maret 8, 2022

Disini, saya selaku pemudi Indonesia, akan mendukung gerakan defending paradise,karena sudah saatnya kita sebagai pemuda-pemudi menyuarakan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, hutan-hutan yang kini sudah banyak yang menjadi korban, khususnya habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Hampir setiap hari, kita mendengar berita tentang adanya penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita. Sadarlah, bahwa lingkungan ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait satu denga yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak, maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya. Dengan cara ini, kita bisa mengubah pola pikir manusia betapa pentingnya itu dan dampak yang terjadi jika itu dilakukan terus menerus. Semua itu harus dilakukan bukan oleh satu orang saja,namun kita semua wajib menjaga dan melestarikan hutan kita. Jika bukan kita yang memulai,lalu siapa lagi?!. Mari lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta dan berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam.

Qanita Sabrina
Sumatera Barat
Maret 8, 2022

Alam dan keindahan nya akan terjaga bila tidak ada yang merusak.
Menjaga alam adalah kewajiban setiap makhluk hidup untuk bisa menjaga keseimbangan ekosistem serta mengurangi krisis iklim dari berbagai bencana alam.
Dengan itu mari kita menjaga alam, agar tidak ada bencana yang akan kita terima karena telah merusak dan membiarkan nya.
Bersama EcoNusa saya siap untuk menjaga Alam bersama dengan para campaigner lainnya.

Annisa Yasmina Muthmainnah
Bandung Jawa Barat
Maret 8, 2022

Saya mendukung dengan baik segala hal positif dalam kegiatan ini dan sebisa mungkin untuk berkontribusi

Gresca Manurung
Medan
Maret 8, 2022

Hutan di Papua dan kepulauan Maluku ibarat sepenggal surga yang jatuh kebumi dan mampu menghidupkan kita semua sebagai penjaga iklim terbesar yang ada di Indonesia dan dunia, maka aset surga ini harus kita pertahankan untuk kehidupan semua makhluk hidup yang ada di Indonesia. Belum lagi hanya ada sekitar 9 spesies burung cenderawasih sebagai satwa liar endemik di papua dan maluku, yang apabila penebangan hutan secara terus-menerus akan membuat burung surga yang dikenal hingga penjuru dunia sejak berabad-abad lalu akan kehilangan habibatnya.
Saya sebagai salah satu warga Indonesia sangat mendukung kegiatan yang terus mempertahankan keindahan dan kelestarian alam terutama hutan Papua dan kepulauan Maluku!!

Destria Rachmadina
Kalianda, Lampung selatan
Maret 8, 2022

Tak ada kata terlambat karena seharusnya kita sadar bahwa hutan telah benar-benar rusak. Telah dirasakan dampak rusaknya hutan di berbagai tempat di Indonesia. Untuk itu mari jaga hutan kita, mari lindungi hutan kita, agar kehidupan tetap lestari.

Ashrofa Wahyu Aiman
Semarang
Maret 8, 2022

krisis iklim bukan omong kosong. bumi telah menunjukkan amarahnya, kini cuaca ekstrim makin masif terjadi. betapa jahat kita mencoba menutup mata atas apa yang terjadi. sedang, makhluk lain membelalakkan mata atas keegoisan kita. belum terlambat, mari kita sadari kesalahan dan mencoba berbenah menjadikan indonesia dari penghasil emisi dunia mnjadi surga semua makhluk #defendingparadise

Nur Jihan Ainul Arifah
Surabaya
Maret 8, 2022

Ingat tindakan sekecil apapun akan berdampak pada lingkungan loh teman-teman, yuuuuukkkk kita lestarikan alam Indonesia

Maulita
Depok
Maret 8, 2022

Satwa langka merupakan binatang yang jumlahnya tinggal sedikit jumlahnya dan perlu mendapat perlindungan, contohnya burung cendrawasih. Salah satu penyebab kelangkaan satwa adalah rusaknya lingkungan atau habitat asli mereka. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda harus sadar dan ikut melestarikan hutan di Indonesia salah satunya di Papua dan Maluku. Wilayah ini merupakan habitat ratusan ribu flora dan fauna.

Dhea Alisa Indriani
Kudus
Maret 8, 2022

Kita semua tau kalau hutan adalah paru-paru dunia, tapi tidak semua orang tau bagaimana cara menjaga paru-paru itu agar tetap sehat. jika hutan rusak, bukan hanya membahayakan hewan dan tumbuhan tapi juga manusia. keseimbangan ekosistem alam akan terganggu, kehidupan di bumi tidak lagi terkendali. Jangan kacaukan bumi ini dengan tindakan kita yang tidak bertanggung jawab, sekecil apapun kerusakan yang kamu lakukan akan tetap merusak bumi sebagai rumahmu. Mari jaga hutan kita dengan tidak membuang sampah di hutan,tidak menebang pohon sembarangan, mengadakan penghijauan di lahan yang gundul, dan menanam beberapa jenis tanaman di lingkungan tempat tinggalmu. mulailah dengan hal kecil namun berdampak besar.

Erna A. Ismail
Kota Jayapura
Maret 8, 2022

Please stop destructing our forests. We need them. The animals do too. Protecting our forests means #DefendingParadise

Amalia Zalfaa
Jakarta Selatan
Maret 8, 2022

Menjaga lebih dari pada harus merusak alam kita, bukan hanya hari ini tapi untuk besok dan demi masa depan manusia kedepannya

Acho Akina Chowji
Luwuk Banggai
Maret 8, 2022

Saya selalu bangga akan keindahan alam di Indonesia. Yuk, mari bersama sama merawat dan melestarikan negri kita karena menjaga lingkungan bukan hanya angan-angan, tapi tindakan.

Bernadette Vania Livia
Stuttgart, Germany
Maret 8, 2022

Jaga alam kita bersama untuk bumi yang lebih baik kedepannya bukan hanya untuk hari ini tapi demi anak cucu kita dan semua umat manusia kedepannya

Acho Akina Chowji
Luwuk Banggai
Maret 8, 2022

Papua dan Maluku adalah garda terakhir untuk mempertahankan kelestarian hutan, sadar akan warisan surga ini wajib dijaga agar bisa dan mampu di nikmati untuk generasi selanjutnya maka saya mendukung dalam gerakan #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih untuk generasi selanjutnya

Fachruddin dokumalamo
Palu Sulawesi tengah
Maret 8, 2022

Melestarikan hutan-hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku bukan hanya menyelamatkan habitat bagi cendrawasih dan flora fauna endemik lainnya, tetapi juga dapat menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Mari kita jaga dan lestarikan hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku #DefendingParadise

Qurotul Aini Furu
Kabupaten Bogor
Maret 8, 2022

Ayo temen” Semangat untuk melestarikan hutan di Indonesia untuk anak cucu kita nanti..
Di tangan kitalah, hutan Indonesia bisa di lestari kan.. Bukan untuk kita., tapi untuk anak cucu kita nanti. Supaya mereka bisa menghirup udara segar.. Dan tidak terjadi pemanasan global lagi..
Ayo lestarikan hutan Indonesia
Jangan cuma di jago di sosmed. Tapi jago lah dalam melestarikan alam Indonesia

Darex
NTT
Maret 8, 2022

Saya turut mendukung.

Ismail Suardi Wekke
Papua Barat, Kota Sorong
Maret 8, 2022

Ketika kita menyembuhkan bumi, kita menyembuhkan diri kita sendiri.

Aida Nisa
Pekanbaru/Riau
Maret 8, 2022

Hutan merupakan paru-paru dunia yang memproduksi oksigen/nafas bagi mahkluk hidup, jika hutan ditebang habis dan di biarkan maka 100 tahun kemudian mahkluk hidup akan mengalami krisis oksigen akibat buruknya siklus hidup mahkluk hidup akan terganggu

Willyam Msiren
Biak Numfor
Maret 8, 2022

semangat dan daya juang anak muda diperlukan untuk perubahan lingkungan yang memiliki kekayaan hayati yang amat sangat banyak sehingga memerlukan orang orang yang peduli akan lingkungan sekitar untuk melakukannya seperti anak muda, perlindungan hutan dan Kawasan asri menjadi prioritas untuk di lestarikan
#DefendingParadise

Mohammad Raezqi
Kota Cirebon/Jawa Barat
Maret 8, 2022

Hutan adalah paru paru dunia kita, jika paru paru rusak maka kita tidak akan bernapas

Willyam Msiren
Biak Numfor
Maret 8, 2022

Indonesia kaya akan keragaman hayati dan ekosistem alamnya, baik flora maupun fauna. Pulau Papua dan kepulauan Maluku tempat keragaman hayati tersebut. Dengan hal itu, jangan sampai modernisasi menghilangkan dan melenyapkan habitat asri para hewan endemik yang dimiliki pulau Papua seperti burung cendrawasih dan flora dan fauna yang ada di kepulauan Maluku. Stop penebangan hutan dan mari kita jaga alam kita. #DefendingParadise

Tietan Haptha Dwiki Chandra Kirana
Kabupaten Tasikmalaya
Maret 8, 2022

Kepulauan Maluku dan Papua menjadi wilayah dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi dan unik. Kekayaan flora dan fauna dengan kekhasan (endemik) yang tidak ada di daerah lain, menjadikan dua wilayah ini dapat menjelma sebagai laboratorium alam. Di sisi lain, kekayaan sumber daya alam yang ada di kawasan ini secara tidak langsung telah membentuk dan mendukung kehidupan warga setempat, hingga menjelma sebagai media untuk menunjukan jati diri mereka.

Arifin Muhammad Ade
Kota Tidore Kepulauan
Maret 8, 2022

Hutan adalah paru-paru bumi dan Kita semua.

Madelin Aguslin Simanullang
Medan
Maret 8, 2022

Hutan adalah paru-paru dunia, selain itu hutan juga habitat alami dari hewan-hewan langka, hutan adalah rumah mereka. Mari suarakan dengan lantang, Hutan adalah paru-paru dunia, kita harus menjaganya, bukan malah merusak atau menghabisinya.

Feni Agus Bintang
Subulussalam, Aceh
Maret 8, 2022

Harapannya mengajak dan follow up berupaya dalam mendukung pelestarian alam

Lailatul Istiqomah, S.M
Gresik
Maret 8, 2022

Hentikan penebangan pohon di hutan papua papua bukan tanah kosong ✊

Menase willem pigai
Nabire papua
Maret 8, 2022

Hai, hutan Indonesia adalah jantung dunia. Pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua & Maluku adalah kekayaan syurga dunia. Jangan tebang pohonnya, jangan rusak ekosistemnya, lindungi, kasihani, jaga dan lestarikan Habitat Cenderawasih

Nur Asyifah
Tamanrea, Makassar
Maret 8, 2022

Tidak perlu menjadi seorang yang ahli dalam bidang iklim dan alam untuk menghentikan segala tindakan eksploitasi hutan, tempat habitat flora dan fauna dari yang dilindungi hingga menjadi kebanggaan bangsa. Indonesia hanya memiliki 2 pulau besar yang masih mempertahankan keasrian hutan-hutan yang dimiliki. Salah satu dari pulau itu yaitu tanah Papua, selain kekayaan lautan hutannya juga kaya akan keindahan panorama bumi pertiwi yang selalu memberikan banyak manfaat bagi perekonomian bangsa.
Jangan biarkan penduduk Papua kembali meniatkan untuk melepas diri dari Indonesia akibat dari permasalahan kerusakan hutan, rumah dari salah satu hewan eksotis Indonesia yaitu burung Cendrawasih. Setelah hutan Kalimantan merasakan dirinya ditebang habis-habisan, kini pihak-pihak tertentu menargetkan pulau Maluku dan Papua. Pulau wilayah timur yang memang kurang mendapat perlindungan kuat dari pemerintah pusat, sehingga hanya pemerintah daerah setempat yang harus turun tangan untuk melawan pihak pengeksploitasi hutan-hutan di kawasan yang diamanahkan kepada mereka.
Mari lindungi apa yang sekarang masih tersisa dari hutan-hutan Maluku dan Papua, tempat tinggal saudara sebangsa dan sedarah kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari kita jaga semua peninggalan alam para leluhur kita sejak zaman kerajaan-kerajaan hingga masa era awal merdekanya Indonesia yang telah berjuang mempersatukan lima pulau besar Asia Pasifik yang dekat dengan garis khatulistiwa menjadi sebuah negara yang telah diakui oleh semua bangsa dunia.

Muhammad Bagas Ariyahya
Klaten
Maret 8, 2022

Indonesia patut bangga menjadi negara kepulauan yang kaya akan budaya, alam, dan sumber daya manusia yang sangat baik, termasuk di antaranya ekosistem di hutan dan di laut. Saya sangat mendukung adanya upaya yang harus dilakukan oleh pemerintah melalui komunitas, instansi, dan masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem hutan dan laut khususnya yang ada di wilayah timur Indonesia, Kepulauan Maluku dan Papua. Menjaga kelestarian ekosistem di wilayah timur Indonesia ini harus sudah menjadi salah satu concern pemerintah untuk dapat tetap mempertahankan kesinambungan seluruh aspek dalam kehidupan. Mari kita selalu menjaga ekosistem hutan dan laut, dimulai dari hal yang paling kecil saja, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan (khususnya di sungai yang akan mengarah ke laut).

Riza Afriza Islami
Jakarta Timur
Maret 8, 2022

Pembangunan berkelanjutan memang bagus untuk meningkatkan fasilitas yang bermanfaat bagi kehidupan kita, akan tetapi apakah hal tersebut sudah seimbang dengan apa yang akan terjadi pada makhluk hidup lainnya? Dunia ini bukan hanya tentang kita, manusia. Tapi seluruh habitat yang ada pun perlu tempat tinggal dan hidup. Ayo berfikir dengan 2 sudut pandang yang berbeda, apa yang akan dirasakan oleh habitat lainnya, dan apa yang akan terjadi dengan dunia kita.

Tasya Auliya Rizka
Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Tanah Papua merupakan surga dunia yang diamanahkan Tuhan kepada kita semua, dan sudah sepantasnya kita jaga baik dari tangan yang tidak bertanggung jawab maupun dari lifestyle kita yang kurang bersahabat dengan alam. Keadaan alam bukan hanya berdampak pada alam itu sendiri melainkan berdampak pada kita juga.
Mulai dari hal kecil untuk sesuatu yang besar.

Fahtur Rahman Syah
Jember
Maret 8, 2022

Hutan Papua adalah aset Indonesia dengan kekayaan flora dan fauna yang beragam. Mari melestarikan hutan papua dan kepulauan maluku dengan tidak mengganggu habitat endemik, merusak maupun menggunakan fungsi lahan dengan tidak bertanggung jawab. Tanah Papua adalah milik kita.

Putri Widiansyah Lestari
Jakarta Pusat
Maret 8, 2022

Saya mendukung penuh pelestarian hutan hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku!

May Sarah
Kota Metro, Lampung
Maret 8, 2022

Lingkungan alam tetap terjaga dan dapat digunakan orang masyarakat kita

Parianto Siagian
Medan
Maret 8, 2022

Hutan adalah habitat dari hewan-hewan. Di tanah papua sendiri memiliki spesies flora dan fauna yang sangat beragam. Demi menjaga keseimbangan ekosistem kita semua harus berperan untuk menjaga hutan.

Lia Marliana
Kota Cirebon
Maret 8, 2022

Bersama hutan kita hidup
#DefendingParadise

Ranu Sekar
Indramayu
Maret 8, 2022

saya mendukung dengan adanya program ini dimana kita sebagai generasi muda harus menjaga dan memanfaatkan alam dimana yang banyak kita ketahui saat ini banyak oknum oknum yang hanya mengiginkan keuntungan dengan tidak melakukan secara bijak mengambil dan membakar lahan, maka dari itu dengan adanya kegiatan ini saya ingin berkontribusi dalam menjaga sumber daya alam agar dapat tetap lestari dengan baik dan dapat menjadikan ekowisata bagi wilayah – wilayah yang memiliki hasil alam yang berlimpah dan menarik dijadikan destiwisata.

Dwi Novita Sari
Bukittinggi, sumatra barat
Maret 8, 2022

Cendrawasih merupakan spesies burung cantik endemik yang tengah dilindungi. Fisiknya yang menarik membuat hewan ini banyak disukai masyarakat dan juga statusnya yang hampir punah membuat harga jualnya semakin tinggi.
Ayo jaga warisan tercantik dari hutan Papua ini agar anak cucu kita dapat menikmatinya secara langsung bukan hanya melalui sebuah gambar

Alda Noer Karima
Palembang
Maret 8, 2022

hutan merupakan aset penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia ( mahkluk hidup di dunia ) oleh kerena itu apabila dari tahun ketahun hutan makin sedikit akan berakibat fatal akan keberlangsungan kita di bumi. saya berharap kita sebagaimanusia sadar akan tidakan kita yang ceroboh dan ambisi akan kehidupan yang mewah degan mengorbankan hutan kita yang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. oleh sebab itu saya mengikuti campaing ini untuk melatih jiwa kepekaan soial melalui tulisan sehingga dunia tahu bahwa kita sedang dalam krisis yang besar. terima kasih

Randi Nikanor Niuflapu
kupang
Maret 8, 2022

Bumi dan langit, hutan dan ladang, danau dan sungai, gunung dan laut, serta Satwa , adalah guru yang sangat baik, dan mengajarkan sebagian dari kita lebih dari yang dapat kita pelajari dari setiap Mata Pelajaran.
#Jaga Alam Kita
Kalo Bukan Kita Siapa Lagi
Kalo Bukan Sekarang Kapan Lagi
Jika Tidak Bisa Memperbaiki…
Setidaknya Tidak Merusak…

Choirun
Cirebon
Maret 8, 2022

Masyarakat Indonesia harus memiliki rasa cinta terhadap bumi, alam dan semesta

Adelia Mutiara
Bekasi
Maret 8, 2022

Hutan adalah rumah bagi segala makhluk.
Hutan menjadi sumber oksigen, produsen, dan habitat bagi spesies endemik.
Upaya menjaga hutan harus seumpama orang tua menjaga anak-anaknya, tanpa pamrih.
Memelihara hutan akan menghidupkan kehidupan.
Jangan sampai kehidupan makhluk terhenti karena hutan sudah tidak lagi menjadi rumah.

Ite Morina Yostianti Tnunay
Kefamenanu-Nusa Tenggara Timur
Maret 8, 2022

Saya Hermansyah secara sadar mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sebagai habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Menjaga hutan sebagai habitat cenderawasih sama dengan menjaga keanekaragaman hayati indonesia, menjaga kekayaan alam indonesia, menjaga hewan endemik indonesia, menjaga kesiambangan alam dan menjaga aset besar yang dimiliki bangsa Indonesia.

Hermansyah
Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung gerakan #DefendingParadise

Khairiah El Marwiah
Bengkulu
Maret 8, 2022

Hutan yang ada hari ini akan menjadi aset sangat berharga bagi keberlanjutan kehidupan kita dan anak bangsa di masa depan, mari kita berkontraksi dengan cara semudah memberikan dukungan dan kepedulian terhadap hutan Indonesia.

SITI KHODIJAH
Tasikmalaya
Maret 8, 2022

sebagai generasi muda penerus bangsa yang sudah di zaman milenial ini, kita harus peka terhadap krisis yang sedang dialami oleh saudara kita yaitu tentang lingkungan hidup beserta makhluknya untuk tetap menjaga dan tentu melestarikannya, hutan-hutan yang perlu kita jaga untuk fauna terutama cendrawasih yang sudah sangat langka ini, bukan hanya itu burung yang kita sudah mulai langka, alangkah baiknya dan harus kita lindungi, dengan hutan yang masih asri, masih di jaga pasti bisa menjadikan hewan endemik bisa berkembang dengan baik, agar masih bisa dinikmati oleh generasi berikutnya, dengan itu maka kita Maju Bersama Hebat Semua 💪

LISA AYU PRATIWI
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Sebagai Makhluk Hidup ciptaan Tuhan yang paling sempurna, sudah kewajiban kita sebagai manusia untuk menjaga, menyayangi kepada sesama makhluk hidup lainnya baik itu Tumbuhan dan Hewan. Jika diantara kita ada yang punah maka Semesta yang Tuhan ciptakan dengan sangat indah pun akan turut punah. Maka kami sangat butuh kesadaran dari saudara -saudara untuk saling peduli, menjaga dan berbagi kasih sayang kepada para makhluk hidup ciptaan Tuhan.

Arum Afaafah
Pancoran/Jakarta Selatan/DKI Jakarta
Maret 8, 2022

Bersaudara tidak perlu sedarah……

Rifky alfiansyah
Jakarta utara
Maret 8, 2022

Hello, saya Rahmandika, SMAN 5 Cimahi, suka sekali dengan alam bebas, dan kehidupan satwa.

Semoga dengan ikut program ini, saya dapat belajar banyak dan berkontribusi dalam pelestarian alam beserta isinya.

Rahmandika Pensaputra Sumara
Cimahi, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Papua ada tidak untuk ditebang pohonnya, diambil kayunya, diusik masyatakat adatnya dan “dibunuh” kehidupan seluruh makhluk yang ada di dalamnya.
#DefendingParadise

Bintang Kasih. S
Sorong Selatan
Maret 8, 2022

Melestarikan hutan adalah tanggungjawab setiap insan, mari jaga Tanah Papua dan Kepulauan Maluku untuk hari depan yang lebih panjang.
#DefendingParadise

SISKA IRMA DIANA
Tangerang Selatan
Maret 8, 2022

Saya mendukung pelestarian hutan di papua dan maluku
Dan saya mendukung adanya menjaga kebersihan disekitar pantai-pantai dan menjaga hutan

Bella citra dewi
Batam
Maret 8, 2022

aku percaya bahwa dalam kehidupan kita semua saling terkait. tidak peduli apa spesiesnya, penuh pertimbangan saat melakukan sesuatu, tidak boros dan sadar dalam mengkonsumsi. karena jika satu spesies punah, maka tidak ada jalan untuk mengembalikannya lagi.
Jadi, jaga bumi dan dia akan menjagamu.
tidak jaga hutan, laut, alam, ataupun bumi adalah bunuh diri.

syahlia sudirman
luwuk banggai/ sulteng
Maret 8, 2022

Saya sangat mendukung #DefendingParadise karena hutan adalah sumber segalanya bagi manusia, flora dan fauna. Jika sedikit demi sedikit hutan hilang atau di rusak, maka yang terdampak bukan hanya kita sekarang, tapi anak cucu dan segala makhluk hidup di masa depan.

Aditya Permana
Kabupaten Tasikmalaya
Maret 8, 2022

Menjaga alam tetap lestari adalah hal yang sangat penting. Alam ini warisan nenek moyang kita kini semakin tergerus modernisasi. Penebangan hutan, penjualan hewan-hewan langka, harus dihentikan. Mari kita mulai dari diri kita untuk menjaga alam ini tetap lestari, dan mari kita serukan kepada yang lainnya untuk turut menjaga bumi kita tetap lestari

Iga Dharminihadi
Denpasar
Maret 8, 2022

kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa tentu harus peka terhadap lingkungan sekitar terutama dengan saudara kita yang berada di Papua dan Maluku, dengan adanya kita sebagai pemuda harus bisa mendukung adanya pelestarian hutan-hutan yang ada di lokasi tersebut, guna untuk melestarikan hewan endemik, sebelumnya hutan termasuk tempat hidup bagi para hewan tentu hewan yang dilindungi seperti cendrawasih, jika kita acuh terhadap hal itu, lalu bagaimana nanti ketika generasi berikutnya tahu ? bagaimana di kehidupan selanjutnya apakah akan dijadikan industri2 yang ujungnya nanti hanya merugikan makhluk lainnya ?, maka dari itu kepekaan kita harus kita tingkatkan dengan mengikuti kegiatan ini, sekian
Maju Bersama Hebat Semua 💪
#DefendingParadise

Lisa Ayu Pratiwi
Daerah Istimewa Yogyakarta
Maret 8, 2022

Hutan sangat penting bagi kehidipan memberi oksigen bagi semua orang, satu pohon sejuta nyawa, selamatkan hutan amankan kehidupan

Meza Rati Aini. S.E.
Jambi
Maret 8, 2022

Saya mendukung kelestarian hutan di papua dan maluku bahkan seluruh Indonesia agar terciptanya harmonisasi antara manusia dan alam serta makhluk hidup di dalamnya dan mengurangi dampak lingkungan secara langsung maupun tidak langsung.

Moch Saepulloh
Kota bandung
Maret 8, 2022

Hentikan! Hentikan keserakahan kalian! Itu akan membahayakan banyak manusia. Kalian merasa bahagia dengan uang yang kalian dari merusak hutan? Kalian gila. Kalian harus bersyukur dengan apa yang sudah kalian dapatkan saat ini. Itu lebih dari cukup untuk menghidupi kalian dan karyawan kalian. Hentikan perusakan hutan. Kembalikan hutan pada binatang-binatang dan masyarakat adat.

Ashrofa Wahyu Aiman
Semarang
Maret 8, 2022

little paradise merupakan nick name yang pas untuk Papua dan Maluku karena keindahan yang disajikan. Namun hutan Papua dan Maluku sudah mulai terancam karena ulah manusia itu sendiri. layaknya manusia hutan perlu diperlakukan dengan penuh cinta agar alam akan memberikan hal yang indah juga kepada kita.

Theonariya Kaban
Jayapura, Papua
Maret 8, 2022

kami mendukung perbiakan ekosistem hutan setelah mengalami kerusakan

imron hamzah
lamongan
Maret 8, 2022

Semoga habitat dan iklim tetap terjaga dari bencana yg tidak diinginkan

Ady Septyadi
Bekasi
Maret 8, 2022

Cegah illegal logging dan lestarikan Hutan demi bumi yang lebih baik

Ryan
Medan
Maret 8, 2022

hutan menjadi sumber daya penting bagi kehidupan manusia, maka dari itu jagalah hutan dan alam, maka hutan dan alam akan menjagamu.

Riky Firdaus Fajar
Kp. Bojong waru rt 003 rw 003 desa kopo kecamatan kutawaringin kabupaten bandung
Maret 8, 2022

Mari kita jaga kelestarian alam terutama di wilayah Papua dan Maluku yang masih menyimpan banyak hewan endemi yang harus dilindungi.
Salam lestari

Ocha Virgin
Riau
Maret 8, 2022

Berbudaya dan mencintai alam Tanah Air merupakan bagian hidup yang harus ada dari setiap manusia

Catherine
Bekasi
Maret 8, 2022

Mari Lestarikan Hutan-Hutan di Tanah Papua Dan Kepulauan Maluku. Wialayah Ini Merupakan Habitat Cendrawasih dan Ratusan Ribu Flora dan Fauna Endemik.

#DEFENDINGPARADISE

ardita anggriani
bekasi
Maret 8, 2022

Mari lestarikan dan dukung pelestarian hutan di tanah Papua dan Maluku

Meilyza Rimasari
Baturaja, Sumatera Selatan
Maret 8, 2022

Penyelamat habitat flora dan fauna adalah manusia itu sendiri. Makhluk hidup perlu dijaga bukan dirusak, apalagi dibunuh. Indonesia jaya tanpa melukai flora dan fauna!

Helvya Andhica
Jawa Timur
Maret 8, 2022

Irian jaya dan Maluku adalah bagian terpenting buat iklim di Indonesia mari jgn sia2 kan alam dan hutan yg ada di Indonesia agar tetap terjaga dan terawat dg baik agar generasi penerus kita bisa menikmati juga 💪 Indonesia jaya selalu

Apt Siti Rochajati,S.Farm.,M.H
Semarang Jawa tengah
Maret 8, 2022

Papua dan maluku adalah timur terakhir yang harus kita jaga mati-matian. Berhenti kebanggaan jamrud khatulistiwa atau sekeping surga yang jatuh ke bumi itu disematkan kepada negara kita kalau pohon-pohon sudah ditebang, tanah-tanah diperkosa dan rakyat disiksa di ujung timur kita, benteng surga indonesia terakhir. Tak ada lagi surga indonesia jika tak ada hutan belantara, tak ada lagi surga indonesia jika hutan papua dan maluku di koyak-koyak oleh beton dan kepentingan oligarki lainnya.

Muhammad Fajar Niarwan
Berkuliah di surabaya, asal makassar
Maret 8, 2022

Alam memiliki kekuatan untuk menyembuhkan karena itu adalah tempat kita berasal, itu adalah tempat kita berada dan itu milik kita sebagai bagian penting dari kesehatan kita dan kelangsungan hidup kita, di tanah Papua dan Maluku sisa untuk menjaga alam.

Dicky Akbar Harianto
Jombang, Jawa Timur
Maret 8, 2022

hutan menjadi sumber daya penting bagi kehidupan manusia, maka dari itu jagalah hutan dan alam, maka hutan dan alam akan menjaga mu.

Riky Firdaus Fajar
Kp. Bojong waru rt 003 rw 003 desa kopo kecamatan kutawaringin kabupaten bandung
Maret 8, 2022

Sangat mendukung kegiatan tersebut

Abdullah Mubarak, SKM
Mamuju sulawesi barat
Maret 8, 2022

Cintailah alam dan lingkunganmu, maka alam akan mencintaimu, just do it!

Dul Imam
Jakarta
Maret 8, 2022

Jaga hutan kita !!!! Karena adalah rumah
Bagi keanekaragaman hayati…
Rumah Bagi keanekaragaman satwa…
Penyedia Oksigen yang menjaga keseimbangan hidup kita…
Jangan sampaii lolos…

Teresa Mere
Ende Flores NTT
Maret 8, 2022

Mari kita sama-sama menjaga dan merawat hutan kita terutama hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku! Kalau bukan kita siapa lagi?

Mega Dameria Agnestasya
Jakarta
Maret 8, 2022

Jaga Hutan Sama Seperti Jaga Rumah jadi Merusak Hutan Ibarat Menghancurkan Rumah kita Sampai Rata dengan Tanah. Oleh sebab itu, Sayangilah Alam kita dengan Tidak Menebang Pohon sembarangan dan Stob Membakar Hutan.

Yunita ohee
Skyline megapura Kota Jayapura
Maret 8, 2022

Tumbuhan, Hewan , Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang sangat di cintai-Nya , Manusi tanpa Tumbuhan dan Hewan tidaklah akan menjadi semesta yang indah, Tuhan mereka untuk saling melengkapi jika di antara kami musnah maka dunia pun berlahan akan musnah sebelum hari akhir. Maka mari saudara – saudara kita saling jaga, peduli dan berbagi kasih sayang untuk makhluk-makhluk hidup ciptaan Tuhan

Arum Afaafah
Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan
Maret 8, 2022

Kami mendukung pelestarian hutan di Indonesia, khususnya di Papua dan Maluku demi keberlanjutan hidup di masa mendatang.Saya ingin berpartisipasi dalam kampanye #DefendingParadise untuk jaga Habitat Cendrawasih bersama EcoNusa

Fitri Annisa Djafar
Tidore Maluku Utara
Maret 8, 2022

Semangat melestarikan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Wilayah papua merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Kalo bukan kita yang melestarikannya siapa lagi. Kuy lestarikan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku mulai dari sekarang. #DefendingParadise

MEISA NUDA RAHMA
Ciamis
Maret 8, 2022

Indonesia Timur merupakan surga yang amat dibanggakan di negeri ini. Banyaknya satwa dan tumbuhan endemik elok nan cantik, menjadi warisan indah yang sepatutnya dilindungi.
Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga habitatnya untuk terus ada. Dengan menjaga kelestarian tempat tinggal para satwa juga tumbuhan lainnya yang bisa terancam punah, kita turut andil dalam mempertahankan mereka dan bisa menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia di bagian timur sana punya surga dunia yang tidak semua negara lain miliki.
Mari lestarikan hutan kita, kelola sumber daya alam secukupnya. Biarkan para satwa hidup bebas tanpa rasa was-was.

#DefendingParadise

Rizki Yuniarsih
Lampung Timur
Maret 8, 2022

Melalui Pesan Dukungan ini saya sebagai salah satu pemuda yang peduli akan iklim di Indonesia termasuk Indonesia timur,saya sangat tertarik untuk menjadi bagian dari salah satu pemuda yang ikut andil dari kegiatan campainger tahun 2022, adapun Pesan Dukungan saya sebagai berikut :
“Jagalah Alammu, Karena alam dapat memberikan manfaat yang baik jika kita memeliharannya, dan dapat memberikan manfaat yang buruk jika kita tidak merawatnya”
salah satu contoh manfaat baik yang diberikan alam adalah udara segar di pagi hari, kesejukan dll
sedangkan manfaat buruk yang diberikan alam berupa banjir, tanah longgsor dan panas bumi.

Ahmad Jaelani
Perumahan Royal Zam-Zam 2 Blok B.63 Kel. Terong Tawah, Kec. Labuapi Lombok Barat
Maret 8, 2022

Mari selamatkan bumi demi menjaga iklim sehat di Indonesia

Fadhila Anissa Putri
Medan
Maret 8, 2022

Lindungi dan lestarikan lingkungan alam untuk menghindari kepunahan!

Ros Elvita Gori
Nias
Maret 8, 2022

Sebaik baiknya manusia di bumi adalah yang menjaga lingkungan sekitarnya! 🐣✨

Keko Jehan Farhanah
Cirebon
Maret 8, 2022

Keindahan alam terjadi karena proses panjang dari perkembangan alam itu sendiri, seharusnya kita sebagai makhluk di dalamnya harus menjaga dan melestarikan nya, bukan merusak yang sudah ada. Mari kita bangun kesadaran akan pentingnya lingkungan!

AndreasSembiring
Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Sebaik-baiknya manusia di bumi adalah yang bisa mengajak dirinya sendiri untuk menjaga lingkungan sekitarnya! Ayo sobat, kita lestarikan hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku bersama-sama!! #DefendingParadise 🐣✨

Keko Jehan Farhanah
Cirebon
Maret 8, 2022

Keindahan alam terjadi oleh kreasi waktu yang begitu panjang. Kita sebagai salah satu makhluk yang hidup di dalamnya sudah sepatutnya menjaga dan melestarikan alam itu sendiri demi kelangsungan hidup kita. Mari kita bangun kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup!

Andreas Sembiring
Sumatera Utara
Maret 8, 2022

Sebagai bangsa yang berdaulat dengan keragaman flora dan faunanya, marilah bersama kita jaga dan lestarikan hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku sebagai bentuk tanggungjawab sebagai manusia yang berakal, berbudi pekerti dan tentunya makhluk yang paling sempurna.
#DefendingParadise

Asta Yuliyantara
Bandar Lampung
Maret 8, 2022

Dapat kita ketahui dibelahan indonesia bagian timur. Banyak menyimpan kekayaan flora dan fauna. Salah satu dari flora yang memang menjadi primadona di dunia adalah Burung Cendrawasih. Tetapi dari itu ada permasalahan yang kian hari semakin serius yang tidak dapat diabaikan. Salah satunya perubahan iklim. Isu Perubahan iklim sampai saat ini menjadi isu yang sangat penting untuk dibahas. Karena dalam konsep Environment dimana keterkaitan antara lingkungan dan makhluk hidup. Jika kita sebagai manusia yang memang tinggal didaerah tersebut maka dengan menjaga atau memberikan sebuah aksi positif untuk pencegahan masalah ini. Kita dapat mencegah permasalahan ini secara bertahap. Maka dari itu sebagai generasi muda yang tertarik akan isu kampanye ini. Saya sangat mendukuny dan tertarik dengan program yang diadakan ini untuk menyelamatian tanah Di papua maupun di maluku.

Muhamad Imam Khoiri Al Baiquni
Kota Cimahi, Cibeber, Cimahi Selatan, Jawa Barat.
Maret 8, 2022

Saya mendukung atas aksi untuk pelestarian hutan Papua dan Maluka karena disana merupakan rumah dari ratusan ribu flora dan fauna endemik, sehingga bila hutan di sana rusak maka hilang juga rumah dari flora dan fauna tersebut.

Zaki Muhammad Hidayatullah
Madiun
Maret 8, 2022

Surga dunia itu ada di Indonesia. Lebih tepatnya hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Pahamkah kita akan hal itu ? Mari mengetuk hati dan menepuk pundak agar sadar menjaga surga dan kekayaan alam ini. Untuk lebih hidup yang lebih damai dan tenteram, jangan pernah biarkan tangan kita merusak. Mari menjaga, mendukung dan berkolaborasi agar Habitat Cenderawasih,Bunga Anggrek, Burung Dara Mahkota dan segala jenis flora dan fauna lainnya tetap hidup, tumbuh dan berkembang. Jangan biarkan tanah kita (bukan lagi) tanah surga.

Pemuda Indonesia itu keren. Mari bersatu!

Ilham Rahmat Alam
Makassar, Sulawesi Selatan
Maret 8, 2022

Tanah Papua dan Kepulauan Maluku adalah ciptaan yang indah, diisi ribuan flora dan fauna. Mari kita jaga dan melestarikannya, demi keberlangsungan hidup makhluk hidup yang ada di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku.
#DefendingParadise

Makassar, 05 Maret 2022
Raymundus Hamis

Raymundus H
Makassar
Maret 8, 2022

Saya pikir menyelamatkan hutan bukan hanya tentang menyelamatkan flora atau fauna yang ada di dalamnya namun juga menyalamatkan kita selaku manusia yang sangat bergantung pada kestabilan yang bersumber dari hutan itu sendiri. Pembangunan serta pertumbuhan ekonomi memang sangatlah penting, tapi apa manfaatnya jika kemakmuran itu hanya dapat kita nikmati sementara? Tidak kah kita liat bukti-bukti nyata bahwa bumi makin tua, makin rentah dan makin lemah?Setelah kau gerus habis isi perutnya kini kau gerus habis pula taman-taman pelindungnya dan kau masih menyalahkannya ketika air datang menggenangi rumahmu dan udara yang kian menipis menyesakkan dadamu? Kurang egois apa lagi kita sebagai manusia? Ayo suarakan dan lakukan gerakan #DefendingParadise karena bukan hutan yang bergantung pada kita tapi kitalah yang bergantung pada hutan

Rahma purnama
Baubau
Maret 8, 2022

Hutan menjadi salah satu bagian terpenting dalam ekosistem alam yang terjadi. Menghilangkan hutan sama dengan menghilangkan kehidupan. Hal tersebut tidak hanya akan berdampak bagi manusia namun jugga makhluk hidup lain yang akan kehilangan apa yang telah lama dimilikinya. Potensi cuan yang diharapkan dari hutan tersebut mungkin bisa dialokasikan ke ide lainnya, namun keseimbangan alam tidak bisa ditukar dengan apapun. Untuk itu kita semua membutuhkan apa yang akan menjaga kita berpuluh-puluh tahun kedepan. Hutan menjadi salah satu aktor penting dalam menciptakan kehidupan yang diidamkan semua makhluk hidup. MARI JAGA HUTAN KITA DEMI DAMAI HIDUP KITA…

Nabila Yasmin Namira
Tangerang
Maret 8, 2022

Dukung #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih Bersama Kami!
Halo teman-teman EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology! terima kasih ya kalian sudah bekerja sama dalam menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Karena saat ini saya belum bisa berpartisipasi dalam campaign tersebut saya hanya bisa memberikan dukungan secara virtual. Semoga kegiatan kalian berhasil menyuarakan pelestarian hutan di Papua dan Kepulauan Maluku tersebut ya, semangat! walau tidak mudah aku yakin teman-teman EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology bisa melaluinya:)

cessa
kebumen
Maret 8, 2022

Salah satu hal agar menang dalam melawan krisis iklim bisa diraih dengan melindungi dan memulihkan ekosistem alam. Mari lindungi hutan, laut dan ekosistem alam lainnya karena semua adalah penyerap karbon penting untuk melindungi masyarakat.

Wulan Risnawati
Jakarta
Maret 8, 2022

Apa yang kita lakukan terhadap hutan dunia hanyalah cerminan dari apa yang kita lakukan untuk diri kita sendiri dan satu sama lain.

Iksan Muhamad
Kota Ternate Maluku Utara
Maret 8, 2022

Halo kawan! Ayo semua kita semua berhenti sejenak dari semua kegiatanmu dengan membantu menjaga surga sementara kita di dunia ini. Semua yang ada di wilayah Timur sana membutuhkan bantuan kita untuk menjaga kelestarian lingkungan hidupnya. Jika bukan kita? siapa lagi!

Muhamad Iqbal Dede Saputra
Bekasi
Maret 8, 2022

Jika hutan berangsur hilang, bagaimana flora dan fauna yang tinggal?
Oleh karena itu pelestarian hutan perlu digalakkan demi kelangsungan hidup makhluk yang membutuhkan:)

Salwa Salsabila
Jepara, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Hallo semua…..
nimao…..
perkenalakan saya Meilani Teniwut anak Timur lahir di MALUKU TENGGARA dan di besarkan di TIMIKA PAPUA. saya sangat mendukung #DefendingParadise sebagai anak muda timur tentu nya sangat bangga dengan aksi ini. karena saya terlahir bukan dari kecangihgan teknologi tetapi, saya dibesarkan oleh ALAM timur papua dan mauluku. bagi saya Hutan bukan sekedar keindahan semata. Namun, hutan bagian dari hargq diri masyarakat itu sendiri. Menjaga hutan diibaratkan dengan menjaga diri. sayangnya, Kini Hutan papua dan Maluku mengalami ancaman dari luar.saya Meilani Teniwut yang menulis pernyataan pesan dukungan ini, ingin menyuarakan untuk adanya kesadarn dan bukan hanya sebatas kata – kata . bagi saya Hutan adalah tubuh saya untuk itu sangat penting dijaga, dirawat dan dilestarikan. bukan di rusak secara perlahan seperti kasus kasus yang telah terjadi sebelumnya salah satunay di merauke kabupaten boven digoel. dan seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya hutan papua adalah hutan adaptif untuk cendrawasih dan beragam flora dan fauna lainya. papua memiliki jumlah spesies yang lebih tiggi dibandingkan maluku terkait dengan keragaman ekosistem itu sendiri. kedua wilayah tersebut memiliki ciri khas tersendiri, hal ini lah yang harus dijaga oleh semua masyrakat baik itu pribumi dan non pribumi. karena siapapun yang merusak alam tentunya akan berurusan dengan alam dan Tuhan yang menciptakan. saya sendiri adalah pemuda dari Maluku Tenggara ( Kei) namun, dibesarkan di papua. saya dibesarkan bukan oleh kecangihan teknologi namun oleh laut penghasil makanan, angin memberikan oksigen dan alam yang menyempurnakan keindahan dan ketulusan TUHAN kepada saya. sebagai anak muda bukan saat nya untuk rebahan namun, bangkit dan menyuarakan dan bertindak untuk membuat suatu perubahan baik dalam masyarakat itu sendiri bagi alam. tentunya agak sulit dalam menyuarakan hal ini. namun, saya yakin dan percaya dengan adanya tekad dan niat Hutan Papua dan Maluku akan kembali terjaga. dan apa yang perlu di lakukan untuk pembaharuan dengan memanfaatkan alam yang ada. kini kehidupan kita ditengah kecangihan teknologi, peran kita sebagai generasi muda adalah memahami manfaat nya dan diguanakn seperlunya karena teknologi memanjakan kita serba instan. ada begitu banyak dampak negatif dan positif dalam kehidupan kita dengan demikian, alam ini bukan instan namun, natural maka itu, sekali dirusak tentu sama seperti anda merusak harga diri anda sendiri dan tentu akan berbekas meskipun ada pembaharuan namun, sulit untuk dikembalikan semstinya seperti dulu. ini bukan hanya soal alam namun, ada kaitanya juga dengan budaya kita. karena budaya kita berasal dari alam yang menyatukan kita. maka itu berani berbeda karena mampu membuat perubahan SEMANGAT MUDA MEMPRIORITASKAN IDENTITAS MELALUI ALAM. SALAM SEHAT……

Meilani Teniwut
timika Papua
Maret 8, 2022

Pemanfaatan hutan untuk perekonomian manusia tanpa memikirkan keseimbangan ekosistem dan makhluk hidup didalamnya adalah suatu tindakan yang tidak rasional 🙏🏾..

#Savecendrawasih

Sesa
Kota sorong papua barat
Maret 8, 2022

Saya mendukung penuh gerakan pelestarian hutan-hutan di tanah Papua dan kepulauan Maluku, yang menjadi rumah dari berbagai macam keanekaragaman hayati yang ada didalamnya

Farras Berlian Islami
Kabupaten Bogor
Maret 8, 2022

Untuk mengurangi dampak krisis iklim yang sudah mulai dapat kita rasakan saat ini, sangat diperlukan peran serta seluruh kalangan masyarakat untuk lebih memperhatikan setiap aktivitas yg kita lakukan secara tidak sadar sering kali memiliki dampak yang buruk terhadap bumi. Selain itu masyarakat masih kurang peduli dan kurang informasi maupun edukasi tentang maraknya deforestasi yang terjadi di Indonesia, seperti di Maluku atau Papua, sehingga kita perlu bersama sama mencegah deforestasi ini semakin meluas dengan awal langkah yang sederhana, yaitu mengedukasi.

Hoki Gautama
Magelang, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Cegah Deforestasi Kawasan Hutan Papua-Maluku Untuk Menciptakan Hutan Lestari dan Kearifan Lokal Masyarakat Demi Anak Cucu Negeri Ini

Hutan yang berada Papua dan Kepulauan Maluku harus tetap dilestarikan karena terdapat berbagai habitat flora dan fauna endemik di wilayah tersebut seperti cendrawasih, anggrek hitam, dan ratusan jenis flora dan fauna lainnya. Selain itu pelestarian hutan bertujuan untuk mencegah tingginya laju deforestasi yang dapat menyebabkan perubahan pada bentang alam, iklim, suhu dan dapat berdampak pada masyarakat disekitar hutan tersebut.
Lestarikan Hutan Lestarikan Kearifan lokal Lestarikan Bumi Tercinta.
#DefendingParadise

Annisa Kurnia Putri. S
Malang
Maret 8, 2022

Bagi saya hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku merupakan bagian dari warisan dunia. Kenapa saya bilang seperti itu, karena di tanah papua dan di kepulauan maluku masih banyak satwa/binatang yang memang harus di lestarikan, bahkan beberapa binatang cenderung hampir punah dan bisa di hitung jari. Saya sebagai pemuda indonesia turut mendukung pelestarian tersebut❤️.
#DefendingParadise

Silvaini Rahmah Rinata
Kalimantan selatan
Maret 8, 2022

Kita tahu bahwa pohon adalah paru-paru dunia, penghasil oksigen untuk kehidupan manusia, penjaga struktur tanah dan masih banyak lagi. Dengan penebangan pohon yang sangat tidak terkendali menghancurkan ekosistem sekitar, hewan hewan yang tinggal didalamnya akan ikut mati, hewan endemik yang langka mulai hilang satu persatu. Mari kita menjaga dan melarang penebangan hutan yang tidak terkendali untuk kehidupan kita, untuk ekosistem yang ada agar setiap sendi kehidupan kita selalu terjaga dan selalu akur sehingga menciptakan Harmoni kehidupan yang alami dan terjaga.

Aldy Yoas Simanjuntak
Medan, Indonesia
Maret 8, 2022

semangat melestarikan bumi bersama kaum muda

Andi Sulfiani
makassar
Maret 8, 2022

Jika ko orang yang bijak maka ko tau bahwa hutan itu penting untuk kehidupan mu. karena ada sejuta mahkup hidup yang tinggal di dalam hutan sala satu ko juga maka itu mari tong sama-sama jaga tong pu hutan agar tongpu hutan tetap terjaga dan lestari untuk masa depan anak cucu kita

kalau buka tong sama lagi
kalau bukan sekarang kapan lagi

#Econusa #DefendingParadise #BeradatJagaHutan #BeradatJagaLaut #BeradatJagaLingkungan #YouthDigitalCampaigner #EcoDefender #bootcamp #Pelatihan

Yohanis Rohrohmana
Jl. Amban Kampung Dowansiba
Maret 8, 2022

Hutan harus kita jaga dan kita lestarikan
Hutan adalah pondasi untuk terhinddar dari bencana alam,seperti banjir.
Sebagai manusia yang berakal kita wajib menjaganya dan melindungi nya dari tangan-tangan orang yg tidak bertanggung jawab.

Ririn
Dki jakarta
Maret 8, 2022

Semangat dan sukses selalu untuk kita semua. Semoga kita bisa menikmati keindahan semesta dengan hingar bingar. Dari kita yang memulai, untuk semua segala damai.
Yukkkk semangat, untuk mengembalikan indonesia yg hijau.

Noeroel Khazanah
Cirebon
Maret 8, 2022

Dukung dan maju terus dalam menyuarakan kelestarian hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku.
Hilangnya hutan-hutan akan berdampak pada hilangnya habitat dan ekosistem yang ada

Tafan Juristian Putra
Tanjungpinang
Maret 8, 2022

Indonesia memiliki banyak pulau-pulau yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang menghasilkan kekayaan alam yang sangat melimpah dibandingkan dengan negara lain. Contoh kekayaan alam di Indonesia yaitu keberagaman flora dan fauna yang tersebar di setiap daerah.
Pulau Maluku dah Pulau Papua merupakan salah satu pulau yang memiliki beragam jenis flora dan fauna yang unik dan langka. Salah satu contohnya yaitu Burung Cendrawasih.
Burung Cendrawasih merupakan salah satu burung yang saat ini sangat jarang di jumpai. Burung tersebut masuk kedalam daftar hewan yang dilindungi dan menjadi salah satu hewan yang langka. Dengan warna dan bulu yang sangat cantik atau biasa disebut sebagai burung dari surga “bird of paradise” menjadikan keindahan burung cendrawasih diakui oleh dunia.
Habitat burung cendrawasih semakin hari semakin sedikit. Hal ini terjadi karena adanya aksi pemburuan liar yang menyebabkan habitat burung tersebut terancam punah. Oleh karena itu, kita sebagai manusia juga harus menjaga dan bertanggung jawab akan kelestarian flora maupun fauna yang tersebar di lingkungan. Kita harus menanamkan dalam diri untuk tidak merusak kehidupan makhluk hidup lain dan ikut serta menjaga dan melindunginya.
Mari bersama-sama kita lindungi hutan dan stop pemburuan liar!
Mari kita jaga ekosistem flora dan fauna agar terus terjaga!
Stop pemburuan liar! Mari kita lestarikan flora dan fauna di Indonesia!

Safira Permata Buana
Jalan anggrek XII no 12 Karet Kuningan Jakarta Selatan
Maret 8, 2022

Salam Semangat! Disini saya mendukung difending paradise. mari kita serukan semangat kita, yakni untuk membantu menjaga pelestarian di hutan-hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku agar selalu terjaga keanekaragamannya, jangan sampai pelestarian alam kita hilang dan punah begitu saja. Setidaknya kitapun ikut serta dalam menjaga pelestarian alam dan lingkungan sekitar dengan sebaik mungkin.

Tasha Nabila
Garut
Maret 8, 2022

Halo kawan! Mari ikut dengan EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology saat ini sedang berkolaborasi dalam kampanye #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. !

Nada Rahma yanti
Padang
Maret 8, 2022

Salam Semangat! Untuk para generasi muda. mari kita serukan semangat kita, yakni untuk membantu menjaga pelestarian di hutan-hutan Tanah Papua dan Kepulauan Maluku agar selalu terjaga keanekaragamannya, jangan sampai pelestarian alam kita hilang dan punah begitu saja.

Tasha Nabila
Garut, Jawa Barat
Maret 8, 2022

Ayoo pemuda/i indonesia jaga lingkungan kita, agar lingkungan pun menjaga kita🍃

Raihanah Fathindya Pratiwi
Palembang
Maret 8, 2022

Bersama bergandengan Tangan menjaga kelestarian Lingkungan bagi Keberlangsungan kehidupan dimasa mendatang ditengah maraknya pembangunan.

Rahmad Iriyandi
Sorong Selatan, Papua Barat
Maret 8, 2022

Hutan merupakan paru paru dunia juga kehidupan para flora dan fauna, melestarikan dan menjaga merupakan kewajiban setiap manusia.

AMALIA AZZAHRA
Ciparay, kabupaten bandung barat
Maret 8, 2022

Papua dan Maluku saat ini menjadi tempat kekayaan alam yang ada di indonesia bahkan dunia, bahkan tempat kekayaan Flora dan Fauna, oleh karena itu mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan hutan Papua dan Maluku dan untuk mencegah perubahan iklim dunia, yang mana dunia masih dalam bahaya darurat iklim menurut sekjen PBB, oleh karena itu mari kita mencegah perubahan iklim dengan melestarikan hutan yang ada di Papua dan Maluku.

Afif Maruf
Sorong, Papua Barat
Maret 8, 2022

Alam yang begitu kaya memberikan banyak hal bagi kehidupan semua makhluk, namun krisis iklim yang terjadi pada bumi kita dapat menimbulkan dampak yang buruk terhadap keseimbangan ekosistem ekosistem. Maka dari itu, mari kita bantu berkontribusi dalam melestarikan hutan yang ada di Tanah Papua dan Maluku sebagai rangka menjaga keanekaragaman hayati dan hewani tanah air kita agar tidak rusak. Let’s do more! #DefendingParadise

Januar Frista M
Bogor
Maret 8, 2022

Krisis iklim semakin nyata, Hutan di Tanah Papua adalah Benteng pertahanan terakhir dalam menghalau krisis iklim yang semakin cepat. Jangan biarkan kebijakan non pro lingkungan terus lahir, karena ada banyak kehidupan di dalamnya. Yuk jaga dengan Aksi sejak kini
#DefendingParadise

Rezha
Bogor
Maret 8, 2022

berdasarkan analisa saya banyak terjadinya ekploitasi lingkunga dipapua, mengingat tanah itu adanya operasi tambang besar-besaran serta adanya perambahan hutan yang dilakukan perusahaan kelapa sawit. dengan ini perlu kita kampanye kan melalui media sosial mengenai pelanggaran yang dilakukan perusahaan di tanah papua dan kepulauan maluku sehingga dapat di blacklist dari bursa bisnis. dengan langkah pemboikotan ini akan membuat perusahaan mati langkah dalam menjalankan perusahaannya.

Afdol Khosum
Kota Medan, Sumatera Utara.
Maret 8, 2022

Saya berharap hutan hutan di Indonesia termasuk Maluku dijadikan sebagai objek pariwisata supaya pemerintah lebih memperhatikan hutan nasional.
Begitu juga dengan flora dan fauna seperti hewan cendrawasih semoga hewan langka ini menjadi ikon tempat wisata yang dilindungi oleh pemerintah indonesia

Elfrit Tumanggor
Medan
Maret 8, 2022

Human

We are not the only living creatures in this earth. We live in a harmony with other creatures such as nature, animals… We cant live alone. We need all of them. And they need home for their lives, which is the forest.

How dare you to take down their home? What do you want to do if they gone? What we can do for living without the forest?!

#DefendingParadise

Putri Amelia
Jakarta
Maret 8, 2022

Mari kita jaga dan lestarikan hutan hutan yang indah!!!

hani
Karawang
Maret 8, 2022

Ayo kita lestarikan hutan-hutan yang ada di Papua dan kepulauan Maluku! Karna disana terdapat banyak keindahan alam contohnya ada habitat cendrawasih yang sekarang ini sudah mulai banyak dirusak dan disalah gunakan hanya untuk kepuasan semata . Kegiatan EcoNusa dan Cornell Lab of Ornithology yang berkolaborasi dalam kampanye #DefendingParadise mengajak kita untuk melindungi flora dan fauna agar tidak punah secepatnya. Mari ikut serta dalam menjaga bumi tercinta kita Bagi Papua dan Kepulauan Maluku, bagi Indonesia Tanah Air kita merdeka sumber daya nya!

Sinta Berliani
Kabupaten Bandung
Maret 8, 2022

Hai generasi muda, mari bersama mendukung #defendingparadise
Semangat menjaga hutan yang ada,
Semangat memperbaiki hutan yang rusak,
Semangat mempersiapkan warisan (hutan dan ekosistemnya) bagi anak cucu nantinya.
Salam lestari, salam econusa.

Siti Masfiroh
Kabupaten Siak, Riau
Maret 8, 2022

Papua dan Maluku yang saat ini menjadi sumber kekayaan alam terbesar di indonesia bahkan dunia dan juga merupakan tempat kekayaan Flora dan Fauna, maka dari itu mari kita bersama-sama lestarikan hutan Papua dan Maluku untuk mencegah perubahan iklim, yang mana dunia masih berada dalam bahaya darurat iklim menurut sekjen PBB, bersama-sama menjaga dan melestarikan hutan papua dan maluku

Afif Maruf
Sorong, Papua Barat
Maret 8, 2022

Negara mega biodiversitas, disandang Indonesia karena kekayaan flora faunanya. Sayangnya, dari tahun ke tahun kekayaan Indonesia makin berkurang. Cendrawasih yang awalnya terbang bebas, terhalang habitat yang tak lagi sama. Hal yang sama terjadi pada keanekaragaman flora kita. Sebagai penyandang Heaven Of Earth, sudah sewajarnya kita menjaga alam khususnya hutan, serta apa yang tinggal didalamnya. Hutan yang rindang, flora dan satwa yang kaya menjadi daya tarik dan kekayaan Indonesia. Sama halnya dengan manusia yang berhak hidup, satwa dan flora juga berhak untuk hidup dengan aman.
Jika, bukan kita yang menjaga lantas siapa lagi?. Apakah harus menanti alam marah dahulu? Atau harus menunggu satwa liar melawan?.

Hanifah
Kota Magelang
Maret 8, 2022

Kalau bukan kita siapa lagi ?

Hutan Indonesia mewakili sekitar 44 persen luas hutan di wilayah Asia Tenggara yang terus menghadapi peningkatan deforestasi (Abood, 2015). Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK, 2018), meskipun mengalami penurunan yang signifikan sejak tahun 2014, deforestasi di Indonesia masih terus berlanjut hingga saat ini.
Deforestasi di Provinsi Papua Barat mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak tahun 1990-1996 hingga tahun 1996-2000, terhitung sebesar 11372,99 hektar.

apa sih yang perlu kita lakukan sebagai anak muda yang peduli akan keberlangsungan habitat satwa endemik yang setiap tahun berkurang ? bisa dengan ikut kegiatan yang berbau pelestarian lingkungan hidup dan ikut kampanye peduli lingkungan

ayo kawan kawan kita ikut Youth Digital Campaigner for Climate Crisis yang diadakan oleh ECONUSA bersama kita #Defendingparadise di indonesia timur

ilham akbar firmana
Pontianak,Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Kerusakan alam terjadi karena kita, padahal kita juga yang akan merasakan dampaknya. Kesadaran, inisiatif, kolaborasi dan upaya penganggulangan eksploitasi sumber daya alam (SDA) dan konservasi alam menjadi tanggung jawab kita semua. SELAMATKAN ALAM, SELAMATKAN BUMI!
#DefendingParadise #GoGreen #SaveOurPlanet

Muhamad Zakaria
Semarang, Jawa Tengah
Maret 8, 2022

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata
Arus.. Arus.. Arus..
Seperti yang kita ketahui bahwa hutan merupakan suatu sumber daya yang mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup. Kelestarian hutan yang terjaga dengan baik akan membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan makhluk hidup dimuka bumi. Menjaga kelestarian hutan sama dengan kita menjaga dan menyelamatkan kehidupan didalamnya.
Saya Jhonatan Yuditya Pratama, Dayak Youth Ambassador dari Kalimantan Barat mengajak kita semua untuk ambil bagian dalam kampanye #DafendingParadise.

Mari bersama kita jaga kelestarian hutan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melaksanakan aksi ini? Jika bukan sekarang maka kapan lagi untuk beraksi?

Jhonatan Yuditya Pratama
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 8, 2022

Masih ada waktu untuk melindungi dan menjaga kelestarian hutan sebagai benteng pertahanan terakhir. hutan sangatlah penting untuk keberlangsungan keanekaragaman tumbuhan dan satwa. Hutan adalah warisan cagar budaya untuk menjaga ekosistem kehidupan.

Agung prawoto anton wijaya
Lamongan jawa timur
Maret 8, 2022

Haloo! saya Cindy, saya sangat mendukung kegiatan ECO NUSA dalam campagn melestarikan alam dan hutan huta terutama di daerah Papupa dan Maluku yang masih asri dan asli, yang juga menjadi rumah berbagai satwa unik khas Indonesia. Semoga kegiatan kegiatan seperti ini dapat memupuk rasa cinta alam dan peduli terhadap alam sekitar demi keberlangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya.

Yosefina Cindy Batta Wuwur
Kota Maumere,NTT
Maret 8, 2022

Saat ini banyak hutan hutan di Indonesia yang terancam kelestarian nya seperti hutan di Papua dan Kepulauan Maluku yang semakin hari semakin memprihatinkan. Padahal seperti yang kita ketahui hutan di tanah Papua dan Kepulauan Maluku menjadi rumah bagi cendrawasih serta flora dan fauna yang endemik yang langka dan perlu dijaga dan dilestarikan. Oleh karena itu mari kita jaga hutan kita agar makhluk hidup yang ada di dalam nya tidak punah dan dapat terjaga hingga nanti. Jaga alam jaga masa depan

Pera Munika
Pekanbaru
Maret 8, 2022

Dukung #DefendingParadise. Jaga Habitat Cenderawasih Bersama Kami!

Rahmad Cahyadi
Kota Medan
Maret 8, 2022

Saat ini banyak hutan hutan di Indonesia yang terancam kelestarian nya terutama di tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang menjadi habitat utama berbagai jenis makhluk hidup seperti cendrawasih dan fauna lainnya serta flora endemik yang terancam punah. Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan kita dan agar makhluk hidup yang ada di dalam nya dapat terjaga hingga nanti. Jadi, mari jaga hutan dan makhluk hidup yang ada di dalamnya untuk kebaikan di masa depan. Dukungan kita sangat diperlukan untuk bersama-sama jaga hutan kita dan makhluk hidup nya.

Pera Munika
Pekanbaru
Maret 8, 2022

Jika kita masih percaya bahwa “Tanah kita tanah surga” maka saya percaya bahwa Papua dan Kepulauan Maluku merupakan surga kehidupan yang sesungguhnya. Papua dengan dengan biodiversitas yang tinggi, satu diantara yang tersisa dari paru-paru dunia, kehidupan masyarakat yang selalu selaras bersama dengan alam yang lestari. Apa kita mau surga kita terancam? #DEFENDINGPARADISE satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan tanah surga kita.

Fariz Choirul Wildan
Bogor
Maret 8, 2022

Saya mendukung kegiatan #DefendingParadise ini yang ditujukan untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Setiap habitat adalah wilayah yajg wajib dilestarikan. Apalagi daerah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik

Khairiah El Marwiah
Bengkulu
Maret 8, 2022

Tingginya biodiversitas yang ada di tanah Papua dan Maluku menjadi tanda bahwa ekosistem hutan masih sehat dan dapat menjalankan perannya dengan baik sebagai penjaga keseimbangan iklim bumi dan menyediakan suplai kehidupan.

sesilia silvia kowi
Jayapura
Maret 8, 2022

STOP Pembasmian Hutan di tanah Papua dan kepulauan Maluku. Mari Hijaukan kembali untuk masa depan bumi kita.

Robinson Umbu Ndami Pindi Praing
Sumba Timur
Maret 8, 2022

Kalo bukan hutan Papua & Maluku, dimana lagi cendrawasih CS akan bernyanyi dan menari? Dalam kotak pajangan kaca? Oh tidak! LET`S GO #DEFENDINGPARADISE!

Desi Ayu Triana
Jakarta
Maret 8, 2022

saya generasi muda, saya peduli
#DefendingParadise

dzikril hakim
yogyakarta
Maret 8, 2022

Alam dan kita tidak jauh berbeda dari pada pertemanan, persahabatan, persaudaraan. Menjaga alam sama dengan menjaga kita dan ekosistem yang ada disekitar kita.
#defendingparadise

MUHAMMAD PUJIANTO
KETAPANG, KALIMANTAN BARAT
Maret 8, 2022

Memaknai hutan sebagai rumah menjadi refleksi terhadap keadaan dewasa ini. Sebagai bagian dari keistimewaan di Indonesia, kian lama hutan menjelma tanaman homogen bahkan dari tanahnya kini tumbuh bata terpoles semen. Memang betul jikalau pemanfaatan hutan sudah terbagi dan tertulis secara sistematis sesuai peruntukannya tetapi “istimewa” itu menjebak dan membuat kita merasa di atas angin. Menjaga hutan bukan sekedar memberi pagar, menempatkan serdadu, atau bahkan menghukum orang tua renta yang masuk sekedar menggendong patahan cabang kayu untuk menanak nasi. Lebih jauh dari itu, menjaga hutan berarti melestarikan seluruh komponen di dalamnya termasuk habitat yang melekat. Pelajaran sekaligus pemahaman tentang rantai makanan perlu kita bersama buka kembali, mengapa hewan buas ada, mengapa spora ada, dan seterusnya. Memang membuat baru selalu lebih mudah dan menjadi solusi terbaik dibandingkan merawat atau memperbaiki. Banyaknya gerakan menanam pohon misalnya lebih banyak diadakan dibandingkan gerakan merawat pohon-pohon yang sudah ditanam sebelumnya. Ketika hutan metamorfosis menjadi lahan dan tak sedikit terjadi gesekan dengan cepat kita mencari “siapa” bukan “apa” inilah salah satu hal sederhana yang sering kita abaikan dan terus berulang. Memang sudah banyak individu yang sadar, yang dulu pemalak hutan, dulu pemburu kini menjadi lantang bersuara untuk menjaga hutan tetapi kita masih butuh lebih banyak lagi individu yang peduli hal tersebut. Bergerak bersama dengan latar belakang yang majemuk untuk satu capaian yang sama, menciptakan kembali taman eden untuk habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik.

Ghalif Putra Sadewa, S.Sn., M.Sn.
Yogyakarta
Maret 8, 2022

Cukup dia aja yg ga bisa jaga perasaan aku,tapi kmu tolong ya jaga perasaan aku untuk tidak mengotori dan membuang sampah di hutan ini

Rino Azhar
Jakarta
Maret 7, 2022

Tanah Papua memang tanah yang kaya sekali. Sa sadar akan itu waktu sa ada di bangku kuliah saat sa belajar tentang bagaimana membuat bahan obat dari bahan alam. Kebetulan saat ini sa kuliah di jurusan farmasi, dan ada beberapa mata kuliah di kampus yang tugas akhirnya itu kita di suruh mencari tumbuhan yang ada di alam Papua yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan untuk di teliti.
Beberapa bulan lalu sa sempat baca salah satu artikel yang diterbitkan ECONUSA tentang keragaman flora khas Papua, dan salah satu tumbuhan yang di angkat adalah anggur papua (Sararanga sinuosa), karena penasaran akhirnya sa membaca lagi jurnal-jurnal ilmiah tentang anggur papua dan ternyata anggur papua juga punya manfaat yang sangat besar bagi tubuh yaitu kandungan polifenol yang punya peran sebagai antioksidan untuk lawan radikal bebas. Selain anggur papua ada beberapa tumbuhan endemis Papua yang diangkat dalam artikel itu dan sudah pasti tumbuhan-tumbuhan itu pun memiliki segudang manfaat. Kalau hutan Papua rusak, bagaimana nasib tumbuhan-tumbuhan itu? Bagaimana juga dengan pohon-pohon penghasil oksigen untuk kita? Selain fitoplankton yang berjasa sebagai penyedia oksigen utama, pohon juga turut berkontribusi dalam memproduksi oksigen. Jika hutan kita habis, maka perubahan iklim akan terjadi.
Sa dukung Defending Paradise untuk sama-sama tong jaga HUTAN PAPUA DAN MALUKU karena HUTAN mampu memberikan KEHIDUPAN bagi kita, jadi jangan biarkan KRISIS IKLIM terjadi di antara kita.
Ayo tong jaga tong pu HUTAN dan menjadi generasi muda peduli KRISIS IKLIM!

Johant Warry
Jayapura
Maret 7, 2022

Saya sangat mendukung penuh #DefendingParadise untuk pelestarian hutan di Indonesia Timur khususnya di Tanah Papua.

Yosepus steven Nunaki
Wondama/ Papua Barat
Maret 7, 2022

Saya sangat medukung penuh pelestarian hutan di papua dan maluku, seperti yang kita tahu indonesia merupakan negara yang memiliki hutan ke-2 terbesar di dunia, maka secara langsung indonesia menjadi paru-paru dunia, dan peran indonesia sangat penting untuk menekan kenaikan suhu bumi.
Saya sebagai generasi muda sangat sadar betapa pentingnya mejaga hutan kita yang berada di papua dan maluku, sangat di sayangkan beberapa orang tidak sadar dengan menebang pohon , pembakaran lahan untuk kepentingan sendiri tanpa berpikir panjang tentang dampak yang di timbulkan setelahnya, banyak fauna yang kehilangan tempat tinggal, banyak flora yang mati atau bahkan punah. Bukan cuma manusia yang membutuhkan oksigen, semua makhluk hidup membutuhkannya,
Maka saya sangat mendukung penuh kegitan pelestarian hutan untuk kehidupan makhluk hidup kedepannya.

Rizki Amalia
Sorong / Papua Barat
Maret 7, 2022

Flora dan fauna Indonesia terancam. Tanah Papua dan Kepulauan Maluku harus kita selamat. Jangan biarkan flora fauna Indonesia punah karena kehilangan habitatnya. Sudah saatnya kita saling bergandengan melindungi bumi Papua dan Maluku untuk kelestarian lingkungan dan keberlangsungan hidup berbagai tumbuhan dan satwa Indonesia yang tinggal di hutan-hutan Papua dan Maluku. Mari dukung #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Nyalakan semangatmu dan tunjukkan aksi nyatamu!!!

Amatullah Hanifalimah
Klaten
Maret 7, 2022

Melalui Form ini saya Ahmad Yani salah satu pemuda asal Sumbawa tetapi tinggal di Lombok Barat-NTB mengutarakan Pesan Dukungan untuk semua kalangan masyarakat untuk peduli dan sama-sama merawat alam yang kita cintai: “Jagalah lingkunganmu tetap bersih untuk sebuah kehidupan yang sehat”
kata mutiara di atas menjadi salah satu pesan dukungan agar semua kalangan masyarakat menyadari bahwa lingkungan yang bersih sangatlah penting untuk suatu kehidupan yang sehat, sehat hari ini, sehat untuk masa depan bahkan untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang.

Ahmad Yani
Labuapi-Lombok Barat
Maret 7, 2022

Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dengan komitmen yang serius dan menerapkan upaya pelestarian yang berkelanjutan

Subkhan
Bogor
Maret 7, 2022

Saya berusaha membawa dan menyimpan sampah yg saya punya, jika tidak menemukan tempat sampah, lalu membuangnya. Memungut sampah yg terlihat dalam pandangan saya, jika sy bepergian ke suatu tempat. Mengolah minyak bekas dan mengirimnya pada bank minyak jelantah, sebagai dukungan terhadap pengurangan polusi air dan tanah. Menanam beberapa tanaman rindang di depan rumah. Sy ingin menerapkan hal-hal sederhana tersebut untuk kehidupan generasi kita sebagai kebiasaan yang baik. Karena semua hal baik dimulai dari diri sendiri.

Soesyanti
Jawa Barat, Depok
Maret 7, 2022

Kami percaya bahwa Tanah Papua yang berkeadilan hanya bisa dicapai jika Alam dan Lingkungannya di kelolah secara adil dan lestari bagi kesejahteraan manuasia di Tanhah Papua.

Waldine Praxedes Meak
Kabupaten FakFak-Papua Barat
Maret 7, 2022

Deforestasi di wilayah papua sudah semakin meluas, belum ada langkah tegas dari pemerintah dalam menangani masalah ini. Kelestarian lingkungan khususnya hutan Papua harus terus dijaga karena hutan Papua merupakan habitat dari banyak flora dan fauna endemik dan juga tempat tinggal bagi beberapa suku pengunungan. Saya sangat mendukung kampanye ini agar hutan Papua tetap menjadi salah satu penyuplai oksigen, KEHATI (keanekaragaman hayati), dan pelopor kelestarian lingkungan bagi Indonesia dan dunia. Ayo anak muda Indonesia kita dukung kampanye ini agar hutan Papua tetap terjaga!

Helmi Jauhari
Nabire
Maret 7, 2022

Yuk mari kita sama sama menjaga pelestarian hutan di Indonesia khususnya di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Wilayah ini merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Jadi sudah sepatutnya kita menjaga dan tidak merusak apalagi memanfaatnya untuk kepentingan pribadi, kalo bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi?

Rieke Hendrayani
Serpong
Maret 7, 2022

Mari senantiasa jaga alam kita supaya kedepan anak cucu kita bisa melihat keindahan alam ini

Nik Amul Lia
Kota Pati Jawa Tengah
Maret 7, 2022

Indonesia memiliki berbagai keindahan didalamnya. Selain keindahan karna keberagaman suku dan budayanya, keindahan pulau dan lingkungannya pun kerap menjadi destinasi yang menakjubkan. Tetapi kini ligkungan disekitar kita tanpa diadari sudah semakin tercemar. Be Aware, guys! Kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi? Kalau bukan kita yang memulai bawa perubahan yang baik, siapa lagi? Ini tanggung jawab aku, kamu, dan kita semua. Yuk dukung #DefendingParadise bareng aku.

Seravia Marieta Ayunanda Sines
Samarinda, Kalimantan Timur
Maret 7, 2022

Semangat untuk econusa!! Dinosaurus terakhir kita harus terjamin kehidupannya dan aman dari segala macam yang akan membahayakannya.

Paru Ramadhan
Bogor, Jawa Barat
Maret 7, 2022

indonesia merupakan negara yang kaya sumber daya alam terutama hutan, maka dari itu ayo, jaga dan rawat kekayaan alam ini agar senantiasa selalu menghasilkan kebermanfaatan bagi kita semua,
#salam lestari

dandy akbar syuhara
bandung
Maret 7, 2022

Saya menyatakan dukungan atas penjagaan dan pelestarian hutan sebagai habitat bagi Cendrawasih Papua dan Maluku. Mereka spesies endemik yang perlu dijaga keberadaannya, karena jika bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? menunggu mereka tidak tersisa satupun? Menunggu sampai anak cucu kita hanya tahu melalui gambar dan video maya karena mereka sudah tidak nyata?

#DefendingParadise
#JagasatwaIndonesia

Kinanti Firdasani
Bandung
Maret 7, 2022

Alam diciptakan untuk membantu keseimbangan hidup. Maka dari itu, jangalah egois dan buta oleh keserakahan. Ayo, tetap jaga dan lestarikan hutan bukan saja bagi kepentingan kita (manusia), melainkan juga untuk kesejahteraan dan kelestarian flora dan fauna. Pembangunan boleh, asal tetap mengutamakan kesejahteraan ciptaan lain dan keseimbangan lingkungan hidup ya!

Resti Seli
Kota Kupang/NTT
Maret 7, 2022

Bersama kita tinbgkatkan kepekaan anak muda terhadap krisis iklim

Oka Sugawa
Surakarta
Maret 7, 2022

Pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia, terkhusus di Maluku dan Papua sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Namun, upaya pelestarian tersebut selalu terhambat karena berbagai faktor. Mulai dari oknum yang tak bertanggung jawab hingga kurangnya kesadaran masyarakat. Oleh karenanya, upaya pelestarian ini perlu digalakkan. Adanya upaya-upaya dari LSM ataupun organisasi kemanusian lainnya dalam mengupayakan pelestarian perlu kita dukung dengan baik. Seperti halnya yang dilakukan oleh EcoNusa ini. Tetap semangat dan tetap teguh dalam mengupayakan pelestarian! Karena satu uluran tangan akan berdampak pada pelestarian keanekaragaman hayati yang ada di Maluku dan Papua. Jangan putus asa walaupun banyak hambatan yang menghadang! Karena banyak orang yang ada di Maluku, Papua, maupun seluruh Indonesia yang siap mendukung di belakang barisan. Lelah kalian akan terbayar dengan senyuman para satwa dan bermekarnya flora yang ada! Tetap semangat dan teruslah berjuang demi keseimbangan ekosistem di bumi Indonesia Timur!

Egy Rachma Zulvita
Karanganyar, Jawa Tengah
Maret 7, 2022

Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata
Arus.. Arus.. Arus..
Seperti yang kita ketahui bahwa hutan merupakan suatu sumber daya yang mendukung kehidupan berbagai makhluk hidup. Kelestarian hutan yang terjaga dengan baik akan membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan makhluk hidup dimuka bumi. Menjaga kelestarian hutan sama dengan kita menjaga dan menyelamatkan kehidupan didalamnya.
Saya Jhonatan Yuditya Pratama, Dayak Youth Ambassador dari Kalimantan Barat mengajak kita semua untuk ambil bagian dalam kampanye #DafendingParadise.

Mari bersama kita jaga kelestarian hutan. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melaksanakan aksi ini? Jika bukan sekarang maka kapan lagi untuk beraksi?

Jhonatan Yuditya Pratama
Pontianak, Kalimantan Barat
Maret 7, 2022

Hutan memiliki peranan penting dalam menstabilkan iklim, menghasilkan makanan, air, kayu, obat-obatan, dan sebagainya. Hutan harus dijaga!! Mari sama-sama kita jaga hutan kita! melestarikan hutan untuk kelangsungan hidup, mulai dengan hal yang paling mudah seperti tidak membuang sampah secara sembarangan di hutan, dan tidak menebang pohon secara sembarangan.

Amelia Khoirunnisa A.
Kalideres, Jakarta Barat
Maret 7, 2022

Wahai ummat manusia mari bersama menjaga dan melindungi Hutan dan Satwa di Bumi Cenrawasih demi Anak cucu kita

Abd. Malik Halik
Parepare, sulawesi selatan
Maret 7, 2022

Saya sangat mendukung pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Selain banyaknya ekosistem flora & fauna endemik juga memiliki keanekaragaman hayati jika dikolaborasikan dengan pengetahuan dan SDM yang tepat akan menjadi sumber pendapatan bagi Negara. Selain itu, menjaga ekosistem yang berlangsung dengan program Eco-Tourism serta dukungan dari beberapa pihak seperti pemerintahan pusat maupun setempat maupun dari pihak luar dengan tujuan bersama untuk melestarikan keindahan alam di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dari generasi ke generasi dengan versi ramah lingkungan. Memberikan edukasi kepada penduduk setempat untuk selalu menjaga kelangsungan ekosistem alam. Memberikan fasilitas pendukung seperti penanaman bibit mangrove, tidak menggunakan plastik/ kantong yang ramah lingkungan, program save earth lainnya yang ramah lingkungan merupakan salah satu langkah yang tepat mengurangi dampak dari krisis iklim. Terimakasih.

Farhah Ryha
Jakarta
Maret 7, 2022

semoga hutan di maluku dan papua dapat lestari.

i nyoman wira darma putra
denpasarm bali
Maret 7, 2022

Pentingnya menjaga alam papua untuk anak cucu nanti

Ocha Ibo
Sentani Jayapura
Maret 7, 2022

tetap semangat jangan menyerah untuk melestarikan hutan kita

Tomi hadi saputra
NTB
Maret 7, 2022

Cendrawasih adalah salah satu hewan ikonik yang ada di Indonesia, lebih tepatnya berada di Papua. Namun sayangnya habitat asli dari hewan cantik satu ini terancam punah karna penebangan hutan liar yang makin marak di lakukan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab, mari lestarikan hutan, mari lestarikan habitat cendrawasih. Mari kita sama-sama memelihara hutan agar ekosistem alam tetap terjaga dan hewan-hewan endemik seperti cendrawasih dan kawan-kawan nya tidak punah.

Ayu Enjelia
Sendawar, kabupaten Kutai barat, Kalimantan timur
Maret 7, 2022

Salam Adil dan Lestari!!
Sebagai Generasi Milenial kita harus lebih mencintai dan melindungi alam kita karena manusia tanpa hutan akan punah karena mereka satu kesatuan yang tak dapat di pisahkan maka dari itu jaga dan rawatlah

Isnan Sayid Maulana
Palangka Raya/Kalimantan Tengah
Maret 7, 2022

Bumi dan manusia itu memiliki kesamaan. Tumbuhan adalah rambut kita , udara adalah nafas kita, tanah adalah kulit kita. Jika kita dicubit atau rambut kita dicabut , kita sbg manusia merasa sakit tidak? Nah begitupun bumi. Bumi sudah merasakan sakit yg luar biasa akibat keserakahan manusia. Oleh karena itu, untuk saatnya stop eksploitasi bumi dan seisinya. Manfaatkan secukupnya. Jangan sampai hutan didaerah timur Indonesia bernasib sama seperti hutan di Sumatera, Kalimantan dll.

Muhamad khonjin
Jawa tengah
Maret 7, 2022

Hutan adalah anugerah Tuhan yang begitu baik dicipta dan menjadi habitat hewan dan tumbuh-tumbuhan yang patut kita jaga kelestariannya. Mari kita kembalikan fungsinya seperti sedia kala, terkhusus hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku yang menjadi habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Semangat lestari, semangat melindungi hutan kita bersama🤍🙌🏞

Merry Handani Marpaung
Kota Jambi
Maret 7, 2022

mari sama-sama menjaga kelestarian tanah papua dan maluku, agar anak dan cucu-cucu kita, kelak dapat merasakan indahnya alam yang berada di wilayah Timur Indonesia

Indah Sri Rahayu
Kota Padang
Maret 7, 2022

Siapa yang bisa hidup tanpa hutan? Bukan hanya satwa dan tumbuhan, manusia pun tidak bisa. Lantas apakah kamu rela melihat hutan-hutan terus bertumbang dan menghilang? #DefendingParadise

Mita
Garut
Maret 7, 2022

Mari tetap lestari kan dan jaga hutan Maluku tetap lestari

Andreas Siagian
Tanjungbalai Asahan Sumatera Utara
Maret 7, 2022

Saya sangat tertarik untuk mengikutinya

Leni Vera Ibo
Jayapura
Maret 7, 2022

Saya mendukung sepenuhnya untuk pelestarian alam Maluku dan Papua supaya alam Maluku dan Papua tetap menjadi alam yang tropis sebagai paru-paru dunia.
Alam yang begitu indah dengan hutan yang luas harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi ke depan dapat menikmatinya.

Ellis siregar
Manokwari
Maret 7, 2022

ayo basudara samua katong sama – sama jaga katong pung paru – paru alam ( Hutan Maluku )

mariana. s. j. suripatty
Tual Maluku tenggara
Maret 7, 2022

Menjaga habitat makhluk hidup yang lain seperti menjaga habitat kita sendiri

Nurul izzati purnamasari
Dki jakarta
Maret 7, 2022

Hijaunya hutan tak akan tampak tanpa birunya lautan, begitupula sebaliknya. Tanpa keduanya, itulah warna krisis iklim.

Abdee Wahab
Pinrang, Sulawesi Selatan
Maret 7, 2022

Ayo pelihara hutan dan alam kita agar kita dapat memiliki masa depan yang lebih baik

Yolanda Duwiri
Jln. Kesehatan II, Abepura
Maret 7, 2022

Tingginya biodiversitas yang ada di tanah Papua dan Maluku menjadi tanda bahwa ekosistem hutan masih sehat dan dapat menjalankan perannya dengan baik sebagai penjaga keseimbangan iklim bumi dan menyediakan suplai kehidupan.
Lebih lanjut,upaya penyelamatan hutan Papua dan Maluku perlu dilakukan demi utuhnya potensi kekayaan hayati yang belum terjadi.

Sesilia silvia kowi
Jayapura
Maret 7, 2022

Semangat terus. Semoga bisa menjadi lebih baik untuk kedepannya. Sukses selalu!!

Keyla Muharimbi Fatimah Puncuna
Jakarta Utara
Maret 7, 2022

Foto

Gunomili bembok
Pulau gaga
Maret 7, 2022

Saya Siti Fatonah mendukung kampanye #DefendingParadise untuk menyuarakan pelestarian hutan-hutan di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Saya ingin anak cucu/generasi penerus mendatang masih bisa menikmati keindahan serta menikmati manfaat dari keberadaan hutan-hutan di Papua dan Kepulauan Maluku yang merupakan habitat cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik. Hutan Indonesia Timur merupakan benteng pertahanan terakhir yang dimiliki Indonesia setelah banyak dari hutan di wilayah Indonesia Barat utamanya Kalimantan dan Sumatera telah menjadi sasaran deforestasi besar-besaran menjadi wilayah perkebunan kelapa sawit dan tambang, jangan sampai hutan di Indonesia Timur bernasib serupa,terlebih hutan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tinggal disekitarnya.

Siti Fatonah
Boyolali
Maret 7, 2022

hutah sangat penting didalam kehidupan sehari-hari karna sangat banyak yang bergantung pada hutan untuk keberlangsungan hidup selain hewan manusia juga sangat membutuhkannya, namun sangat disayangkan di era sekrang ini banyak oknum atau pihak hanya mementingkan mereka tanpa memikirkan dampak dan resikonya, banyan hutan yang kini berubah menjadi kebun, menjadi pabrik industri bahkan membuka lahan tambang tanpa harus meninjau atau pertimbangan-pertimbangan yang sangat merugikan

Andri Darmawan
Aceh Tamiang
Maret 7, 2022

Semangat terus menjaga dan merawat Hutan. Semoga kita tidak kehilangan Hutan dan penghuni Hutan.

Damayanti
Sumatera Utara
Maret 7, 2022

Saya memberikan dukungan penuh untuk melestarikan hutan Papua dan Maluku untuk kita jaga bersama untuk masah depan generasi kita yang akan datang untuk menikmati hasil hutan yang akan di manfaatkan oleh generasi muda kita sekarang ini dan kapan pun yang akan datang untuk itu kita harus jaga hutan dari sekarang.

Salerus Kamogou
Merauke
Maret 7, 2022

Hallo kawan-kawan aku berasal dari Maluku Utara, Kepulauan Sula. Hari ini aku memberikan dukungan ini karena beberapa pekan kemarin EcoNusa memuat beberapa foto tentang sebuah pualau di tempat saya yang hampir hilang. Dengan begitu maka Jelas aku ingin terlibat aktif dalam upaya mengkampamyekan kerusakan lingkungan sebagai bentuk tanggungjawab sosial aku kepada Bumi, karena Bumi butuh kita….!!!

Iksan Buamona
Bali
Maret 7, 2022

Lestarikan bumi Papua untuk Indonesia maju
#DefendingParadise

Saga
Kab bekAsi
Maret 7, 2022

Saya mendukung gerakan #DefendingParadise. Hutan sebagai rumah bagi flora dan fauna yang tidak bisa digantikan oleh taman kota, penting untuk kita lestarikan bersama, demi kemashlahatan hidup di bumi ini #ThereIsNoPlanetB . Manusia hidup bukan hanya untuk diri sendiri tapi bagaimana mampu menjaga alam dan menebar kebermanfaatan untuk disekitar kita. Ayo bersama-sama kita jaga habitat Cenderawasih dan ratusan ribu flora dan fauna endemik di tanah Papua dan Kepulauan Maluku. Hutan Lestari, Habitat Cenderawasih Berseri.

Zahrul Fuadi
Lhoksukon, Aceh Utara
Maret 7, 2022

Perkenalkan nama saya elfrit Tumanggor dari medan

Pesan dukungan saya
Saya berharap melestarikan hewan langka seperti cendrawasih adalah bentuk upaya mencintai ciptaan tuhan

Cendrawasih adalah hewan langka yang sudah lama di Indonesia dan salah satu ikon yang di kenal di negara Indonesia.
Saya sangat berharap habitat dari pada hewan yang indah ini selalu di jaga supaya perkembangan hewan ini selalu ada sampai masa yang akan datang

Elfrit Tumanggor
Jalan pintu air 4 gang riamasar Simalingkar b medan
Maret 7, 2022

Lahir sebagai warga negara Indonesia adalah hal yang paling saya syukuri. Dengan anugerah Tuhan yang melimpah, khususnya sumber daya alam, baik flora maupun fauna. Anugerah itu mayoritas masih tersisa di timur Indonesia. Maluku dan Papua menjadi rumah terakhir bagi flora dan fauna endemik. Sebagai generasi muda, saya mengajak teman-teman di luar sana untuk sama-sama menyuarakan untuk #DefendingParadise. Mari kita jaga surga kecil yang jatuh ke bumi ini!

Muhamad Nuralamsyah
Kota Tangerang Selatan, Bante
Maret 7, 2022

Alam nusantara bak nirwana. Layaknya kita menjaga sesuatu yang kita sayangi karena keberhargaanya. Harta karun yang dimiliki alam nusantara juga perlu untuk selalu dijaga, terlebih lagi dilestarikan. Agar kecantikan dan keindahannya tidak hanya berhenti di kita, namun hingga anak cucu kita.

Gabrilia Dewi Narwastuti
Salatiga
Maret 7, 2022

DefendingParadise atau mempertahankan surga memang hastag yang tepat untuk event ini. Karena tujuannya adalah melindungi tempat tempat yang membuat bumi kita bak surga.. Hutan hutan yang menjerit di kawasan daratan luas seperti Papua, Maluku dan Kalimantan memang sudah saatnya jadi concern kita semua terutama generasi muda. Di sadari atau tidak, perubahan iklim yang semakin unexpected adalah salah satu signal yang alam kirimkan ke kita, pertanda bahwa mereka sedang tidak baik baik saja, bahwa mereka butuh bantuan kita. Semoga visi dan misi dari event ini bisa tercapai sesuai harapan kita semua ya. Yuk #DefendingParadise bareng bareng 🤟

NURBANI HUDA
Bogor
Maret 7, 2022

Dampak dari pemanasan global yang telah kita rasakan saat ini seperti meningkatnya suhu permukaan bumi, kekeringan, banjir dan bencana alam lainnya. Menjaga dan melestarkkan hutan merupakan salah satu cara untuk menanggulangi pemanasan global. Saya mendukung agar hutan-hutan yang ada tidak dieksploitasi melainkan dijaga dan dilestarikan.