Open Call

To support our organization, EcoNusa Foundation open calls for companies / organizations to offer their goods or services, which we may currently need. Below is a list of the goods or services we are currently in need of:

Yayasan EcoNusa merupakan organisasi nirlaba yang menjalankan peran sebagai jembatan komunikasi antar pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia dan mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan sumber daya alam dan konservasi kepada pengambil kebijakan di daerah dan pusat. Untuk mendukung peran tersebut, Yayasan EcoNusa akan mengadakan program Journalist Fellowship khusus bagi jurnalis di Jayapura dan Sorong.

Journalist Fellowship ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada jurnalis di Jayapura dan Sorong untuk memberitakan cerita pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan yang ada di wilayahnya. Program ini akan berlangsung di bulan September – Desember 2021, karena itu, Yayasan EcoNusa membuka penawaran dari organisasi/aliansi jurnalis yang tertarik mendukung program ini.

Alur dan mekanisme

  • Organisasi/aliansi jurnalis mengirimkan proposal ke Yayasan EcoNusa paling lambat 10 September 2021
  • Organisasi/aliansi memberikan presentasi terkait proposal yang diberikan paling lambat 15 September 2021
  • Organisasi/aliansi yang terpilih akan diminta untuk melengkapi administrasi dan menandatangani kontrak Kerjasama paling lambat 17 September 2021

 

Hasil yang diharapkan

  • Proposal penawaran
  • Organisasi/aliansi yang dapat bekerjasama dengan Yayasan EcoNusa sesuai dengan ketentuan yang ada di Yayasan EcoNusa

 

Kriteria

  • Organisasi/aliansi yang berpengalaman dalam menjalankan program Journalist Fellowship
  • Memiliki jaringan jurnalis di Jayapura dan Sorong
  • Memiliki pengetahuan terkait isu lingkungan

 

Pengiriman proposal dapat ditujukan ke Stephanie melalui email [email protected]

Yayasan EcoNusa berkembang dengan begitu cepat termasuk didalamnya program kinerja di berbagai wilayah dan pertumbuhan jumlah karyawan yang tersebar di berbagai daerah. Mobilitas yang tinggi dan medan kerja menjadi tantangan dan keunikan dari EcoNusa.Dengan begitu, EcoNusa mengupayakan adanya perlindungan kesehatan untuk karyawan dan keluarga karyawan sebagai salah satu bentuk dukungan dan fasilitas yang diberikan organisasi. Perlindungan kesehatan meliputi Jaminan Kesehatan dari Pemerintah (BPJS Kesehatan) dan asuransi swasta.

Asuransi kesehatan swasta yang sedang berjalan periode 2020-2021 di EcoNusa, akan selesai di September 2021. Untuk itu EcoNusa membuka penawaran dari vendor/perusahaan asuransi yang tertarik memberikan penawaran proposal jasa asuransi ke EcoNusa untuk periode 2021 – 2022.

Alur dan mekanisme

  • Perusahaan asuransi/vendor mengirimkan proposal ke Yayasan EcoNusa. Untuk detail nya bisa menghubungi PIC EcoNusa terkait jumlah staf, premi, jenis manfaat dll – deadline sampai 14 Agustus 2021
  • Perusahaan asuransi/vendor yang terpilih memberikan presentasi terkait proposal – deadline 20 Agustus 2021
  • Yayasan EcoNusa akan menghubungi Perusahaan asuransi/vendor yang terpilih dan menandatangani kontrak kerjasama – deadline 25 Agustus 2021

 

Hasil yang diharapkan

  • Proposal penawaran jasa asuransi yang detail seperti manfaat, mekanisme claim, Fasilitas Kesehatan rekanan, dll.
  • Presentasi Proposal
  • Sosialisasi manfaat asuransi ke semua karyawan EcoNusa untuk Perusahaan Asuransi/vendor terpilih.

 

Kriteria

  • Perusahaan Asuransi/vendor memiliki pengalaman dalam menyediakan jasa asuransi ke corporate.
  • Memiliki platform penggunaan jasa asuransi yang bisa diakses lewat online (aplikasi, dll).
  • Memiliki layanan Telehealth/Telemedicine.
  • Memiliki Fasilitas kesehatan (RS/Klinik) rekananan di seluruh Indonesia, dan di prioritaskan Indonesia Timur khususnya Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara

 

Waktu dan tempat pelaksanaan

Semua proposal dan korespondensi ditujukan ke Yayasan Ekosistim Nusantara (ECONUSA) Up. Rentika Sinaga.

Jl Maluku No 35 RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia  Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631  

Email: [email protected]

 

Sejak EcoNusa didirikan tahun 2017 dan mulai aktif operasional tahun 2018, EcoNusa memegang  teguh nilai-nilai organisasi yang diyakini dan berupaya mengimplementasikan dengan konsisten.  Salah satu nilai organisasi yaitu “integritas” yang meliputi transparansi dan akuntabilitas. Dalam  upaya mewujudkan akuntabilitas, sejak awal laporan keuangan EcoNusa diperiksa setiap tahun  oleh Akuntan Publik yang teregistrasi di Kementerian Keuangan dan berafiliasi dengan Akuntan Publik Internasional.  

Laporan keuangan yang diaudit tidak sebatas laporan program dari masing-masing donor,  tetapi EcoNusa melakukan audit laporan keuangan organisasi, artinya kompilasi dari seluruh  program dan organisasi. Dengan demikian pada laporan aktivitas mencerminkan besaran dana yang dikelola oleh EcoNusa dan pada laporan neraca dapat menunjukkan berapa harta EcoNusa  secara keseluruhan.  

Proses Audit  

  1. Audit sementara (Audit Interim) atau audit pendahuluan yang akan dilakukan pada bulan  Agustus 2021, untuk memeriksa transaksi keuangan dan dokumen kelengkapannya periode  Januari – Juni 2021. Tujuan dilakukan audit pendahuluan adalah agar pemeriksaan dokumen  keuangan dapat dilakukan dengan lebih cermat dengan memperhitungkan jumlah dana  yang dikelola tahun 2021 lebih besar dibandingkan dengan tahun 2020. Pada tahap ini,  Kantor Akuntan Publik tidak mengeluarkan opini audit atas hasil pemeriksaannya.  
  2. Kunjungan lapangan ke beberapa lokasi program (sampling). 
  3. Audit secara keseluruhan tahun buku 2021, yaitu memeriksa seluruh transaksi keuangan  mulai Januari – Desember 2021. Pemeriksaan transaksi Januari – Juni 2021 berdasarkan hasil  audit pendahuluan yang digabungkan dengan hasil pemeriksaan transaksi Juli – Desember  2021.  
  4. Laporan hasil audit tahun buku 2021 yang dilengkapi dengan opini audit dan management letter.  

Hasil Diharapkan (output) :  

  1. Pemeriksaan dokumen transaksi keuangan lebih teliti dan cermat  
  2. Pemeriksaan transaksi keuangan di lapangan “cek dan ricek” dan untuk mendapatkan  masukan serta gambaran kondisi riil di lapangan.  
  3. Audit Interim akan menghasilkan pemeriksaan dokumen keuangan tahun berjalan (dari  bulan Januari sampai dengan Juni 2021, tanpa Opini Audit. 
  4. Seluruh proses audit akan menghasilkan dokumen laporan Audit Keuangan tahun buku 2021 yang antara lain meliputi:  
    • Laporan Audit Keuangan Program RFN – MFA (EIFF) tahun buku 2021.  Di dalam laporan harus dituliskan secara khusus opini Auditor pada pada sebuah paragraf mengenai kelemahan utama pengendalian internal dan ketidakpatuhan pada  ketentuan perjanjian hibah. 
    • Laporan Audit Keuangan Lembaga tahun buku 2021. Di dalam laporan Audit lembaga harus ditampilkan informasi saldo awal tahun (n going  balance), dana yang diterima (income), pengeluaran (expenses) dan saldo akhir tahun (outgoing) balance.
  5. Kedua laporan audit keuangan diatas harus dilengkapi dengan Opini Audit dan Manajemen Letter yang meliputi :
    • Mengevaluasi dan mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pada sistem dan pengendalian keuangan serta rekomendasi untuk perbaikan pengendalian internal.
    • Menyampaikan tingkat kepatuhan (compliance) pada ketentuan keuangan.
      Laporan Manajemen harus menyertakan tanggapan mitra penerima hibah ata hal-hal yang disampaikan oleh Auditor.
    • Komentar atau pendapat khusus tentang sistem pengelolaan dana Lembaga.
    • Komentar atas pendapat tentang sistem pencatatan keuangan dan control yang diperiksa selama audit termasuk untuk laporan pembukuan dan keuangan proyek sesuai sistem kebijakan dan prosedur lainnya serta norma-norma administrative keuangan untuk proyek dari Donor RFN-MFA (EIFF).
  6. Laporan Audit diharapkan selesai dalam waktu 2 (dua) bulan.
  7. Dokumen Laporan Audit Keuangan di atas dibuat dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.

Alur atau Mekanisme Pelaksanaan  

  1. Penyediaan Jasa akuntan publik mengirimkan proposal yang dilengkapi dengan penawaran harga selambat-lambatnya tanggal 6 Agustus 2021.
  2. Proses seleksi proposal dilakukan selama 5 hari. Penilaian proposal  berdasarkan :
    1. Metode yang digunakan ;
    2. Waktu yang dibutuhkan ;
    3. Pengalaman KAP (termasuk memiliki afiliasi dengan luar negeri) ;
    4. Biaya yang ditawarkan dan
    5. CV Tim Auditor.
  3. Proposal dari KAP yang terpilih akan diinformasikan secara resmi melalui email ke alamat KAP terpilih.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan  

Semua proposal dan korespondensi ditujukan kepada Yayasan Ekosistem Nusantara (EcoNusa)  

Up. Ibu Etik Mei Wati  

Jl Maluku No 35 RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia  Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631  

Email : [email protected]  

EcoNusa melihat pentingnya peran pemuda dalam berbagai aksi pelestarian alam. Untuk itu, EcoNusa mengajak kaum muda dan publik untuk turut menjaga hutan. Rockin’ Paradise Gelora Muda dipilih sebagai analogi aksi dan semangat dari para pemuda berperan penting menjaga surga Tanah Papua dan Maluku. Sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib menjaga Tanah Surga Indonesia.

Sebelumnya pernah digelar Konser Hutan Merdeka pada Agustus 2020 sebagai bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun 2021, konser serupa akan kembali digelar berkaitan dengan Sumpah Pemuda. Konser ini juga bertepatan dengan serangkaian kegiatan pemuda lainnya dalam rangkaian Aksi Muda Jaga Iklim, diharapkan dapat membangun kepedulian dan aksi nyata pemuda untuk krisis iklim.

Acara ini diselenggarakan bertujuan untuk:

  1. Mengumpulkan keterlibatan pemuda dalam membangun aksi perlindungan ekosistem hutan dan dampak dari krisis iklim
  2. Membangun kesadaran publik terhadap fungsi hutan dan partisipasi untuk menjaga hutan 
  3. Memberikan wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia dalam upaya menjaga Tanah Surga, Indonesia
  4. Menggalang testimoni dukungan publik untuk menjaga Tanah Surga: Defending Paradise
  5. Mempromosikan semangat keberagaman dan berkebangsaan Indonesia

 

Dengan hasil yang diharapkan berupa:

  1. Partisipasi dan keterlibatan dari 10.000 penonton dari tayangan live streaming konser 
  2. Partisipasi dari 1.000 testimoni di laman dukungan Defending Paradise
  3. Partisipasi dari setidaknya 9 publik figur untuk mengisi pagelaran konser dan promosinya 
  4. Adanya pemahaman publik atas pentingnya perlindungan ekosistem hutan dan laut serta krisis iklim, khususnya di Tanah Papua dan Kepulauan Maluku dalam bentuk #DefendingParadise.

 

Mitra pelaksana berfungsi sebagai eksekutor dan konsultasi kreatif dan teknis

  • Pra produksi
    • Desain produksi & pengaturan pengisi acara
    • Latihan dan aransemen musik homeband
    • Potensi distribusi dan kemitraan
  • Produksi
    • Equipment, studio, crew, multimedia, decorations/art
    • Dokumentasi foto dan video (BTS, promo)
    • Logistik, konsumsi
  • Pasca produksi
    • Editing, mastering
    • Promo video
    • Launching/delivery

 

Syarat dan ketentuan:

  • Proposal termasuk
    • Konsep acara
    • RAB (termasuk pajak)
    • Profil Lembaga
  •  
  • Peserta bidding merupakan lembaga berbadan hukum di Indonesia (memiliki NPWP, legalitas, SIUPP, akta) (bukan personal), memiliki keahlian dalam pelaksanaan event, khususnya event musik, memiliki jaringan di industri musik dan penyiaran

  • Proposal diajukan via email ke [email protected] paling lambat 24 September 2021 pukul 12.00 WIB dengan subyek: PROPOSAL ROCKIN’ PARADISE_nama lembaga

Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved
Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved