Open Call

To support our organization, EcoNusa Foundation open calls for companies / organizations to offer their goods or services, which we may currently need. Below is a list of the goods or services we are currently in need of:

Sejak EcoNusa didirikan tahun 2017 dan mulai aktif operasional tahun 2018, EcoNusa memegang  teguh nilai-nilai organisasi yang diyakini dan berupaya mengimplementasikan dengan konsisten.  Salah satu nilai organisasi yaitu “integritas” yang meliputi transparansi dan akuntabilitas. Dalam  upaya mewujudkan akuntabilitas, sejak awal laporan keuangan EcoNusa diperiksa setiap tahun  oleh Akuntan Publik yang teregistrasi di Kementerian Keuangan dan berafiliasi dengan Akuntan Publik Internasional.  

Laporan keuangan yang diaudit tidak sebatas laporan program dari masing-masing donor,  tetapi EcoNusa melakukan audit laporan keuangan organisasi, artinya kompilasi dari seluruh  program dan organisasi. Dengan demikian pada laporan aktivitas mencerminkan besaran dana yang dikelola oleh EcoNusa dan pada laporan neraca dapat menunjukkan berapa harta EcoNusa  secara keseluruhan.  

Proses Audit  

  1. Audit sementara (Audit Interim) atau audit pendahuluan yang akan dilakukan pada bulan  Agustus 2021, untuk memeriksa transaksi keuangan dan dokumen kelengkapannya periode  Januari – Juni 2021. Tujuan dilakukan audit pendahuluan adalah agar pemeriksaan dokumen  keuangan dapat dilakukan dengan lebih cermat dengan memperhitungkan jumlah dana  yang dikelola tahun 2021 lebih besar dibandingkan dengan tahun 2020. Pada tahap ini,  Kantor Akuntan Publik tidak mengeluarkan opini audit atas hasil pemeriksaannya.  
  2. Kunjungan lapangan ke beberapa lokasi program (sampling). 
  3. Audit secara keseluruhan tahun buku 2021, yaitu memeriksa seluruh transaksi keuangan  mulai Januari – Desember 2021. Pemeriksaan transaksi Januari – Juni 2021 berdasarkan hasil  audit pendahuluan yang digabungkan dengan hasil pemeriksaan transaksi Juli – Desember  2021.  
  4. Laporan hasil audit tahun buku 2021 yang dilengkapi dengan opini audit dan management letter.  

Hasil Diharapkan (output) :  

  1. Pemeriksaan dokumen transaksi keuangan lebih teliti dan cermat  
  2. Pemeriksaan transaksi keuangan di lapangan “cek dan ricek” dan untuk mendapatkan  masukan serta gambaran kondisi riil di lapangan.  
  3. Audit Interim akan menghasilkan pemeriksaan dokumen keuangan tahun berjalan (dari  bulan Januari sampai dengan Juni 2021, tanpa Opini Audit. 
  4. Seluruh proses audit akan menghasilkan dokumen laporan Audit Keuangan tahun buku 2021 yang antara lain meliputi:  
    • Laporan Audit Keuangan Program RFN – MFA (EIFF) tahun buku 2021.  Di dalam laporan harus dituliskan secara khusus opini Auditor pada pada sebuah paragraf mengenai kelemahan utama pengendalian internal dan ketidakpatuhan pada  ketentuan perjanjian hibah. 
    • Laporan Audit Keuangan Lembaga tahun buku 2021. Di dalam laporan Audit lembaga harus ditampilkan informasi saldo awal tahun (n going  balance), dana yang diterima (income), pengeluaran (expenses) dan saldo akhir tahun (outgoing) balance.
  5. Kedua laporan audit keuangan diatas harus dilengkapi dengan Opini Audit dan Manajemen Letter yang meliputi :
    • Mengevaluasi dan mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pada sistem dan pengendalian keuangan serta rekomendasi untuk perbaikan pengendalian internal.
    • Menyampaikan tingkat kepatuhan (compliance) pada ketentuan keuangan.
      Laporan Manajemen harus menyertakan tanggapan mitra penerima hibah ata hal-hal yang disampaikan oleh Auditor.
    • Komentar atau pendapat khusus tentang sistem pengelolaan dana Lembaga.
    • Komentar atas pendapat tentang sistem pencatatan keuangan dan control yang diperiksa selama audit termasuk untuk laporan pembukuan dan keuangan proyek sesuai sistem kebijakan dan prosedur lainnya serta norma-norma administrative keuangan untuk proyek dari Donor RFN-MFA (EIFF).
  6. Laporan Audit diharapkan selesai dalam waktu 2 (dua) bulan.
  7. Dokumen Laporan Audit Keuangan di atas dibuat dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.

Alur atau Mekanisme Pelaksanaan  

  1. Penyediaan Jasa akuntan publik mengirimkan proposal yang dilengkapi dengan penawaran harga selambat-lambatnya tanggal 6 Agustus 2021.
  2. Proses seleksi proposal dilakukan selama 5 hari. Penilaian proposal  berdasarkan :
    1. Metode yang digunakan ;
    2. Waktu yang dibutuhkan ;
    3. Pengalaman KAP (termasuk memiliki afiliasi dengan luar negeri) ;
    4. Biaya yang ditawarkan dan
    5. CV Tim Auditor.
  3. Proposal dari KAP yang terpilih akan diinformasikan secara resmi melalui email ke alamat KAP terpilih.

Tempat dan Waktu Pelaksanaan  

Semua proposal dan korespondensi ditujukan kepada Yayasan Ekosistem Nusantara (EcoNusa)  

Up. Ibu Etik Mei Wati  

Jl Maluku No 35 RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia  Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631  

Email : [email protected]  

Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved
Copyright ©2021.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved