EcoNusa Team

Midaria Novawanty Saragih

Mida Saragih adalah analis kebijakan, spesialis manajemen pengetahuan dan komunikasi, berpijak dari karirnya di Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) dan Program USAID BIJAK. Mida memiliki latar belakang profesional di bidang lingkungan dengan ragam spesifikasi, mulai dari advokasi, kampanye publik, perencanaan program, relasi media hingga riset kebijakan yang terfokus pada kelautan dan perikanan, iklim dan gerakan CSOs, serta ekonomi politik regional. Dia bergabung bersama KIARA sejak 2007 dan kemudian ditunjuk sebagai Koordinator Riset Kebijakan dan Pengelolaan Pengetahuan yang memampukannya menghasilkan berbagai publikasi dan memfasilitasi pembentukan organisasi masyarakat bersama dengan berbagai kelompok nelayan serta petambak, yakni KNTI (Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia) dan PPNI (Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia). Selama bekerja di KIARA, dia juga merawat jaringan masyarakat sipil yang fokus pada Komunitas ASEAN dan advokasinya, dan memiliki satu kegiatan utama yakni membangun forum di mana masyarakat sipil dapat membawa rekomendasi dari akar rumput dan membahasnya bersama 10 negara anggota ASEAN.

Pada 2016, dia bergabung bersama USAID BIJAK yang memiliki visi penyelamatan alam, flora dan fauna Indonesia. Dia mendapat peran untuk mengawal revisi UU Konservasi hingga mengembangkan dan mengeksekusi kampanye secara terintegrasi yang bekerja sama dengan pemangku kepentingan, yakni CSO’s, pemerintah, MUI dan sektor swasta untuk memastikan tercapainya milestone dari Rencana Kerja USAID BIJAK. Modul dan Pelatihan Strategi Komunikasi Konservasi Alam untuk Direktorat Jenderal KSDAE-KLHK merupakan salah satu capaian pekerjaannya, untuk memastikan hadirnya kolaborasi antara 74 Unit Pelaksana Teknis Konservasi dengan masyarakat, kelompok kaum muda dan organisasi lokal, dengan tidak menanggalkan identitas dari kearifan lokal yang ada.

Mida mempelajari ilmu ekonomi politik, ekonomi pembangunan dan kebijakan internasional di Prodi Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Padjadjaran dan ilmu hukum, kebijakan nasional dan regional di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada.

Team Lainnya

Mochammad Fikri berkecimpung di bidang multimedia sejak 2014. Sebelumnya, Maman,

Read More »

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved