Strategi Kami

Dukungan Komunikasi Strategis Untuk Indonesia Timur

EcoNusa bertujuan untuk membuat serangkaian pusat komunikasi di seluruh Indonesia Timur untuk mengumpulkan informasi untuk masyarakat adat dan komunitas lokal, organisasi masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya. Kami menyadari betapa pentingnya membangun jembatan penyebaran informasi di kalangan masyarakat Maluku dan Papua dan seluruh dunia.

EcoNusa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di Maluku dan Papua untuk mengkomunikasikan informasi termutakhir yang mudah dicerna tentang ancaman yang ada dan terus muncul terhadap hutan dan ekosistem laut di kawasan ini kepada dunia luar. Salah satu topik penting adalah hal yang menyangkut pembuatan strategi untuk mempertahankan persentase maksimum tutupan hutan di Papua sambil meningkatkan mata pencaharian masyarakat adat dan komunitas lokal. EcoNusa bekerja bersama dengan kelompok-kelompok masyarakat untuk membangun pengaruh dan kapasitas mereka terkait pembangunan berkelanjutan. Kami juga membayangkan sebuah pusat komunikasi atau setidaknya sebuah lembaga yang mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan data yang paling relevan dan berpengaruh untuk dunia luar.

Jenis Pusat Komunikasi Seperti Apa?

Bersama para pemangku kepentingan di tingkat tapak, EcoNusa telah merancang masa depan pusat komunikasi yang efektif yang mencakup elemen-elemen berikut:

  • Memantau dan menelusuri perkembangan yang sedang berlangsung yang akan berdampak signifikan terhadap hutan dan penduduk lokal.
  • Mengumpulkan dan menyebarluaskan informasi terbaik yang ada tentang pemanfaatan lahan dan pembangunan di Indonesia Timur dalam bentuk yang mudah dicerna.
  • Menyusun informasi yang diperlukan tentang klasifikasi penggunaan lahan, proyek pemetaan partisipatif, konsesi, dan lainnya, untuk memperjelas ancaman-ancaman yang dihadapi hutan dan laut di Indonesia Timur.
  • Membangun hubungan dengan jurnalis dan media yang kredibel dan populer secara nasional dan internasional agar mendorong mereka untuk meliput isu lokal, seperti gerakan masyarakat lokal yang patut mendapatkan atensi masyarakat Indonesia dan dunia.
  • Meningkatkan visibilitas media sosial tentang isu-isu lokal dan meningkatkan dampaknya bagi organisasi masyarakat sipil lokal.
  • Meningkatkan minat masyarakat untuk melindungi hutan di Indonesia Timur di tingkat nasional termasuk pelibatan pemerintah, swasta, donor, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Memberikan serangkaian diskusi publik strategis tentang pembangunan berkelanjutan di kawasan antara Papua dan Jakarta.

Mengapa Pusat Komunikasi Perlu Dibangun?

Dengan keterbatasan liputan media di Indonesia Timur, media lokal, masyarakat sipil, masyarakat lokal enggan atau tidak mampu memberikan informasi terkini tentang berbagai ancaman terhadap persoalan-persoalan lingkungan. Minimnya informasi dan pengumpulan berita tersebut hingga saat ini menghambat pihak-pihak yang berkepentingan untuk terus mengikuti perkembangan persoalan wilayah Indonesia Timur dan melakukan upaya pencegahan terhadap isu-isu hutan dan pemanfaatan lahan. EcoNusa berupaya untuk mengisi celah ini dengan menyediakan jaringan institusi baru yang akan memberikan informasi yang komprehensif, akurat, dan tepat waktu tentang peristiwa yang sedang berlangsung di Maluku dan Papua ke masyarakat ke seluruh daerah lainnya.

Strategi Lainnya

Copyright ©2022.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved