Bekerja di EcoNusa

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif local Tanah Papua dan Maluku di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog di antara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepemimpinan Lingkungan Anak Muda.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Atasan : Monitoring, Evaluation and Learning (MEL) Manager

Lokasi Kerja : Jayapura / Sorong / Ambon

TUJUAN PEKERJAAN

Pekerjaan ini bertujuan untuk memberikan dukungan khususnya bagi operasionalisasi Unit MEL dan pelaksana program terkait pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran yang didapatkan dari pelaksanaan program di Yayasan EcoNusa.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Memberikan dukungan kepada MEL Manager dalam pengawasan dan pengelolaan sistem MEL serta strategi pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran;
  • Melakukan pemantauan kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh organisasi sesuai dengan kerja dan kemajuan pelaksanaan seluruh program sesuai dengan standar dari Manual MEL yang dikembangkan;
  • Memberikan dukungan dalam penyusunan desain prosedur, format-format, dan panduan terkait MEL;
  • Terlibat dalam koordinasi dan pemutakhiran sistem yang digunakan dalam pemantauan dan pelaporan termasuk pengujian secara daring dan penyempurnaannya jika diperlukan;
  • Melakukan pengumpulan dan penyimpanan data ke dalam monitoring database dan membantu memastikan pendokumentasian informasi kegiatan termasuk hasil-hasil program yang mudah diakses;
  • Memberikan kontribusi dalam pemantauan dan evaluasi program yang dilaksanakan oleh organisasi dan donor;
  • Mendukung pengembangan konsep dan pendokumentasian proses-proses pembelajaran dari pelaksanaan program-program Yayasan EcoNusa berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan;
  • Melaksanakan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, melakukan analisis dokumen, dan mengolah data-data MEL;
  • Menyusun laporan kegiatan Unit MEL secara berkala dengan tepat waktu sesuai dengan format maupun instrumen yang digunakan;
  • Menyusun Kerangka Acuan Kerja (Terms of Reference) yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan- kegiatan Unit MEL;

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Sarjana S1 ilmu-ilmu sosial yang berpengalaman dalam pelaksanaan MEL untuk program- program pembangunan atau pengembangan masyarakat yang dijalankan oleh organisasi nirlaba. Pengalaman kerja dalam isu lingkungan akan sangat mendukung pekerjaan ini. Ketrampilan dalam menggunakan piranti lunak seperti MS Office dan aplikasi digital lainnya akan sangat mendukung pelaksanaan tugas-tugas untuk posisi ini.
  • Pengalaman kerja pada posisi yang sama minimal 3 tahun.
  • Memiliki pemahaman baik tentang ME frameworks termasuk logic model dan Theory of Change;
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan dalam menuliskan cerita-cerita dari lapangan atau laporan kegiatan akan mendukung posisi ini;
  • Cekatan dalam bekerja dengan kecermatan dan ketekunan;
  • Kreatif dan responsif.

HUBUNGAN KERJA

Internal : MEL Officer akan bekerja bersama dengan tim di MEL dan unit-unit lain di EcoNusa. Eksternal

Eksternal : MEL Officer akan berkolaborasi dengan pihak-pihak yang relevan.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “MEL Officer_(nama)” paling lambat 10 Oktober 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan: Koordinator Regional Kepala Burung Papua

Lokasi Kerja: Sorong

Level: Officer / Senior Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Peran Marine and Fisheries Coordinator ini ditujukan untuk menkoordinir pelaksanaan proyek USAID Ber-IKAN dan USAID Kolektif di wilayah Kepala Burung Burung Papua serta memastikan terbangunnya hubungan internal dan eksternal dan menjamin kualitas seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat pesisir dan penguatan kelembagaan lokal dalam mendukung pengelolaan perikanan dan peningkatan mata pencaharian yang berkelanjutan.

Personil memiliki peran utama dalam memastikan seluruh indikator capaian donor terpenuhi melalui proses kolaborasi, koordinasi, pemantauan, dan evaluasi, termasuk memastikan penguatan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) untuk mendukung pengawasan perikanan, memfasilitasi pendafataran kapal dan implementasi logbook untuk perikanan skala kecil, penguatan kelompok nelayan skala kecil dalam usaha perikanan berkelanjutan, melaksanakan kegiatan peningkatan kesadartahuan dan inisiatif lokal lainnya di tingkat komunitas.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Menyusun rencana program kerja dan anggaran program yang menjadi lingkup tanggung jawabnya yaitu pemberdayaan masyarakat pesisir dan kelembagaan lokal pesisir dalam mendukung pengelolaan perikanan dan peningkatan mata pencaharian yang berkelanjutan.
  2. Memastikan penguatan Pokmaswas untuk mendukung kegiatan pengawasan perikanan secara mandiri.
  3. Menkoordinir proses pendaftaran kapal penangkap ikan skala kecil dan pelaksanaan logbook perikanan skala kecil.
  4. Menkoordinir penguatan kelompok nelayan skala kecil dalam usaha perikanan berkelanjutan, termasuk memperkuat koperasi/KUB, Poklahsar/Pokdarwis dalam mengoperasikan model bisnis independen untuk memajukan perekonomian masyarakat adat dan komunitas lokal pesisir.
  5. Menkoordinir pelaksanaan kegiatan peningkatan kesadartahuan di tingkat kampung, khususnya peningkatan kesadaran untuk melindungi dan melaporkan tangkapan sampingan spesies laut yang langka, terancam punah, dan dilindungi (Endangered, Threatened, and Protected/ ETP).
  6. Menkoordinir pengembangan local champion sebagai penggerak perubahan perilaku sosial yang mendukung praktik perikanan berkelanjutan.
  7. Menkoordinir pelaksanaan inisitaif lokal yaitu peraturan kampung terkait penanganan konservasi keanekaragaman hayati, mulai dari sosialiasi, rangkaian pertemuan penyusunan peraturan kampung, konsultasi publik, hingga pengesahan peraturan dan diseminasi.
  8. Membangun koordinasi dan komunikasi internal dan eksternal untuk mendukung akselerasi pelaksanaan kegiatan, terutama dengan pemerintah daerah, pemerintah kampung, akademisi, mitra strategis, KSOP, aparat pengawasan perikanan, penyuluh perikanan, PSDKP, dan lembaga lainnya yang relevan.
  9. Memberikan dukungan bagi program associate, tim pelaksana teknis, dan mitra strategis melalui kerja kolaboratif, pemantauan berkala, identifikasi area perbaikan, dan strategi adaptasi untuk menyelaraskan dengan program-program strategis atau perubahan dalam pelaksanaan program.
  10. Menyusun laporan kegiatan unit Regional Kepala Burung yang berkaitan dengan proyek USAID Ber-IKAN dan USAID Kolektif secara berkala sesuai dengan format maupun instrumen yang digunakan.
  11. Memberikan asistensi dalam pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan panduan dari atasan.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

Pendidikan dan keterampilan

  • Sarjana S1 atau S2 ilmu-ilmu sosial dan atau kelautan dan perikanan yang berpengalaman dalam pelaksanaaan program pemberdayaan masyarakat pesisir, penguatan kelembagaan lokal pesisir, dan perikanan berkelanjutan.
  • Keterampilan dalam menggunakan piranti lunak seperti MS Office dan aplikasi digital yang relevan sangat mendukung pekerjaan ini.

Pengalaman Kerja

  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang kelautan dan perikanan, pemberdayaan masyarakat pesisir yang melibatkan multi pemangku kepentingan serta memahami pengelolaan program.
  • Pengalaman bekerja untuk isu perikanan berkelanjutan, khususnya di Indonesia Timur bersama komunitas, lembaga pemerintah, mitra lokal menjadi nilai lebih.
  • Pengalaman dalam mengelola, mengkoordinasi, dan melaksanakan program-program pengembangan kapasitas akan mendukung pekerjaan dalam posisi ini.

Kemampuan Spesifik

  1. Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  2. Cekatan dalam bekerja dengan kecermatan dan ketekunan
  3. Kreatif dan responsif

HUBUNGAN KERJA

Internal: Marine and Fisheries Coordinator akan bekerja intensif bersama Regional Coordinator Kepala Burung Papua dan Program Associate

Eksternal: Marine and Fisheries Coordinator akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa serta pemangku kepentingan program dan mitra kunci

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Marine and Fisheries Coordinator_(nama)” paling lambat 4 September 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Merencanakan dan melaksanakan rencana kegiatan dan anggaran yang berkaitan dengan pengelolaan potensi sumber daya alam dan peningkatan kapasitas masyarakat dan mitra kerja.
  2. Melaksanakan pendampingan di wilayah kerja dan berkoordinasi dengan kepala desa, kepala adat dan pihak lain yang mempunyai peran strategis di daerah untuk memastikan adanya dukungan dari desa untuk pelaksanaan kegiatan di wilayah binaan.
  3. Mendukung dan membangun hubungan kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan pihak-phak lain.

Persyaratan

  1. Berpendidikan dalam bidang sosial, ekonomi atau lainnya yang relevan
  2. Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang pekerjaan yang dimaksud

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Program_Jayapura” paling lambat 10 Agustus 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Memberikan dukungan teknis, Mendampingi dan meningkatkan kapasitas kewirausahaan koperasi dan mitra usaha masyarakat adat.
  2. Melakukan penelitian potensi ekonomi lokal dan potensi pasar komoditi masyarakat.
  3. Memfasilitasi penyusunan rencana usaha dan implementasinya
  4. Membangun hubungan dan menjaga relasi dengan pihak-pihak terkait dalam pengembangan usaha masyarakat.

Persyaratan

  1. Berpendidikan dalam bidang sosial, ekonomi atau lainnya yang relevan
  2. Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang pekerjaan yang dimaksud

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Ekonomi_Jayapura” paling lambat 10 Agustus 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Koordinator Regional Kepala Burung

Unit Kerja: Business Development

Lokasi Kerja : Sorong

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Koordinator Pengembangan Produk Masyarakat Adat akan bertanggung jawab pada supply chain produk dari Hulu hingga Hilir, terutama memastikan kualitas raw material maupun hasil produksi dari kelompok UKM dan Koperasi. Koordinator juga bertanggung jawab untuk membuat sistem yang melingkupi alur produksi, kurasi hasil produksi, quality kontrol, pengembangan produk yang berkualitas dan pemasaran produk. Membantu dan melakukan ujicoba pengembangan produk lewat training maupun peningkatan kapasitas untuk peningkatan kualitas produk di masyarakat. Bertanggung jawab terhadap jalanya program pengembangan bisnis inkubasi dalam bidang ekowisata Homestay dan pendampingan kepada koperasi-koperasi di wilayah sorong Raya (Raja Ampat, Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Sorong Selatan).

KUALIFIKASI

Fungsi Operasional

  1. Memahami dan memiliki kemampuan untuk menyusun skema rantai pasok produk dari hulu (masyarakat) sampai Hilir (Pasar).
  2. Memiliki kemampuan dan pemahaman terkait pengembangan produk-produk lokal masyarakat adat menjadi produk turunan untuk nilai tambah produk dan memiliki daya saing di pasar lokal.
  3. Menguasai proses penanganan produk dari proses Quality control, Kurasi produk hingga menjadi produk siap jual.
  4. Mampu secara aktif untuk membangun jejaring dengan pengusaha/pelaku UKM, potential buyer, dan swalayan di wilayah Sorong Raya untuk memasarkan produk masyarakat adat.
  5. Memahami dan melakukan manajemen persediaan barang seperti First In First out (FIFO), First Expired First Out (FEFO), dan Last In First Out (LIFO).
  6. Melakukan perhitungan bisnis dan mampu mendokumentasikan dalam laporan keuangan bisnis.
  7. Bertanggung jawab untuk secara akurat mengisi dan memperbarui semua catatan gudang termasuk Buku Besar, info stock dan lembar kontrol stok. Jumlah yang dicatat pada dokumen-dokumen ini HARUS sesuai dengan stok fisik harian di Sikim.
  8. Membuat sistem pengisian yang siap audit dan terorganisir dengan baik untuk semua file, catatan, dan laporan komoditas. Pastikan semua dokumen, laporan, dan file aman dan disimpan di tempat yang aman.
  9. Memahami dan melakukan Standar Operasional prosedur untuk kualitas produk, pemasaran, skema rantai pasok dan produksi.
  10. Memahami konteks Papua untuk pengembangan bisnis berbasis masyarakat Adat dan mampu menyusun strategi pengembangan bisnis masyarakat adat.
  11. Mampu menyusun Laporan monitoring hasil lapangan.
  12. Memahami tentang konsep Bisnis Inkubasi yang kontekstual untuk pendampingan usaha masyarakat adat.
  13. Mampu dan memahami pengorganisasian masyarakat lokal untuk pengembangan bisnis.
  14. Memiliki kemampuan mengkomunikasikan/memberikan pelatihan rencana bisnis pada para pelaku usaha lokal.
  15. Memiliki kemampuan mengelola usaha berbasis ekowisata untuk masyarakat adat.

Pelaporan dan Fungsi Lainnya

  1. Periode pelaporan pengelolaan UKM satu pintu (SIKIM) dihormati dan dipatuhi dengan ketat. Laporan sudah di kirim ke Regional kepala burung paling lambat setiap tanggal 1 bulan berjalan.
  2. Siapkan ringkasan alur produk, pembukuan stok, catatan produksi, penjualan produk, laporan inventaris fisik setiap akhir bulan. Ini harus diserahkan paling lambat ke kantor sorong selambat-lambatnya setiap tanggal 1 berjalan.
  3. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Enterprise Development Officer dan Regional kepala burung terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.

KUALIFIKASI

  • Pria/Wanita Usia 25 – 40 tahun
  • Domisili di Sorong
  • Pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam bisnis manajemen, akuntansi, bisnis komoditas, sales/marketing.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang Operasional gudang dan prosedur penanganan Komoditas perkebunan dan perikanan;
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word;
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik;
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras;
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja;
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain;
  • Kemampuan untuk secara efektif mengembangkan hubungan dan berhubungan dengan Koperasi/Mitra kerja/UMKM, LSM, Swasta, dan lembaga pemerintah;
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim;

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Koordinator Pengembangan Produk_(nama)” paling lambat 20 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Lokasi Kerja : Manokwari dan Sorong

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Bertugas memelihara database spasial yang komprehensif, memberikan bantuan teknis mengenai GIS dan penginderaan jarak jauh, analisis spasial dan menfasilitasi kebutuhan pemetaan wilayah adat, kawasan perlindungan termasuk keanekaragaman hayati.

KUALIFIKASI

  1. Gelar Sarjana (S1) di bidang Geografi, Kehutanan, Ekologi Lanskap, Perikanan atau Ilmu Lingkungan atau bidang yang relevan dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  2. Pengetahuan praktis yang sangat baik tentang keterampilan analisis spasial, klasifikasi tutupan lahan/penggunaan lahan, pemetaan lapangan, dan penggunaan GPS.
  3. Kemahiran dalam mengoperasikan perangkat lunak GIS, khususnya ESRI ArcGIS Pro dan QGIS.
  4. Kemahiran dalam menggunakan Google Earth Engine.
  5. Pengalaman dalam mengembangkan database spasial

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “GIS Officer_(nama)” paling lambat 25 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi : Staf admin, ops dan logistik officer

Bidang /Unit Kerja : Administrasi, finance dan operasional

Atasan : Project Operations Coordinator

Lokasi Kerja : Manokwari

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Staff admin akan bertanggung jawab pada pengelolaan dan penginputan dokumen, surat-menyurat, serta pendataan aset kantor secara berkala.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Fungsi Operasional

  1. Staff admin menjalankan fungsi untuk memastikan seluruh pengelolaan dokumen dapat terakomodir dengan baik sampai pada saat dilaporkan.
  2. Staff membantu mengerjakan PJUM serta memeriksa kembali PJUM sebelum dikirimkan ke pihak selanjutnya
  3. Staff memastikan kebutuhan logistik bulanan office.
  4. Staff mengontrol pekerjaan dari ART kantor dalam kerja utamanya, dan menggantikan semisal ybs sedang berhalangan.
  5. Staff turut terlibat dalam mengawal kegiatan di lapangan terutama terkait administrasi dan keuangan staff PIC.

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Periode Pelaporan keuangan dan administrasi lainnya satu pintu dihormati dan dipatuhi dengan ketat. keseluruhan laporan PJUM harus segera dikirim sesuai dengan waktu pengajuan PJUM berdasarkan SOP Keuangan yang berlaku.
  2. pelaporan pjum akan disesuikan pelaopran oleh atau dari staff pic
  3. pelaporan timesheet diharuskan setiap tanggal 25 bulan berjalan

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

    • Pria/Wanita Usia 20 – 30 tahun

Domisili diutamakan di Manokwari

  • Pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam operasional, administrasi dan logistik perkantoran.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang Operasional perkantoran.
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word;
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik;
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras;
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain;
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim;

HUBUNGAN KERJA

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Project Operations Coordinator. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Staff Admin: Manokwari” paling lambat 20 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi : Staf admin, ops dan logistik officer

Bidang /Unit Kerja : Administrasi, finance dan operasional

Atasan : Koordinator Kantor Sorong Selatan

Lokasi Kerja : Sorong Selatan

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Staff admin akan bertanggung jawab pada pengelolaan dan penginputan dokumen, surat-menyurat, serta pendataan aset kantor secara berkala.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Fungsi Operasional

  1. Staff admin menjalankan fungsi untuk memastikan seluruh pengelolaan dokumen dapat terakomodir dengan baik sampai pada saat dilaporkan.
  2. Staff membantu mengerjakan PJUM serta memeriksa kembali PJUM sebelum dikirimkan ke pihak selanjutnya
  3. Staff memastikan kebutuhan logistik bulanan office.
  4. Staff mengontrol pekerjaan dari ART kantor dalam kerja utamanya, dan menggantikan semisal ybs sedang berhalangan.
  5. Staff turut terlibat dalam mengawal kegiatan di lapangan terutama terkait administrasi dan keuangan staff PIC.

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Periode Pelaporan keuangan dan administrasi lainnya satu pintu dihormati dan dipatuhi dengan ketat. keseluruhan laporan PJUM harus segera dikirim sesuai dengan waktu pengajuan PJUM berdasarkan SOP Keuangan yang berlaku.
  2. pelaporan pjum akan disesuikan pelaopran oleh atau dari staff pic
  3. pelaporan timesheet diharuskan setiap tanggal 25 bulan berjalan

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Pria/Wanita Usia 20 – 30 tahun
  • Domisili diutamakan di Sorong Selatan
  • Pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam operasional, administrasi dan logistik perkantoran.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang Operasional perkantoran.
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word;
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik;
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras;
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain;
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim;

HUBUNGAN KERJA

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Project Operations Coordinator. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Staff Admin: Sorong Selatan” paling lambat 20 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Koordinator Regional Kepala Burung Papua

Lokasi Kerja : Sorong

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Staf program associate akan bertanggungjawab untuk membantu menyususun pelaporan, mengkoordinasi proyek dan memberikan kontribusi dalam proses pengambilan keputusan dalam hal program di lapangan. bertanggungjawab terhadap jalannya program di wilayah kepala burung, memastikan setiap program berjalan sesuai dengan workplan.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Fungsi Operasional

  1. Melakukan serangkaian koordinasi termasuk diskusi informal ke level kampung dan para pihak
  2. Ikut mengontrol dan memastikan program di wilayah kepala burung berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun
  3. Membantu melakukan pendampingan dan evaluasi serta monitoring berdasarkan indikator yang berlaku
  4. Melaporkan kegiatan di lapangan kepada supervisor
  5. Memiliki kemampuan menulis laporan yang baik dan tepat sesuai SOP reporting
  6. Melaksanakan peran lain yang diberikan oleh Supervisor melalui kesepakatan bersama

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Enterprise Development Officer dan Regional kepala burung terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.
  2. Pelaporan akan langsung ke supervisor, dan terlaporkan pasca kegiatan secara on-time

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun
  • Diutamakan yang berdomisili di Sorong
  • Minimal sarjana (S1) di bidang kehutanan, ilmu lingkungan, biologi, perikanan, kelautan, pertanian dan bidang lain yang relevan
  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan Masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat,
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word;
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik;
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras;
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja;
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain;
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim;

HUBUNGAN KERJA

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Staff Program Associate: Sorong” paling lambat 20 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Koordinator Regional Kepala Burung Papua

Lokasi Kerja : Sorong Selatan

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Staf program associate akan bertanggungjawab untuk membantu menyususun pelaporan, mengkoordinasi proyek dan memberikan kontribusi dalam proses pengambilan keputusan dalam hal program di lapangan. bertanggungjawab terhadap jalannya program di wilayah kepala burung, memastikan setiap program berjalan sesuai dengan workplan.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

Fungsi Operasional

  1. Melakukan serangkaian koordinasi termasuk diskusi informal ke level kampung dan para pihak
  2. Ikut mengontrol dan memastikan program di wilayah kepala burung berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun
  3. Membantu melakukan pendampingan dan evaluasi serta monitoring berdasarkan indikator yang berlaku
  4. Melaporkan kegiatan di lapangan kepada supervisor
  5. Memiliki kemampuan menulis laporan yang baik dan tepat sesuai SOP reporting
  6. Melaksanakan peran lain yang diberikan oleh Supervisor melalui kesepakatan bersama

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Pelaporan akan langsung ke supervisor, dan terlaporkan pasca kegiatan secara on-time

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun
  • Diutamakan yang berdomisili di Sorong
  • Minimal sarjana (S1) di bidang kehutanan, ilmu lingkungan, biologi, perikanan, kelautan, pertanian dan bidang lain yang relevan
  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan Masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat,
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word;
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik;
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras;
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja;
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain;
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim;

HUBUNGAN KERJA

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Staff Program Associate: Sorong Selatan” paling lambat 20 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan : Monitoring, Evaluation and Learning (MEL) Coordinator

Lokasi Kerja : Jakarta / Sorong / Ambon

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

TUJUAN PEKERJAAN

Pekerjaan ini bertujuan untuk memberikan dukungan khususnya bagi operasionalisasi Unit MEL dan pelaksana program terkait pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran yang didapatkan dari pelaksanaan program di Yayasan EcoNusa.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Memberikan dukungan kepada MEL Coordinator dalam pengawasan dan pengelolaan sistem MEL serta strategi pemantauan, evaluasi, dan pembelajaran;
  • Melakukan pemantauan kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh organisasi sesuai dengan kerja dan kemajuan pelaksanaan seluruh program sesuai dengan standar dari Manual MEL yang dikembangkan;
  • Memberikan dukungan dalam penyusunan desain prosedur, format-format, dan panduan terkait MEL;
  • Terlibat dalam koordinasi dan pemutakhiran sistem yang digunakan dalam pemantauan dan pelaporan termasuk pengujian secara daring dan penyempurnaannya jika diperlukan;
  • Melakukan pengumpulan dan penyimpanan data ke dalam monitoring database dan membantu
    memastikan pendokumentasian informasi kegiatan termasuk hasil-hasil program yang mudah diakses;
  • Memberikan kontribusi dalam pemantauan dan evaluasi program yang dilaksanakan oleh organisasi dan donor;
  • Mendukung pengembangan konsep dan pendokumentasian proses-proses pembelajaran dari pelaksanaan program-program Yayasan EcoNusa berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan;
  • Melaksanakan koordinasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, melakukan analisis dokumen, dan mengolah data-data MEL;
  • Menyusun laporan kegiatan Unit MEL secara berkala dengan tepat waktu sesuai dengan format maupun instrumen yang digunakan;
  • Menyusun Kerangka Acuan Kerja (Terms of Reference) yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan- kegiatan Unit MEL;
  • Membagikan informasi terkait MEL dan hasil-hasil pemantauan program berdasarkan ketentuan organisasi;
  • Memberikan dukungan maupun memfasilitasi sesi diskusi terkait MEL sesuai dengan perannya kepada staf organisasi, mitra lokal, dan pihak ketiga sesuai dengan kebutuhan Unit MEL;
  • Memberikan dukungan kepada Senior Officer dalam hal penyediaan data dan informasi terkait MEL;
  • Menghadiri pertemuan-pertemuan koordinasi yang berhubungan dengan Unit MEL atau tugas-tugas lain yang relevan untuk efektivitas pelaksanaan program sesuai kebutuhan organisasi.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Sarjana S1 ilmu-ilmu sosial yang berpengalaman dalam pelaksanaan MEL untuk program- program pembangunan atau pengembangan masyarakat yang dijalankan oleh organisasi nirlaba. Pengalaman kerja dalam isu lingkungan akan sangat mendukung pekerjaan ini. Ketrampilan dalam menggunakan piranti lunak seperti MS Office dan aplikasi digital lainnya akan sangat mendukung pelaksanaan tugas-tugas untuk posisi ini.
  • Pengalaman kerja pada posisi yang sama minimal 3 tahun.
  • Memiliki pemahaman baik tentang ME frameworks termasuk logic model dan Theory of Change;
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan dalam menuliskan cerita-cerita dari lapangan atau laporan kegiatan akan mendukung posisi ini;
  • Cekatan dalam bekerja dengan kecermatan dan ketekunan;
  • Kreatif dan responsif.

HUBUNGAN KERJA

Internal : MEL Officer akan bekerja bersama dengan tim di MEL dan unit-unit lain di EcoNusa. Eksternal

Eksternal : MEL Officer akan berkolaborasi dengan pihak-pihak yang relevan.

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan
subjek “Monitoring, Evaluation and Learning Officer” paling lambat 15 Juli 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Finance Officer

Bidang Unit Kerja: Finance, Operation, HR

Atasan Langsung: Finance Manager

Lokasi Kerja: Jakarta

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Finance Officer memiliki fungsi, tugas pokok, dan kewenangan untuk keberhasilan pencapaian tujuan organisasi yang berhubungan dengan sistem dan proses akutansi keuangan, aset, dan perpajakan EcoNusa sesuai standar akutansi yang berlaku untuk organisasi nirlaba.

Fungsi tersebut meliputi: entry jurnal transaksi, proses pembukuan, laporan keuangan sesuai standard akuntansi, dan sistim filing dokumen keuangan . 

DESKRIPSI TUGAS

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Membantu Finance Manager dan Direktur Finance, Operation, HR dalam mengembangkan SOP Keuangan dan sistem keuangan yang memudahkan pelaporan keuangan.
  2. Bekerjasama dengan Finance Manager untuk memeriksa PJUM (pertanggungjawaban uang muka)
  3. Membuat voucher bank, kas dan jurnal umum dan memeriksa akurasi kelengkapan dokumen transaksi keuangan sebagai lampiran voucher.
  4. Melakukan entry jurnal transaksi harian kedalam system software akuntansi QUILL berdasarkan no voucher, kode akun anggaran masing-masing kegiatan/program/donor yang ditetapkan
  5. Memeriksa akurasi transaksi dan pencatatan kas kecil yang dilakukan oleh staf keuangan.
  6. Melakukan rekonsiliasi terhadap pencatatan menurut rekening koran bank dengan pencatatan pada buku bank setiap bulan.
  7. Mencetak dan menandatangani semua voucher bank masuk/keluar, uang muka, pertanggungjawaban uang muka dan jurnal umum kemudian diserahkan kepada Finance Manager dan Direktur Finance, Operation, HR untuk dimintakan persetujuan.
  8. Mengarsipkan bukti-bukti atau dokumen-dokumen yang merupakan dasar pembukuan secara teratur dan memudahkan penelusuran kembali jika dibutuhkan.
  9. Membantu Finance Manager dalam proses penyusunan budget dan laporan keuangan proyek donor maupun penyusunan laporan BVA.
  10. Memfasilitasi pelaksanaan audit keuangan proyek dan organisasi, yang meliputi: menyiapkan data-data dan dokumen keuangan, komunikasi dan koordinasi dengan Auditor, dan memperbaiki laporan keuangan berdasarkan koreksi auditor.

Kualifikasi

  • Pendidikan minimal D3 Akuntansi/Manajemen Keuangan

  • Menguasai sistem akuntansi

  • Mampu belajar dengan cepat tentang SOP Keuangan dan cara kerja organisasi/Yayasan.

  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang keuangan/akuntansi Organisasi/Yayasan.
  • Menguasai sistem akuntansi
  • Familiar dengan transaksi elektronik dan regulasi perbankan di Indonesia.
  • Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  • Kreatif, responsive, efisien, kompeten dan memiliki integritas
  • Ketrampilan komunikasi dan kepribadian yang kuat
  • Mahir yang solid dalam Microsoft Excel, Microsoft Word dan Powerpoint.
  • Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggat waktu yang ketat.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim.
  • Perhatian yang cermat terhadap detail.
  • Kemampuan memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah yang efektif.
  • Jujur, teliti, tekun, cekatan, bertanggung jawab atas dan mempunyai inisiatif yang tinggi atas pekerjaan
  • Perhatian terhadap detail dan ketelitian, yang juga memiliki integritas yang kuat

 

HUBUNGAN KERJA

Internal: Seluruh Unit Kerja EcoNusa

Eksternal: Dengan pihak-pihak eksternal

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “FINANCE OFFICER JAKARTA_ [nama]” paling lambat tanggal 9 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Community Business Development Officer

Bidang Unit Kerja: Business / Regional Wilayah Kepala Burung

Atasan Langsung: Kepala Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat dan EcoFund

Lokasi Kerja: Sorong

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Community Business Development Officer – bertanggung jawab Melakukan identifikasi kebutuhan dan potensi komunitas lokal di wilayah Timur Indonesia, serta mengembangkan dan memberdayakan lembaga ekonomi lokal. Selain itu, meningkatkan kapasitas lembaga ekonomi lokal dalam komoditas pertanian, perikanan, Ekowisata, pengolahan dan pengembangan produk bersama koperasi-koperasi, mitra lokal, Lembaga usaha lokal yang merupakan mitra kolaborasi Econusa.

DESKRIPSI TUGAS

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Identifikasi Kebutuhan dan Potensi Komunitas Lokal
    • Melakukan analisis kebutuhan dan potensi komunitas lokal yang relevan dengan nilai program bisnis Econusa.
    • Mengidentifikasi komoditas unggulan di sektor pertanian, perikanan, ekowisata dan pengolahan yang memiliki peluang pengembangan.
  2. Perencanaan, Pengembangan,pelaksanaan dan Evaluasi Program.
    • Membantu merancang program pengembangan bisnis berbasis komoditas lokal, termasuk strategi supply chain yang efektif.
    • Mengintgrasikan aspek keberlanjutan dalam program untuk memastikan pengelolaan sumber daya alam yang adil dan ramah lingkungan.
    • Memastikan keterlibatan aktif komunitas dalam setiap tahapan program, mulai dari perencanaan hingga implementasi.
    • Memberikan dukungan tekhnis kepada komunitas dalam mengelola usaha berbasis potensi dan komoditas lokal.
    • Melakukan pemantauan rutin terhadap pelaksanaan program untuk memastikan target dan tujuan tercapai.
    • Mengidentifikasi tantangan atau hambatan selama pelaksanaan program dan memberikan Solusi yang tepat.
    • Menyusun laporan evaluasi yang mencakup hasil, dampak sosial dan rekomendasi perbaikan program.
  3. Penguatan Rantai Nilai Bisnis
    • Mengidentifikasi peluang untuk mengintegrasikan komunitas ke dalam rantai nilai bisnis, seperti melalui pelatihan kewiraushaan, pemberdayaan ekonomi, atau kolaborasi usaha.
    • Mengembangkan model bisnis yang mendukung keberlanjutan ekonomi komunitas lokal.
  4. Lingkungan Kerja
    • Kombinasi antara pekerjaan di kantor dan lapangan, dengan frekuensi perjalanan ke lokasi komunitas yang tinggi.
    • Berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal, mitra, dan tim internal Econusa.
  1.  

Tugas-tugas lain yang relevan dengan ruang pekerkerjaan yang diberikan.

Kualifikasi

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun.
  • Domisili di Sorong.
  • Minimal lulusan S1 di bidang Manajemen, Bisnis, Pembangunan Masyarakat, Ekonomi, Agribisnis, Perikanan, Pairiwisata atau bidang terkait.
  • Pengalaman kerja minimal 2- 3 tahun di bidang pengembangan komunitas, pemberdayaan Masyarakat, pengelolaan bisnis lokal dan manajemen bisnis.
  • Pengalaman dalam sektor pertanian, perikanan, ekowisata, atau pengolahan komoditas menjadi nilai tambah.
  • Pemahaman tentang strategi pengembangan bisnis berbasis komunitas.
  • Pengetahuan tentang rantai pasok (Supply chain) dan pengelolaan usaha kecil atau menengah.
  • Ketrampilan negosiasi dan membangun hubungan dengan berbagai pihak, termasuk komunitas, mitra dan pemangku kepentingan.
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.
  • Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik untuk mengidentifikasi kebutuhan dan potensi komunitas.
  • Memiliki kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi yang jujur dan pekerja keras.
  • Mampu untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala pengembangan kewirausahaan Masyarakat dan EcoFund. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Deskripsi pekerjaan ini mencakup tugas-tugas utama. Pemegang jabatan diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman mereka.

HUBUNGAN KERJA

Internal: Seluruh Unit Kerja EcoNusa

Eksternal: Dengan pihak-pihak eksternal

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Community Business Development Officer_ [nama]” paling lambat tanggal 13 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Operation Coordinator F&B dan Gallery Produk UMKM

Bidang Unit Kerja: Business / Regional Wilayah Kepala Burung

Atasan Langsung: Kepala Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat dan EcoFund

Lokasi Kerja: Sorong

Level: Staff

TUJUAN PEKERJAAN

Operation Coordinator F&B dan Gallery UMKM – Bertanggung jawab memimpin dan mengawasi operasional harian, memastikan kelancaran layanan, serta menjaga kualitas produk dan fasilitas sesuai standar. Peran ini meliputi pengelolaan stok, koordinasi tim, pelatihan staf, penanganan keluhan pelanggan, serta pengembangan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, bertugas menjalin hubungan dengan pelaku UMKM, pemasok, dan pihak terkait, menyusun laporan operasional, serta memastikan efisiensi biaya dan kepuasan pelanggan di area F&B dan Gallery UMKM.

DESKRIPSI TUGAS

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Manajemen Operasional
    • Merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan seluruh aktivitas operasional.
    • Memastikan semua fasilitas dan peralatan berfungsi dengan baik sesuai standar operasional.
    • Mengawasi dan memastikan kelancaran operasional harian di area F&B dan Gallery UMKM
  2. Pengelolaan Produk dan Peningkatan kualitas Layanan
    • Memastikan ketersediaan produk di area F&B dan Gallery UMKM, termasuk makanan, minuman dan produk UMKM.
    • Memastikan kualitas makanan dan minuman sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.
    • Melatih dan membimbing staf dalam memberikan layanan pelanggan yang ramah dan professional.
    • Mengawasi penerapan standar layanan sesuai dengan SOP
    • Memastikan bahwa pelatihan mengenai standar pelayanan dilakukan secara rutin.
  3. Promosi dan Pemasaran
    • Mengembangkan strategi promosi untuk meningkatkan penjualan produk UMKM dan F&B
    • Memonitor efektivitas promosi dan memberikan laporan evaluasi.
  4. Koordinasi Tim
    • Memimpin team operasional untuk dapat berjalan dengan baik & termotivasi walaupun berbeda unit bisnis dan brand.
    • Membuat jadwal kerja staf dan memastikan pembagian tugas yang efisien.
    • Melakukan briefing rutin untuk memastikan tim memahami prioritas kerja harian
    • Memberikan umpan balik kepada tim untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas.
    • Memimpin dan mengembangkan tim operasional untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan.
  5. Administrasi dan Pelaporan
    • Forecasting potensi income yaitu laporan perkiraan pendapatan dalam periode (Mingguan, bulanan, tahunan)
    • Forecasting Cost Operasional yaitu laporan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk menjalankan operasi bisnis, seperti produksi, distribusi, pemasaran dan administrasi.
    • Menyusun laporan operasional harian, mingguan dan bulanan terkait F&B dan Gallery UMKM.
    • Memantau dan mengelola anggaran operasional untuk memastikan efisiensi biaya.
    • Berkoordinasi dengan manajemen bandara terkait kebutuhan operasionan atau pengembangan area.

Tugas-tugas lain yang relevan dengan ruang pekerkerjaan yang diberikan.

Kualifikasi

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun.
  • Domisili di Sorong.
  • Bachelor Degree dari jurusan apapun.
  • Pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun di Industri F&B atau UMKM, dengan pengalaman manajerial atau koordinasi operasional menjadi nilai lebih.
  • Mempunyai leadership yang kuat dan attention to details
  • Berjiwa melayani (At Your Attitude with goal and success-oriented personality)
  • Mampu berkeja dalam tekanan dan target serta bekerja individual ataupun secara team
  • Bersedia bekerja shift/weekend & mobile ke unit/cabang
  • Memiliki kemampuan dalam menganalisis data penjualan, performa produk, dan operasional untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.
  • Kemampuan dalam merancang dan mengembangkan konseo produk baru yang sesuai dengan tren pasar dan kebutuhan pelanggan.
  • Memahami dasar-dasar pengelolaan anggaran dan laporan keuangan, termasuk pengelolaan biaya operasional.
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.
  • Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik.
  • Memiliki kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi yang jujur dan pekerja keras.
  • Mampu untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala kewirausahaan Masyarakat dan EcoFund Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya.

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

Deskripsi pekerjaan ini mencakup tugas-tugas utama. Pemegang jabatan diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman mereka.

HUBUNGAN KERJA

Internal: Seluruh Unit Kerja EcoNusa

Eksternal: Dengan pihak-pihak eksternal

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Operation Coordinator F&B dan Gallery Produk UMKM_ [nama]” paling lambat tanggal 13 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Video Editor/Producer

Bidang Unit Kerja: Komunikasi

Atasan Langsung: Manager Komunikasi

Lokasi Kerja: Fleksibel / bekerja berpindah-pindah wilayah (Jakarta, Maluku, dan Papua)

Level: Officer

DESKRIPSI TUGAS

Tugas dan Tanggung Jawab

  1. Mengedit video untuk kebutuhan kampanye digital, dokumentasi, dan produksi media lainnya.
  2. Mengoperasikan kamera dan drone untuk pengambilan gambar/foto di lapangan.
  3. Mengembangkan konsep visual yang sesuai dengan narasi kampanye EcoNusa.
  4. Berkolaborasi dengan tim komunikasi untuk memastikan pesan dan nilai EcoNusa tersampaikan melalui media audiovisual.
  5. Mengelola dan menyimpan file video serta aset media lainnya secara terorganisir.

Kualifikasi

  • Pengalaman minimal 2 tahun sebagai Video Editor atau Video Producer, khususnya untuk konten digital dan dokumenter.
  • Mampu mengoperasikan software editing video profesional seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, atau software sejenis.
  • Terampil mengoperasikan kamera profesional (DSLR/mirrorless) dan drone, serta memiliki lisensi drone yang valid (lebih diutamakan).
  • Memiliki portofolio yang menunjukkan kemampuan editing video dan pengambilan gambar.
  • Kreatif, detail-oriented, dan mampu bekerja dengan tenggat waktu yang ketat.
  • Bersedia melakukan perjalanan ke daerah terpencil untuk kebutuhan pengambilan gambar.
  • Memiliki pemahaman tentang isu-isu lingkungan, masyarakat adat, dan pelestarian alam (menjadi nilai tambah).
  • Mampu bekerja sama dalam tim

Pengalaman Kerja

  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat

HUBUNGAN KERJA

Internal: Video Editor/Producer akan bekerja intensif bersama Tim Komunikasi dan semua staff internal Econusa.

Eksternal: Video Editor/Producer akan berkolaborasi dengan mitra di luar EcoNusa (jika ada)

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Lowongan Video Editor/Producer – [nama]” paling lambat tanggal 17 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Program Associate  

Bidang Unit Kerja: Regional Kepala Burung Papua

Atasan Langsung: Manager Regional Kepala Burung  

Lokasi Kerja: Sorong

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Staf Program Associate akan bertanggungjawab menyusun rencana program kegiatan, menjalankan kegiatan, monitoring dan evaluasi serta membuat laporan kegiatan program di wilayah kepala burung. Dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya Staf Program Associate harus mampu mengambil keputusan di lapangan secara cepat, cermat dan menjaga nama baik lembaga secara bertanggungjawab.

DESKRIPSI TUGAS

Fungsi Operasional  

  1. Melakukan serangkaian koordinasi termasuk diskusi informal ke level kampung dan para pihak
  2. Ikut mengontrol dan memastikan program di wilayah kepala burung berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun
  3. Membantu melakukan pendampingan dan evaluasi serta monitoring berdasarkan indikator yang berlaku
  4. Melaporkan kegiatan di lapangan kepada supervisor
  5. Memiliki kemampuan menulis laporan yang baik dan tepat sesuai SOP reporting
  6. Melaksanakan peran lain yang diberikan oleh Supervisor melalui kesepakatan bersama

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Manager Regional Kepala Burung terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.
  2. Pelaporan akan langsung ke supervisor, dan terlaporkan pasca kegiatan secara on-time

KUALIFIKASI DAN KETERAMPILAN

Pendidikan dan Keterampilan

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun
  • Diutamakan yang berdomisili di Sorong
  • Minimal sarjana (S1) di bidang kehutanan, ilmu lingkungan, biologi, perikanan, kelautan, pertanian dan bidang lain yang relevan

Pengalaman Kerja

  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat

Kemampuan Spesifik

  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik.
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain.
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

HUBUNGAN KERJA

Internal: Staff Program Associate akan bekerja intensif bersama Manager Regional Kepala Burung dan semua staff internal Econusa.

Eksternal: Staff Program Associate akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Manager Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya

Deskripsi pekerjaan ini mencakup tugas-tugas utama. Pemegang jabatan diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman mereka.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Program Associate Sorong _(nama)” paling lambat tanggal 6 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Program Associate  

Bidang Unit Kerja: Regional Kepala Burung Papua

Atasan Langsung: Manager Regional Kepala Burung  

Lokasi Kerja: 70% Bintuni dan 30% Manokwari

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Staf Program Associate akan bertanggungjawab menyusun rencana program kegiatan, menjalankan kegiatan, monitoring dan evaluasi serta membuat laporan kegiatan program di wilayah kepala burung. Dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya Staf Program Associate harus mampu mengambil keputusan di lapangan secara cepat, cermat dan menjaga nama baik lembaga secara bertanggungjawab.

DESKRIPSI TUGAS

Fungsi Operasional  

  1. Melakukan serangkaian koordinasi termasuk diskusi informal ke level kampung dan para pihak
  2. Ikut mengontrol dan memastikan program di wilayah kepala burung berjalan sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun
  3. Membantu melakukan pendampingan dan evaluasi serta monitoring berdasarkan indikator yang berlaku
  4. Melaporkan kegiatan di lapangan kepada supervisor
  5. Memiliki kemampuan menulis laporan yang baik dan tepat sesuai SOP reporting
  6. Melaksanakan peran lain yang diberikan oleh Supervisor melalui kesepakatan bersama

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Manager Regional Kepala Burung terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.
  2. Pelaporan akan langsung ke supervisor, dan terlaporkan pasca kegiatan secara on-time

KUALIFIKASI DAN KETERAMPILAN

Pendidikan dan Keterampilan

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun
  • Diutamakan yang berdomisili di Bintuni atau Manokwari 
  • Minimal sarjana (S1) di bidang kehutanan, ilmu lingkungan, biologi, perikanan, kelautan, pertanian dan bidang lain yang relevan

Pengalaman Kerja

  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.
  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat

Kemampuan Spesifik

  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik.
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja.
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain.
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

HUBUNGAN KERJA

Internal: Staff Program Associate akan bekerja intensif bersama Manager Regional Kepala Burung dan semua staff internal Econusa.

Eksternal: Staff Program Associate akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Manager Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya

Deskripsi pekerjaan ini mencakup tugas-tugas utama. Pemegang jabatan diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman mereka.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Program Associate Bintuni _(nama)” paling lambat tanggal 6 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi:Marine and Fisheries Officer

Bidang Unit Kerja: Regional Kepala Burung Papua

Atasan Langsung: Manager Regional Kepala Burung  

Lokasi Kerja: Fakfak

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Tanggung jawab Marine and Fisheries Officer ini meliputi dukungan teknis dalam pelaksanaan penguatan kelompok nelayan skala kecil dalam usaha perikanan berkelanjutan, termasuk mendampingi koperasi/KUB, Poklahsar/Pokdarwis dalam mengoperasikan model bisnis independen untuk memajukan perekonomian masyarakat adat dan komunitas lokal pesisir serta membantu memastikan pendampingan pada kegiatan penguatan Pokmaswas untuk mendukung kegiatan pengawasan perikanan secara mandiri dan memastikan jalannya proses pendaftaran kapal penangkap ikan skala kecil dan pelaksanaan log-book perikanan skala kecil.

DESKRIPSI TUGAS

Fungsi Operasional  

  1. Membantu menkoordinir secara tekhnis penguatan kelompok nelayan skala kecil dalam usaha perikanan berkelanjutan, termasuk memperkuat koperasi/KUB, Poklahsar/Pokdarwis dalam mengoperasikan model bisnis independen untuk memajukan perekonomian masyarakat adat dan komunitas lokal pesisir.
  2. Membantu mengkordinir secara tekhnis penguatan Pokmaswas (Kelompok Pengawas Masyarakat) untuk mendukung kegiatan pengawasan perikanan secara mandiri.
  3. Membangun komunikasi dan hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan di lapangan untuk keberlangsungan program perikanan terutama di wilayah dampingan.
  4. Memastikan jalannya kegiatan peningkatan kesadartahuan di tingkat kampung, khususnya peningkatan kesadaran untuk melindungi dan melaporkan tangkapan sampingan spesies laut yang langka, terancam punah, dan dilindungi (Endangered, Threatened, and Protected/ ETP).
  5. Membuat laporan kegiatan secara berkala dalam rangka mengevaluasi kinerja berdasarkan rencana kerja yang ada.
  6. Memberikan asistensi dalam pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan panduan dari atasan.

KUALIFIKASI DAN KETERAMPILAN

Pendidikan dan Keterampilan

  • Pria/Wanita Usia 25 – 35 tahun
  • Diutamakan yang berdomisili di Fakfak dan memahami budaya lokal di Fakfak terutama wilayah dampingan,
  • Minimal sarjana (S1) bidang ilmu kelautan, perikanan, konservasi, ilmu sosial, pengelolaan sumber daya alam dan atau pengalaman minimal 1 tahun terlibat secara efektif di bidang Kawasan Konservasi Perairan dan atau 1 tahun terlibat secara efektif dalam proyek lapangan, dan atau mengembangkan kemitraan (wajib).

Pengalaman Kerja

  • Minimal 2 (dua) tahun pengalaman bekerja dalam kegiatan pendampingan masyarakat adat
  • Berpengalaman bekerjasama dengan Masyarakat, donor, pemerintah, instansi swasta, dan para pihak yang terlibat dalam proyek.

Kemampuan Spesifik

  • Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang pengembangan masyarakat,
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur dan pekerja keras
  • Kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja
  • Kemampuan untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dari agama/suku lain
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim
  • Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik
  • Cekatan dalam bekerja dengan kecermatan dan ketekunan

HUBUNGAN KERJA

Internal:Marine and Fisheries officer akan bekerja intensif bersama Manager Regional Kepala Burung Papua, Marine dan Fisheries Coordinator dan Program Associate

Eksternal: Marine and Fisheries Officer akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa serta pemangku kepentingan program dan mitra kunci

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Manager Regional Kepala burung. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya kepada unit-unit lain untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Marine and Fisheries Officer_(nama)” paling lambat tanggal 6 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Posisi: Staf Admin, Ops dan Logistik Officer

Bidang Unit Kerja: Administrasi, Finance dan Operasional

Atasan Langsung: Koordinator Kantor Sorong Selatan

Lokasi Kerja: Sorong Selatan

Level: Junior Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Staff Admin, Ops dan Logistik Officer akan bertanggung jawab pada pengelolaan dan penginputan dokumen, surat-menyurat, serta pendataan aset kantor secara berkala.

DESKRIPSI TUGAS

Fungsi Operasional  

  1. Staff admin menjalankan fungsi untuk memastikan seluruh pengelolaan dokumen dapat terakomodir dengan baik sampai pada saat dilaporkan.
  2. staff membantu mengerjakan PJUM serta memeriksa kembali PJUM sebelum dikirimkan ke pihak selanjutnya
  3. staff memastikan kebutuhan logistik bulanan office
  4. staff mengontrol pekerjaan dari ART kantor dalam kerja utamanya, dan menggantikan semisal ybs sedang berhalangan
  5. staff turut terlibat dalam mengawal kegiatan di lapangan terutama terkait administrasi dan keuangan staff PIC.
  6. Menyusunan laporan KAK, UM, BToR dan PJUM, kas kecil kantor Sorong Selatan.

Pelaporan dan Fungsi lainnya

  1. Periode Pelaporan keuangan dan administrasi lainnya satu pintu dihormati dan dipatuhi dengan ketat. keseluruhan laporan PJUM harus segera dikirim sesuai dengan waktu pengajuan PJUM berdasarkan SOP Keuangan yang berlaku.
  2. pelaporan pjum akan disesuikan pelaopran oleh atau dari staff pic

KUALIFIKASI DAN KETERAMPILAN

Pendidikan dan Keterampilan

  • Pria/Wanita Usia 20 – 30 tahun
  • Domisili diutamakan di Sorong Selatan
  • Pendidikan minimal SMA/SMK

Pengalaman Kerja

  • Minimal 2 (dua) tahun dalam operasional, administrasi dan logistik perkantoran.

Kemampuan Spesifik

  • Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi MS Office (Ms Excel, Ms Word, Ms PPT)
  • Memiliki kemampuan pemecah masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik
  • Kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi jujur, teliti, cermat, disiplin, pekerja keras, serta berusaha mencari Solusi secara efektif dan efisien jika menghadapi persoalan.
  • Memiliki pengetahuan dan ketrampilan terkait administrasi keuangan dan operasional kantor serta dapat memahami SOP Lembaga dengan baik
  • Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim

HUBUNGAN KERJA

Internal: Staf Admin, Ops dan Logistik Officer akan bekerja intensif bersama Koordinator Kantor Sorong Selatan dan semua staff internal Econusa

Eksternal: Staf Admin, Ops dan Logistik Officer akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa 

Pertanggungjawaban

Dalam menjalankan tugasnya, personil berada di bawah koordinasi dan supervisi serta bertanggung jawab langsung kepada Koordinator Kantor Sorong Selatan. Personil dituntut untuk memiliki integritas, profesionalitas, tanggung jawab, kecermatan, dan kecekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta mampu memberikan motivasi sesuai fungsinya.

Wewenang

Personil diharapkan dapat mengambil keputusan-keputusan menyangkut tugas dan kegiatan-kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya untuk pencapaian tujuan dan kinerja yang berkualitas di unit kerjanya

Kerja Sama

Personil dituntut mampu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh tim yang ada di Yayasan EcoNusa. Selain itu, personil juga harus mampu membangun relasi dengan pihak-pihak eksternal sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Administrasi, Operasional dan Logistik _(nama)” paling lambat tanggal 6 Januari 2025.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Atasan: Finance Manager

Lokasi Kerja: Sorong

Level: Officer

TUJUAN PEKERJAAN

Accounting Officer memiliki fungsi, tugas pokok, dan kewenangan untuk keberhasilan pencapaian tujuan organisasi yang berhubungan dengan sistem dan proses akutansi keuangan, aset, dan perpajakan EcoNusa sesuai standar akutansi yang berlaku untuk organisasi nirlaba.

Fungsi tersebut meliputi: entry jurnal transaksi, proses pembukuan, laporan keuangan sesuai standard akuntansi, dan sistim filing dokumen keuangan

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Membantu Finance Manager dalam mengembangkan SOP Keuangan dan sistem keuangan yang memudahkan pelaporan keuangan.
  • Bekerjasama dengan Koordinator Administrasi Keuangan Senior Accounting Officer dan Finance Manager untuk memeriksa pengajuan uang muka (UM) dan pertanggungjawaban uang muka (PJUM), pembayaran dan reimburse.
  • Membuat voucher bank, kas dan jurnal umum dan memeriksa akurasi kelengkapan dokumen transaksi keuangan sebagai lampiran voucher.
  • Melakukan entry jurnal transaksi harian kedalam system software akuntansi QUILL berdasarkan no voucher, kode akun anggaran masing-masing kegiatan/program/donor yang ditetapkan
  • Memeriksa akurasi transaksi dan pencatatan kas kecil yang dilakukan oleh Staf Administrasi Keuangan.
  • Melakukan rekonsiliasi terhadap pencatatan menurut rekening koran bank dengan pencatatan pada buku bank setiap bulan.
  • Mencetak dan menandatangani semua voucher bank masuk/keluar, uang muka, pertanggungjawaban uang muka dan jurnal umum kemudian diserahkan kepada Finance Manager dan Direktur Finance, Operation, HR untuk dimintakan persetujuan.
  • Mengarsipkan bukti-bukti atau dokumen-dokumen yang merupakan dasar pembukuan secara teratur dan memudahkan penelusuran kembali jika dibutuhkan.
  • Membantu Finance Coodinator dalam proses penyusunan budget dan laporan keuangan proyek donor maupun penyusunan laporan BVA.
  • Memfasilitasi pelaksanaan audit keuangan proyek dan organisasi, yang meliputi: menyiapkan data-data dan dokumen keuangan, komunikasi dan koordinasi dengan Auditor, dan memperbaiki laporan keuangan berdasarkan koreksi auditor.

Pendidikan dan Keterampilan

  • Pendidikan minimal S1 Akuntansi/Manajemen Keuangan
  • Mahir yang solid dalam Microsoft Excel, Microsoft Word dan Powerpoint.

Pengalaman Kerja

  • Pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang keuangan/akuntansi.
  • Memiliki pengalaman dalam membuat laporan keuangan (laporan neraca, laporan aktivitas, laporan arus kas.
  • Memiliki pengalaman transaksi bank dengan transaksi elektronik dan regulasi perbankan di Indonesia.
  • Memiliki pengalaman mengoperasionalkan salah satu software keuangan dan akuntansi (diutamakan software SANGO)

Kemampuan Spesifik

  1. Jujur dan berintegritas tinggi, disiplin, teliti, tekun, cekatan serta bertanggungjawab atas tugas dan fungsinya.
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  3. Responsive, efektif dan efisien, kompeten.
  4. Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan dan memenuhi tenggat waktu yang ketat.
  5. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim.
  6. Kemampuan memecahkan masalah dan menyelesaikan masalah yang efektif.
  7. Mau dan mampu belajar dengan cepat dan tepat

HUBUNGAN KERJA

Internal: Bekerja erat dengan tim keuangan regional Jakarta dan Koordinasi dengan semua staf di EcoNusa.

Eksternal:Dengan pihak -pihak eksternal (auditor, dll)

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “ACCOUNTING OFFICER SORONG_(nama)” paling lambat tanggal 9 Januari 2024.

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

Copyright ©2023.
EcoNusa Foundation
All Rights Reserved